Jambore Kader Posyandu, Pentingnya Peran Kader dalam Keberhasilan Menyusui






Dalam rangka merayakan pekan ASI (Air Susu Ibu) Sedunia, AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) cabang Jawa Timur bekerjasama dengan WVI (Wahana Visi Indonesia) dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengadakan jambore kader posyandu. Acara yang diadakan di Gedung Balai Pemuda Surabaya pada tanggal 30 Agustus 2018 ini diikuti oleh sekitar 400 orang kader posyandu se Surabaya. 






Selain para kader posyandu, acara ini juga diikuti oleh para ayah ASI dan keluarga ASI. Mengingat keberhasilan menyusui juga membutuhkan dukungan dari orang terdekat, seperti ayah dan semua anggota keluarga. 

Selain acara outbond, para kader posyandu juga mengikuti workshop dengan berbagai tema seputar menyusui. Tema-tema yang di bahas dalam workshop antara lain : 




1. Aksi Ayah ASI
2. Dukung Ibu Menyusui untuk Cegah Stunting
3. Ibu Menyusui, Anak Hebat Bangsa Kuat
4. Bantuan Praktis Pada Ibu yang Mengalami Kesulitan dalam Menyusui




AIMI Jatim mengisi workshop nomer 3 dan 4. Saya sendiri bertugas mengisi workshop nomer 3. Saat workshop berlangsung, para kader terlihat antusias. Mereka tetap semangat mengikuti setiap materi kendati telah banyak bergerak dalam outbond. Pengetahuan mereka seputar menyusui sudah bagus. 





Hanya perlu meluruskan berbagai mitos-mitos seputar menyusui yang masih beredar di masyarakat. Misalnya tentang perlunya memijat dan membersihkan puting sebelum melahirkan. 

Workshop seperti ini memang sangat di butuhkan oleh para kader posyandu. Mereka perlu dibekali ilmu yang relevan. Supaya saat di masyarakat mereka bisa mendukung ibu menyusui. Dengan memberikan bantuan praktis dan informasi yang relevan. Kader posyandu menjadi perpanjangan tangan bagi pemerintah untuk menyukseskan ASI eksklusif. 

Selamat merayakan pekan ASI sedunia. Selamat mengASIhi. ASI for better generasi :)
Jambore Kader Posyandu, Pentingnya Peran Kader dalam Keberhasilan Menyusui Jambore Kader Posyandu, Pentingnya Peran Kader dalam Keberhasilan Menyusui Reviewed by Dee_Arif on September 02, 2018 Rating: 5

3 komentar:

  1. yesss ASI untuk mengASIhi lebih maksimallll!

    BalasHapus
  2. Baru minggu lalu ikut gathering tentang stunting dan pentingnya ASI (super food tak ada bandingan) sekarang ada postingan Mbak tentang jambore ini. Penting banget disoasialisasikan. Terima kasih sudahh share cerita jamborenya dan ini jadi pengingat saya tentang pentingnya pemberian ASI.

    BalasHapus
  3. Selalu suka dengan tulisan mbak Dian ini enak mengalir dan ringan....
    Informasi nya itu keren banget. Makasih ya mbak dian

    BalasHapus

Ngeblog karena Cinta

Kenapa menulis di blog? Jawabannya adalah karena cinta. Ya, semua karena cinta. Cinta apa? Ada tiga cinta yang membuat saya menulis d...

Diberdayakan oleh Blogger.