Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Food Preparation, Penyelamat Keluarga Saat Bencana Datang Menerpa

 

Food Preparation, Penyelamat Keluarga Saat Bencana Datang Menerpa


Dua hari berturut-turut tempat tinggal saya diguyur hujan dengan lebat. Hujan yang berlangsung lama itu sukses membuat sungai desa meluap. Akibatnya, jalan perumahan terendam banjir. Tak hanya jalanan, banjir masuk ke rumah warga. Termasuk rumah saya. 


Baru kali ini merasakan rumah kebanjiran. Air menggenangi seluruh rumah. Duh, ini jadi pekerjaan rumah yang berat. Suami bahkan tak tidur semalaman, hanya untuk menguras air yang masuk rumah. Setelah air surut, pastinya rumah harus dibersihkan. Kerja bakti jadinya. 


Jalanan di perumahan masih tergenang air. Akses keluar rumah terbatas. Tak ingin mengambil risiko kendaraan mogok, diam di rumah menjadi pilihan terbaik. 


Meski kerepotan membersihkan rumah, tentu saja tetap harus menyiapkan makanan untuk keluarga. Beli makan tak bisa keluar rumah, membeli secara online juga banyak ditolak karena jalanan desa banyak yang ditutup aksesnya. Maka memasak sendiri adalah satu-satunya pilihan. 


Memasak di tengah rumah yang terendam banjir tentu sangat menantang. Beruntung hari Sabtu lalu saya sudah melakukan food preparation. Di kulkas sudah penuh dengan bahan makanan. Saya bahkan sudah memasak beberapa masakan matang. 


Maka saat anak-anak kelaparan, saya cukup menggoreng chicken katsu yang sudah saya siapkan sebelumnya. Ada juga menu krengsengan daging yang tinggal saya hangatkan, karena sudah dimasak sebelumnya. 


Food preparation
Masakan saat banjir



Baca Juga : Food Preparation di Saat Social Distancing



Tak sampai 30 menit semuanya sudah tersaji di meja makan. Saya dan keluarga bisa tetap menikmati makanan yang lezat dan sehat meski rumah terendam banjir. Alhamdulillah. 


Kejadian ini membuat saya bersyukur telah melakukan food preparation. Food preparation yang saya lakukan saat weekend kemarin menjadi penolong saat bencana seperti ini. 


Apa itu Food Preparation


Sebenarnya sudah lama saya rutin melakukan food preparation. Biasanya weekend menjadi momen yang pas untuk melakukan food preparation. 


Food preparation adalah metode memasak yang dilakukan dengan menyiapkan bahan baku menjadi bahan yang sudah siap masak untuk periode yang telah direncanakan.


Tujuan utama food preparation adalah untuk mengefisienkan waktu dalam memasak, jadi kita dapat memiliki waktu luang untuk melakukan aktivitas harian lainnya. Biasanya, periode dari food preparation untuk seminggu atau sepuluh hari kedepan. 


Food preparation adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan di saat sibuk dan hanya mampu memasak di waktu tertentu saja.


Tips food preparation
Bebeberapa masakan matang yang sudah saya siapkan saat food preparation



Biasanya saya hanya melakukan food preparation untuk menyiapkan bahan-bahannya saja. Jarang sekali menyiapkan menu masakan matang untuk beberapa hari kedepan. Namun, sebenarnya ini bisa dilakukan. Ini justru membuat waktu di dapur semakin singkat. Memasak sehari bisa untuk berhari-hari. 


Manfaat Food Preparation


Food preparation tak hanya bermanfaat memangkas waktu memasak saja, tetapi punya beberapa manfaat lainnya, misalnya :


Hemat


Food preparation bisa membuat kita banyak menghemat anggaran makanan. Saat kita sudah menyiapkan bahan memasak, tentunya termotivasi untuk dimasak. Nggak ada lagi keinginan untuk beli makan diluar. Masak sendiri tentu lebih hemat. 


Asupan gizi seimbang


Food preparation membantu kita memiliki asupan gizi seimbang. Menyiapkan berbagai bahan masakan sendiri, tentu membuat kita memilih yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang. 


Masak tanpa bingung


Siapa yang setiap pagi selalu dihantui kebingungan mau masak apa? Kalau melakukan food preparation, tentu kita sudah tahu mau masak apa dan sudah punya bahan masaknya. Bisa masak tanpa bingung, hehehe. 


Tips Sukses Melakukan Food Preparation


Tujuan food preparation



Nah, dengan banyaknya manfaat ini, tentu teman-teman tertarik melakukan food preparation ya? 


Lalu, bagaimana caranya agar sukses melakukan food preparation


Berikut beberapa tips sukses melakukan food preparation. 


Baca Juga : Mau Sukses Melakukan Food Preparation? Ini Caranya!



Rencanakan menu


Rencanakan menu menjadi langkah awal melakukan food preparation. Biasanya saya membuat rencana menu untuk seminggu. 


Saat merencanakan menu, mulai dari membuat daftar bahan yang diperlukan hingga menuliskan resep masakan.


Baca Juga : Bingung Mau Masak Apa? Yuk, Intip Contoh Menu Harian Untuk 10 Hari Ini!



Catatan menu makanan untuk beberapa hari ke depan tersebut bisa disematkan di kulkas agar mempermudah proses memasak nantinya. 


Pilih bahan makanan yang berkualitas


Memilih bahan makanan yang berkualitas  dalam food preparation adalah hal penting yang perlu  dilakukan.


Agar kesehatan tubuh terjaga, Anda buatlah daftar bahan makanan yang sehat dan bergizi saat merencanakan menunya. 


Selain itu, pilih juga bahan yang dapat disimpan lama dalam kulkas agar tidak cepat rusak.


Siapkan wadah


Siapkan wadah food preparation yang aman dan berkualitas untuk disimpan selama beberapa hari di kulkas. 


Wadah food preparation diperlukan untuk menyimpan bahan masak di dalam kulkas agar lebih tertata.


Pilih wadah yang memiliki tutup kedap udara.

Jadi, bahan masak yang telah disiapkan dapat terjaga kualitasnya di dalam kulkas.


Kenali cara menyimpan bahan makanan yang tepat


Kenali cara menyimpan bahan makanan yang tepat. Perhatikan waktu serta cara menyimpan masakan berdasarkan jenis bahannya. 


Jika menggunakan bahan basah, makanan tersebut perlu disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. 


Umur simpan makanan ketika dimasukkan dalam kulkas juga berbeda-beda. 


Berikut beberapa contoh umur simpan makanan di kulkas. 


  • Daging-dagingan yang ditumis: 3 - 4 hari dalam wadah tertutup

  • Potongan sayur dan telur rebus: 1 minggu dalam wadah tertutup

  • Potongan buah: 1 minggu dalam wadah tertutup

  • Kacang-kacangan yang sudah dimasak: 1 minggu

  • Daging-dagingan mentah sebaiknya simpan di freezer tanpa dicuci, bisa tahan beberapa minggu

  • Sayur-sayuran simpan tanpa dicuci, jangan lupa alasi wadah penyimpanannya dengan kertas bisa awet hingga 1 minggu


Penutup


Menjadi korban banjir kali ini memberikan banyak hikmah bagi saya. Mengajarkan saya betapa bermanfaatnya food preparation


Food preparation membuat saya tetap bisa menyajikan makanan bergizi untuk keluarga di tengah situasi yang tidak kondusif ini. 


Food preparation, penyelamat keluarga saat bencana datang menerpa. 


Trust me. 


43 komentar

  1. Food prep ini emang bikin waktu emak2 jadi lebih efektif ya mbak. Selain itu juga memang terasa hematnya kalo food prep. Beda kalo misalnya pergi belanja tiap hari. Hahahaha

    BalasHapus
  2. Ahhhh, jadi penyimpanan per bahan makanan gitu ya Ka? Aku pikir menu untuk seminggu ke depan dimasak semua sekaligus today, jadi besok-besok tinggal keluarin dari kulkas lalu dipanasin sebelum disajikan.

    Untung banget udah lakuin food preparation, kebantu sajiin makanan walaupun banjir. Btw, kondisi banjirnya gimana Ka? udah surut belum? Semoga aman2 yaaa.

    BalasHapus
  3. Thank youuuu udah ksh detilnha komplit termasuk usia penyimpanan mba. Aku blm. Rutin food prep. Terkadang sih bikin, tapi cendrungnya utk daging mba.

    Nah kalo sayuran ini jarang. Krn aku kadang bingung cara simpen yg benernya.. Pernah nyimpennbayam, msh blm seminggu tp kok ya layu. Padahal simpen dlm wadah tertutup. Makanya msh cari tau cara benernya gimana

    BalasHapus
  4. Memang ya mbak, cuaca hujan yang mengguyur dari akhir tahun. Hingga awal tahun sangat meresahkan, di kampung saya pun sudah 7 kali banjir menimpa rumah warga, masalah makanan juga jadi hal yang penting saat musibah banjir datang. Food preparation memang sangat membantu apalagi dimusim banjir. Semoga kita semua selalu dalam Lindungan-Nya ya mbaaakkk...

    BalasHapus
  5. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga dilimpahkan kesabaran. Alhamdulillah bisa menyiasati soal makanan, ya

    BalasHapus
  6. Aku pengen banget memulai food preparation seperti ini tapi takut aku tergoda makanan lain di luar.Terus berujung bahan-bahan yang udah ada malah jadi mubazir. Memang kayaknya food preparation ini butuh komitmen yang kuat ya.

    BalasHapus
  7. Innalillahi kena banjir mba... Tetap dapat hikmah juga ya soal food preparation. Saya juga oernah merasa beneran terbantu karena udah food preparation itu oas tiba-tiba covid melanda nggak boleh keluar rumah, nggak bisa belanja sewaktu-waktu. Food preparation jadi andalan deh

    BalasHapus
  8. Food preparation itu sibuk dan pusing di awal tapi memudahkan saat memasak makanan setiap hari. dan alhamdulillah yah mba, food prep bisa menjadi penyelamat saat terjadi bendaca. Btw saya turut berduka atas terjadinya bencana di sana.

    BalasHapus
  9. Kebetulan aku juga seneng banget dan sering melakukan food preparation ini. Selain menjadikan lemari es lebih rapi, food preperation ini juga dapat mengurangi food waste.

    BalasHapus
  10. Betul juga, ya. Food preparation ini bisa memudahkan kita untuk mengatur menu dan anggaran belanja makanan. Cocok juga untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak terduga. Semoga kita semua selalu dilindungi Tuhan dari segala bentuk musibah dan bencana ya, Kak.

    BalasHapus
  11. Nah ini yang kadang di luar kendali kita ya. Apalagi yang ngga food prep mikirnya, alah tiap hari mlijo dateng kok. Atau semudah itu belanja ke pasar. Padahal kita ngga tahu kalo bencana seperti banjir dateng tiba2. Food prep bisa jadi penyelamat banget saat darurat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak. Saya yang belum juga memulai-mulai food prep pun jadi terpikir manfaat food prep di kala genting-genting seperti ini. Kita sudah gak perlu lagi pusing dengan bahan makanan. Dan bisa langsung masak apapun yang sudah disusun sebelumnya, alias sat set sat set.

      Hapus
  12. jadi ingat waktu kotaku kebanjiran tahun 2021 lalu juga mbak kami terjebak hampir seminggu di rumah untungnya sehari sebelum banjir itu aku juga sudah beli bahan keperluan dapur dan frozen food jadi selama di rumah masih bisa masak apa yang ada di kulkas

    BalasHapus
  13. Food preparation adalah langkah yang terjadwal dalam merencanakan menu makanan yang bisa bermanfaat disaat sulit. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  14. Hebat banget mbak. Saya belum konsisten buat nge food preparation. Padahal manfaatnya luar biasa banget

    BalasHapus
  15. Aku food preparation buat masakan anakku aja, kalau ayahnya lebih suka masak dadakan. Aku food preparationnya lebih ke sedia bahan makanan, jadi kalau harus masak ga pusing sama bahan

    BalasHapus
  16. Diaaan..
    cakep amaayy iih.. Aku juga dari dulu suka ngliatin kantong belanjaanmu di wa story. Rasanya pingin ikutan rajin. HIhihi, sesekali Food Preparation juga.. kaya bikin nugget sendiri.. Tapi minggu ini iya nih.. lagi mager. Soalnya kan banyak tanggal merah tuh.. hihihi, suka iseng cari diskonan goput.

    Semangat, Dian.
    Semoga gak kebanjiran lagi ya.. ((daerahku juga terkenal banjiran, Di.. dan yang kudu diwaspadai adalah kalau ada hewan air yang meliyut-liyut itu loo.. huhuhu, memang subhanallahu sekali air kalo datengnya ngajak-ngajak temennya kek gini..))

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah saat bencana banjir datang stock makanan untuk keluarga aman, ya. Food preparation ini memang bikin riweuh di awal, insyaallah ke depannya lebih menghemat waktu dan sat set sat set.

    BalasHapus
  18. MasyaAllah, ternyata banyak sekali manfaat food preparation ini ya mbak. Salah satunya saat terjadi musibah seperti yang mbak alami. Menjadi solusi saat semua akses jalan tertutup. Saya jadi terinspirasi melakukan juga nih, untuk menghemat waktu dan budget tentunya.

    BalasHapus
  19. Duh, semoga bencana banjirnya tak berulang lagi ya Kak. Alhamdulillah karena sudah food prep makanan di rumah pun bisa tersedia dengan cepat ya.. Kepingin banget bisa mulai food prep di rumah, tapi sampai sekarang belum terlaksana hehehe. Sementara yang biasa saya siapkan saat ini baru bumbu merah dan sambal saja untuk stock mingguan.

    BalasHapus
  20. Food preparation ini emang banyak sekali manfaatnya ya. Selain menghemat waktu dan lebih praktis berguna juga buat jaga2 di saat darurat kayak pas lagi banjir dll. Btw semoga musibah banjirnya segera berlalu dan ga berulang lagi.

    BalasHapus
  21. Walau di rumah food preparation-nya belum bener-bener amat tapi emang bermanfaat banget. Waktu memasak lebih cepat dan nggak mager.

    BalasHapus
  22. Seneng banget kalau bisa food prep kayak gini, cuma lebih sering absennya aku, seminggu prep, 3 minggu libur, jajan gofud hehe

    BalasHapus
  23. meskipun masih single sy jg suka melakukan food prepartion mbak. bahan2 makanan disimpan di wadah dan ungkepin ayam ataupun tempe dan tahu

    BalasHapus
  24. Wah bebearapa waktu yang lalu, rumah saya atau lebih tepatnya awasan di perumahan saya juga pada banjir masuk rumah. Duh lemezbanget, untung pak suami lebih rajin dari saya.Hehehe, saya juga bsianya food preparation untuk seminggu. Sangat membantu dalam menyingkatwaktu amsak, tinggal srang sreng saja.

    BalasHapus
  25. aku sejak beberapa bulan terakhir juga lumayan rajin food preparation mbak. pastinya sih foodprep ini bisa bikin sayuran lebih awet dan tidak terlalu sering ke pasar yaa

    BalasHapus
  26. Food prepation emang membantu banget sih, aku sudah beberapa tahun terakhir nerapin food prep dan sangat terbantu. Cuma ya PR nya harus mikirin menu seminggu ke depan sebelum belanja

    BalasHapus
  27. Dari dulu mau food preparation belum kesampaian. Masih jadi tim impulsif mau masak apa. Tapi efeknya ya kadang-kadang ada aja bahan yang ga ada

    BalasHapus
  28. Satu-satunya persiapan untuk ya tanggap bencana yang aku tau sih cuma nyiapin tas berisi berkas penting dan barang-barang penting je dalam satu tas besar dan diletakkan di tempat yang aman dan mudah diambil saat terjadi bencana. Ternyataa, food preparation biss banget yaa buat tanggap bencana banjir dan menarik juga buat diterapinn

    BalasHapus
  29. Setelah membaca artikel ini menyadari bahwa selama ini saya sering melakukan food preparation, karena beberapa hal tak terduga sering terjadi, apalagi dengan cuaca yang tidak bisa ditebak kadang hujan dan kadang panas terik

    BalasHapus
  30. Food prep memang kegiatan yang banyak banget manfaatnya buat bunda di rumah, capek dan pusing di awal mungkin iya tapi selebihnya masak jd lebih gampang, pun bisa disesuaikan dengan budget biar nggak boros

    BalasHapus
  31. Food preparation membantu banget, apalagi bagi ibu dengan banyak profesi. Kalo lagi banjir memang harus persiapan makanan ya biar lebih tenang dan asupan makanan juga terjaga

    BalasHapus
  32. Pengen banget bisa food preparation seperti ini. Biar enggak tiap hari ke pasar. Apalagi ada bocil kalau siapin makanan dari nol pasti effort banget. Tapi kulkas kemarin rusak. Jadi kudu nabung buat beli baru.

    BalasHapus
  33. Kenapa ya kalau aku mau food preparation malah trus makan makanan luar. Godaannya ngga nahan. Tapi pernah juga food preparation dan memang menyenangkan.

    BalasHapus
  34. Betul, food preparation ini emang membantu banget buat para bunda masak di rumah. Karena setengah dari pekerjaan memasak sudah dicicil istilahnya, jadi pas masak lebih cepet. Dan masih banyak lagi segudang manfaat lainnya. Aku juga suka food preparation begini. Godaan nya cuma 1, kalo lagi pengen jajan di luar, itu aja hehe.

    BalasHapus
  35. Emang wajib banget Foot Preparation selain bisa lebih hemat mau masak apa juga jadi jauh lebih mudah kan

    BalasHapus
  36. Food preparation efektif banget buat ngelola pengeluaran dapur hehe

    BalasHapus
  37. Aku juga suka banget melakukan food prep mbak. hanya saja masih sulit mengontrol diri untuk tidak jajan/makan di luar huhu

    BalasHapus
  38. Oh kalau nyimpan daging-dagingan mentah itu gak perlu dicuci dulu ya mbak? aku biasanya dicuci dulu baru masukkan di freezer. Apa berpengaruh ya?

    BalasHapus
  39. food preparation emang perlu dilakukan karena praktis untuk segala keperluan. terlebih jika ibu bekerja di kantor atau luar rumah ya. saya sendiri gak food preparation sih karena lebih suka yang lebih segar. Tapi menyediakan stok bahan sayuran itu selalu.

    BalasHapus
  40. saya juga start mencoba melakukan hal yg sama, namun ini untuk kebutuhan diet gitu

    BalasHapus
  41. Setuju banget mbak. Food frep andalan banget kalau

    BalasHapus
  42. food prep emang bisa diandalkan ya mbak. hemat waktu banget untuk siapin hidangan enak, gizi seimbang dan cepat jadinya

    BalasHapus