Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Serunya Ikut Tantangan Hidup Sehat Bersama Sidina Community

 

Tantangan hidup sehat




Sepuluh hari terakhir ini, secara konsisten saya mengikuti Tantangan Hidup Sehat bersama Sidina Community. Tantangan ini mengharuskan setiap pesertanya membuat postingan di Instagram selama 10 hari berturut-turut. Postingan boleh berupa feed foto ataupun video reels. Hmm, bagaimana pengalaman saya menjalani tantangan ini? Yuk, baca artikel ini sampai habis, ya. 


Tentang Sidina Community 


Sebelum cerita bagaimana keseruan saya mengikuti tantangan ini, saya mau cerita dulu tentang Sidina Community, penggagas Tantangan Hidup Sehat. 


Sidina Community adalah komunitas yang bergerak pada edukasi dan pengembangan diri perempuan Indonesia. Sidina Community mendapatkan mandat menjadi Mitra Resmi Kemdikbudristek di bulan April 2021, yang salah satu tugasnya adalah mensosialisasikan program dan kebijakan-kebijakan Kemendikbudristek. 


Sidina Community memiliki  banyak agenda rutin, dengan media online seperti Pelatihan Ibu Penggerak, yang sudah mempunyai 1.393 Ibu Penggerak dan 170 Fasilitator (data: Agustus 2023), juga Webinar Kemdikbud bulanan, Jumpin (Jumat Pintar), Member Gathering, English Day, Hari Bahasa Daerah, Ibu Of The Month. Sedangkan kegiatan offline nya adalah Festival Ibu Penggerak, berbagai macam kelas dan seminar pengembangan diri, dan juga Training of Trainer (ToT) Fasilitator Ibu Penggerak.


Saya sendiri sudah bergabung menjadi Ibu Penggerak dan bergabung dengan Sidina Community selama beberapa tahun terakhir. 


Tantangan Hidup Sehat


Ada 3 hal penting yang menjadi indikator kemajuan sebuah bangsa, yaitu pendidikan, kesehatan, dan demokrasi. Pendidikan dan kesehatan yang baik dan merata adalah hak setiap warga negara. Dua hal ini sangat berhubungan erat, dan bisa dimulai dari keluarga. 


Oleh karena itu, Sidina Community dan Sidina ID berkolaborasi dengan Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan Budaya Ristek dan Teknologi) dan Kemenkes (Kementerian Kesehatan) menggelar Tantangan Hidup Sehat (Keluarga Sehat, Indonesia Pintar). 


Tantangan hidup sehat



Baca Juga : Keluarga Sehat, Indonesia Pintar


Tantangan ini terbuka untuk umum dengan usia peserta minimal 17 tahun. Tantangan ini mengharuskan setiap peserta untuk mengunggah konten di Instagram, baik berupa foto maupun video. 


Peserta diperbolehkan membuat postingan tentang aktivitas olahraga, makan sehat, ataupun gabungan keduanya. Tidak ada batasan tentang berapa postingan yang dibuat. Namun, akan ada penilaian tambahan untuk postingan terinspiratif, terbanyak, dan terkonsisten. 


Sebelum memulai tantangan, peserta diajak mengikuti "Webinar Kick Off Tantangan Hidup Sehat dengan tema "Keluarga Sehat, Indonesia Pintar". Diharapkan, materi webinar bisa menjadi sumber inspirasi setiap peserta dalam membuat postingan selama mengikuti tantangan ini. 


Pengalaman Mengikuti Tantangan Hidup Sehat


Saat mengetahui informasi tentang tantangan ini, saya langsung tertarik. Tanpa pikir panjang, saya langsung mendaftar. 


Jujur saja, mulai tahun 2023 lalu, saya sudah mulai melakukan gaya hidup sehat. Saya rutin berolahraga, menjadi member gym. Saya juga melakukan pola makan sehat, dengan diet puasa dan mengonsumsi makanan gizi seimbang. 


Lalu, mengapa masih ingin mengikuti tantangan ini? Tentu saja untuk menjaga konsistensi pola hidup sehat yang selama ini saya lakukan. Selain itu, tentu akan lebih semangat dan bahagia jika melakukan bersama teman-teman. Dan juga ingin memberikan inspirasi bagi teman-teman online. Hidup sehat adalah gaya hidup yang penting untuk dilakukan, jadi harus disosialisasikan secara konsisten. 


Saya memilih membuat postingan berupa feed foto di Instagram. Menceritakan bagaimana aktivitas hidup sehat yang saya lakukan sehari-hari. 


Tantangan hidup sehat



Saya bercerita tentang olahraga yang saya lakukan. Saya juga membagikan cerita tentang  makanan yang saya konsumsi sehari-hari. 


Beberapa kegiatan olahraga yang saya ceritakan adalah yoga, jalan kaki, berenang, dan angkat beban (aktivitas di tempat gym). Saya juga membagikan cerita berolahraga bersama suami dan anak. 


Tantangan hidup sehat



Sedangkan cerita tentang makanan yang saya konsumsi sehari-hari, dimulai dari sarapan sehat, snack sehat, menu makan siang, hingga bekal sehat. 


Sehari-hari saya berusaha untuk mengonsumsi makanan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Mengolah makanan secara sehat, misalnya dengan metode kukusan dan menghindari menggunakan minyak berlebih. 


Baca Juga : 7 Menu Sarapan Terbaik untuk Penderita Asam Lambung


Saya juga mulai berusaha konsisten mengonsumsi real food. Sebisa mungkin meminimalisir makanan olahan dan kemasan, termasuk saat membuat bekal untuk perjalanan. 


Mengikuti tantangan ini, tak hanya seru. Namun, juga memberikan suntikan semangat untuk terus melakukan gaya hidup sehat. Tantangan Hidup Sehat ini juga membantu saya untuk terus konsisten melakukan gaya hidup sehat. 


Bonusnya, saya bisa tetap menjaga kesehatan dan kebugaran fisik. Sekaligus memberikan inspirasi bagi orang lain. Beberapa teman bahkan mengirim pesan, mereka suka dengan postingan saya dan ingin mengikutinya. Ada yang mulai olahraga rutin. Ada juga yang memulai mengatur pola makan sesuai pedoman gizi seimbang. 


Baca Juga : Pengalaman Melakukan Diet Intermittent Fasting, Turun 10 Kg!


Alhamdulillah. Senang melihat banyak orang yang mau melakukan gaya hidup sehat juga. 


Gaya hidup sehat itu sangat penting. Menjadi investasi di masa depan juga. Melakukan gaya hidup sehat berarti memberikan hak bagi tubuh untuk selalu sehat dan bugar. 


Nah, ini cerita saya dalam mengikuti Tantangan Hidup Sehat. Sepuluh hari terakhir ini saya konsisten membuat postingan di Instagram. Ikut tantangan seperti ini seru dan bikin happy. 


Bagaimana dengan teman-teman? Apakah juga ikut tantangan ini? Atau mungkin sudah konsisten melakukan gaya hidup sehat? Yuk, cerita di kolom komentar, ya! 



26 komentar

  1. Wah keren juga nih challenge yang diberikan Sidina Community. Selain meningkatkan kesadaran pentingnya hidup sehat, challenge ini juga membantu memotivasi masyarakat yang ingin menerapkan gaya hidup sehat... Semoga dengan adanya challenge ini, dapat membuat masyarakat jadi lebih aware lagi dengan kesehatannya

    BalasHapus
  2. Wah, seru banget pengalamannya ikut Tantangan Hidup Sehat! Kayaknya jadi inspirasi buat kita semua buat lebih peduli sama kesehatan. Jadi makin termotivasi buat rajin olahraga dan jaga pola hidup sehat 🌟💪

    BalasHapus
  3. Luar biasa mba,, aku sih masih belum konsisten. Jadi mungkin harus membentuk niat yang sungguh-sungguh. Kadang yang bikin gagal godaan sama malesnya ini. Padahal sehat juga untuk diri kita sendiri.

    BalasHapus
  4. Mantap ya komunitasnya, bikin semua anggotanya lebih maju. Gaya hidup sehat emang wajib yaa biar bisa menua dengan sehat dan bahagiaaa. Tulang dan ototnya masih kuat walau udah usia manula.

    BalasHapus
  5. Bakalan berkesan banget deh ikutan tantangan ini. Karena pastinya bisa jadi kebiasaan baik, setelah tantangan sukses dilakukan

    BalasHapus
  6. bagus sekali tantangan hidup sehat ini ya, Mbak. Jadi kita terpacu untuk terus menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari rajin berolahraga, sampai makanan dan minuman apa saja yang kita konsumsi untuk terus sehat.

    BalasHapus
  7. Nah betul mbak, untuk bisa konsisten kadang butuh teman dan komunitas. Namanya juga manusia, suka naik turun moodnya. Pentingnya komunitas untuk menyemangati saat lagi malas

    BalasHapus
  8. tantangan banget ya, buat saya, emak anak satu buat menyempatkan diri olahraga. seringnya susaaaaah banget nyari waktu pas buat olahraga deh

    BalasHapus
  9. Wah seru banget ada tantangan sehat dari Sidina Community. Ada workshopnya juga. Kalau kaya gini, jadi semangat menerapkan hidup sehat karena ada banyak temennya yang juga menerapkan hal yang sama. Pengen ikutan 😍

    BalasHapus
  10. pengalaman diet sukses yang inspiratif. kebetulan aku juga pengen diet nih mba, soalnya ini perut makin buncit aja gegara sering ngemil terus wkwkwk

    BalasHapus
  11. Wah keren nih mbak, dengan mengikuti tantangan jadi lebih semangat ya, salut dengan konsistensinya mbak, karena pasti ada usaha lebih untuk mempertahankan gaya hidup sehat

    BalasHapus
  12. Seru sih ya kalau sudah ikut tantangan begini. Sama komunitas pula. Kayak nggak ada malasnya gitu buat olahraga dan menjalani gaya hidup sehat lainnya. Soalnya kan pasti pada disemangatin sama teman yang lain.

    BalasHapus
  13. Oh ternyata begini ya tantangan sehat dari Sidina Community. Jadi lebih mengerti karena kemarin mau ikutan maju-mundur hihi

    BalasHapus
  14. Selama mengikuti tantangan ini, kita bisa banyak belajar tentang pentingnya menjaga kesehatan. Ternyata juga bisa mendapatkan banyak tips dan trik untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. seru banget yah

    BalasHapus
  15. Seru banget sepertinya ikut program-program dari sidina ini, apalagi kerjasama dengan Kemendikbudristek, pasti terjamin programnya

    BalasHapus
  16. Sering deh aku terpapar cerita Mba DK pas lagi olahraga dan kadang aku terpikir "ih, aku bisa nggak ya rajin begitu?". Rupanya Mba memulainya bahkan sebelum ada Tantangan Hidup Sehat dari Sidina Community. Keren sekali.

    BalasHapus
  17. Wow.. keren ini! Mengajak hidup sehat dengan membuat postingan di Instagram. Semoga makin banyak follower yang sadar untuk hidup sehat.

    BalasHapus
  18. Seru banget kak tantangannya. Kita jadi termotivasi utk hidup sehat. Lagian posting sbg motivasi ini bakal menyenangkan bgt sih. Kita bs sharing ke sesama teman yg ikut challenge. Ada jg masukan bahkan pertanyaan dr yg udh ahli/tanpa pengalaman sama sekali. Jd sama2 belajar deh.

    BalasHapus
  19. Keren bangett kak bisa ikut giniann! Semoga konsisten dan bawa kebaikan untuk kesehatan kita sekeluarga yaaa. aku pengen banget ikutan juga hihi, soalnya kalo ada temen jadi lebih semangatt >.<

    BalasHapus
  20. Sidina Community menarik banget buat diikuti. Jujur aku pengen banget ikut tantangan hidup sehat kekgini dari dulu, tapi keknya kalah sama magernya deh huhu.. Selamat ya Mbak karena udah bisa konsisten jalani tantangan ini.

    BalasHapus
  21. Seru banget kayaknya. Bisa dapat manfaat ya mbak dari tantangan hidup sehat ini. Sampai ada yang tertarik berarti luar biasa konsistensinya bisa jadi contoh untuk orang lain.

    BalasHapus
  22. Selalu merasa tersentil setiap kali membaca tentang gaya hidup sehat. Sadar diri aja sih, gaya hidupku masih belum bagus.

    BalasHapus
  23. Nah, gaya hidup sehat ini saya pun sudah menjalani hampir 14 tahun lebih. Banyak manfaatnya sih, yang aku rasakan. Apalagi orang di luar sana ada yang bilang 'awet muda', tsahhhh...Makin semangat, hehe...

    BalasHapus
  24. Wah keren sih kak, aku pengen banget bisa menaklukan diri sendiri untuk hidup sehat.. Banyak kegodanya sih aku kak...wkwkwk... niat sehari dua hari, habis itu ambyar lagi.. susah banget bisa konsisten

    BalasHapus
  25. Menarik sekali ini, Tantangan Hidup Sehat yang semoga bisa membentuk sebuah kebiasaan.
    Ini juga yang menjadi habit anak-anak, nantinya.
    Melihat kesungguhan Dian dan pasangan, jadi seneng juga niih.. Sangat menginspirasi karena aku gak ikut Sidina Community, tetep bisa ikutan jugaa..

    BalasHapus
  26. Hiks, saya mau mulai tantangan hidup sehat gak jadi-jadi. Banyak sekali alasannya, padahal wes wayae hidup sehat demia kehidupan yang lebih baik.

    BalasHapus