Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Keluarga Sehat, Indonesia Pintar

 

Keluarga Sehat, Indonesia Pintar




Halo, teman deestories. 

Apa kabar? Semoga sehat selalu, ya! Kesehatan itu penting, bahkan bisa berpengaruh terhadap kepintaran, lho. Hmm kok bisa? Bisa! Beberapa hari lalu, saya mengikuti "Webinar Kick Off Tantangan Hidup Sehat dengan tema "Keluarga Sehat, Indonesia Pintar" bersama Sidina Community. Dari webinar tersebut, kesimpulannya adalah keluarga sehat, Indonesia pintar. Bagaimana cerita lengkapnya? Baca artikel ini sampai habis, ya! 


Keluarga Sehat, Indonesia Pintar


Webinar ini dibuka oleh Bapak Anang Ristanto, Plh Kepala BKHM Kemendikbudristek RI. Dalam pembukanya, Bapak Anang menyatakan bahwa pendidikan dan kesehatan adalah pilar utama dalam pembangunan sebuah negara. 


Kita semua tahu pendidikan sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Pelaksanaan pendidikan ini juga berkaitan erat dengan kondisi kesehatan. 


Tanpa kesehatan, seseorang tidak bisa mengoptimalkan potensinya. Contohnya, kalau anak sakit, anak tidak bisa pergi ke sekolah. Anak akan ketinggalan pelajaran. 


Atau, saat orang tua sakit, pendidikan anak juga akan terganggu. Tidak ada lagi yang menemani anak belajar atau mengantar jemput ke sekolah. Belum lagi jika orang tua meninggal dunia, pendidikan anak pun akan terganggu. Banyak dijumpai, anak terpaksa putus sekolah, karena tidak ada orang tua yang membiayai. 


Disini pentingnya kesehatan keluarga. Saat keluarga sehat, akses pendidikan pun tidak terganggu. Anak pun bisa mengembangkan potensinya. 


Begitu juga pendapat dari Ibu dr. Elvieda Sariwati, M.Epid, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI. Menurut beliau, kesehatan keluarga sangat berpengaruh terhadap proses pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan keluarga. 


Baca Juga : 5 Alasan Pentingnya Screening untuk Kesehatan


Apalagi, di era saat ini. Dimana jumlah penderita penyakit tidak menular semakin meningkat. Penyakit-penyakit tidak menular seperti diabetes, darah tinggi, kolesterol, semakin banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. 


Dimana penyakit tersebut lebih banyak terjadi karena gaya hidup. Gaya hidup ini dimulai dari keluarga. Keluarga sebagai agen sosialisasi primer, makanya sangat penting dalam membentuk gaya hidup. 


Jika sedari awal keluarga menjalankan gaya hidup sehat, maka anak pun akan tumbuh menjadi orang yang sehat. Melakukan berbagai perilaku hidup sehat, sehingga kesehatannya pun terjaga. 


Ibu memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan keluarga. Melalui berbagai makanan yang dihidangkan ibu, anak terpenuhi status gizinya. Begitu juga dalam menularkan kebiasaan baik, seperti gaya hidup sehat. Ibu bisa mensosialisasikannya ke anak. 


Manfaat Rutin Berolahraga


Keluarga sehat dimulai dari rutin berolahraga. Bapak dr.Zeth Boroh, Sp.KO, Subsp. ALK (K), Mayapada Hospital Kuningan, memberikan materi tentang pentingnya berolahraga secara rutin. 


Pada pembukanya, pak dokter menjelaskan tentang perbedaan aktivitas fisik dengan olahraga. Aktivitas fisik adalah gerakan yang membutuhkan kontraksi otot rangka, dimana gerakan tersebut menghasilkan energi. Contoh aktivitas fisik antara lain berkebun, naik turun tangga, bekerja di kantor, membereskan rumah, naik turun tangga, belajar, dan lain sebagainya. 


Baca Juga : Sayangi Anak dengan Imunisasi Lengkap Agar Sehat Kini dan Nanti


Sedang olahraga adalah bentuk aktivitas fisik yang terstruktur dan terencana dengan mengikuti aturan-aturan yang berlaku. Tujuannya tidak sekadar kebugaran fisik, tetapi juga untuk mendapatkan performa. Misalnya bersepeda, berenang, yoga, bulutangkis, tennis, dan lain sebagainya. 


Melakukan olahraga secara rutin memberikan banyak manfaat bagi tubuh, baik secara langsung maupun jangka panjang. 


Keluarga Sehat Indonesia Pintar



Keluarga Sehat Indonesia Pintar



Hubungan Olahraga dan Pendidikan


Rutin berolahraga bisa membuat anak sukses dalam pendidikannya. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga bisa berpengaruh terhadap proses pendidikan anak. 


Berikut manfaat olahraga bagi proses pendidikan anak. 


  • Memperkuat konsentrasi

Melakukan olahraga secara rutin bisa memperlancar aliran darah ke otak. Ini bisa meningkatkan sistem kerja neuron dan merangsang pertumbuhan sel di hippocampus, sehingga bisa memperkuat konsentrasi. 

  • Meningkatkan memori otak

Melakukan olahraga bisa melepaskan protein dalam otak (hippocampus) yang bisa meningkatkan memori dan kemampuan kognitif. 

  • Memperbaiki mood

Olahraga bisa menghasilkan endorphin, hormon bahagia yang bisa memperbaiki mood. Ini sangat penting, agar anak semangat belajar. 

  • Meningkatkan energi

Berolahraga secara rutin membuat ketahanan energi meningkat. Sehingga anak bisa lebih giat belajar. Belajar membutuhkan banyak energi. 

  • Menumbuhkan kemampuan psikososial

Olahraga bersama seperti bermain sepak bola, basket, ataupun voli bisa menumbuhkan kemampuan psikososial anak. Anak bisa belajar tentang kerjasama tim dan sportivitas. 

  • Meningkatkan kehadiran di sekolah

Dengan rutin berolahraga, anak memiliki tubuh yang sehat. Mereka jarang sakit. Sehingga kehadiran di sekolahnya tinggi. 

  • Lebih berprestasi

Banyak juga penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang rutin berolahraga memiliki prestasi lebih baik. Mereka memiliki performa baik dalam pelajaran dan tingkat kelulusan yang tinggi. 

  • Membangun rasa percaya diri

Melakukan olahraga membuat anak belajar banyak kemampuan lainnya, seperti belajar skill baru, informasi baru, hingga kemampuan mengambil risiko. Ini semua membantu membangun rasa percaya diri anak. 



Penutup


Ternyata berolahraga menjadi hal yang penting bagi tumbuh kembang anak. Mengajak anak berolahraga secara rutin tidak hanya membuat badannya sehat, tetapi juga berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. 


Baca Juga : Mengenal Judo, Seni Bela Diri Yang Bermanfaat Untuk Anak


Yuk, dukung anak sehat dengan rutin berolahraga. Menjadi keluarga sehat untuk membangun negara. Keluarga sehat, Indonesia pintar


18 komentar

  1. Ngomongin olahraga, aku udah lama absen nih. Setuju kalau kesehatan itu penting. Kalau badan sehat, mau ngapa-ngapain juga hayuk. Pikiran jadi lebih oke juga, gak mampet

    BalasHapus
  2. karena olahraga kan bikin tubuh bergerak, sehingga jadi stimulasi pula baik untuk fisik maupun ke mental ya. Cuss rutinkan berolahraga

    BalasHapus
  3. semangat bergerak dan olah raga memang harus dipupuk dari rumah ya, minimal jalan kaki atau bersepeda dan makan makanan yang sehat

    BalasHapus
  4. PR banget nih untuk konsisten dengan olah raga, pengen bisa seminggu sekali aja olah raga, tapi kadang suka ketemu banyak alasan.

    BalasHapus
  5. Setujuuu, keluarga sehat, Indonesia pintar!! Memang ya jika anak berolahraga secara rutin ga cuma badannya sehat, tetapi juga berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Pengingat ini bagi saya

    BalasHapus
  6. Tapi memang semenjak lebih rajin olahraga tuh badan jadi lebih enak sih kalau menurutku ya. Ditambah melalukan pola makan yang sehat juga sih, ini jadi ngaruh banget untuk metabolisme tubuh.

    BalasHapus
  7. ALhamdulillah terpacu juga sama challenge ini walau ga tiap hari tayang lagi olga hehhe
    tapi kan yang penting tiap hari mau ga mau olga (walau malamnya sibuuuk sama massage gun soalnya badan pegal linu!)

    BalasHapus
  8. molly juga semangat terus nih olahraga biar badannya gak sakit2an dan pegel2 linu. maklum makin sepuh usianya hehe

    BalasHapus
  9. Iyaaa ngefek dong kalau badan dan pikiran sehat, belajar dan bekerja juga makin lancar. Aku perhatikan teman-teman banyak yang ikut tantangan ini dari Sidina. Mbak Dian ikut?

    BalasHapus
  10. Baru aja aku bahas mau rajin olahraga lagi, Mak, lama vacum pas gara-gara ibuku jatuh eh jadi keterusan ini, sampai kolesterol melambung huhuhhuh

    BalasHapus
  11. Aku juga yakin kalau anak-anak yang hobi olahraga ini selalu berpikir cepat dalam mengambil keputusan, memiliki konsentrasi yang tinggi serta stamina yang oke. Jadi inget Sunjae deh.. wkwkkw~

    BalasHapus
  12. Jangankan untuk anak2, untuk orang dewasa aja olahraga tuh banyak banget manfaatnya salah satunya ya memperbaiki mood. Yuk ah semangat olahraga lagi!!!

    BalasHapus
  13. Banyak yang mungkin nggak menyangka kalau ada hubungan antara olahraga dengan pendidikan. Tapi bener deh kalau rajin olahraga bisa menambah mood dan nambah konsentrasi

    BalasHapus
  14. Setuju pake banget, kalau olahraga itu bisa meningkatkan konsentrasi. Makanya penting banget anak-anak mesti terbiasa berolahraga. Aku sih dukung banget kalau anak-anak punya hobi berolahraga, bagus buat perkembangan mereka juga. Banyak manfaat positif dari olahraga, salam sehat 😇

    BalasHapus
  15. membiasakan olahraga memang bagus untuk kesehatan ya, pola hidup yang harus diubah biar sehat selalu.

    BalasHapus
  16. Keluarga kami rajin olahraga, jadi sejak kecil tuh saya dan kakak2 ditempa dengan berbagai olahraga oleh bapak kami. Alhamdulillah, memang bener tuh anak yang dari kecil banyak olahraga lebih kebal terhadap penyakit dan lincah selalu. Juga lebih pede kalau pas bergaul dengan orang banyak.

    BalasHapus
  17. Dan anak2 jaman now sangat kurang gerak karena fokus sama gadgetnya. Di sekolah juga jaman now cuma duduk2 saja, jarang yang lari2an. Padahal sejak kecil dibiasaakan banyak ergerak

    BalasHapus
  18. Betul banget dan setuju, kalau olahraga rajin membuat keluarga lebih sehat, saya lagi bertahap nih supaya bisa konsisten olahraga.

    BalasHapus