Blogger, Profesi Impian?






Blogger, menjadi salah satu profesi pilihan bagi beberapa orang. Kendati saat ini posisinya sudah mulai digeser oleh para youtuber dan influencer yang kebanyakan dari kalangan artis.

Terus terang mungkin saya sedikit terlambat dalam menggeluti profesi ini. Baru setahun terakhir ini saya mulai serius menjadi seorang blogger profesional.

Mengapa Menjadi Blogger

Mengapa saya memilih menjadi blogger? Alasan pertamanya adalah karena saya suka menulis. Blog menjadi salah satu media saya untuk menulis. Awalnya, tulisan di blog lebih mirip buku harian, isinya curhatan pribadi.

Baca Juga : Blogger Wanna Be

Menjadi blogger tak hanya untuk menulis saja. Tetapi juga untuk bisa  menyebarkan banyak informasi bagi masyarakat banyak. Harapannya, tulisan saya bisa bermanfaat bagi banyak orang. 

Menjadi blogger juga membuat saya bisa memiliki banyak kesempatan belajar hal-hal baru. Mulai teknik blogging, fotografi hingga desain grafis. Hal yang sebelumya sangat asing bagi saya.

Bertemu banyak orang dari berbagai latarbelakang saat menghadiri acara blogger juga salah satu keseruan menjadi seorang blogger. Berjejaring dengan sesama blogger menjadi proses pembelajaran tersendiri bagi saya. Maklum saya newbie, perlu banyak belajar dari senior.

Layaknya profesi lainnya, menjadi seorang blogger juga punya penghasilan. Besaran penghasilannya memang tak menentu. Bergantung tawaran pekerjaan dari klien. Juga dari jam terbang blogger itu sendiri. Semakin tinggi jam terbang, semakin tinggi juga honor yang di dapat.

Jadi Blogger, Hindari Hal Ini

Lalu bagaimana agar bisa menjadi blogger profesional? Langkah awalnya adalah hindari hal-hal berikut :

1. Plagiarisme

Jangan pernah melakukan plagiarisme. Buatlah tulisanmu sendiri. Cantumkan sumber bila kamu mengutip pendapat orang lain.

Baca Juga : Tips Menjadi Blogger Keren

2. Gaptek

Blogger tidak boleh gaptek. Harus bisa mengoperasikan teknologi-teknologi yang berkaitan dengan dunia blogging. Mulai dari teknik blogging, coding, desain grafis, edit foto hingga videomaker. Kuasai teknologi-teknologi tersebut, maka kamu bisa jadi bloggr profesional.

3. Asosial

Blogger itu profesi yang bergantung dari networking. Kalau kamu asosial, wah bisa-bisa karirmu sebagai blogger tidak akan berkembang.

Nah bagaimana, apa menurutmu menjadi blogger bisa menjadi profesi pilihan?


#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge
#day22



1 komentar