Blogwalking, Silaturahmi Virtual yang Berfaedah







Blogwalking, hmm apa ya blogwalking itu. Blogwalking secara sederhana adalah mengunjungi blog atau jalan-jalan ke sebuah blog. Seperti kehidupan sosial pada umumnya yang perlu adanya sosialisasi, sebagai blogger juga harus melakukan sosialisasi virtual. Blogwalking itulah yang bisa disebut sebagai sosialisai virtual. Saling menyapa dan berkenalan dengan sesama blogger.



Blogwalking, Pentingkah?

Lalu apakah blogwalking itu penting? Atau blogwalking adalah kegiatan yang unfaedah karena membuang waktu dan kuota. Absolutly NO. Blogwalking itu penting. Bagi seorang blogger, blogwalking bisa meningkatkan performance blog lho. Mulai dari meningkatkan PV hingga DA. Blogwalking membuat blog kita dikenal oleh para blogger lainnya. So jadi kalau kamu mau jadi seorang blogger profesional, mulailah dengan rajin melakukan blogwalking. Trust me, its work!!!





Manfaat Blogwalking





Kalau masih belum yakin blogwalking itu penting, ini saya share manfaat blogwalking yang sudah saya rasakan. Mungkin manfaat-manfaat ini bisa meyakinkan kamu akan pentingnya blogwalking.


1. Upgrade Ilmu


Yes, ini adalah manfaat pertama yang saya rasakan saat melakukan blogwalking. Saya bisa belajar dari blog-blog yang saya kunjungi. Khususnya bila blog tersebut membahas seluk beluk teknik blogging. Blog seperti ini akan selalu masuk daftar rutin blogwalking saya.


2. Tambang Ide


Blogwalking juga bisa jadi tempat kita yang lagi buntu ide lho. Membaca tulisan-tulisan di blog orang lain terkadang membuat kita bisa punya ide untuk menulis. Ingat, ide boleh sama asal tulis dengan sudut pandang yang berbeda ya. Jangan pernah jadi plagiator ya !


3. Inspirasi


Saat membaca artikel di blogwalking banyak inspirasi yang bisa diambil. Terutama kalau saya lagi blogwalking ke blog parenting. Banyak inspirasi dan hikmah tentang parenting yang bisa saya dapatkan.


4. Silaturahmi


Ya, blogwalking itu adalah wujud dari silaturahmi virtual. Dengan silaturahmi ini kita bisa saling mengenal sesama blogger. Perkenalan ini nantinya juga akan membawa rezeki lho. Biasanya akan saling sharing tentang lomba blog atau job ngeblog lho.

Nah itu tadi manfaat blogwalking yang saya alami. Blogwalking juga jadi salah satu langkah supaya kamu bisa jadi blogger keren.

Blog Favorit Saat Blogwalking



Lalu pertanyaannya, seberapa sering saya melakukan blogwalking? Jawabannya sering dan rutin. Biasanya saya melakukan blogwalking dari list blog yang ada di berbagai komunitas blogger yang saya ikuti. Atau langsung mencari blog yang sesuai dengan informasi yang saya dapatkan. Saya memang rutin melakukan blogwalking, tapi jujur tidak melulu ke sebuah blog tertentu. Tergantung kebutuhan.


Tapi saat blogwalking ada sepuluh blog yang sangat berkesan bagi saya. Meskipun saya tidak rutin blogwalking ke blog tersebut, tapi sepuluh blog itu sangat menginspirasi bagi saya.


Ini dia blog favorit saya saat blogwalking.


Blog ini adalah blog favorit saya. Paling sering saya kunjungi. Tips-tips bloggingnya lengkap banget. Juga mudah dimengerti buat blogger newbie seperti saya ini.


Kalau ini juga rutin saya junjungi. Blog ini membahas tentang seluk beluk homeschooling. Sangat membantu saya dalam mengasuh kedua puteri saya.


Di blog ini saya juga bisa mencari inspirasi tentang permainan edukatif. Juga bisa download worksheet gratis.


Siapa yang nggak kenal sama blogger kece ini. Langganan kontes blog. Blogwalking ke blog ini bisa menambah ilmu blogging saya. Tulisan tentang review produknya benar-benar kece badai.


Blog ini juga dikenal sebagai diari mami ubi. Blog ini membahas seputar  parenting. Khususnya parenting bagi anak berkebutuhan khusus. Ini jadi bahan riset saya, untuk buku solo ke dua saya. Doakan lancar ya, biar bisa lahiran tahun depan, bukunya !


Profesi saya yang juga seorang pengajar sejarah, membuat saya harus selalu upgrade  informasi seputar sejarah. Dan blog ini sangat membantu saya dalam menyusun bahan ajar.


Ssst,, ini nggak peres lho. Saya memang salah satu penggemar mbak Vicky. Selain sering ngepoin instagramnya, saya juga senang blogwalking ke blognya. Meskipun kadang tidak meninggalkan komentar. Ya, kadang saat blogwalking saya tidak meninggalkan komen. Ingat petuah mbak Carra, bahwa blogwalking memang nggak melulu soal meninggalkan komentar. Tinggalkan komentar jika memang kita punya kapasitas untuk berkomentar. Jujur, kalau berkunjung ke blog para mastah inj saya jarang komen, maklum kalah kelas, hahaha.


Paling suka baca tulisan mbak Vicky tentang travelling dan food. Foto-foto artikel foodnya keren, paling suka yang paprika di jadikan tempat nasi. Kreatif !


Blogwalking kesini buat cari referensi seputar Surabaya. Mulai dari tempat wisata, sejarah dan kuliner Surabaya di bahas disini. Kalau mau cari tempat wisata baru di Surabaya, saya langsung meluncur ke blog ini.


Blog milik mbak April Hamsa ini banyak membahas tentang parenting dan travelling. Desain blognya juga keren.


Blog ini membahas travelling dalam bahasa Inggris. Blog ini memang dibuat sebagai local guide buat orang asing yang ingin travelling ke Indonesia. Blog milik Thia ini ditulis dari setiap pengalaman travelling yang dilakukannya. Mulai dari di Indonesia, Asia hingga Eropa. Berkunjung ke blog ini membuat kita serasa keliling dunia. Foto-fotonya bagus, tulisannya juga oke. 





#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge
#day16






Blogwalking, Silaturahmi Virtual yang Berfaedah Blogwalking, Silaturahmi Virtual yang Berfaedah Reviewed by Dee_Arif on Desember 05, 2018 Rating: 5

6 komentar:

  1. Bener banget, selain itu manfaat bw bisa buat nambah DA PA jg loh. Tinggal kita cantumkan url kita di blog yg di bw in

    BalasHapus
  2. saya sendiri juga blogwalking, tapi random banget
    biasanya saya buka grup WB, lalu mulai BW dari sana

    BalasHapus
  3. BW itu ibarat ngeblog, karena pada dasarnya kita lagi nulis opini or perspektif kita terhadap tulisan blog yang lagi disambangi.

    BalasHapus
  4. Walo kdg update blog ga bisa rutin sesuai jadwal, tp utk bw aku selalu usahain tiap hari. Minimal 10-15 per hari deh. Alasannya krn memang aku suka baca. kedua, utk nambah temen virtual :) . Yg senengnya dr kegiatan bw selain nambah ilmu ttg menulis, aku jd punya banyak temen di mana2. Kdg kalo ke daerah A, trus ada blogger yg aku kenal, jd ketemuan deh :). Udh banyak kenalan yg tdnya cuma tau di dunia maya , skr jd temen deket di dunia nyata :D. Itu senengnya blogwalking :)

    BalasHapus
  5. Akhir-akhir ini saya juga suka blogwalking mbak. Hehehe

    BalasHapus

Mau Sukses Melakukan Food Preparation? Ini Caranya!

Food Preparation,. Food Preparation atau yang lebih akrab disebut foodprep adalah gaya hidup kekinian yang dilakukan oleh para mama ...

Diberdayakan oleh Blogger.