Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Kemeriahan Festival Murid Merdeka SMM

 

Kemeriahan Festival Murid Merdeka SMM




Hari ini saya dan keluarga menghadiri acara Festival Murid Merdeka SMM (Sekolah Murid Merdeka). Festival Murid Merdeka merupakan perayaan puncak dalam ajang kolaborasi penampilan karya dan pertunjukan kawan murid SMM secara bermakna. Acara ini bertempat di Gedung Kesenian Cak Durasim Surabaya. 


Festival Murid Merdeka


Festival Murid Merdeka ini menjadi acara rutin tahunan yang diadakan oleh SMM. Tahun lalu, acara ini dilaksanakan secara terpusat di Jakarta, dengan nama La Muda Fest. Tahun ini dilakukan secara regional, Festival Murid Merdeka Regional Jawa Timur menjadi yang pertama. FMM SMM regional Jawa Timur diikuti oleh semua kawan murid SMM cabang Surabaya dan Malang. 


FMM SMM regional Jawa Timur ini mengambil tema Melodi Lestari Sumatera. Sesuai dengan temanya, budaya Sumatera ditampilkan dalam acara ini. 


FMM hadir untuk menjadi wadah bagi kawan murid SMM dalam mengekspresikan 5M:


  • Memanusiakan hubungan

  • Memberdayakan konteks

  • Memahami konsep

  • Memilih tantangan

  • Membangun keberlanjutan


Dalam setiap prosesnya, kawan murid akan mengasah berbagai kompetensi masa depan.


Booth Lab & Gallery Exhibition


Di awal acara, pengunjung bisa menikmati Booth Lab & Gallery Exhibition. 


Booth Lab


Kemeriahan Festival Murid Merdeka SMM



Di Booth Lab ini kawan murid melakukan kegiatan dan presentasi proyek secara langsung kepada pengunjung melalui booth yang tersedia. Proyek dapat berupa eksperimen sains, digital, dan lainnya.


Gallery Exhibition


Menampilkan hasil karya orisinil kawan murid SMM. Karya yang ditampilkan dapat berupa karya digital, 2D, maupun 3D. 


Kemeriahan Festival Murid Merdeka SMM



Karya yang ditampilkan kebanyakan adalah proyek sumatif dari kawan murid selama belajar di SMM. 



Penampilan Panggung Merdeka


Panggung Merdeka menjadi tempat bagi kawan murid yang menampilkan bakat dan minatnya dalam menyanyi, menari, bermain musik, public speaking, dan lainnya.


Kemeriahan Festival Murid Merdeka SMM



Penampilan pertama dibuka oleh band Pamlax. Pamlax adalah band yang digawangi oleh duo bersaudara, El kelas 8 dan Milo kelas 5 SMM. Pamlax sukses menghibur penonton dengan 3 lagu andalannya. Kalau saya paling suka dengan lagu terakhir, judulnya Nyore. 


Kemeriahan Festival Murid Merdeka SMM



Setelah itu banyak penampilan lainnya dari kawan murid. Mulai dari bermain drum, menyanyi, storytelling, hingga panggung boneka. Si sulung juga ikut ambil bagian dalam Panggung Merdeka ini. Bersama teman-temannya, dia menampilkan tarian Cindai. 


Kemeriahan Festival Murid Merdeka SMM



Talk Show


Setelah dihibur oleh berbagai penampilan seni dari kawan murid, pengujung diajak berdiskusi  bersama orang tua dan kawan murid SMM. 


Sesi diskusi bersama orang tua dan anak  inj bercerita tentang pendekatan dalam menilai prestasi di SMM dimana SMM fokus pada pengembangan bakat dan minat murid.


Kemeriahan Festival Murid Merdeka SMM



Diskusi ini bertema Get to Know Orang Tua Murid Berprestasi ini menghadirkan Bunda Ina dan Tita. Bunda Ina bercerita bagaimana dukungan yang diberikan untuk membantu anak mengembangkan minat dan bakatnya. 


Sedangkan Tita juga bercerita tentang pengalaman belajar di SMM. Menurutnya, belajar SMM sangat mendukungnya untuk mengembangkan minat dan bakat


Panggung Seni Melodi Lestari Sumatera


Panggung seni Melodi Lestari Sumatera ini menampilkan berbagai budaya khas Sumatera. Beberapa penampilan dalam panggung seni ini antara lain panggung teater, fashion show kain songket, panggung musikal, berbagai nyanyian dan tarian khas Sumatera. 


Kemeriahan Festival Murid Merdeka SMM



Di panggung ini si sulung ambil bagian dalam fashion show kain songket. Sedangkan si bungsu, menari tari Badinding. 


Kemeriahan Festival Murid Merdeka SMM



Panggung seni Melodi Lestari Sumatera ini menjadi ajang pembelajaran yang menyenangkan bagi kawan murid tentang berbagai budaya khas Sumatera. Kawan murid juga bisa menampilkan minat dan bakatnya dalam budaya Sumatera. 


Ada juga teatrikal unjuk rasa dan orasi yang dilakukan oleh kawan murid. Mereka mengangkat isu tentang kerusakan alam dan penambangan liar di danau Toba. 


Kemeriahan Festival Murid Merdeka SMM



Baca Juga : Adhitya Putra Lanae, Ajak Generasi Muda untuk Peduli Perubahan Iklim


Teatrikal ini mengasah kemampuan komunikasi dan berpikir kritis kawan murid. Mereka juga belajar demokrasi, dengan berani mengemukakan pendapatnya. Plus, menjadi lebih perhatian dengan kerusakan lingkungan yang ada disekitarnya. 


Meriahnya Festival Murid Merdeka SMM


Saya takjub. Betapa luar biasa usaha yang dilakukan oleh guru dan kawan murid untuk mempersiapkan acara ini. Festival Murid Merdeka ini berlangsung dengan baik. 


Baca Juga : Semarak Kemerdekaan Di Sekolah Murid Merdeka


Festival Murid Merdeka ini menjadi festival yang sangat meriah dan menghibur. Dan tentu saja menjadi sarana belajar yang menyenangkan & bermakna bagi kawan murid semuanya. 


Terima kasih kepada semua guru dan kawan murid SMM. 


Kalian luar biasa. 


❤❤❤❤❤

18 komentar

  1. Kegiatannya seru bgt ini. Sangat positif dan bisa memberikan kesan dan edukasi yang membekas bagi para murid.

    BalasHapus
  2. Baru denger kemaren dari teman, di tingkat SD juga ada PMM, saya kira hanya di tingkat perguruan tinggi. Mungkin maksudnya tidak jauh dari tulisan mbak Dee ya..., terima kasih jadi paham saya melalui tulisan ini

    BalasHapus
  3. Saya dulu tuh pengen anak di SMM
    Cuma ada keluarga besar yang selalu ganggu keuangan
    Malas banget bolak balik dipinjemi
    Makanya ini mau nabung lagi

    BalasHapus
  4. Wah seru banget acaranya. jadi pengen nanti nyekolahin anak di SMM juga nih. Tapi sayangnya di kotaku belum ada.

    BalasHapus
  5. Pasti anak-anak Sekolah Merdeka ini bahagia, karena banyak sekali yang dieksplor kemampuannya. Yakin ini sih insya Allah ga ada bullying dan 3 DB lainnya - karena seinteraktif ini

    BalasHapus
  6. Wah, kegiatan anak-anak Sekolah Murid Merdeka ini ciamik banget. Sarat dengan kesenian, nilai budaya yang dilestarikan, tentunya kemampuan anak tersalurkan dengan sangat baik. Festival ini patut menjadi percontohan bagi sekolah-sekolah lain di Indonesia.

    BalasHapus
  7. Wah seru ya festival murid merdeka SMM Surabaya. Dulu saya sempat tertarik banget untuk bisa mengikutkan anak-anak di SMM. Setidaknya untuk sekolah pendamping semasa musim sekolah online. Program-program SMM memang kreatif dan inline dengan perkembangan zaman sih. Anak-anak diajarkan untuk aktif belajar presentasi dan mengeksplorasi ide mereka sejak dini.

    BalasHapus
  8. Senangnya, kalau minat dan bakat anak-anak di bidang seni dieksplorasi dan mendapat tempat untuk ditunjukkan kepada khalayak.

    BalasHapus
  9. Seru ini soalnya beneran dibikin stage agar anak-anak tampil berani dan penuh kebanggaan di atas panggung. Festival Murid Merdeka rutin diadakan kah Di?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata Festival Murid Merdeka SMM ini baru diadakan di masing-masing regional yaa..
      Seru banget konsepnya dan membuat anak-anak antusias menyambut acara tahunan ini dengan sebaik-baiknya. Bangga banget liat anak-anak berani tampil di atas panggung dengan bakatnya. MashaAllaa~
      Barakallahu fiikum.

      Hapus
  10. Dari gambar-gambar yang ditampilkan terlihat jika bakat anak cukup menonjol. Menggambar, bermain musik, menari dengan luwesnya tentu itu tidak mudah dilakukan.

    BalasHapus
  11. Menyenangkan sekali ini bagi adik-adik yang masih di bangku sekolah ikutan festival. Jadi pengalaman berkesan sekaligus belajar budaya

    BalasHapus
  12. MasyaAllah menyenangkan banget anak didukung begini bisa mengeksplore kalau gini ya Mba. Anakku baru setahun aku wes mikir pengen begini nyekolahinnya

    BalasHapus
  13. Ihh bagus dan seru bangeeettt. Ini nih yang dibutuhin oleh anak anak sekarang untuk diberikan ruang berkreasi dan berbudaya. Seneng banget event ini!

    BalasHapus
  14. keren ya sekolah murid merdeka ini karena mengeksplorasi bakat dan minat anak. jadinya anak bisa berkembang sesuai potensinya deh

    BalasHapus
  15. Masya Allah ... aku pasti udah mewek nih kalau lihat anak-anak tampil begini. Keren banget festival SMM nya! karya yang ditampilkan juga beragam sesuai minat bakat anak yang luar biasa.

    BalasHapus
  16. Wuih acaranya keren banget kk, ini mah gak cuma kreatifitas yang ditampilkan. Bakat²yg luar biasa!

    BalasHapus
  17. Keren banget festivalnya menstimulasi anak2 buat mengembangkan bakatnya

    BalasHapus