Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tak Sekadar Kompetisi, Banyak Manfaat yang Didapat Saat Anak Ikut Lomba



Beberapa hari lalu, anak-anak mengikuti perlombaan. Ini kali ketiga bagi mereka. Dibandingkan anak-anak lain, mereka masih jarang ikut lomba. Maklum, saya sendiri sebagai orang tua tak terlalu ambis untuk mendaftarkan anak-anak berlomba. Namun, sebenarnya saat anak ikut lomba, itu tak sekadar kompetisi, lho. Banyak manfaat yang didapat saat anak ikut lomba. 


Perlukah Anak Ikut Lomba? 


Anak ikut lomba


Perlukah anak ikut lomba? Tentunya jawaban ini tergantung situasi dan kondisi masing-masing keluarga, ya! Kalau di keluarga kami, anak perlu sesekali ikut lomba. 


Ya, sesekali. Tak harus sering. Kenapa? Ya, biar anak tidak merasa dibebani. Biar mereka juga menikmati masa kecilnya. 


Jangan sampai, saat orang tua punya ambisi terlalu besar, anak jadi terforsir waktu dan tenaganya untuk berjuang dari lomba ke lomba. 


Bagi keluarga kami, anak perlu ikut lomba yang berkaitan dengan minat dan bakatnya. Agar saat mereka berlomba, mereka bisa tetap bahagia. 


Manfaat Anak Ikut Lomba


Mengikuti lomba tak hanya berburu hadiah dan piala semata. Namun, banyak juga manfaat yang didapat anak saat ikut lomba


Pertama, tentu saja lomba bisa mengajarkan pada anak tentang persaingan. Mengajari anak untuk berkompetisi dengan orang lain. Kemampuan berkompetisi itu penting, lho. Salah satu seni untuk bertahan hidup. 


Kedua, ikut lomba memupuk keberanian. Saat ikut lomba, anak melatih keberaniannya. Anak berani bersaing dan menunjukkan kemampuannya. 


Manfaat anak ikut lomba


Ketiga, lomba bisa mengasah minat dan bakat anak. Misalnya, si sulung memiliki minat dan bakat di olahraga judo, maka sangat tepat saat kami mendorongnya ikut lomba judo. 


Keempat, lomba bisa membuat anak percaya diri. Saat ikut lomba mereka melatih percaya dirinya, baik percaya diri menampilkan bakatnya di depan orang lain


Kelima, lomba bisa membuat anak belajar arti kemenangan dan kekalahan. Ini hal yang sangat penting juga bagi perkembangan anak. Mereka bisa bahagia saat menang, tetapi juga bisa menerima ketika kalah. 


Anak ikut lomba


Keenam, melatih kedisiplinan. Saat anak mengikuti lomba, tentu sebelumnya ada persiapan yang dilakukan. Anak-anak fokus berlatih. Tentu saja ini butuh ketekunan dan kedisiplinan. Anak belajar bagaimana mengelola waktunya. 


Baca Juga : Lakukan 3 Hal Ini, Agar Anak Sukses dengan GRIT yang Melejit



Ketujuh, lomba bisa menumbuhkan grown mindset anak. Saat mengikuti lomba, anak bertumbuh untuk menjadi lebih baik, mulai dari tahap persiapan hingga perlombaan selesai. Ketika mempersiapkan diri sebelum lomba, mereka banyak berlatih untuk mempertajam kemampuan mereka. Saat kompetisi berlangsung, mereka juga bisa belajar dari peserta lain. Anak-anak yang terbiasa ikut kompetisi akan terbiasa untuk terus tumbuh agar mereka bisa mempertahankan prestasinya.


Apa yang Perlu Dilakukan Orang Tua Saat Anak Ikut Lomba? 


Lalu, apa yang harus dilakukan orang tua saat anak ikut lomba? Dukungan apa yang harus orang tua berikan? 


Pertama, tentu saja dampingi anak saat berlomba. Dampingi saat mempersiapkan lomba hingga lomba usai. Bantu anak berlatih. 


Saat anak ikut lomba


Kedua, tanamkan bahwa yang terpenting dari sebuah perlombaan bukanlah kemenangan, tetapi keberanian menampilkan yang telah diusahakan selama ini. 


Ketiga, berikan apresiasi atas usaha yang telah dilakukan anak. Apapun hasilnya, baik kalah ataupun menang, berikan apresiasi pada anak. Apresiasi atas keberaniannya mau ikut lomba. 


Baca Juga : Dukung Anak Menjadi Atlet E-Sport


Keempat, jangan membandingkan anak dengan anak lain. Meskipun ada anak lain yang mungkin lebih berprestasi, jangan bandingkan anak. Membandingkan anak dengan anak lain bukannya memacu anak untuk berprestasi, sebaliknya anak malah akan merasa tertekan. 


Penutup


Saat anak ikut lomba


Anak ikut lomba atau tidak, kembali kepada keputusan masing-masing keluarga. Jika memang lomba yang diikuti sesuai dengan minat dan bakat anak, serta anak enjoy dalam menjalaninya, ya go ahead. Ajak anak untuk berlomba. 


Banyak juga manfaat yang diterima anak saat dia mengikuti lomba. Orang tua juga perlu memberikan dukungan terbaiknya saat anak ikut lomba. 

Baca Juga : Pengalaman Anak Ikut Kejurprov Judo Piala Unesa 2023


Sejauh ini, anak-anak saya baru beberapa kali ikut lomba. Alhamdulillah lombanya sesuai dengan minat dan bakat mereka. Meski tak selalu menang, anak-anak tetap happy saat ikut lomba. 


Bagaimana dengan teman-teman? Apakah sudah sering mengajak anak mengikuti perlombaan



25 komentar

  1. Setuju banget Kak... Terutama untuk poin kelima manfaat ikut lomba, mengajarkan anak arti kemenangan dan kekalahan. Hal ini penting banget untuk dialami oleh semua anak, agar lebih tangguh menghadapi segala tantangan hidup di masa depan mereka nantinya.

    BalasHapus
  2. Buat cari bakat dan minat memang nak harus diikutkan berbagai macam lomba sih. Buat melatih keberanian juga. Tapi sebagai orang tua memang harus diarahkan

    BalasHapus
  3. Menurut saya, anak lomba itu perlu sekali. Karena dari lomba, bakatnya bisa semakin terasah, termasuk belajar bersaing dan berjuang. kalau anak memang hobi dan minat sesuatu, maka biasanya justru anak yang minta ikut lomba itu sendiri, dan hasilnya bisa maksimal.

    BalasHapus
  4. Dengan anak ikut lomba manfaat paling berkesan bisa untuk meningkatkan kepercayaan diri juga ya

    BalasHapus
  5. Porsi dalam mendampingi anak yang tengah terlibat dalam lomba ini sih yang kadang, kuperhatikan nih, ada saja orangtua yang saking ingin anaknya juara, sampai ikut bantuin segala rupa. Mungkin objekku baru sampai ke tahap ortu yang punya anak usia TK sih, Mba. Itu pun lombanya ya lomba mewarnai. Padahal lomba adalah sebuah proses anak untuk belajar banyak hal, termasuk ajang mengenali minat dan bakat anak sih ya.

    BalasHapus
  6. Samaaa lho mbaa, aku juga bukan tipe ortu ambis yang nyuruh anaknya ikut lomba ini itu. Udah sepakatan juga ama suami biar sesuka anak2 aja. Tapi emang kami juga mengajak mereka sesekali ikutan lomba biar tau iklim persaingan, kesabaran, keberanian, dan percaya diri. Tentu saja mengajarkan ngga semua perlombaan bisa dimenangkan.

    BalasHapus
  7. Setuju mba yg paling penting kita kasih pemahaman kalo ikut lomba menang kalah adalah hal biasa. Harus siap dengan itu. Dan kita harus bisa mensupport dg baik. Krn anakku masih tk aku juga ngga pernah ambisi untuk sering ikut lomba. Meski kebanyakan lomba mewarnai.

    BalasHapus
  8. Bener mbaa nggak usah terlalu sering takutnya anak-anak merasa terbebani. Sesekali perlu agar tahu gimana kompetisi dan menentukan strategi. Wah keren nih udah pinter ikut lomba 😍

    BalasHapus
  9. Anakku beberapa kali ikut lomba gambar sih. Mewakili sekolah.
    Tapi pernah juga ikut lomba gambar, aku aja daftarin, bukan wakil sekolah. Kezel iiih...mosok ada ortu yg ikut campur ngasih arahan, harus gini, harus gitu. Itu mah ortunya aja yg ikut lomba.

    BalasHapus
  10. Bener banget, bagi orang tua lomba itu bukan untuk memenuhi ambisi orang tua tetapi melihat kemajuan anak dan pastinya harus didukung

    BalasHapus
  11. Beneeer, kalo ikut lomba yang penting mah si anaknya enjoy. Beberapa kali nemu anak yang ikut lomba terlihat nggak enjoy dan ortunya terus ngasih tekanan harus begini-begitu.

    BalasHapus
  12. Melatih anak jadi percaya diri, jadi mentalnya semakin terasah dengan semakin banyaknya lomba yang ia ikuti yg paling penting ortu bisa jadi tau minat bakat sang anak saat sudah ketemu disitulah semakin dibentuk dan mereka tetap enjoy menjalaninya

    BalasHapus
  13. Seneng yaa.. mashaAllaa~
    Anak-anak shalihaa berani ikut lomba.

    Tapi yah, meskipun kita tanamkan bahwa lomba itu buat pengalaman, buat mempertajam kemampuan, namun kadang ada kalanya kekecewaan saat pengumuman dan namanya gak ada.
    Aku jadi ngerasain zaman aku dulu. Rasanya kek pundung gitu.. hihihi~

    Tapi yah, fase ini kudu dilewatin.
    Semoga anak-anak paham maksud dan tujuannya. Sehingga menjadi kenangan indah saat mereka dewasa nanti.

    BalasHapus
  14. Ikut perlombaan ini ada bagusnya juga buat anak, biar anak belajar berkompetisi, mengerti menang dan kalah, dan anak juga bisa jadi lebih percaya diri

    BalasHapus
  15. Beneran ini memang motivasi anak diikutkan lomba cuma buat latihan mental aja biar gak demam panggung juga.

    BalasHapus
  16. Menurutku juga perlu sesekali kok ikut lomba. Asal diberi pengertian dulu arti menang dan kalah, serta pelajaran yang bisa diambil

    BalasHapus
  17. masy Allah, aku sepakat semua mbak. Dan kalo dalam ilmu psikologi peserta didik anak itu perlu merasakan master experience. jadi ndakpapa anak mencoba mengalami banyak hal ish . kita bantu menguatkan dan sounding terkait pengelolaan hasilnya

    BalasHapus
  18. setuju, anak-anakku sangat senang ikut lomba dan ketika mereka menang tentu saja dengan latihan yang banyak, kemenangannya terasa lebih enak dan semakin percaya diri

    BalasHapus
  19. Nah ponakan saya yang TK lagi seneng2nya ikutan lomba kak. Dan disupport penuh sama kedua orang tuanya. Saya setuju kalau ikutan lomba itu bikin anak jadi tahu tentang persaingan, keberanian, mencari tahu minat mereka dan belajar tentang arti kemenangan dan kekalahan

    BalasHapus
  20. bener nih kak, dengan anak-anak ikut lomba lebih menambah kepercayaan diri mereka di depan publik dan mampu melihat kemampuan individu secara langsung,

    BalasHapus
  21. Wah, salut deh. Selamat yaa mba telah berhasil mengantarkan anak2 di dunia yg mereka senangi sesuai minat dan bakatnya. Kita sebsgai ortu memang hanya perlu membimbing dan mendorong tanpa terlalu bnyk intervensi ya kak, agar mereka bisa tumbuh jdi anak2 yg manfiri dan berkembang. Termasuk tentang pemilihan lomba yg ingin mereka ikuti.

    BalasHapus
  22. waah kereen.. selamat ya \^^/ dari kecil sudah banyak lomba yang diikutinya. terus berprestasi ya, semoga dimudahkan di setiap kompetisi, Aamiin..

    BalasHapus
  23. anak saya baru ikut lomba 2 kali waktu tk dulu dan nggak ada yang menang. hehe. pas sd ini masih belum ada sih lomba yang bisa dia ikuti nanti deh lihat anaknya bakatnya di mana

    BalasHapus
  24. Anakku ga pernah sih ikut lomba2, paling ikutan lomba klo pas di sekolah atau RT waktu 17an Agustus hehehe.... Mungkin lain kali klo ada lomba2 yg kiranya cocok, mau tak tawarin ke si bocah ah...

    BalasHapus
  25. Banyak juga ya manfaat ketika anak ikut lomba, jadi inget juga waktu kecil dulu sayanya juga doyan ikut lomba tapi itu juga ikutnya atas kemauan sendiri. Kalau sama anak saya sekarang jg sama, gak mau sampai saya paksain, paling saya tawari dulu dan kasih penjelasan aja , kalau dia mau baru saya daftarin kalau nggak ya nggak papa juga tapi tetap bakal saya motivasi dia juga biar berani ikut lomba

    BalasHapus