Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Lister, Bantu Ibu Rumah Tangga Meraih Beasiswa S2

 

Lister, Bantu Ibu Rumah Tangga Meraih Beasiswa S2



"There is no limit to what we, as women, can accomplish." - Michelle Obama.



Quote dari Michelle Obama di atas seolah membakar semangat saya untuk kembali ke kampus. Keinginan kembali ke kampus untuk melanjutkan pendidikan sebenarnya sudah ada dulu. Namun, perjalanan hidup membuat keinginan itu seolah harus dikubur dalam-dalam. 


Lalu, kenapa bisa muncul kembali? Beranda media sosial saya ramai akan postingan teman-teman yang kembali ke kampus. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan banyak yang meraih beasiswa. Bahkan, adik sepupu saya baru saja berangkat ke Australia, melanjutkan pendidikan masternya dengan beasiswa LPDP. 


Ah, hati saya bergemuruh. Apalagi, sahabat terdekat saya juga sedang bersiap melanjutkan pendidikan S-3 nya! Keinginan kembali ke kampus semakin membuncah! Saya ingin kuliah lagi, dengan beasiswa tentunya. 


Apakah mungkin, bagi seorang ibu rumah tangga bisa meraih beasiswa untuk melanjutkan kuliah? Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. 


Ibu rumah tangga bisa kembali kuliah dengan beasiswa. 


Mengapa Ibu Kuliah Lagi? 


Mengapa seorang ibu rumah tangga ingin kuliah lagi? 


Tentunya untuk mengembangkan ilmu yang dimiliki dan menebarkan manfaat. Jawaban ini mungkin dikira terlalu normatif, ya! 


Tapi memang itulah yang jadi alasan mengapa saya ingin kuliah lagi. Saya adalah lulusan Sosiologi. Meskipun menjadi ibu rumah tangga, saya tetap aktif dalam berbagai kegiatan sosial di masyarakat. 


Saya menjadi relawan dalam berbagai organisasi sosial, khususnya yang bergerak di bidang perempuan dan pendidikan. Ilmu yang saya dapat saat kuliah, tentu sangat membantu kegiatan saya dalam kerelawanan. 


Baca Juga : Review dan Sinopsis Drama Korea "Dr. Cha", Kisah Ibu Rumah Tangga yang Ingin Kembali Berkarir



Saat ini, saya ingin bisa lebih mumpuni dalam melakukan program pemberdayaan di masyarakat. Saya ingin melanjutkan pendidikan master saya di bidang pemberdayaan masyarakat. 


Beasiswa untuk Ibu Rumah Tangga


Selama ini program beasiswa diberikan kepada para ASN (Aparatur Sipil Negara), akademis, pegawai BUMN (Badan Usaha Milik Negara), ataupun karyawan swasta. 


Adakah beasiswa untuk ibu rumah tangga? Ada! Setelah mencari beberapa informasi, sebenarnya ada banyak beasiswa untuk ibu rumah tangga. 


Baca Juga : STEM Prasetiya Mulya Cetak Tenaga Ahli di Bidang Energi Terbarukan



Beberapa contoh beasiswa untuk ibu rumah tangga adalah Beasiswa Irawati Puteri, Beasiswa Kartini, Beasiswa Ekles, hingga beasiswa dari Yayasan Dian Sastrowardoyo. 


See? Tak ada batasan untuk ibu rumah, termasuk dalam meraih beasiswa. 


Persiapan Ibu Rumah Tangga Meraih Beasiswa



Lalu, apa persiapan yang harus dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk meraih beasiswa? 


Pilih beasiswa


Langkah pertama yang harus disiapkan oleh ibu rumah tangga dalam meraih beasiswa adalah mencari lembaga penyelenggara. Pilih lembaga penyelenggara dan beasiswa sesuai tujuan kita. Langkah pertama ini membantu kita untuk ke langkah selanjutnya, yaitu mempersiapkan persyaratan beasiswa. 


Siapkan persyaratan


Siapkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Ini biasanya berupa dokumen-dokumen pendukung, seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat yang berkaitan, dan lain-lain. 


Masing-masing beasiswa tentu punya syarat tersendiri. Tergantu bagaimana kebijakan lembaga penyelenggara. 



Kursus Bahasa Inggris


Bentuk support system


Dibalik setiap ibu rumah tangga yang sukses kuliah lagi, ada support system yang tangguh. Pastikan suami dan anak-anak mendukung penuh pilihan ibu saat ingin meraih beasiswa. 


Saat kuliah lagi, pasti akan ada beberapa tantangan yang dihadapi. Tantangan yang ada biasanya berkaitan dengan pengasuhan anak serta pembagian waktu mengurus pekerjaan domestik dengan kegiatan studi.


Pastikan suami dan anak-anak mau berjuang bersama menghadapi tantangan ini. Dan mereka menjadi pendukung terdepan saat ibu kuliah. 


Siap hadapi tes


Salah satu syarat mendapatkan beasiswa adalah kemampuan memiliki bahasa Inggris dan TPA (Tes Potensi Akademik). Terus terang ini cukup menantang bagi saya. Maklum, sudah lama saya tidak mengasah kemampuan bahasa Inggris dan TPA. 


Namun, saya tak perlu cemas. Ada Lister yang bisa membantu saya dalam meraih beasiswa S2. Tak hanya membantu saya dalam mengasah kemampuan bahasa Inggris. Di Lister saya bisa ikut Kursus Persiapan TPA. 


Lister juga memiliki program Bimbingan Study Abroad & Scholarship Program ini akan membantu saya dalam bagaimana mempersiapkan diri meraih beasiswa. 


Lister, Tempat Kursus Bahasa asing Terpercaya


Lister adalah tempat kursus bahasa asing terpercaya. Lister adalah perusahaan startup teknologi pendidikan (edu-tech) yang berfokus pada penyediaan pengalaman belajar bahasa berkualitas tinggi dan disesuaikan untuk membantu siswa mencapai impian profesional mereka.


Tempat kursus ini memiliki visi, memberdayakan semua orang untuk menghadapi persaingan global. Lister berupaya membantu setiap orang untuk bersaing dalam daya saing global, baik untuk mengejar pendidikan tinggi maupun mendapatkan pekerjaan yang lebih menjanjikan.


Sejak tahun 2019 saat pendiriannya, Lister telah memiliki banyak pencapaian, lho. Lister memiliki 2000 lebih siswa yang diampu oleh 700 lebih tutur berkualitas, dengan 100 lebih program pilihan. 


Ada 15 bahasa asing yang diajarkan di Lister, baik bahasa Eropa, Amerika, maupun Asia. Ada Kursus Bahasa Jerman, Kursus Bahasa Belanda, Kursus Bahasa Korea General, dan lain-lain. 


Tak hanya program bahasa asing saja, Lister juga punya program lainnya. Mulai dari tes resmi seperti IELTS, TOEFL IBT TOEIC dan TOEIC. Lister juga punya program beberapa kursus pendukung lainnya, seperti Public Speaking  hingga Jasa Proofreading. Dan tentunya juga program persiapan beasiswa. 


Keunggulan Belajar di Lister


Belajar di Lister lebih memudahkan bagi seorang ibu rumah tangga seperti saya. Sebab,belajar di Lister bisa memberikan fleksibilitas yang tinggi. Saya bisa belajar kapan saja, dimanapun, dan melalui berbagai perangkat. 


Konten pembelajaran di Lister juga customized. Kurikulumnya berbasis pada kurikulum internasional yang disesuaikan dengan kondisi setiap siswa. 


Baca Juga : Asuransi Pendidikan untuk Jaminan Masa Depan


Pembelajarannya juga lebih interaktif dengan metode yang orisinal, yaitu The Lister Method. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan literasi dengan penekanan pada meaning-focused instruction. 


Keunggulan belajar di Lister



Dimana yang menjadi fokusnya, adalah pemaksimalan human-to-human interaction untuk menciptakan pengalaman belajar terbaik.


Lister juga menyediakan paket pilihan kelas yang beragam, mulai dari privat, semi privat, dan grup. Kalau saya, memilih yang privat, agar lebih fokus dan intensif  dalam belajar. 


We provide High-quality educational content tailored to your needs


Program Bimbingan Study Abroad & Scholarship


Program ini bertujuan untuk memberikan bimbingan step-by-step kepada siswa untuk mendapatkan berbagai top beasiswa baik di dalam maupun luar negri. 


Baca Juga : Siapkan Dana Kuliah Anak Jurusan AI Terbaik di Dunia



Materi pembelajaran kursus Mentoring Beasiswa S2 mencakup empat materi utama, yakni About Scholarship, Motivation Letter, Research Proposal dan Curriculum Vitae.


Ada banyak keunggulan dari program ini, yaitu : 


  • Sistem terarah, peserta akan dibimbing step by step dalam mempersiapkan beasiswa. 

  • Kesuksesan akademik, melalui program ini, mentor akan membimbing dalam mempersiapkan kemampuan akademik yang dibutuhkan untuk meraih beasiswa. 

  • Konsultasi gratis, peserta akan mendapatkan kesempatan berlatih untuk persiapan interview dengan simulasi yang terasa nyata untuk program Mentoring Beasiswa S2. Dapatkan juga informasi beasiswa, universitas, dan jurusan yang sesuai dengan profil dan minat siswa serta feedback pembuatan dokumen-dokumen untuk pendaftaran beasiswa.


Keberhasilan program ini sudah terbukti, berikut adalah beberapa testimoni dari para alumni. 


Testimoni alumni Lister



Lister, Bantu Ibu Rumah Tangga Meraih Beasiswa


Mengikuti Program Bimbingan Study Abroad & Scholarship di Lister adalah jalan ninja saya meraih beasiswa untuk melanjutkan pendidikan. 


Bagaimana dengan teman-teman? Apakah ingin meraih beasiswa juga seperti saya? Yuk, persiapkan diri melalui program dari Lister. 


Atau ingin tahu lebih banyak tentang apa saja program dari Lister ini? Silahkan kunjungi web Lister.co.id ya! 


Oh ya, manfaatkan juga kode promo BLOG23, untuk mendapatkan promo menarik dari Lister. 

33 komentar

  1. Semoga ilmunya bermanfaat ya mba. Barakallah...
    Wah aku baru tau ada Lister ini nggak cuma bahasa asing, jadi ada program scholarshipnya yes..keren. Buibu rumah tangga siap beraksi ya sekolah lagi 🫰 smangat

    BalasHapus
  2. wihhh aku jadi tersengat semangaaatt setelah baca tulisan mba Dian

    kayaknya perlu bangettt kepoin ttg Lister.
    makasii banyak mba

    BalasHapus
  3. Ya Ampuunn, ini impianku banget mau kuliah lagi, beberapa waktu lalu aku suka beli soal-soal ujian dan suka tes TOEFL juga, kayaknya aku mulai ada semangat lagi nih buat kuliah gara2 baca postingan ini, karena aku tuh seneng sekolah dr dulu huhu, dan mungkin saatnya untuk mulai kembali

    BalasHapus
  4. Usia tidak menghalangi buat menempuh pendidikan lebih tinggi. Asal bisa bagi waktu jadi ibu rumah tangga dan sekolah lagi. Beasiswa Lister membantu perekonomian stabil

    BalasHapus
  5. Nah ini, ada Lister yang bisa membantu untuk memperdalam kemampuan bahasa asing kita, ya. Pastinya membantu sekali untuk persiapan mendapatkan beasiswa pendidikan ke luar negeri

    BalasHapus
  6. seneng banget banyak temen2 blogger yang skr pada kuliah lagi. usia memang tidak menghalangi kita untuk menuntut ilmu. semoga dimudahkan dan lancar studinya buat para emak2 yg kuliah lagi :)

    BalasHapus
  7. Mbak Dian, terima kasih yaa aku tuh mikir apa ya ada beasiswa buat IRT macem aku yang masih ingin lanjut kuliah. Kalau udah punya pekerjaan tetap mungkin lebih mudah yah. Eh dapat infonya di sini plus ada bimbingan dari Lister juga untuk latihan soal.

    BalasHapus
  8. Semoga bisa tercapai keinginannya ya mbak. Ibu rumah tangga pun harus upgrade ilmu supaya bisa memberi manfaat lebih pada masyarakat. Salut pada organisasi yang memberikan beasiswa untuk ibu rumah tangga.

    Nah persiapan buat ngadepin persaingan untuk bisa dapat beasiswa emang mesti dipersiapkan. Salah satunya mengasah kembali kemampuan berbahasa Inggris dengan ikut kursus di Lister

    BalasHapus
  9. Wah bagus nih rekomendasinya, Mba. Ini apa memang khusus IRT. Bisa kan ya utk anak2 yang mau kuliah di LN

    BalasHapus
  10. Wah, beruntung sekali ibu rumah tangga masa kini ya. Ada yang mau memberikan beasiswa ketika kita ingin belajar lagi. Selama ini, kebanyakan beasiswa kan yang bekerja di instansi atau mahasiswa atau para aktivis. Semoga dengan beasiswa ini semakin banyak ibu rumah tangga kembali mengasah diri. Dan kalau persyaratannya Bahasa Inggris, ya siapkan dulu dengan ikut kursus di Lister ya Mbak

    BalasHapus
  11. Keren nih program lister saya yakin sekali ibu rumah tangga sangat potensial menjadi penerima beasiswa ini kan menjadi ibu rumah tangga adalah pilihan nya untuk mendidik anak anaknya bukan karena tidak bisa apa apa. Justru mereka memilih jalur ini akan sangat potensial memiliki karir bagus jika di sokong dengan beasiswa

    BalasHapus
  12. Menjadi seorang ibu itu, bukan kendala untuk belajar lagi ya, mbak. apapun itu materinya, asal bagus untuk pengembangan diri seoarang ibu

    BalasHapus
  13. sama mbak. aku juga kalau lihat ada teman yang kuliah lagi itu suka iri kok mereka bisa ya kuliah lagi sementara aku nggak. hehe. tapi pastinya kalau mau kuliah lagi itu kita memang harus mempersiapkan diri termasuk bahasa inggris yaa salah satunya lewat kursus di lister

    BalasHapus
  14. Mbak, semoga lancar ya menuju ke kampus lagi, agar diri lebih berkembang dengan ilmu pengetahuan yang akan bermanfaat bagi banyak orang. Pastinya dengan persiapan yang matang, termasuk kursus bahasa asing di Lister, ya.

    BalasHapus
  15. Wah, saya baru tau nih ada beasiswa untuk ibu rumah tangga. Saya belum pernah ngomong ke siapa-siapa sih, tapi jujur dalam hati tuh ada keinginan untuk kuliah lagi. Selain utk upgrade ilmu, pastinya untuk kasih teladan dan motivasi ke anak-anak yang dalam bbrp tahun lagi akan sampai usia kuliah. Di lister kasih2 info beasisea untk emak2 juga yaa...kereeen. Saya belakangan juga aktif belajar bahasa inggris lagi secara otodidak. pastinya akan lebih terarah kalau pakai kursus yang kredibel ya...

    BalasHapus
  16. Sharingnya bermanfaat sekali bikin ibu rumah tangga yang biasa disebut emak berdaster ternyata masih ada kesempatan mengajukan beasiswa.

    BalasHapus
  17. Aku juga kemarin ketemu temen2 SMA dn kuliah, mupeng banget karena mereka rata2 S2, kepingin banget ngelanjutin kuliah lagi S2 smp S3 klo bisa boleh juga nih .. jadi kepingin tau lebih lengkap juga, penasran mau kunjungi web Lister.co.id

    BalasHapus
  18. Aku maju mundur untuk melanjutkan kuliah S2. Selain waktu, tenaga dan pikiran. Biayanya juga mahal. Kalau ada lembaga seperti Lister bisa bantu dukung untuk S2, mantaps banget ya

    BalasHapus
  19. Kereen bangeett, Diaan..
    Go goo belajar laigi, karena selain menimba ilmu adalah kewajiban umat muslim juga menjadi contoh bagi anak-anak bahwa apapun profesi saat ini, tapi sekolah lagi bukan halangan.
    Belajar di Lister bisa menjadi solusi agar mendapatkan salah satu persyarat beasiswa yang diinginkan.

    Semangat berjuaaang..

    BalasHapus
  20. Iya nggak ada kata terlambat ya untuk belajar, aku jadi tertarik nih belajar bahasa Inggris di Lister S2 itu cita-citaku sejak dulu yang belum kesampaian

    BalasHapus
  21. Ini info yang uwow banget... jadi pengen kuliah lagi

    BalasHapus
  22. Baguuuss bangettt Lister ini mbaaa
    bikin makin semangat buat kuliah lagi.
    makasiii mbaaaa

    BalasHapus
  23. Sebagai ibu rumah tangga, saya pun sebenarnya masih berkeinginan untuk bisa lanjut sekolah lagi. Mudah-mudahan nanti ada jalan ya. Penting banget nih memang untuk kenal tempat belajar seperti Lister yang bisa bantu mewujudkan mimpi.

    BalasHapus
  24. Rencana aku sempet mau kuliah lagi mbak. Sampai akhirnya suamiku yang kuliah lagi di umur 45 tahun. Dan yg ngerjain skripsinya dia itu aku. Ahaha. Jadi tanpa perlu kuliah, bisa ikutan belajar . Ahahaha

    BalasHapus
  25. bisa juga ya ibu rumah tangga dapat beasiswa

    BalasHapus
  26. Semangat belajar dan mencari beasiswa yang sesuai untuk IRT.
    Seneng banget dapet rekomendasi beasiswa untuk IRT. Sehingga IRT pun tetap bisa belajar memperdalam bidang keilmuan yang ditekuni.

    Pastinya persiapan harus matang.
    Salah satunya dengan mengambil kursus di Lister.

    BalasHapus
  27. Ayo Mba...ibu rumah tangga juga bisa dapat beasiswa. Semangat ya, semoga terwujud cita-cita! Ada teman blogger kita yang IRT juga, Mba Tamitha Wibisono saat ini dapat beasiswa S2 di Univ Udayana
    Btw, memang ya Lister yang kurikulumnya berbasis pada kurikulum internasional disesuaikan dengan kondisi setiap siswa sehingga memudahkan semua

    BalasHapus
  28. Masya Allah jadi pingin kuliah S2 lagi rasanya.. informasi nya Sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  29. Tidak ada alasan seorang ibu rumah tangga bisa meraih mimpinya dengan sekolah lagi, apalagi sudah tersedia tempat kursus yang memudahkan ibu belajar bahasa asing agar bisa meraih beasiswa, kayaknya Lister ini cocok deh aku rekomendasikan ke anakku yang sekarang masuk semester 5.

    BalasHapus
  30. Semangat mbak Dian, semoga tercapai cita-citanya melanjutkan kuliah !

    Status sebagai ibu rumah tangga bukan halangan untuk kuliah, apalagi dengan beasiswa jadi ngga perlu utak utik anggaran keluarga ye kan..
    Lister bs bantu mewujudkan impian untuk kuliah lagi

    BalasHapus
  31. Tidak ada yang bisa menghambat seseorang untuk melanjutkan cita-citanya kecuali orangb tersebut mengizinkannya. apapun profesinya

    BalasHapus
  32. MasyaAllah, semoga lancar ya mbak S2nya, ilmunya berkah dan bermanfaat. Belajar gak peduli di umur berapa aja sih yaa mbak :D

    BalasHapus
  33. divorce lawyers fairfax va
    The article "Lister, Bantu Ibu Rumah Tangga Meraih Beasiswa S2" (Lister, Helping Housewives Obtain Scholarships for Master's Degrees) highlights the importance of 'Lister' in facilitating scholarships for housewives. The story provides a clear context of the challenges faced by housewives in accessing higher education and highlights the partnership between 'Lister' and housewives. The article emphasizes the long-term benefits of higher education and the potential challenges faced by housewives in balancing education with household responsibilities. The article also suggests adding more details on the eligibility criteria and application process for scholarships, the specific fields of study or master's programs available, and any mentorship or guidance provided to scholarship recipients. The article's length is suitable, and the language used is clear and accessible. The article portrays the initiative as a catalyst for positive change and empowerment, emphasizing the importance of accessible education and the positive change that can occur when organizations prioritize women's education and advancement.

    BalasHapus