Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Ini Dia 4 Peluang Penghasilan dari Blog yang Bikin Kamu Makin Semangat Ngeblog!



Peluang Penghasilan dari Blog



Peluang Penghasilan dari Blog - Tahun ini menjadi tahun ke - 3 saya menjadi seorang blogger profesional. Blogger profesional artinya benar-benar menjadikan blog sebagai ladang pekerjaan. Banyak yang saya syukuri dari tiga tahun perjalanan ini. Meski belum banyak prestasi yang saya raih, blog saya sudah bisa menghasilkan penghasilan tersendiri. Selama ini kebanyakan penghasilan dari blog saya dapatkan dari sponsor post ataupun content placement. Ternyata, peluang penghasilan dari blog tidak hanya itu, masih banyak peluang lainnya. Ada 4 peluang penghasilan dari blog yang bisa dimanfaatkan oleh seorang blogger profesional.



Blogger, Profesi Impian? 



Blogger menjadi sebuah profesi yang sengaja saya pilih saat harus resign dari kantor. Blogger membuat saya bisa tetap bekerja meski harus mengasuh anak di rumah. Blogger menjadi profesi yang sangat menyenangkan bagi saya. Saya bisa menyalurkan hobi menulis saya sekaligus mendapatkan penghasilan. Bukankah pekerjaan yang menyenangkan itu adalah hobi yang dibayar? 



Blogger juga semakin diminati oleh banyak orang. Tak hanya bagi ibu rumah tangga saja, banyak juga milenial yang tertarik untuk menjadi blogger. Bahkan tak jarang banyak juga laki-laki yang memilih menjadi fulltime blogger. 




Peluang Penghasilan dari Blog



Fenomena ini didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Internet yang semakin lancar dan mudah diakses membuat blogger semakin dilirik. 



Selain itu, blog juga memberikan banyak peluang penghasilan yang bisa diraih. Bila dikerjakan dengan serius dan sungguh-sungguh, penghasilan dari blog bisa setara layaknya pekerja kantoran, bahkan ada juga yang lebih banyak. 



Peluang Penghasilan dari Blog




Peluang Penghasilan dari Blog



Selama ini penghasilan yang saya dapatkan dari blog berasal dari sponsor post dan content placement. Ternyata, ada banyak sekali peluang penghasilan dari blog. 



Ini saya dapatkan saat mengikuti Webinar Ngeblog Bareng IM3 Ooredoo Karawang dan IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis). Saya mengikuti webinae episode #10, "Peluang Penghasilan dari Blog" bersama mbak Indriyas Wahyuni. 



Menurut mbak Indri, ada 4 peluang penghasilan dari blog. 



1. Iklan 


Peluang penghasilan dari blog yang pertama adalah berasal dari iklan. Iklan disini ada bermacam-macam jenis. Mulai dari memasang iklan Google Adsense atau menerima pemasangan banner dari advertiser secara langsung di blog. 


Bisa juga dengan menerima job review. Job review ini bisa dalam bentuk meliput event maupun membuat review dari barang atau jasa milik klien.




Peluang Penghasilan dari Blog





Ada juga iklan dalam bentuk sponsor post. Sponsor post ini blogger membuat artikel dengan menyisipkan backlink dari klien.


Iklan di blog juga bisa berbentuk content placement. Disini blogger hanya mempublish artikel yang disediakan oleh klien. 



2. Afiliasi


Peluang Penghasilan dari Blog






Afiliasi juga menjadi peluang penghasilan tersendiri bagi seorang blogger. Afiliasi artinya mempromosikan produk / jasa melalui link referal dan mendapatkan komisi ketika berhasil dijual. 


Langkah-langkah mendapatkan penghasilan dari afiliasi ini pertama, blogger membeli produk atau jasa. Kemudian blogger akab mendapatkan link referal atau link afiliasi. Selanjutnya blogger membuat konten yang disisipkan link afiliasi. Terakhir, apabila terjadi transaksi pembelian dari link afiliasi, blogger akan mendapatkan komisi.


3. Jasa


Blogger juga bisa mendapatkan penghasilan dari jasa. Jasa yang biasanya diberikan oleh blogger antara lain web desain, virtual assintant, content writer, translator, coaching, consultan ataupun planner. 




Peluang Penghasilan dari Blog





Saat ini saya sudah mulai mencoba peluang ini. Saya menjadi content writer di sebuah website edutech. Saya juga pernah mendapatkan kesempatan memberikan coaching terkait blogging dan parenting. 


4. Produk

Peluang Penghasilan dari Blog



Tak sedikit blogger yang menjual produk melalui blognya, baik produk digital maupun fisik yang berkaitan dengan niche blognya. 


Misalnya untuk blogger parenting bisa memasarkan produk digital berupa ebook ataupun worksheet seputar bermain bersama anak. 


Baca Juga : Cari Duit dari Ngeblog


Internet dan Blogging


Berbicara tentang dunia blog, tentu tidak bisa dipisahkan dengan internet. Menurut data APJIII (Asosiasi Penyelenggara Jas Internet Indonesia), pengguna internet aktif di Indonesia pada tahun 2019 mencapai angka 171 juta jiwa.


Ini membuat profesi sebagai blogger semakin berkembang. Tahun 2019, tercatat jumlah blogger di Indonesia mencapai 3,8% dari penguna internet di Indonesia atau sekitar 3 juta jiwa. 


Internet juga menjadi kebutuhan bagi blogger. Bagaimana bisa blogging jika tidak ada internet. 


IM3 Ooredo Bikin Ngeblog Makin Lancar


Peluang Penghasilan dari Blog



Berbicara tentang internet yang sudah menjadi kebutuhan bagi seorang blogger, penting untuk memilih provider yang tepat. Diantara banyaknya provider yang ada, pilihan saya jatuh pada IM3 Ooreedo. 


Baca Juga : Menjadi Narablog Profesional


Paket internet dari IM3 Ooredoo ini punya banyak kelebihan, dintaranya : 


1. Bebas Online


IM3 Ooreedo memberikan akses internet yang membuat semua orang bebas online dengan cepat, terjangkau, punya banyak kuota dan tanpa khawatir.


2. Freedom Internet



Peluang Penghasilan dari Blog



IM3 Ooredoo membuat akses internet 24 jam. Bisa internetan kapanpun.


3. Pulsa Safe

Pulsa safe membuat internetan tetap aman dan asyik. Tak perlu takut pulsa terpotong.


4. Data Rollover

Peluang Penghasilan dari Blog



Data Rollovwr membuat internetan makin asyik. Tak perlu dikerjar waktu. Sisa kuota bisa digunakan di bulan selanjutnya.


5. Freedom Postpaid


Peluang Penghasilan dari Blog



IM3 Ooredoo memberikan berbagai kentungan dan fitut terkini dengan biaya tetap setiap bulannya. Banuaj bonus yang didapat, mulai dari bonus 4G hingga nelpon dan SMS 24 jam sepuasnya. 


6. Aplikasi myIM3


Peluang Penghasilan dari Blog



Aplikasi myIM3 memberikan kemudahan cek pulsa, kuota dan bonus. Terdapat fitur smart data kontrol.


7. Jaringan 4G Plus


Peluang Penghasilan dari Blog



Jaringan 4G plus membuat akses internet makin lancar. 


Nah keunggulan-keunggulan IM3 Ooredoo ini akan membuat aktivitas blogging makin lancar. IM3 Ooredo terus berinovasi dengan mengeluarkan beragam produk baru, salah satunya adalah IMPreneur.


Peluang Penghasilan dari Blog



IMPreneur adalah produk terbaru dari IM3 Ooredoo. IMPreneur adalah paket khusus yang dirancang bagi pelaku SME (Small Medium Enterprises) di Indonesia yang ingin memberikan kemudahan  tunjangan komunikasi bagi karyawannya.


Di dalam paket ini, pelanggan bisa membagikan kuota, nelepon ke operator lain kepada karyawannya. 


IMPreneur menjadi solusi komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan saat ini, bisnis bisa dilakukan dari mana saja. Keuntungan paket ini adalah bisa dibagikan ke semua tim hingga 20 orang dan bisa membuat grup sesuai dengan kebutuhan bisnis.


Paket IMPreneur ini tidak hanya untuk pelaku bisnis saja. Paket ini bisa juga untuk keperluan keluarga. Apalagi saat ini, anak-anak juga harus sekolah secara online. 


Sejak pandemi kebutuhan akan kuota internet semakin naik. Penggunaan kuota internet menjadi tidak terkontrol. Bila menggunakan IMPreneur teman-teman bisa mengontrol penggunaan kuota internet setiap bulannya. 


Peluang Penghasilan dari Blog



Ada 3 paket dari IMPreneur ini : Max, Pro dan Fit. Semua memiliki fitur istimewa yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, saya memilih paket Fit untuk kebutuhan internet keluarga. Paket ini memiliki kuota 65 GB dan bisa di sharing hingga 5 orang. 


Paket Fit ini membuat saya hanya perlu mengeluarkan biaya 300 ribu saja setiap bulannya. Ini jauh lebih hemat dengan anggaran kuota internet yang setiap bulannya bisa mencapai 500 ribu rupiah. 


Peluang Penghasilan dari Blog




IMPreneur ini juga memberikan akses pada aplikasi harian seperti sosial media, e-comerence dan juga layanan e-money. 


Ah IMPreneur makin mendukung saya untuk semakin lancar mendapat peluang penghasilan dari blog. Selain itu juga membantu saya mengatur kebutuhan kuota internet keluarga setiap bulannya. 


Kalau teman-teman tertarik dengan produk IMPreneur ini, teman-teman bisa menghubungi sales agent IM3 Ooredo di tempat tinggal masing-masing ya.


IIDN Bantu Optimalkan Peluang Dunia Blogging


IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) adalah komunitas yang didirikan oleh Indari Mastuti. IIDN menjadi wadah bagi penulis perempuan.


Program-program yang diadakan oleh IIDN antara lain : 


💠 Program rutin di Facebook Group : #SeninSemangat, #SelasaBlog, #RabuBuku, #KamisKuis, #JumatFiksi dan #SabtuPUEBI.

💠 Kerjasama denga pihak lain dalam penulisan buku, kampaye digital ataupun hal-hal lain yang berhubungan dengan kepenulisan.

💠 Membantu anggota IIDN untuk menerbitkan buku, baik buku solo maupun antologi. 


Peluang Penghasilan dari Blog



IIDN membantu mengoptimalkan peluang dunia blogging dengan cara menggelar webinar series yang bekerjasama dengan IM3 Ooredoo. Mulai tanggal 25 Agustus hingga 3 Oktober 2020 diadakan webinar series mengoptimalkan puang dunia blogging hingga 25 episode. 


Tema-tema yang dibahas di webinar sangat menarik, mulai dari menulis konten untuk pemula hingga ilmu-ilmu lain yang sangat membantu mengoptimalkan peluang blog seperti desain, public speaking hingga teknik SEO. 


Selain mengikuti webinar, peserta juga bisa mengikuti lomba blog IM3 Ooredoo X IIDN. Sangat menarik ya teman-teman? 


Peluang Penghasilan dari Blog



Nah gimana? Ternyata peluang penghasilan dari blog itu banyak ya teman-teman? Bikin makin semangat ngeblog ya..


Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman mencari peluang penghasilan dari blog. 


Ditunggu juga sharing teman-teman tentang pengalaman mendapatkan peluang penghasilan dari blog di kolom komentar ya....


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging.








49 komentar

  1. Emang sekarang pekerjaan blogger menjadi pekerjaan yg mungkin impian orang ya. Untuk lainnya sudah aku jalankan kecuali jasa, aku belum pede. Kalau memasarkan produk aku juga udah coba :)
    Dan aku juga pakai Indosat lho, koneksinya lancar jaya :)
    Sukses untuk lombanya ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, sama
      aku juga belum memanfaatkan semua peluang tersebut secara optimal..
      wah pake indosat juga ya, yes koneksi lancar jaya..
      amin, makasih doanya

      Hapus
  2. Senang banget akhirnya bisa meraih pekerjaan impian.
    Impianku jadi IRT yang menghasilkan, alhamdulillah menjadi blogger membuka banyak sekali peluang pekerjaan

    IMPreneur menjadi solusi komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan saat ini, bisnis bisa dilakukan dari mana saja. Dengan IMPreneur yang bisa mencakup tim hingga 20 orang dan bisa membuat grup sesuai dengan kebutuhan bisnis jadi semakin lancar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak tanti..
      IRT bis tetap memperoleh penghasilan dgn menjadi blogger ya..
      Yes, IMPreneur ini bikin bisnis makin lancar

      Hapus
  3. Peluang penghasilan dari blog ternyata banyak ya, Mbak. Tinggal kitanya sebagai blogger yang harus jeli memanfaatkan peluang. Apalagi sudah didukung dengan koneksi internet yang mumpuni dari IM3 Ooredoo. Cari cuan jadi lebih lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, peluangnya banyak..
      harus bisa dimanfaatkan dgn optimal tentunya..
      yes, IM3 Ooredoo bikin ngeblog makin lancar

      Hapus
  4. Blog bisa menjad peluang mendapatkan rezeki ya Mbak ... saya pun baru mengetahuinya setelah menjalaninya beberapa lama. Awalnya gak tahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,, seiring berjalannya waktu pasti kita makin tahu banyak seputar dunia blogging ya mbak

      Hapus
  5. alhamdulillah sejak memutuskan buat serius kelola blog menjadi hal yang bisa dibilang menguntungkan secara rupiah, banyak hal yang aku dapatkan. Yang penting sih diseriusin ya, dan mau belajar, ya meski aku belum belajar SEO dll, sejauh ini optimasi yang basic aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya..
      klo dilakukan secara serius dan sungguh-sungguh, pasti akan optimal hasilnya

      Hapus
  6. Wah menggugah sekali tulisannya.membuka wacana berfikir.aku jadi semangat buat ngeblog terus,sambil bljar dan berusaha konsisten.bravo blogger indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya? wah alhamdulillah klo gitu..
      Yuk, makin semangat ngeblognya

      Hapus
  7. padahal dulu aku tuh blognya cuma untuk tempat curhat dan gak kepikiran sama sekali buat dijadikan penghasilan. Alhamdulillah sekarang blognya selain untuk curhat juga bisa menghasilkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, sama..
      aku pun gitu, awalnya buat curhat
      eh sekarang jadi media cari cuan, hahaha

      Hapus
  8. Jadi motivasi aku buat lebih "serius" lagi dengan blog aku nih, terima kasih sharingnya Mba! Aku juga pake IM3, sejauh ini harga paketnya terjangkau, jaringan cukup oke, yang pasti pulsa safeee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sama-sama..
      yuk makin semangat ngeblognya, apalagi uda ada IM3 Ooredoo yg buat ngeblog makin lancar

      Hapus
  9. Niatan awal saya ngeblog hanya menjadikannya sebagai diary. Alhamdulillah kemudian menghasilkan. Tetapi, tentunya konten dulu yang harus diperhatikan baru kemudian berusaha mendapatkan penghasilan. Koneksi internet yang lancar tentu aja bisa sangat membantu mood saat menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, klo serius jadi blogger memang harus bisa buat konten yang berkualitas ya mbak
      Dan jaringan internet jadi modal utama, untuk ada IM3 Ooredoo yang buat ngeblog makin lancar

      Hapus
  10. Wah banyak ya ternyata peluang dari blog, sekarang juga ada ada yang namanya afiliasi...kayaknya banyak yang udah main ini...jadi pingin belajar juga deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, banyak peluang dari blog yang bisa kita manfaatkan

      Hapus
  11. Alhamdulillah mba aku bersyukur mengenal blog ini mba. Ada saja rejeki yang datang mellaui blog. Smoga kita selalu berkarya ya dengan blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak..
      yuk makin semangat berkarya dari blog

      Hapus
  12. Aku dulu niat punya blog karena pengen menerbitkan buku, jadi karya non fiksi rencana ditulis di blog dulu. Eh dalam perjalanan waktu, malah dapat duit dari ngeblog, bersyukur banget meski di rumah bisa berkarya dan mendapatkan rejeki dari pertemanan, pengelaman, sampai duit dan rejeki lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak..
      blog menjadi sumber penghasilan tersendiri

      Hapus
  13. Tulisannya lengkap ey, iya aku juga sedang berusaha memasarkan kelas menulis online nih via blog dan medsos semoga lancar aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya..
      mbak kan penulis buku terkenal, wajib tu bagi-bagi ilmunya dgn kelas online

      Hapus
  14. Iklan dari adsense blog walaupun nominalnya kecil tetap juga bisa menghasilkan ya Mbak lumayan dapat menambah-nambah uang jajan anak. Sumber lainnya seperti content placement juga sangat lumayan membuat pendapatan bertambah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semua peluang bisa menjadi rezeki tersendiri ya

      Hapus
  15. Sekarang dunia perblogeran makin rame yaaa. Senengnya banyak kesempatan untuk menjalin networking dna tentu saja mendapat tambahan penghasilan. Aku yang kepengen tu banyak klik di adsenseku haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya yang sudah senior macam mbak sekarang mainnya adsense ya

      Hapus
  16. Setuju...pekerjaan yang menyenangkan itu hobi yang dibayar. Asyiknya ya, bisa menyalurkan hobi menulis kita di blog sekaligus berpenghasilan dari ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa..
      jadi asyik menjalaninya ya mbak?

      Hapus
  17. Semakin bagus performa blog akan semakin banyak peluang yang bisa diambil ya. Jika pengumjung blog banyak, tawaran untuk pasang iklan bisa datang. Demikian pula tawaran yang lainnya. Jadi penting untuk menjaga performa blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, agar bisa mendapat banyak peluang dari blog tentu harus meningkatkan performa blog

      Hapus
  18. 14 tahun yang lalu, saya ngeblog cuma untuk curhat, enggak nyangka ternyata sekarang bisa menjadi peluang penghasilan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wowww..
      sudah lama ya ngeblog nya?
      salam hormat senior!

      Hapus
  19. wow, so I want to manage the blog properly so that you can get maximum income

    BalasHapus
  20. Banyak peluang yang bisa diraih melalui blog ya Mba... semoga semakin banyak peluang ke depannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, banyak..
      amin..
      yuk makin semangat ngeblognya

      Hapus
  21. Dari empat peluang di atas. Saya belum maksimalkan di bagian afiliasi nih. Pernah beberapa kali coba, tapi rasanya gitugitu aja hasilnya.

    BalasHapus
  22. Jadi kepikiran buat anak-anaknya blog utama, hehhe..
    Tapi sungguh blog itu bikin hobi yang dibayar menjadi kenyataan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, biar maki semangat ngeblognya ya teh

      Hapus
  23. Kalau diinget-inget suka sayang juga afiliasi blm maksimal. Begitupun iklan dan jualan produk.Andalanku kok revieww aja, hehehe.Padahal kalau nloget luar negeri justru jualan di blog ini yang gencar banget ya. Perly menyiapkan produk khusus nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus tetap semangat memanfaatkan semua peluang yang ada ya mbak

      Hapus
  24. Dulu nggak kebayang dari ngeblog bisa dapat duit. Dulunya nggak ngerti dunia blogging, bikin karena buat belajar nulis cerpen. Makin ke sini makin paham bahwa dari blog kita bisa dapat penghasilan. Menyenangkan sekali :)

    BalasHapus
  25. Pokoknya dioptimalkan saja apa yg bs kita lakukan dg share sdgala hal di blog. Bs menginspirasi orang lain, bs kasih info dan bs mendorong untuk beli produk yg kita tawarkan. Yg positif2 ajah deh yaaa...jd blogger profesional

    BalasHapus
  26. Mantap sekali mbak, saya suka itu 4 cara diatas. Tapi yang 3 belum begitu paham, yang paham cuma iklan dari adsense aja. Dan artikel mbak sangat membantu saya. Terima kasih dan salam kenal ya mbak.

    BalasHapus