Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

10 Persiapan Mudik Lebaran 2024 Bersama Anak, Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Persiapan Mudik Lebaran 2024



Halo, teman deestories.. 

Apa kabar? 

Pasti sedang siap-siap menyambut lebaran ya? Atau malah sudah ada yang mudik ke kampung halaman? Mudik lebaran tahun ini, seperti biasa saya dan keluarga akan mudik ke Bojonegoro. Kami mudik ke kampung halaman mertua. Kebetulan, kami menggunakan kendaraan pribadi. Mudik bersama anak-anak tentu memiliki tantangan tersendiri. Butuh banyak persiapan. Agar perjalanan mudik lebaran 2024 berjalan aman dan nyaman. 


Persiapan Mudik Lebaran 2024


Apa saja sih yang perlu dipersiapkan agar mudik lebaran bersama anak bisa berjalan aman dan nyaman? 


Berikut 10 persiapan mudik lebaran bersama anak berjalan aman dan nyaman. 


Cek kendaraan


Berhubung kami mudik menggunakan kendaraan pribadi, tentu saja hal pertama yang harus disiapkan adalah cek kendaraan. 


Biasanya sebelum mudik, suami akan membawa mobil ke bengkel untuk mengecek keadaan mesin, ban, tangki bensin, lampu, minyak rem, oli, dan bagian-bagian lainnya untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Persiapan Mudik Lebaran 2024


Baca Juga : Servis Mobil di Dokter Mobil Pasti Beres!!


Tak lupa bensin diisi penuh dan membawa beberapa perlengkapan darurat, seperti dongkrak, alat pembuka ban cadangan, hingga senter.


Cek kondisi kesehatan


Tak cuma kendaraan yang perlu di cek kondisinya. Orang-orangnya juga dong. Memastikan saya dan semua anggota keluarga dalam keadaan sehat saat mudik. 


Pastinya, beberapa hari sebelum mudik kami tak akan banyak kegiatan. Kami akan istirahat di rumah. Terutama suami, karena dia harus menyetir mobil jarak jauh. 


Memilih waktu keberangkatan


Biasanya kami berangkat siang hari. Berhubung kami mudik saat hari H, perjalanan relatif lancar. Tak terjebak macet dengan pemudik lainnya. 


Perjalanan jauh lebih aman saat siang hari. Selain kondisi tubuh lebih prima, anak-anak bisa menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan yang ada. 


Buat daftar barang yang dibawa


Membuat daftar barang yang dibawa adalah solusi agar tak ada yang ketinggalan. Selain membawa baju, tentu saja banyak perlengkapan lain yang perlu dibawa saat mudik lebaran bersama anak. 


Beberapa contoh barang yang biasanya diperlukan saat mudik lebaran bersama anak adalah camilan, mainan anak, selimut, hingga P3K. 


Gunakan pakaian yang nyaman


Pakaian yang digunakan anak juga perlu diperhatikan. Jika anak tidak nyaman karena pakaian yang dikenakan, mereka biasanya akan menjadi rewel.


Biasanya saya sengaja memilih pakaian untuk anak yang memiliki bahan halus, menyerap keringat, serta tidak dihiasi banyak ornamen. 


Selain itu, pilihlah juga pakaian yang mudah dilepas-pasang untuk berjaga-jaga saat anak muntah karena mabuk perjalanan. 


Bawa uang tunai secukupnya


Selain memastikan bahwa saldo e-money cukup, jangan lupa juga membawa uang tunai. Sebab, tidak semua transaksi sepanjang arus mudik bisa menggunakan e-money. 


Bawa uang tunai yang cukup. Jangan terlalu banyak juga. 


Siapkan smartphone


Saat melakukan perjalanan mudik, pastikan baterai smartphone terisi penuh. Jangan lupa juga paket datanya. 


Tak sekadar untuk mengabadikan perjalanan. Smartphone saat mudik juga digunakan sebagai alat navigasi, membaca peta. Jadi, pastikan ada baterai dan paket datanya, ya! 


Baca Juga : 5 Persiapan Mudik Lebaran, Pulang Kampung Jadi Lebih Nyaman


Siapkan P3K


Salah satu persiapan mudik bawa anak adalah membawa kotak P3K yang mungkin saja akan diperlukan selama perjalanan, seperti plester, perban, dan cairan antiseptik.

Persiapan Mudik Lebaran 2024


Selain perlengkapan pertolongan pertama, jangan lupa juga membawa obat-obatan pribadi, utamanya untuk anak. Hal ini karena kondisi fisik anak cenderung lebih lemah daripada orang dewasa.


Bawa air minum yang cukup


Jangan lupa membawa air minum yang cukup. Jangan sampai dehidrasi saat perjalanan mudik. 


Apalagi, saat mudik, kita tentu akan menghabiskan perjalanan yang panjang. Nah, dalam kondisi ini, tubuh perlu tetap terhidrasi sepanjang waktu.


Hal ini karena kurangnya asupan cairan akan berdampak pada berbagai gangguan kesehatan yang dapat mengganggu perjalanan, seperti mudah cemas, konsentrasi menurun, hingga penurunan daya ingat.


Oleh karena itu, salah satu persiapan mudik bawa anak yang bisa dilakukan adalah menyiapkan air minum yang cukup agar tetap terhidrasi sepanjang waktu.


Cari tahu rest area terdekat


Jika  mudik dengan kendaraan pribadi, luangkan waktu untuk istirahat di sela-sela perjalanan yang panjang.


Selain dapat menyegarkan mata agar tidak mengantuk, istirahat juga berguna untuk menghindari gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama. 


Oleh karena itu, cari tahu rest area terdekat yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat jika sudah berkendara jauh.


Penutup


Perjalanan mudik menjadi tradisi setiap tahun yang sayang untuk dilewatkan. Mudik bersama anak akan menjadi pengalaman yang berkesan. 


Baca Juga :  3 Tempat Liburan Ramah Anak di Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran



Semoga dengan 10 persiapan mudik ini, perjalanan mudik bersama anak bisa berjalan aman dan nyaman. 


Selamat mudik! 

Hati-hati di jalan. 


#BPNRamadan2024

#BPNRamadan2024Day14

Tidak ada komentar

Posting Komentar