Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Siapkan Dana Kuliah Anak Jurusan AI Terbaik di Dunia

Reksadana Pendapatan Tetap

https://www.pexels.com/photo/books-in-library-3747516/

Seiring perkembangan dunia AI yang semakin pesat, maka jurusan Artificial Intelligence (AI) adalah salah satu jurusan kuliah yang semakin diminati di dunia saat ini. Biaya kuliah di jurusan ini dikenal cukup tinggi. Sebagai solusi, Anda bisa memanfaatkan produk investasi seperti Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT) untuk persiapan dana kuliah anak.

Jurusan AI berfokus dalam bidang pengembangan sistem komputer dan perangkat lunak. Karena teknologi digital semakin berkembang secara masif, maka peluang lulusan dari berbagai industri juga semakin menjanjikan.

Apa Itu Jurusan Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) atau AI adalah disiplin ilmu yang berfokus pada bidang pengembangan sistem komputer dan perangkat lunak yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia.

Di Indonesia sendiri, jurusan ini lebih dikenal dengan sebutan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, dan berfokus pada computer science. Bahkan saat ini, baru ada satu universitas yang menyediakan jurusan AI di kampusnya, yaitu Unair (Universitas Airlangga).

Jurusan AI diarahkan untuk mengembangkan teknologi yang dapat meniru kemampuan otak manusia untuk memproses informasi, belajar dari pengalaman, membuat keputusan, dan menyelesaikan masalah dengan cara yang cerdas dan efisien.

Program studi ini mencakup berbagai sub-bidang seperti pembelajaran mesin, pengenalan suara, pemrosesan bahasa alami, komputasi kognitif, dan robotika. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang kuat dalam bidang matematika, statistik, pemrograman, dan logika.

Rekomendasi Kampus dengan Jurusan AI Terbaik di Dunia

Jika anak Anda tertarik mengejar karir di bidang AI, memilih universitas terbaik dengan program studi unggul adalah hal penting. Berikut adalah beberapa rekomendasi kampus dengan jurusan AI terbaik di dunia, baik untuk tingkat sarjana, magister, maupun doktor:

  • Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT adalah salah satu universitas terkemuka di dunia yang menawarkan program AI terbaik. Program AI di MIT menawarkan kesempatan untuk mempelajari topik seperti machine learning, natural language processing, dan computer vision di jenjang S1.

  • Carnegie Mellon University

Sebagai perguruan tinggi pertama di Amerika yang menawarkan jurusan S1 AI, Carnegie Mellon University juga terkenal unggul. Universitas ini menawarkan pilihan program studi Bachelor (S1) dan Master (S2) yang berfokus pada penerapan AI dalam industri dan aplikasi praktis AI.

  • Stanford University

Program AI di Stanford menawarkan pembelajaran dalam bidang machine learning, data mining, computer vision, dan lain sebagainya. Selain itu, jurusan AI di universitas ini juga didukung oleh pusat riset AI terkenal di dunia, yaitu Stanford Artificial Intelligence Laboratory.

  • University of Toronto

Selanjutnya, ada University of Toronto di Kanada yang memiliki kurikulum khusus terkait pembelajaran AI. Sebagaimana Stanford, universitas ini juga didukung oleh pusat riset AI yang terkenal, yaitu Vector Institute.

  • National University of Singapore (NUS)

Alternatif jurusan AI terbaik di Asia adalah di National University of Singapore. Program AI di universitas ini menekankan pada penerapan AI dalam industri dan aplikasinya dalam berbagai bidang. Universitas ini juga memiliki pusat riset AI yang terkenal, yaitu Institute of Data Science.

Tips Siapkan Dana Pendidikan Anak dengan Reksadana 

Reksadana Pendapatan Tetap

https://www.pexels.com/photo/woman-working-on-laptop-with-documents-5940721/

Karena pembelajaran yang kompleks dan demand yang tinggi, biaya pendidikan di program AI memang dikenal tinggi. Untuk itu, Anda bisa berinvestasi di Reksadana jenis Pendapatan Tetap sebagai solusi menyiapkan dana pendidikan anak.

Manfaat Reksadana Pendapatan Tetap yang paling utama, yaitu Anda bisa memperoleh penghasilan tetap yang stabil dan konsisten. Selain itu, berbeda dengan produk investasi lainnya, jenis Reksadana ini dapat dicairkan kapan saja di hari bursa tanpa biaya tambahan.

Jika tertarik berinvestasi di Pendapatan Tetap, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Pahami Risikonya

Sebelum Anda berinvestasi di instrumen Pendapatan Tetap, pastikan Anda sudah memahami risiko investasinya. Risiko yang terkait dengan Reksadana jenis ini di antaranya meliputi risiko kredit, risiko suku bunga, dan risiko likuiditas.

  • Kenali Peluang Keuntungannya

Dengan berinvestasi di Pendapatan Tetap, Anda berpeluang mendapatkan potensi keuntungan ganda selain melalui capital gain (jual beli instrumen). Hal ini karena salah satu manfaat Reksadana Pendapatan Tetap yaitu dapat menghasilkan imbal hasil tetap melalui pembagian dividen.

  • Pelajari Manajer Investasi

Manajer Investasi (MI) berperan penting dalam kinerja Reksadana. Pastikan Anda memilih Reksadana dengan Manajer Investasi profesional yang memiliki rekam jejak yang baik dan sudah pengalaman dalam mengelola dana.

DBS Treasures, Solusi Kelola Reksadana untuk Dana Kuliah Anak

Sebelum mulai berinvestasi di Reksadana jenis Pendapatan Tetap untuk biaya kuliah anak nanti, sebaiknya pilih mitra yang profesional dan dapat diandalkan. Solusi tepatnya adalah dengan bergabung menjadi Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures. Berikut ini berbagai keuntungan investasi yang bisa Anda peroleh bersama DBS Treasures:

  • Pengelolaan produk investasi Reksadana oleh Manajer Investasi yang profesional dan berpengalaman.

  • Panduan dan strategi investasi terkurasi dari tim ahli finansial yang proaktif berdasarkan data dan analisis pasar.

  • Meminimalisasi risiko kerugian dan memaksimalkan imbal hasil, sebab dana Anda akan didistribusikan ke berbagai aset atau produk investasi berbeda melalui diversifikasi.

  • Transaksi jual beli instrumen, proses switching, dan registrasi SID (Single Investor Identification) lebih mudah dengan difasilitasi oleh Aplikasi digibank by DBS.

Strategi investasi yang tepat adalah solusi terbaik menyiapkan dana kuliah anak, termasuk di jurusan yang biayanya tinggi seperti Artificial Intelligence. Bersama DBS Treasures, Anda bisa memperoleh strategi manajemen kekayaan yang sudah dipersonalisasi sesuai kebutuhan portofolio Anda. Didukung tim ahli finansial yang mengomunikasikan analisa pasar serta peluang terkini, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Untuk berinvestasi di  Reksadana Pendapatan Tetap bersama DBS Treasures, simak informasi lebih lanjutnya di sini.

Tidak ada komentar

Posting Komentar