Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Hari Blogger Nasional 2023, Penuh Doa dan Harapan

 

Hari blogger Nasional



Halo teman deestories… 

Wah, tak terasa dua hari lagi, tepatnya tanggal 27 Oktober 2023, diperingati Hari Blogger Nasional. 


Hari blogger ini bisa jadi pengingat buat para blogger, termasuk saya. Sejauh mana perjalanan blogging yang sudah ditempuh. Bagaimana harapan ke depan, apakah blogging masih tetap sexy dan diminati? 


Hari Blogger Nasional


Jujur, saat pertama kali terjun ke dunia blogging saya hanya modal nekat, lho. Saya itu nggak tahu apa-apa tentang blog. Pengetahuan saya tentang blog sebatas tempat untuk menulis. 


Saya nggak tahu kalau blog bisa menghasilkan. Dan juga ada profesi blogger. Apalagi tentang Hari Blogger Nasional. 


Padahal, Hari Blogger Nasional itu sudah ada sejak tahun 2007, lho. Sudah 16 tahun dirayakan. 


Tahun 2007, Menteri Komunikasi dan Informatika RI saat itu, Muhammad Nuh, menetapkan Hari Blogger Nasional berbarengan dengan Pesta Blogger.


Hari Blogger Nasional diperingati dengan menggelar pesta blogger sebagai ajang pertemuan para blogger di Indonesia.


Empat tahun berselang, pesta blogger berubah menjadi event on off Indonesia (OnOffID). Pada saat inilah, unsur bisnis mulai dikembangkan. Blog dikelola dengan baik agar bisa menghasilkan, istilah kerennya di monetized. 


Sekarang, perayaan Hari Blogger Nasional diperingati secara beragam. Setiap komunitas blogger punya cara tersendiri untuk merayakannya. 


Salah satunya KEB (Kumpulan Emak Blogger). Tahun ini, KEB mengajak semua anggotanya untuk #yukngebloglagi dalam rangka memeriahkan Hari Blogger Nasional. 


Tantangan ini ingin mengajak semua blogger untuk kembali aktif menulis. Berusaha untuk menjadi blogger yang produktif, biar blog nya nggak jadi sarang Laba-laba. Hahaha. 


Saya pun ikut tantangan ini. Selain ikut tantangan bersama KEB, saya memperingati Hari Blogger Nasional dengan melantunkan banyak doa dan harapan. 


Harapan Blogging 2024


Tahun 2024 sudah didepan mata. Nggak ada salahnya menjadikan peringatan Hari Blogger Nasional ini sebagai momentum untuk menuliskan harapan ngeblog di 2024. 


Memangnya, apa sih harapan saya untuk blog tahun depan? 


Blog tetap eksis


Tentunya, saya ingin agar blog tetap eksis di tahun 2024. Ya, ini tentu harapan bagi semua blogger. Apa jadinya kalau blog sudah nggak eksis lagi, kehilangan pundi-pundi, dong! 


Emangnya, apa yang membuat resah? Kenapa seolah ketakutan blog nggak akan eksis lagi. 


Ya, ketakutan ini berdasar sih. Di tengah perkembangan sosial media yang masif, apakah blog masih akan dikunjungi? 


Semoga masih, ya!

Ini juga kembali lagi ke blogger masing-masing. Tentunya blogger harus selalu kreatif dan berinovasi untuk bisa bertahan. 


Produktif ngeblog


Seperti harapan-harapan tahun sebelumnya, saya ingin lebih produktif lagi. Tahun ini harus lebih produktif ngeblog di dua blog pribadi, blog deestories dan home education centre. 


Menulis produktif artikel organik, sponsor post, maupun content placement. Mau pengen lebih etalase blognya, hahaha. 


Aktif berkomunitas


Blogger nggak bisa sendirian! Harus gandengan. Perlu aktif berkomunitas. Sebab, komunitas adalah tempat blogger untuk belajar dan bertumbuh bersama. 


Saya ingin bisa lebih aktif di KEB. KEB selama ini sudah membantu saya berkembang. Memberikan banyak ilmu seputar blogging dan juga memberikan pekerjaan. 


Baca Juga : Pentingnya Support System untuk Blogger


Semoga tahun depan KEB bisa lebih aktif lagi memberikan transfer ilmu dan pengalaman pada anggotanya. Bahkan, saya berharap KEB akan ada acara offline gathering di Surabaya. Soalnya, selama ini sepertinya belum ada, ya? 


Saya pengen bisa kopdar dengan pengurus dan anggota KEB. Kopdar sekalian melakukan banyak kegiatan bersama, mulai dari blog coaching, jalan-jalan bareng berburu konten, atau olahraga bersama sambil berdonasi juga boleh. Pasti seru! 


Dan tentu saja, semoga kedepannya KEB dapat banyak klien yang bisa memberikan pekerjaan pada membernya, termasuk saya! Haha. 


Tips Tetap Eksis Ngeblog


Namanya harapan, ya tetap harus diusahakan. Agar nggak jadi harapan kosong. Tentu saja, saya juga melakukan banyak daya dan upaya agar tetap eksis di dunia blogging. 


Tips blogging



Lalu, apa yang harus saya lakukan? Berikut adalah 7 tips agar bisa tetap eksis ngeblog 


Branding


Branding itu penting! Blogger yang punya ciri khas tentu akan lebih mudah dikenali. Ini bisa jadi modal utama untuk mendapatkan klien


Bagaimana caranya branding? Ya tentu lewat konten yang dibuat secara konsisten. Tak hanya membuat konten, pastikan konten dibagikan secara masif di media sosial. Biar orang tahu. Jangan lupa, lakukan branding yang positif, ya! 


Optimalkan sosial media


Optimalkan sosial media untuk mendukung pekerjaan sebagai blogger. Platform media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook, Twitter, TikTok dan Twitter memainkan peran kunci dalam mempromosikan sebuah brand


Masa depan blogging terletak pada konten media sosial karena membantu mendapatkan lebih banyak pengikut. Makanya, blogger harus tahu bagaimana menggunakan kontennya agar lebih menarik perhatian di sosial media. 


Kuasai SEO


Mau tak mau, blogger harus paham teknik SEO (Search Engine Optimization). Menulis artikel dengan teknik SEO tentu akan membantu meningkatkan performa blog kita. 


Artikel-artikel yang kita buat bisa cepat terindeks dan muncul dihalaman pertama mesin pencari. 


Fokus konten visual


Saya sadar, membuat konten visual seperti infografis, gambar, maupun video masih menjadi kekurangan saya. Kemampuan saya masih dibawah rata-rata, nih! 


Kalau tak mau tertinggal, saya juga harus fokus menghasilkan konten visual yang memukau. 


Sebab, konten visual bisa lebih menarik perhatian pengunjung blog, lho! 


Tingkatkan kualitas


Kualitas tetap harus diperhatikan. Menulis artikel yang berkualitas, tentu menjadi nilai penting bagi seorang blogger


Selalu berusaha menulis dengan gaya storytelling dan original, menjadi indikator kualitas artikel blog. 


Kualitas ini akan didapat dengan sendirinya, saat konsisten menulis dan banyak membaca. Juga, jangan bosan untuk terus belajar seputar blogging. 


Artikel viral vs artikel evergreen


Menulis artikel viral tentu bisa menarik perhatian pembaca dengan cepat. Tapi menulis artikel evergreen bisa mempertahankan kunjungan blog secara konsisten. 


Tak harus memilih salah satu. Tulis saja keduanya. Kombinasikan. Biar pengunjung blog tetap ramai. 


Jaga manner


Menjadi blogger tak sekadar kuasai teknik semata, manner itu penting. Bergaul secara baik dengan sesama teman blogger serta bersikap profesional dengan klien adalah salah satu adab yang harus dimiliki oleh blogger. 


Baca Juga : My Blogger Buddies


Penutup


Tahun ini adalah tahun kelima saya menjalani profesi sebagai blogger. Tentu saja sudah banyak yang bisa saya syukuri. Hal-hal yang tak pernah saya bayangkan bisa tercapai lewat aktivitas ngeblog. 


Tanpa saya sangka, blogging yang awalnya adalah hobi, menjadi sumber pundi-pundi bagi saya. Senang sekali bisa menjalani hobi yang dibayar. 


Dan tentu saja masih ada banyak yang ingin saya raih. Saya ingin tetap aktif menulis. Menyebarkan banyak artikel yang bermanfaat bagi banyak orang. Meraih banyak pundi-pundi dari blog. Dan juga bersenang-senang dengan teman-teman di komunitas blogger. 


Selamat Hari Blogger Nasional! 


Semoga hari-hari esok lebih baik lagi untuk semua blogger Indonesia. 


Amin. 



KEB





1 komentar

  1. aku sendiri nggak nyangka bisa bertahan sampe sekarang untuk ngeblog.
    Dari sini, aku jadi kenal banyak temen blogger meskipun ga semuanya pernah ketemu, tapi dengan komen gini aja udah berasa kayak udah kenal lama

    BalasHapus