Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Review Buku Semua Anak Bintang

 

Review Buku Semua Anak Bintang




Setiap anak adalah bintang. Mereka punya cahayanya masing-masing. Itulah kesan pertama saya saat membaca buku Semua Anak Bintang karya Munif Chatib. Buku ini sangat berpengaruh bagi saya dalam membersamai anak-anak. 


Buku Semua Anak Bintang


Keterangan Buku 


Judul : Semua Anak Bintang

Penulis : Munif Chatib

Editor : Budhyastuti R.H

Penerbit : Penerbit Kaifa

Tahun Terbit : 2017

ISBN : 978-602-0851-88-4

Tebal : 104 halaman




Setiap Anak Cerdas


Benarkah setiap anak cerdas? 


Bagaimana dengan anaknya yang tidak bisa memahami materi pelajaran meski guru sudah mengajarinya sampai berbusa? 


Bagaimana dengan anak yang tidak bisa diam saat pelajaran di kelas sedang berlangsung? 


Bagaimana dengan anak yang tidak bisa menyelesaikan soal matematika? 


Pertanyaan di atas umumnya sering diungkapkan untuk melabel anak sebagai anak yang tidak cerdas. Benarkah demikian? 


Tidak. Semua itu bukan berarti anak tidak cerdas. Kesulitan yang anak hadapi adalah hambatan, bukan karena otaknya yang tidak cerdas. 


Baca Juga : Review Buku 55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling


Lalu, apakah kecerdasan itu? 


Menurut Howard Gardner dalam bukunya Multiple Intelligences, kecerdasan seseorang tidak dapat diwakili oleh angka-angka atau hasil tes standar. Kecerdasan bersumber dari kebiasaan (habit), yaitu perilaku yang cenderung diulang-ulang. 



Multiple Intelligences 


Dulu, anak cerdas selalu diidentikkan dengan anak yang pandai berhitung atau lugas berbicara. Namun, berbeda dengan saat ini. Menurut Howard Gardner, kecerdasan manusia itu tidak tunggal, melainkan majemuk. 


Menurut Gardner, kecerdasan majemuk ada delapan bagian : 


  • Linguistik (bahasa) 

  • Matematis-logis (angka dan logika) 

  • Spasial-visual (gambar dan ruang) 

  • Musikal (musik) 

  • Kinestetik (bergerak) 

  • Interpersonal (bergaul) 

  • Intrapersonal (diri) 

  • Naturalis (alam) 



Multiple Intelligences Research (MIR) 


Multiple Intelligences Research (MIR) adalah riset untuk mengetahui kecenderungan kecerdasan seorang anak. MIR ini adalah hasil pengembangan dari teori Multiple Intelligences yang dikembangkan oleh Howard Gardner. 


Setiap kecenderungan kecerdasan menjadi potensi bakat anak. MIR adalah alat riset yang akan mengetahui potensi setiap kecerdasan anak. 


Kecerdasan seorang anak tidak dapat dinilai dari alat tes apapun. Penelitian terbaru mengatakan bahwa kecerdasan seorang anak dapat diketahui dari kebiasaan anak tersebut. Kebiasaan adalah perilaku yang diulang-ulang. Kebiasaan tersebut bersumber pada dua hal, yaitu bagaimana anak tersebut terbiasa kreatif dan bagaimana anak tersebut terbiasa menyelesaikan masalahnya sendiri. 


MIR ini sangat bermanfaat bagi guru dan sekolah untuk bisa mendidik siswa sesuai kecerdasannya masing-masing. MIR juga bermanfaat bagi orang tua, agar bisa mendampingi anak-anaknya dalam mengembangkan potensinya. 


Gaya Belajar


Gaya belajar adalah respons yang paling peka dalam otak seseorang untuk menerima data atau informasi dari pemberi informasi dan lingkungan pemberi informasi. 


Informasi akan lebih cepat diterima oleh otak apabila sesuai dengan gaya belajar penerima informasi. 


Baca Juga : Buku Literasi Emosi, Mengasah Kecerdasan dengan Hati


Disinilah pentingnya mengetahui gaya belajar yang sesuai dengan kecerdasan anak. Setiap kecerdasan, memiliki gaya belajarnya masing-masing. 


Review Buku Semua Anak Bintang


Buku ini tipis tapi sangat daging isinya. Buku yang memberikan pengetahuan bagi semua pembacanya. Mengenal berbagai kecerdasan majemuk. 


Tak hanya itu, buku ini juga memberikan panduan bagaimana orang tua dan guru bisa mengoptimalkan potensi yang dimiliki setiap anak. 


Mulai dari mengenal gaya belajar masing-masing, hingga memberikan contoh kegiatan yang sesuai untuk menstimulasi kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh anak. 


Buku ini juga memberikan panduan kepada guru tentang metode mengajar yang sesuai dengan kecerdasan majemuk setiap anak. Buku yang memang sangat cocok untuk dibaca orang tua dan guru sebagai teman belajar anak. 


Buku setebal 104 halaman ini, secara keseluruhan memaparkan kiat dan cara orangtua, guru, dan siswa mengasah kebiasaan untuk mengetahui gaya belajar sesuai dengan kecenderungan kecerdasan.


Baca Juga : Kurikulum Merdeka, Belajar Jadi Menyenangkan Dan Bermakna


Selain itu, juga untuk mengetahui potensi kecerdasan dan bakat-bakat terpendam anak yang bisa dikembangkan, serta mengetahui cara dan pola pendekatan komunikasi kepada anak-anak. Dengan metode pembelajaran yang tepat dan baik, tidak tertutup kemungkinan seorang anak akan menjadi pribadi yang sukses dan membanggakan. 


Setiap anak adalah bintang. 


13 komentar

  1. wuaaah jadi pengen baca...

    ini bahasanya gimana mbak? enak gak kalo dibaca berjam-jam sampai akhir? gak bikin bosen?
    duuuh, daftar isinya apa aja mbak? pengen tahu :D

    BalasHapus
  2. Pak Munif Chatib bukunya bagus2 memang. Baru tahu kalau beliau nulis buku ini juga. Otw masuk WL aaah

    BalasHapus
  3. Duh racun banget nih jadi penasaran ingin baca, setuju semua anak adalah bintang dengan kecerdasan dan kecenderungan masing-masing.

    BalasHapus
  4. Penting nih sepertinya baca buku ini. Setiap anak adalah bintang, setuju banget saya. Semua punya keunikannya masing-masing. Tugas orangtua adalah mencari tahu dan mendukung potensi yang ada di masing-masing anak. Memang rumit, tapi dengan panduan seperti ini rasanya bisa sangat membantu ya.

    BalasHapus
  5. Beli lah buku ini, menarik banget bukunya. Kita jadi lebih mengerti kecerdasan majemuk dari buku ini

    BalasHapus
  6. Untuk menyadari bahwa semua anak bintang tentunya dengan mengubah persepsi kita bahwa cerdas itu bukan hanya tentang nilai akademik yang bagus. Dengan pandangan tersebut otomatis mata kita akan mampu melihat binar pada tiap anak.

    BalasHapus
  7. wah jadi penasaran sama isinya mbak soalnya aku masih menggali nih anak-anakku kecerdasannya di mana. kalau yang adik kelihatannya dia ada bakat ngomong tapi yang kakak masih belum ketahuan

    BalasHapus
  8. Aku pernah baca buku Pak Munif "Semua Anak Bintang".
    Kagum dengan gaya penulisannya yang semuanya sarat makna dan penting untuk dilakukan orangtua sebagai pendidik pertama. Pertama kali baca langsung tau sih kalau penulisnya adalah seorang Ayah, karena sangat logis.

    BalasHapus
  9. Suka banget sama warna covernya, sangat eye catching sekali jadi bikin penasaran untuk baca bukunya

    BalasHapus
  10. pengen belajar ilmu interpersonal agar anak bisa berkembang dan komunikatif

    BalasHapus
  11. Setuju, semua anak adalah bintang! Tentu dengan metode pembelajaran yang tepat dan baik akan memungkinkan seorang anak akan menjadi pribadi yang sukses dan membanggakan.

    BalasHapus
  12. Semua orang tua dan guru harus punya buku ini nih, agar bisa mendidik dan membersamai anak anak dengan baik.

    BalasHapus
  13. beberapa hari yang lalu aku juga dikasi tahu adekku yg sekolah psikologi, dikasi tahu soal multiple intelligences ini, ibu-ibu wajib tahu sih supaya bisa lebih luas wawasannya bahwa anak pintar itu bukan hanya di pelajaran sekolah aja, semangat belajar ibu-ibu...

    BalasHapus