Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Review Buku MoneySmart Parent, Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru

 

Review Buku MoneySmart Parent, Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru



Banyak anak, banyak rezeki


Hmm, apakah demikian? Bukankah banyak anak, banyak pengeluaran? Mulai dari biaya kehamilan, persalinan, hingga pendidikan. Inilah pentingnya perencanaan keuangan sejak dini. Orangtua harus mulai mempersiapkan rencana keuangan dalam membiayai anaknya. Semua butuh biaya, bahkan saat akan melakukan testpack kehamilan, butuh beli alatnya ataupun pergi ke dokter kandungan. Buku MoneySmart Parent ini bisa menjadi guideline bagi orang tua baru dalam merencanakan keuangan. 


MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru


Siapa yang tidak kenal dengan Prita Hapsari Ghozie? Konsultan keuangan ini sering membagikan tips seputar perencanaan keuangan di sosial media. Prita juga penulis buku, khususnya bertema perempuan. Buku MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru ini adalah buku yang ditulis bersama Nadia Mulya. Presenter cantik sekaligus ibu dari empat orang anak. Buku yang ditulis saat Nadya sedang menjalani kehamilan keempatnya. 



Keterangan Buku


Judul : MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru

Penulis : Nadia Mulya & Prita Hapsari Ghozie

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : 2019

ISBN : 978-662-06-34-29-6

Tebal : 206




Ingin mempersiapkan program kehamilan


Bab pertama buku ini menceritakan bagaimana pasangan suami istri mempersiapkan program kehamilan. Di bab ini, dibahas berbagai program kehamilan yang bisa dipilih, mulai dari inseminasi hingga bayi tabung. 


Penjelasannya disertai dengan perkiraan biaya serta persiapan fisik dan mental dalam menjalani program kehamilan. 


Mulai menyusun dana kehamilan


Nah, setelah berhasil hamil, langkah selanjutnya adalah bagaimana menyusun dana kehamilan. Mulai dari biaya jadwal kontrol ke dokter, vitamin, periksa USG, periksa darah, dan kesehatan ibu dan janin.


Bab dua ini mengajak pembaca menyusun dana kehamilan yang dibutuhkan sejak awal kehamilan hingga persalinan. Juga membahas sumber pembiayaannya, apakah menggunakan asuransi atau tidak. 


Belanja persiapan bayi


Bagi pasangan yang baru akan punya anak, belanja persiapan bayi menjadi hal yang paling excited. Kalau tidak direncanakan secara matang, bisa boncos , karena kalap! Semua mau dibeli. 


Bab ini memaparkan apa saja barang yang dibutuhkan bayi. Plus, berbagi tips belanja perlengkapan bayi secara hemat. 


Dana kelahiran


Bab ini memberikan referensi harga metode persalinan berbeda dari beberapa lokasi yang berbeda pula, serta checklist apa yang diperlukan sebelum dan sesudah melahirkan.


Di bagian ini ditunjukkan pentingnya membuat birth plan. Pentingnya mempersiapkan dana kelahiran. 


Finansial setelah jadi ibu


Setelah melahirkan, perempuan akan menjadi seorang ibu. Di bab ini dibahas bagaimana mengatur keuangan setelah menjadi ibu. 


Baca Juga : Review Buku : Smart Mommy’s Guide to Breastfeeding


Memikirkan apa saja prioritas setelah menjadi ibu. Bagaimana menata keuangan keluarga setelah bayi lahir, apakah ibu tetap bekerja atau resign. Hingga ceklist keuangan setelah menjadi ibu dibahas tuntas dalam bab ini. 


Pos pengeluaran untuk si kecil


Setelah bayi lahir, rentetan biaya penggeluran sudah di depan mata. Mulai dari biaya imunisasi, popok, asupan nutrisi, dan lain sebagainya. 


Bab ini membahas secara detail pengeluaran bayi, khususnya di tahun-tahun pertamanya. 


Dana Pendidikan


Bab terakhir dari buku MoneySmart Parent, Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru ini membahas bagaimana mempersiapkan dana pendidikan anak. 


Pada bab ini pembaca diajak membuat rencana dana pendidikan anak. Bab ini juga membahas berbagai pilihan pendidikan di Indonesia. 


Review Buku MoneySmart Parent, Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru


Wah, saya merasa tercengang setelah membaca buku ini. Bagaimana tidak, buku ini memberikan penjelasan secara detail seputar biaya yang harus dipersiapkan saat menjadi orang tua. Mulai dari proses perencanaan kehamilan hingga proses pendidikan anak. 


Baca Juga : Review Buku Panduan Praktis Menyusui


Buku ini memiliki banyak kelebihan. Pertama, ditulis oleh ahlinya. Keahlian Prita Hapsari Ghozie dalam bidang keuangan tidak diragukan lagi, jadi pastinya setiap panduan perencanaan keuangan dalam buku ini sudah pasti teruji. 


Kedua, buku ini juga berangkat dari pengalaman. Bagaimana Nadia menceritakan pengalaman kehamilan keempatnya. Nadia menceritakan biaya yang dikeluarkan selama program kehamilan hingga persiapan dana pendidikan anak


Buku ini ditulis dalam bahasa yang lugas. Sekalipun topiknya berat, perencanaan keuangan, tetapi mudah dimengerti. Saat membaca buku ini saya seperti sedang mendebarkan Nadia dan Prita bercerita. 


Dalam buku ini ditulis juga ceklist kebutuhan anak sejak masa kehamilan hingga menjalani proses pendidikan. List nya sangat lengkap. Terus, ada juga rincian biayanya. 


Sesuai judulnya, buku ini adalah panduan lengkap bagi orangtua dalam mempersiapkan biaya pengasuhan anak. Memang sangat cocok untuk orangtua baru, agar bisa mempersiapkan semua di awal dengan baik. 


Buku ini mengajarkan sebuah insight penting, bahwa memiliki anak adalah sebuah tanggung jawab yang harus dilakukan dengan penuh kesadaran. Menyadari bahwa membesarkan anak membutuhkan biaya. Jadi, harus secara serius direncanakan. 





13 komentar

  1. menarik ini bukunya kak..apalagi di tulis sama prita gozie dan nadya mulya salah satu ahli keuangan satunya concern ke parenting cocok lah jadinya...
    sepertinya bis adijadikan buku pegangan wajib ini buat pasangan yang mau menikah atau sedang mempersiapkan kehamilan :)

    BalasHapus
  2. Nahh pas jadi orang tua emang wajib bisa atur keuangan karena kebutuhannya banyak bangett. Mulai dari beli diapers, nabung buat uang sekolah, dll. Pas banget ada buku ini ya sebagai panduan jadi gak bingung lagi

    BalasHapus
  3. Panduan keuangan bagi pasangan yang tengah menanti junior mereka memang penting banget. Jadi biar gak kaget juga, loh kok ternyata perlu ini itu. Banyak yang perlu dipikirkan mulai dari masa hamil hingga nanti melahirkan. Setidaknya mereka tahu, kisaran dana dan bagaimana persiapannya agar pasangan gak boncos nantinya.

    BalasHapus
  4. Buku ini benar-benar menjadi panduan yang komprehensif dan mudah dipahami bagi orang tua baru seperti saya. Buku ini membahas berbagai topik penting terkait keuangan keluarga terutama masalah anggaran sekarang dan masa yang akan datang... hihihihihi berat nih bagi ortu baru

    BalasHapus
  5. Setuju banget, bahwa memiliki anak itu merupakan sebuah tanggung jawab yang mesti di persiapkan dengan sedemikian baik. Supaya anak mendapatkan hak-hak terbaik. Penting banget buat para pasangan yang baru menikah atau berencana menikah buat baca dan pelajari buku ini, supaya semakin siap serta sigap.
    Semua perlu di persiapkan dengam maksimal, semangat.

    BalasHapus
  6. Menarik nih bukunyameskipun dari persiapan aku uda telat karena mereka keburu gede. Kayanya aku masih bisa belajaar bagaimana mengatur keuangan dan tabungan utk anak2 ya

    BalasHapus
  7. buku yang menarik mbak. Dulu memang sering terdengar, konon katanya banyak anak banyak rejeki. Malah ada juga yang merasa berat dengan hadirnya banyak anak, dan pilihannya si anak dibiarkan untuk diadopsi karena keterbatasan biaya
    buku ini memberikan pandangan baru kepada suami istri yang bakalan mempunyai anggota keluarga baru, sehingga sudah melakukan beberapa persiapan di awal juga

    BalasHapus
  8. Iya jadi orangtua memang butuh perencanaan yang matang ya nggak asal brojol kudu punya pengetahuan tentang parenting dan juga keuangan keluarga seperti ini jadi ngga kaget pas waktunya lahiran biaya sudah siap,mental juga oke

    BalasHapus
  9. Wah buku yang keren nih. Kudu banget deh pasangan baru baca buku beginian. Kerasa sama aku sekarang gimana payahnya ngelola keuangan karena gak tahu ilmunya. Coba sejak awal baca buku beginian, tentu sekarang gak heboh kayak sekarang. Tapi gapapa, belajar ngelola keuangan gak ada kata telat. Walopun tentu, lebih awal akan lebih baik. Ayo baca semuanya para pasangan muda. :D

    BalasHapus
  10. Menariiik bukunya. Aku pribadi ga terlalu percaya Ama mitos yg bilang banyak anak banyak rezeki. Memang sih anak2 ada rezekinya sendiri. Tp tetep aja hrs dicari. Ga DTG jatuh dr langit.

    Makanya pas hamil ya bener2 kami rencanakan, sampai jarak anak 1&2 juga diatur. Jgn asal aja. Dan buat kami 2 anak udh pas. Aku malah mau 1. Tp mertua yg minta hrs minimal 2..Krn dia trauma anaknya ada yg meninggal dulu.

    Setidaknya dengan di atur begini kami JD yakin dlm hal pembiayaan sekolah mereka nantinya

    BalasHapus
  11. Buku panduan yang sangat menarik nih untuk para orang tua. Bisa sangat membantu banget ya dalam mengatur keuangan keluarga termasuk untuk biaya anak. Mulai dari kehamilan hingga masuk usia sekolah semua butuh materi jadi memang kudu banget dipersiapkan. Salah satu persiapan juga dengan mengedukasi diri seperti membaca buku ini biar ada gambaran atau tahu persiapan apa yang harus dilakukan

    BalasHapus
  12. Buku yang wajib di punya kalau mau benar-benar saving. Apalagi dalam mengatur keuangan dalam rumah tangga, perlu ada pos-pos dana terutama dana darurat. Mana yang benaran butuh atau sekedar keinginan tentunya

    BalasHapus
  13. Nah yaa.. akutu salut sama Prita Hapsari Ghozie.
    Asalkan blio bersabda tuh seakan audience terbius gituu.. Kaya yang "Oh iyayaya.. aku juga pasti bisa nih.."
    Kalau uda ada rasa optimis kan selanjutnya jadi mudah mempraktekkan ilmu yang ada di MoneySmart Parent yaa..

    BalasHapus