Hey, Ini Aku Narablog Profesional!!



Hey, Ini Aku Narablog Profesional!! - Menjadi seorang narablog adalah profesi yang sudah saya tekuni selama hampir dua tahun ini. Narablog adalah adalah sebutan bagi bagi seseorang yang memiliki sebuah blog serta menyunting blog tersebut (wikipedia). Atau istilah yang lebih populer disebut dengan blogger.







Titik Awal Menjadi Narablog

Terus terang blog bukan hal yang baru bagi saya. Jauh sebelum memiliki blog yang sekarang ini, saya sudah mulai menulis di blog. Saat itu menggunakan domain gratisan dan hanya sekadar nulis. Tanpa tahu bagaimana meningkatkan performa blog atau sampai bisa menghasilkan uang dari blog.

Blog pertama saya adalah www.ruangbebas.blogspot.com. Blog tersebut lebih banyak berisi curhatan, puisi, resep masakan dan materi pelajaran yang saya ampu. Ya, saya juga seorang pengajar disebuah bimbingan belajar Nurul Fikri Surabaya, saya mengajar Sosiologi dan Sejarah.
Lalu ketika menjadi seorang ibu, saya mulai memikirkan untuk mempunyai blog yang ber niche parenting, namun masih menggunakan domain gratisan. Nama blognya www.jurnalparenting.blogspot.com.




Hingga kemudian di bulan Agustus 2017, saya mengikuti Blog Coaching Clinic yang diadakan oleh Blogger Perempuan. Setelah mengikuti acara tersebut, perjalanan saya sebagai seorang narablog profesional dimulai. Saya mulai menjalankan profesi sebagai narablog profesional. Mencari rupiah dari hasil ngeblog.

Langkah awal saya menjadi narablog profesional dimulai dengan membuat domain berbayar, punya blog pribadi. Ya, mayoritas pekerjaan sebagai narablog mengharusakan menulis di domain yang berbayar. Saat membuat blog dengan domain berbayar saya memilih menggunakan www.deestories.com. Cerita tentang mengapa saya memilih nama tersebut bisa kamu baca disini ya.

Mengapa Menjadi Narablog

Di era digital seperti sekarang, blog menjadi salah satu referensi untuk mencari informasi. Narablog juga menjadi salah satu cita-cita bagi genersi milineal masa kini. Selain menyesuaikan denga tuntutan era digital, saya juga memiliki alasan  mengapa saya memutuskan untuk menjadi seorang narablog.

💠 Suka Nulis
Ya, saya sangat suka menulis. Menulis menjadi candu bagi kehidupan saya. Tak lengkap bila belum menulis. Selain menulis di blog, saya juga seorang penulis buku. Hingga saat ini saya sudah menghasilkan lima buku antologi dan satu buku solo.

💠 Suka Berbagi
Menjadi narablog adalah salah satu cara agar saya bisa berbagi dengan banyak orang. Bagi saya, ilmu yang dibagikan nantinya akan menjadi amal jariyah tersendiri setelah saya mati, hehe seserius itu ya. Saya suka menulis tema parenting.

Harapannya bisa saling berbagi dengan sesama ibu. Selain itu saya juga sering menulis tema yang berhubungan dengan ASI (Air Susu Ibu). Saya juga seorang konselor laktasi, saya ingin banyak membantu ibu-ibu agar sukses menyusui bayinya. Berharap dari tulisan yang saya buat bisa memberi informasi dan inspirasi untuk terus menyusui banyinya.

💠 Suka Jajan
Wah apa ya hubungannya suka jajan dengan menjadi seorang narablog? Menjadi seorang narablog juga akan mendatangkan rupiah. Bahkan narablog adalah salah satu profesi yang dicita-citakan oleh generasi milineal saat ini.
Selama ini tak dipungkiri, beberapa pekerjaan sudah saya terima. Dari menjadi seorang narablog, saya bisa menhasilkan uang. Hasilnya lumayanlah buat nambah uang jajaan. Bisa jajan make up tanpa harus mikirin uang belanja bulanan, haha namanya juga emak-emak.

Pencapaian di Tahun 2018

Tahun 2018 adalah tahun dimana saya mulai serius untuk bisa menekuni profesi sebagai narablog. Perjalanan saya sebagai narablog mulai diasah di tahun 2018. Beberapa pencapaian narablog yang saya dapat di tahun 2018 adalah :

💠 Memahami teknik SEO dasar.
💠 Berhasil membuat 371 artikel
💠 Mengganti template blog yang ternyata lebih menyenangkan bagi pembaca.
💠 Mampu meningkatkan DA/PA blog.
💠 Berhasil mengikuti writing challenge 30 days bersama Blogger Perempuan.
💠 Menjadi asisten trainer dalam pelatihan ngeblog pelajar bersama Coding Mum Surabaya.
💠 Finalis lomba blog Zero Waste yang diadakan oleh Gajahlah Kebersihan.
💠 Menerima penawaran kerjasama dari 25 brand, list partnership bisa dilihat disini.
💠 Mendapat penghasilan yang bisa digunakan untuk membeli action cam dan mengajak keluarga travelling ke Jakarta.


Baca Juga : How To Be A Profesional Blogger

Target di Tahun 2019

Tentunya sebagai manusia pasti ingin menjadi lebih baik lagi. Esok harus lebih baik dari hari ini. Begitu juga dengan saya, saya ingin meningkatkan kapasitas sebagai seorang narablog. Menjadi narablog yang lebih baik lagi.

Target blog di tahun 2019 adalah
💠 Menguasai teknik SEO
💠 DA/PA : 30/40
💠 Statistik pengunjung meningkat 75%
💠 Penawaran kerjasama meningkat 
💠 Konsisten menulis sehari satu artikel
💠 Menang lomba blog
💠 Beli HP baru dari hasil ngeblog :)


Saya tak ingin target tersebut hanya menjadi wacana. Pastinya saya harus mewujudkan semua target tersebut. Beberapa cara yang saya lakukan agar bisa mencapai target ngeblog di tahun 2019 adalah :


💠 Membuat Blogging Goals



Yes, dengan blogging goals saya akan lebih mudah mencapai semua target blogging di tahun 2019. Melalui artikel di Blogger Perempuan, saya pun terinspirasi untuk membuat blogging goals 2019. Blogging goals 2019 saya bisa kamu lihat disini ya.


💠 Blogg Post Planner



Masih dari Blogger Perempuan, agar bisa menghasilkan artikel blog yang bermutu saya akan membuat blogg plost planner sebelum menulis artikel.


💠 Usaha dan Doa
Tentunya saya harus terus berusaha agar setiap target tercapai. Bukannkah siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil? Tak lupa untuk selalu berdoa, agar setiap aktivitas ngeblog saya memberi  manfaat bagi banyak orang.




Saya bangga menjadi seorang narablog. Saya akan berusaha untuk menjadi narablog profesioanal. Bagaimana denganmu? Apa saja pencapaianmu sebagai narablog di tahun 2018? Apa targetmu di tahun 2019? Sharing yukk :) 



Hey, Ini Aku Narablog Profesional!! Hey, Ini Aku Narablog Profesional!! Reviewed by Dee_Arif on Januari 01, 2019 Rating: 5

35 komentar:

  1. Wah mantep mbak resolusinya. Moga lbh sukses ya tahun 2019

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, makasih..
      doa yang sama untuk mas

      Hapus
  2. Luck favors the prepared. Semoga yang dicita-citakan tercapai ya, Mbak.

    BalasHapus
  3. Wawww 371 posts in a year, keren banget mbak.. harapannya saya bisa menyusul jg nih jadi narablog profesional, meski masih panjang perjalanannya kayanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belajar juga kok mbak,, yuk smangat ngeblog

      Hapus
  4. Selama ini saya nggak bikin blog post planner. Padahal itu penting agar blog adaupdate berkala

    BalasHapus
  5. keren mbak resolusinya.
    saya baru tahu kalau narablog itu nama lain dari blogger. wkwkwkwk
    maafkan saya yang newbie ini mbak. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe,, saya juga belum lama taunya, haha

      Hapus
  6. Resolusi tahun baru memang harus ditulis, biar gak terbang jadi mimpi doank ya Bu...

    BalasHapus
  7. Kuncinya konsisten ya kak. Aku gagal di konsisten itu, ikut challenge gak selesai hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa,, konsisten itu berat...

      Kita harus kuat :)

      Hapus
  8. Wah...371 artikel. Sehari ada yg lebih dari 1 dong ya. Saya baru seminggu sekali nih...Masih jauh. Semangat ngeblog yaah...

    BalasHapus
  9. Keren banget Mbak. Itu blog plannernya bikin mupeng, bisa buat planning nulis di blog secara rutin ya. Bikin sendiri kah itu, Mbak? Semoga tercapai ya apa yang diimpikan di 2019 ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu templatenya dari blogger perempuan

      Hapus
  10. Sy jg br tau klo narablog itu nama lain blogger.
    Slm kenal mb

    BalasHapus
  11. Semoga sukses ya mba resolusi 2019 nya! Mulai sekarang saya pakai identitas "Narablog" deh, keren juga ya :D

    BalasHapus
  12. harapannya saya bisa menyusul jg nih jadi narablog profesional, meski masih panjang perjalanannya kayanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk...

      Sama-sama berusaha jadi narablog profesional ;)

      Hapus
  13. Keren mbak resolusi tahun 2019 nya! semoga lancar ya semuanya, semoga tercapai :D

    BalasHapus
  14. 371 Artikeeel ? Mbaaak Luar Biasa semangaatnya.. Gimana manajemen waktunya mbak ? Jadi pingin bisa saya ❤️❤️❤️🥰🥰🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,, ya ikutan writing challenge salah satu tipsnya

      Hapus
  15. waw 300an artikel, konsisten memang kuncinya ya mbak, kasih tips dong biar bisa konsisten, secara aku baru mulai 1 bulan mbak, masih calon blogger hehe
    Salam kenal ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bikin blog post planner,, bantu bikin konsisten ngeblog ;)

      Hapus
  16. keren nih kak.
    menulis 371 artikel sesuatu bgt. aku aja belum sekonsisten itu menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk,,terus semangat buat konsisten nulis :)

      Hapus
  17. Hallo mba, saya baru di dunia blogging, domain pun masih yang gratisan karna masih belajar-belajar :) thankyou sharing nya ya mba, tulisannya kereeen. makin semangat nulis hehe

    BalasHapus
  18. Luar biasa pencapaian 2018 mbak, semg 2019 smua harapannya tercapai yess mbk hehe :)

    BalasHapus
  19. Mantul mba list partnership nya uda panjang kek kreta, hehe...
    Saya sedang dalam rangka belajar menuju kesana. Sukses buat kita semua ya...

    BalasHapus

Serunya Jalan-Jalan ke Mini Agrowisata Surabaya

Mini Agro Wisata Surabaya Surabaya dikenal sebagai kota metropolitan. Sarabaya menjadi kota pusat bisnis. Namun ternyata di balik...

Diberdayakan oleh Blogger.