Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

8 Resolusi Pernikahan untuk Rumah Tangga Harmonis dan Bahagia

 

8 πšπšŽπšœπš˜πš•πšžπšœπš’ π™ΏπšŽπš›πš—πš’πš”πšŠπš‘πšŠπš— πšžπš—πšπšžπš” πšπšžπš–πšŠπš‘ πšƒπšŠπš—πšπšπšŠ π™·πšŠπš›πš–πš˜πš—πš’πšœ πšπšŠπš— π™±πšŠπš‘πšŠπšπš’πšŠ




πšƒπšŠπš‘πšžπš— πš‹πšŠπš›πšž πš’πšπšŽπš—πšπš’πš” πšπšŽπš—πšπšŠπš— πš›πšŽπšœπš˜πš•πšžπšœπš’ πš‹πšŠπš›πšž. π™±πšŠπšπš’ 𝚜𝚊𝚒𝚊,  πš‹πšŠπš›πšž πšπšŠπš” πšœπšŽπš”πšŠπšπšŠπš› πš–πšŽπš–πš‹πšžπšŠπš πš›πšŽπšœπš˜πš•πšžπšœπš’ πšœπšŽπšŒπšŠπš›πšŠ πš™πš›πš’πš‹πšŠπšπš’ πšœπšŠπš“πšŠ. π™½πšŠπš–πšžπš—, πš“πšžπšπšŠ πš™πšŽπš›πš•πšž πš–πšŽπš–πš‹πšžπšŠπš πš›πšŽπšœπš˜πš•πšžπšœπš’ πš™πšŽπš›πš—πš’πš”πšŠπš‘πšŠπš—. πšπšŽπšœπš˜πš•πšžπšœπš’ πš™πšŽπš›πš—πš’πš”πšŠπš‘πšŠπš— πš’πš—πš’ πš‹πš’πšœπšŠ πš“πšŠπšπš’ πšπšžπš’πšπšŽ πš‹πšŠπšπšŠπš’πš–πšŠπš—πšŠ πš™πšŽπš›πš—πš’πš”πšŠπš‘πšŠπš— πšπš’πš“πšŠπš•πšŠπš—πš”πšŠπš— πšœπšŽπš™πšŠπš—πš“πšŠπš—πš πšπšŠπš‘πšžπš— πš’πš—πš’. 


πšπšŽπšœπš˜πš•πšžπšœπš’ π™ΏπšŽπš›πš—πš’πš”πšŠπš‘πšŠπš—


Siapa yang setiap tahun membuat resolusi pernikahan? Layaknya resolusi pribadi, resolusi pernikahan juga penting dibuatdibuat dan dijalankan.


Beberapa tahun terakhir ini saya rutin membuat resolusi pernikahan. Apakah suami ikut terlibat? Tentu saja! Pernikahan dijalankan oleh suami dan istri, semuanya dilakukan bersama. Terrmasuk dalam membuat resolusi pernikahan. 


Biasanya resolusi pernikahan yang dibuat ini hasil obrolan saat pillowtalk atau saat menikmati waktu berdua saja. Obrolan-obrolan santai saat menikmati waktu berdua juga bisa jadi poin penting dalam membuat resolusi pernikahan. 


8 Resolusi Pernikahan Tahun 2024


Lalu, apa saja sih resolusi pernikahan yang kami buat tahun ini? Benarkah resolusi pernikahan ini bisa membuat rumah tangga kami makin harmonis dan bahagia? Semoga! Harapannya sih gitu ya! 


Berikut tujuh resolusi pernikahan yang bisa membuat rumah tangga harmonis dan bahagia. 


Ibadah


Pernikahan adalah ibadah bersama seumur hidup. Pahalanya besar, tetapi godaannya pun besar. Kalau tak didasarkan niat beribadah, perjalanan panjang pernikahan ini terasa makin sulit dan terjal. 


Jadi, sangat penting untuk memperbanyak ibadah bersama dalam mengisi pernikahan. 


Tahun ini, kami mulai rajin mencari info melakukan umroh mandiri. Tak hanya berburu informasi, kami juga harus menyiapkan dananya. 


Umroh bersama menjadi target resolusi di dua tahun kedepan. Doakan kami dimampukan, ya! 


Tak hanya umroh, tahun ini kami ingin bisa sesekali pergi kajian bersama. Mendatangi majelis ilmu, khususnya yang membahas bagaimana adab pernikahan. Biar apa coba? Biar kami makin paham ilmu menjalani pernikahan dengan niat ibadah. 


Keuangan


Keuangan menjadi poin penting juga dalam resolusi pernikahan tahun ini. Insya Allah tahun ini salah satu kredit akan lunas. Kami bertekad tidak menambah kredit atau hutang lagi. Melunasi saja kredit lainnya sambil ditabung untuk biaya umroh. 


Pastinya juga lebih bijak lagi mengatur keuangan. Menahan diri untuk tidak sering hura-hura. Mengencangkan ikat pinggang untuk impian-impian yang akan diraih. 


Juga kalau bisa menambah instrumen dalam berinvestasi. Dan tentu saja tetap konsisten untuk menyiapkan asuransi pendidikan anak serta dana darurat. 


Komunikasi


Komunikasi adalah kunci. Meski dalam pernikahan ini saya lebih banyak bicara dan suami bagian pendengar setia, kami tetap bisa mengungkapkan isi hati masing-masing. 


Tak ada rahasia. Suami adalah partner curhat bagi saya, begitu juga sebaliknya. Apa saja bisa kami diskusikan bersama. 


Biasanya komunikasi kami secara intens itu saat menjelang tidur. Menceritakan apa saja yang ingin diceritakan. 


Pentingnya komunikasi dalam rumah tangga itu bukan isapan jempol, lho. Lihat saja bagaimana banyak rumah tangga berakhir hanya karena suami istri tidak bisa saling berkomunikasi. Mereka mencari orang lain untuk teman ngobrol, berawal dari chat, berakhir dengan cheating. 


Dating


Dating buat suami istri itu penting. Jangan jadikan anak dan kesibukan menjadi alasan untuk nggak pernah kencan berdua. Menikmati waktu berdua layaknya orang pacaran itu penting, lho. 


8 πšπšŽπšœπš˜πš•πšžπšœπš’ π™ΏπšŽπš›πš—πš’πš”πšŠπš‘πšŠπš— πšžπš—πšπšžπš” πšπšžπš–πšŠπš‘ πšƒπšŠπš—πšπšπšŠ π™·πšŠπš›πš–πš˜πš—πš’πšœ πšπšŠπš— π™±πšŠπš‘πšŠπšπš’πšŠ


Dating nggak harus di luar rumah. Di rumah juga bisa. Saat anak-anak tidur, bisa lho begadang bareng maraton film jadi salah satu agenda kencan  suami istri. 


Atau jika memang memungkinkan, ya pergi berdua. Belasan tahun menikah, kami masih rutin lho malam mingguan berdua. Mulai dari nonton bioskop atau mencicipi kedai kopi baru. 


Baca Juga : Seru Banget! 5 Ide Aktivitas Bareng Pasangan di Rumah yang Patut Dicoba!



Tahun ini, kami juga akan melakukan banyak waktu berdua. Biar makin erat bonding-nya. Pengennya bisa road trip berdua! 


Mendukung hobi


Pernikahan tak harus merenggut hobimu. Justru, harus saling mendukung hobi masing-masing. 


Tahun ini mendukung hobi juga masuk ke resolusi pernikahan kami. Saya hobi nonton drakor, suami mendukung dengan membayar semua biaya langganan aplikasi streaming, hahaha. 


Dia juga akan menemani saat ada film Korea bagus di bioskop. 


Bagaimana dengan hobi suami? Tentu saya dukung, dong! Kebetulan hobi suami itu meracik kopi. Dia bisa betah berlama-lama meracik kopi. 


Bagaimana saya mendukung hobi itu? Ya dengan memberikan dia waktu untuk meracik kopi dan kadang saya pun membelikan biji kopi yang enak untuknya. 


Tahun ini, saya juga akan membelikan dia alat-alat meracik kopi yang belum dimiliki. 


Dengan saling mendukung hobi seperti ini, tentunya suami istri bisa saling bahagia. Hobinya tak dibatasi meski sudah menikah. 


Sehat bersama


Hampir setahun ini kami nge gym berdua. Dan akan terus konsisten di tahun ini. Olahraga bersama di tempat gym jadi komitmen kami untuk sehat bersama. 


8 πšπšŽπšœπš˜πš•πšžπšœπš’ π™ΏπšŽπš›πš—πš’πš”πšŠπš‘πšŠπš— πšžπš—πšπšžπš” πšπšžπš–πšŠπš‘ πšƒπšŠπš—πšπšπšŠ π™·πšŠπš›πš–πš˜πš—πš’πšœ πšπšŠπš— π™±πšŠπš‘πšŠπšπš’πšŠ


Tak hanya rutin olahraga berdua, tahun ini suami akan mengikuti langkah saya melakukan intermittent fasting. Kami juga akan konsisten mengurangi asupan karbo. Kalau bertahun-tahun sudah berhasil mengurangi asupan gula, tahun ini ditambah dengan konsisten mengurangi asupan karbo. 


Rutin olahraga dan makan sehat jadi cara kami untuk sehat bersama. Agar kami bisa menua bersama dengan bahagia. 


Menjaga komitmen


Banyaknya berita perselingkuhan akhir-akhir ini membuat saya stres sendiri. Saya jadi takut suami tak setia. Jadi parno sendiri, ujung-ujungnya malah curigaan ke suami. 


8 πšπšŽπšœπš˜πš•πšžπšœπš’ π™ΏπšŽπš›πš—πš’πš”πšŠπš‘πšŠπš— πšžπš—πšπšžπš” πšπšžπš–πšŠπš‘ πšƒπšŠπš—πšπšπšŠ π™·πšŠπš›πš–πš˜πš—πš’πšœ πšπšŠπš— π™±πšŠπš‘πšŠπšπš’πšŠ



Oleh karena itu, kami bersepakat. Bahwa, tahun ini kami juga harus saling menjaga komitmen masing-masing. Setia pada janji pernikahan yang diucapkan di depan Tuhan. Tak saling mengkhianati. 


Baca Juga : Nikah Muda, Yes or No? 


Berdua seumur hidup. Tanpa ada orang ketiga. Bismillah, komitmen kami terjaga hingga maut memisahkan. 


Kalau suami istri saling menjaga komitmen, tentu saja godaan orang ketiga akan mudah dilewati. 


Perbanyak bercinta


Last but not least, kalau mau pernikahan harmonis dan bahagia jangan lupakan bercinta! Bercinta jadi hal yang penting dalam pernikahan, tak sekadar untuk urusan melanjutkan keturunan saja, lho. Bercinta juga untuk kebahagiaan pernikahan itu sendiri. 


Pernikahan kami memang tak berencana menambah keturunan lagi. Namun, itu bukan jadi alasan untuk malas bercinta. 


Banyak penelitian menunjukkan, pasangan yang memiliki waktu banyak untuk bercinta, rumah tangganya akan lebih langgeng dan bahagia. 


Jadi, nggak salah dong kalau tahun ini salah satu resolusi pernikahan kami adalah perbanyak bercinta! Hahaha. 


Penutup


Pernikahan adalah ibadah seumur hidup. Dia layak diperjuangkan. Memiliki pernikahan yang harmonis dan bahagia bukan hal yang tak mungkin. Selama diusahakan bersama. 


8 πšπšŽπšœπš˜πš•πšžπšœπš’ π™ΏπšŽπš›πš—πš’πš”πšŠπš‘πšŠπš— πšžπš—πšπšžπš” πšπšžπš–πšŠπš‘ πšƒπšŠπš—πšπšπšŠ π™·πšŠπš›πš–πš˜πš—πš’πšœ πšπšŠπš— π™±πšŠπš‘πšŠπšπš’πšŠ


Semoga resolusi pernikahan kami tahun ini bisa terwujud semuanya. Semoga rumah tangga kami akan selalu harmonis dan bahagia. 


Baca Juga : Capai Resolusi Tahun Baru dengan SMART



Bagaimana dengan teman-teman? Apakah juga membuat resolusi pernikahan juga? Spill dong apa saja resolusi pernikahan yang dibuat! 

17 komentar

  1. Yuhuuu, setuju banget buat poin Dating. Karena, kerasa banget beberapa kali dating berdua aja justru selain bisa nambah romantis juga jadi sarana ngobrol yang deep dan serius. Terutama bahas hal yang tadinya agak susah dibahas pas ga cuma berdua aja.

    BalasHapus
  2. Susah nih yang sehat bersama. Tetapi memang tetep harus diusahakan sih, biar tetep bisa jalani semua bareng, ya

    BalasHapus
  3. Waaah, aku belum pernah membuat resolusi pernikahan. Bahkan, resolusi untuk diri sendiri pun sudah beberapa tahun terakhir aku tak membuatnya. Baca tulisan ini jadi ingat, aku juga punya keinginan yang baik dalam pernikahanku dan ada cita-cita yang belum kesampaian di tahun-tahun sebelumnya. Semoga bisa terwujud di tahun 2024. Aamiin.

    BalasHapus
  4. Wah, boleh juga nih tipsnya mba Dee hehe, apalagi untuk pasangan lama ya, karena bersama pasangan kadang kalau ada masalah menjadi lebih ringan jika dikomunikasikan

    BalasHapus
  5. resolusi pernikahan rasanya aku nggak pernah buat nih mba hihi. Dating tuh jadi hal yg penting, aku baru bisa lebih banyak ngedate akhir2 ini. Olahrga berdua, trus movie date tapi ada yg ambek nih di rumah kalau sering2 berdua. . semoga terwujud smua keinginannya ya mba, langgeng, bahagia, sehat bersama

    BalasHapus
  6. Wow, semakin banyak bercinta ini salah satu resolusi mbak Dian dan suami berumah tangga ya hehehe kereeeen! Kompak banget nih dating, apalagi sama2 warna bajunya uhuyyy :D "Pacaran lagi" bareng suami biar makin romantis. Jalan berduaan tanpa anak2 harus ya ternyata. Oke2 aku ikutin deh caranya hahaha :D

    BalasHapus
  7. Resolusi pernikahan ini memang penting karena sekarang banyak kasus perselingkuhan. Semoga aja ya keluarga kita terus dijaga dari kehancuran itu.

    BalasHapus
  8. Duh aku kok gak pernah kepikiran bikin resolusi pernikahan ya, tapi namanya berumah tangga memang yang paling utama itu komunikasi dan kepercayaan. Setelah itu dilanjut dengan hal-hal lainnya kalau aku.

    BalasHapus
  9. Semoga selalu samawa dan terwujud segala resolusi pernikahan yg menjadi harapan. Mengingat perjalanan waktu dan kebersamaan akan ada saja aral melintang

    BalasHapus
  10. asiknyaaa yang bisa malming berdua.
    tantangan kami karena punya anak kecil yang belum bisa ditinggal, enggak ada yg dititip juga jadi yah makan di warteg sementara anakku main di dekat situ aja udah bahagia. hahah...

    BalasHapus
  11. Senang banget punya resolusi pernikahan ya mba. InsyaAllah Allah kabulkan. Selama satu tujuan bersama, ini tentu lebih baik. Niat untuk menambah ibadah pun semoga Allah kabulkan. Aamiin

    BalasHapus
  12. Pengen deh bisa lebih banyak bercinta juga, tapi susah soalnya saya dan suami LDR, hehehe...
    Semoga semua resolusinya tercapai ya...

    BalasHapus
  13. Semoga selalu bersama ya, lebih bahagia dan lebih saling menyayngi, aamiin

    BalasHapus
  14. Ikut senang aku mbak adanya resolusi pernikahan di 2024. Semoga kemesraan ini terus hingga jadi kakek nenek ya

    BalasHapus
  15. Seneng banget aku baca resolusi pasangan gini, ihihi. Salah satu upaya menjaga sparks dalam ikatan pernikahan ya kayak gini yaa mbak, bikin resolusi bersama. Poin terakhir itu lhoo bikin sehat dan happy banget kayanya yaa, ahaha

    Happy terus, samawa terus ya mak, sehidup sesurga, Aamiin

    BalasHapus
  16. Di..
    Inspiring sekali.

    Aku sama suami mentok-mentok resolusi masing-masing.
    Dan biasanya, resolusi diri untuk keluarga.
    Jadi jarang banget membicarakan hal sedetil ini sama pasangan.

    Nuhun idenya yaa, Di..
    Karena rumah tangga kalau uda pernikahan di atas 10 tahun tuh uda rasa temen, sahabat ya pacal. Hehhe..

    BalasHapus
  17. Roadtrip berdua, ini juga yang belum kesampaian kami lakukan mbak, belum tega ninggalin anak-anak bertiga aja di rumah.
    Semoga resolusi-resolusi ini membuat keluarga mbak Dian makin harmonis ya

    BalasHapus