Mau Sukses Melakukan Food Preparation? Ini Caranya!



Food Preparation,. Food Preparation atau yang lebih akrab disebut foodprep adalah gaya hidup kekinian yang dilakukan oleh para mama muda alias mahmud. Sebenarnya apa sih yang disebut foodprep itu? Foodprep adalah teknik untuk menyiapkan makanan untuk jangka hari tertentu, mulai dari seminggu, sepuluh hari bahkan sebulan!


Foodprep menjadi salah satu pekerjaan rumah yang paling saya suka. Rasanya ada kepuasan tersendiri saat melihat aneka bahan masakan tertata rapi dalam lemari es. Biasanya saya melakukan foodprep untuk sepuluh hari kedepan. Foodprep ini sudah saya jalani hampir setahun terakhir.

Manfaat Food Preparation


Mengapa sih saya mau melakukan foodprep? Apakah memang foodprep adalah kegiatan yang berfaedah atau sekadar tren semata? Wah jujur, bagi saya foodprep bukan sekadar tren. Foodprep memberikan manfaat bagi saya. Manfaat foodprep yang sudah saya rasakan adalah : 

1. Tak ada galau di pagi hari

Manfaat pertama dari foodprep ini adalah tak lagi ada kegalauan di pagi hari. Saya tak perlu lagi bingung untuk masak apa hari ini. Dengan foodprep, memasak jadi lebih terjadwal. Pasti dan tidak membibgungkan.

2. Masak lebih praktis 

Foodprep membuat pekerjaan memasak saya selesai sebagian. Misalnya, ketika ingin memasak ayam goreng maka tinggal goreng saja. Tak ada kerepotan membumbui dahulu, karena ayam sudah di bumbui saat proses foodprep. Tinggal sreeeeng aja deh. Masak jadi praktis dan cepat. 


3. Efisien 



Biasanya untuk menyiapkan foodprep selama sepuluh hari, saya berbelanja seminggu sekali. Itu artinya dalam sebulan saya hanya 3 kali berbelanja. Ini jelas lebih efisien dibandingkan harus ke pasar setiap hari. Iya kan?

4. Penuhi kebutuhan gizi seimbang

Dengan foodprep, kebutuhan gizi seimbang lebih terkontrol. Setiap hari saya bisa menghidangkan menu gizi seimbang bagi keluarga di rumah. 

5. Irit

Sejatinya foodprep ini tak hanya sehat untuk badan, tapi juga sehat bagi dompet. Foodprep mampu menghemat penguaran keluarga. Mengurangi frekuensi jajan di luar. 

Kiat Sukses Food Preparation

Melakukan foodprep tak seperti jalan tol yang mulus dan bebas hambatan. Banyak kegagalan saat melakukan foodprep. Misalnya sayur yang membusuk sebelum waktunya, masakan mubadzir karena terlalu banyak atau ikan yang tak tahan lama. 

Lalu bagaimana agar foodprep yang kita lakukan berjalan sukses. Jujur sebenarnya saya juga belum di bilang sukses foodprep 100%, tapi paling tidak ada banyak kemajuan dalam foodprep yang sudah saya lakukan setahun ini. Ini adalah beberapa hal yang saya lakukan agar foodprep berjalan sukses.

1. Buat Papan Menu



Langkah awal yang saya lakukan adalah menyusun papan menu. Membuat papan menu sepuluh hari sebelum berbelanja ke pasar. Papan menu membuat kita lebih terkontrol saat melakukan foodprep.

Pastikan saat menyusun papan menu dilakukan bersama anggota keluarga lainnya ya. Diskusikan dengan suami dan anak-anak, dengan begitu semua menu akan disukai oleh semua anggota keluarga. 

2. Menu Tematik




Terkadang saya juga menyusun menu secara tematik. Misalnya tema "Darat". Berarti protein hewani yang saya siapkan adalah dari hewan darat. Mulai dari aneka daging (sapi, ayam, kambing) hingga telur. 

Sebaliknya, bila tema "Laut" maka protein hewani dari binatang laut. Seperti ikan, udang dan cumi-cumi. Menu tematik ini bisa menghindari kebosanan, karena menu bisa bervariasi. 

3. Plan B

Selalu siapkan plan B saat foodprep. Proses belanja ke pasar terkadang tak bisa di tebak. Misalkan sudah menyusu menu, eh ternyata bahannya tidak ada di pasar. Kalau seperti ini, ya saya sesuaikan. Rombak menu sesuai dengan bahan yang ada saja. 

4.  Atur Budget

Foodprep bisa menghemat pengeluaran keluarga bila saat menyusun menunya kita sesuaikan dengan anggaran belanja keluarga. Atur budget saat belanja bahan-bahan foodprep. 

5. Trial and Eror



Last but not least, lakukan trial and eror setiap foodprep. Misalnya, jika belum sukses melakukan blansir pada sayuran, pilih sayuran yang lebih tahan lama. Atau masak sayur berdasarkan urutan ketahanannya. Cari metode terbaik dalam menjaga kualitas bahan makananan yang di foodprep. 


Semoga tips ini bisa membantu untuk sukses melakukan foodprep ya. Atau mungkin kamu punya tips lainnya tentang foodprep. Boleh dong sharingnya. 


#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge
#day21

8 komentar

  1. betul ya, lebih membantu. sayang dulu saat masih ada anak2 belum mengenal ini, sekarang jarang masak , habis tinggal berdua saja sama suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah klo berdua emang lebih hemat beli ya bun

      Hapus
  2. oh faham faham, jadi foodprep kayak menyimpan makanan atau bahan pangan dengan jangka waktu tertentu. kalo di rumah sih sudah dari dulu ya begitu cuman baru tau ada namanya.hehehehe #jejakbiru

    BalasHapus
  3. Udh tau ttg teknik sih, tp blm pernah praktekin :D. Mengingat aku dan suami kantoran, dan masakan di rumah si mba ART yg urus . Selama ini dia lbh suka beli belanjaannya harian, makanya aku ksh per hari. Kalo mau bikin food prep gini, kayaknya memang hrs aku yg susun dan belanja pas sempet.

    Tapi bgs memang idenya mba. Masak jd ga bingung yaaa. :)

    BalasHapus
  4. Saya masih belum bisa nih pakai sistem ini. Sempat dulu rajin motongon sayur duluan tapi ya gitu deh cuma tahan beberapa hari. Heu

    BalasHapus
  5. Jadi selama ini yg aku lakukan adlh foodprep toh? Baru nyadar aku

    BalasHapus
  6. Buat ibu bekerja kyk saya, penting bnht mbak meal preparation kyk gini. Jd lebih hemat, belanja yg akan dimasak aja.

    BalasHapus