Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Laptop Gaming ASUS Terbaru, Tipis dan Berteknologi AI


Laptop Gaming ASUS Terbaru, Tipis dan Berteknologi AI



Ngegame pakai laptop tipis, emang bisa? Bisa dong! Inilah yang coba diwujudkan oleh ASUS. Melalui beragam pengalamannya dalam memproduksi laptop gaming, ASUS terus berinovasi. Menghadirkan laptop gaming dengan spesifikasi ciamik tetapi tetap tipis dan ringan. Memberikan pengalaman bermain game dimana saja dan kapan saja. ROG Zephyrus, ROG Strix Series dan TUF Gaming adalah laptop gaming terbaru dari ASUS yang diluncurkan pada awal 2024.


Laptop Gaming Teknologi AI


Kemarin saya berkesempatan menghadiri media roadshow ASUS ROG di Hotel Sheraton Surabaya. Pada acara tersebut, ASUS memperkenalkan laptop gaming terbarunya. 


Laptop Gaming ASUS Terbaru, Tipis dan Berteknologi AI



Acara dibuka oleh cerita Bapak Muhammad Firman selaku Head of Public Relation of ASUS Indonesia, tentang perjalanan laptop gaming ASUS. Perjalanan laptop gaming ASUS dimulai tahun 2006. Saat itu ROG (Republic of Gamers) pertama kali diluncurkan. 


Sejak didirikannya Republic of Gamers pada tahun 2006, brand baru khusus gaming dari ASUS ini berkembang sangat pesat.


Pada bulan Juli 2006, motherboard gaming pertama bernama Crosshair diluncurkan. Pada bulan Desember 2007, produk notebook terbaru dari jajaran ROG diluncurkan, ASUS ROG G1/G2 Series.


Pada bulan October 2009, produk notebook 3D pertama di dunia diluncurkan, ASUS ROG G51J 3D. Pada bulan Juni 2010, produk grafik card tercepat di dunia diluncurkan, the dual 5870 Ares.


Pada bulan Maret 2017, produk notebook dengan menggunakan dua kartu grafis GTX1080 diluncurkan, ASUS ROG GX800.


Selanjutnya, ASUS ROG terus berinovasi, menyesuaikan perubahan zaman. Seperti tahun ini, di tengah perkembangan teknologi AI (Artificial Intelligence), ASUS meluncurkan enam laptop gaming baru yang tipis dan berteknologi AI. 


Penggunaan teknologi AI dalam laptop gaming tentu saja akan menambah performa hingga dua kali lipat! 


Pada laptop gaming terbaru ini teknologi AI yang digunakan ASUS bukan lagi sekedar teknologi berbasis cloud, jajaran laptop ROG 2024 dilengkapi dengan CPU dan GPU terbaru dari Intel ® , AMD, dan NVIDIA ® dengan akselerasi AI bawaan, memungkinkan penggunaan teknologi ini secara lokal di mesin dengan lancar. Mulai dari bantuan Windows Copilot di aplikasi Office, koreksi pandangan otomatis dalam panggilan video, dan teknologi rendering seperti DLSS Super Resolusi dan Frame Generation, AI akan tetap ada.


Tiga series laptop gaming yang rilis  tahun 2024 ini ditenagai oleh hardware generasi baru, mulai dari CPU Intel® Core™ Ultra Series dan AMD Ryzen™ 8000 Series, serta GPU NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series sehingga dijamin anti ngelag atau stuttering saat bermain game. 


Tak hanya itu, laptop gaming terbaru dari ASUS ini menggunakan CPU generasi terbaru. CPU yang dirancang khusus untuk mendukung pemrosesan Artificial Intelligence (AI) dengan hadirnya Neural Processing Unit (NPU) sebagai bagian dari CPU package.


Apa Saja Laptop Gaming Terbaru dari ASUS? 


Ibu Nadia, selaku Public Relation of ASUS Indonesia, memperkenalkan tiga series laptop gaming terbaru dari ASUS, yaitu;


Laptop Gaming ASUS Terbaru, Tipis dan Berteknologi AI



ROG Zephyrus


Laptop gaming terbaru dari ASUS adalah ROG Zephyrus. ROG Zephyrus ini ada dua tipe, yaitu ROG Zephyrus G14 (GU403) dan ROG Zephyrus G16 (GU603). 

Laptop Gaming ASUS Terbaru, Tipis dan Berteknologi AI


ROG Zephyrus G14 adalah AI gaming laptop layar 14 inch dengan ketebalan hanya 1,59 cm dan bobot hanya 1,5 kg. 


ROG Zephyrus G14 ini tipis dan ringan. Memudahkan untuk dibawa kemana saja. 


Meski tipis dan ringan, performanya jangan diragukan. ROG Zephyrus G14 (GU403) ini memiliki prosesor AMD Ryzen™ 9 8945HS, sementara chip grafisnya mengusung NVIDIA® GeForce RTX™ 4050 Laptop GPU. Spesifikasinya ini membuat ROG Zephyrus G14 ini tetap gahar untuk bermain game. 


Laptop ini juga memiliki audio yang megah. Di dalam laptop ROG Zephyrus sudah ditanamkan 4-speaker (dual force woofer) system, 2 Tweeters, serta AI noise-canceling technology, ini memungkinkan menghilangkan noise yang tidak penting. ASUS ROG Zephyrus ini juga dibekali Dolby Atmos, Hi-Res certification, dan Smart Amp Technology.


Main game bisa tetap stylish dengan laptop ini. Pada body ASUS ROG Zephyrus ini terdapat indikator eksklusif bernama Slash Lighting, yang dapat di setting tampilannya menggunakan aplikasi Armoury Crate. Pancaran Slash Lighting ini membuat pengguna tampak menonjol saat bermain game. 


Sementara itu, ROG Zephyrus G16 (GU603) merupakan pionir AI gaming laptop layar 16 inch tertipis dan teringan. Laptop ini memiliki bobot hanya 1,85 kg dengan ketebalan 1,49 cm. 


Laptop Gaming ASUS Terbaru, Tipis dan Berteknologi AI



ROG Zephyrus G16 (GU603) juga gahar, lho. Laptop ini menggunakan Intel® Core™ Ultra Processor dan dengan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4080 pada konfigurasi tertingginya.


Dua laptop ROG Zephyrus ini merupakan laptop gaming OLED pertama di dunia dengan VRR (variable refresh rate). Semua ini karena NVIDIA G-SYNC®, memberikan pengalaman bermain game mulus tanpa gangguan layar tersendat. 


TUF Gaming


Laptop Gaming ASUS Terbaru, Tipis dan Berteknologi AI



TUF Gaming adalah laptop gaming AI yang juga bisa digunakan untuk aktivitas mainstream. Tak hanya untuk gaming, laptop ini juga bisa digunakan untuk menonton dan membuat konten. 


Baca Juga : ASUS Zenfone 10, Smartphone Compact dan Powerful Andalan Konten Kreator


TUF Gaming Series terdiri dari dua tipe yaitu TUF Gaming A15 (FA507U) dan TUF Gaming F16 (FX607). Perbedaan keduanya terletak pada prosesor yang dibenamkan, TUF Gaming A15 (FA507U) menggunakan AMD Ryzen™ 9 8945H, sementara TUF Gaming F16 (FX607) menggunakan 13th Gen Intel® Core™ i7-13650HX.


Pengguna TUF Gaming kebanyakan para mahasiswa atau profesional yang biasa bekerja secara hybrid. TUF Gaming bahkan menjadi laptop gaming teknologi AI dengan harga paling terjangkau. 


TUF Gaming ini juga dilengkapi dengan sertifikasi los uji ketahanan US Military Grade MIL-STD-810H. 


Dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, standar MIL-STD-810H adalah standar pengujian militer Amerika Serikat yang menilai ketahanan peralatan militer terhadap kondisi lingkungan yang mungkin dihadapi selama umurnya. Standar ini bertujuan untuk mensimulasikan kondisi lingkungan di dalam ruang uji. 


Dengan uji ini, laptop ini akan tahan lama dan dapat diandalkan dalam segala situasi. Selain itu laptop ini juga ramah lingkungan. Laptop ini memiliki umur yang lebih panjang, serta memberikan manfaat bagi lingkungan dan membuat produk lebih berkelanjutan.



ROG Strix Series


ROG Strix Series adalah laptop gaming terbaru dari ASUS yang paling sultan! Laptop ROG Strix Series dengan dua tipe yaitu ROG Strix dan ROG Strix SCAR. 


Laptop Gaming ASUS Terbaru, Tipis dan Berteknologi AI



Laptop sultan ini menyasar segmen yang berbeda yaitu hardcore gamers atau atlet esport.


Prosesor yang digunakan oleh ROG Strix Series adalah 13th Gen Intel® Core™ i9-13980HX Processor 2.2 GHz. Ini membuat laptop ROG Strix memiliki performa super kencang berkat 24 cores di dalamnya.


Selain prosesor yang mumpuni gahar, ROG Strix ini juga memiliki chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4070 Laptop GPU. 


Berhubung penggunaannya extraordinary, laptop ini juga didukung sistem pendinginan yang extraordinary pula. ROG Strix memiliki heatsink lebar penuh di sekeliling motherboardnya.


Hal ini untuk memaksimalkan jalur keluar udara panas. Ditambah adanya tujuh heatpipe dan Conductonaut Extreme Liquid Metal yang mengusir panas dari laptop gaming spek sultan ini. 


Laptop Gaming ASUS Terbaru, Tipis dan Berteknologi AI



Baca Juga : ASUS ROG Phone 8, Ponsel Gaming Premium


ROG Strix Series terdiri dari ROG Strix G16 (G614), ROG Strix SCAR 16 (G634) dan ROG Strix SCAR 18 (G834). 


Keduanya memiliki spesifikasi yang sama, hanya ukuran layar saja yang berbeda. 


Harga Laptop Gaming Terbaru dari ASUS


Setelah tahu jenis dan spesifikasinya, tentu teman-teman penasaran dengan harga laptop gaming terbaru dari ASUS ini, kan?


Laptop Gaming ASUS Terbaru, Tipis dan Berteknologi AI



Berikut daftar harga laptop gaming terbaru dari ASUS : 


  • ROG Zephyrus G14 (GA403) – Rp.29.999.000,-

  • ROG Zephyrus G16 (GU603) – Rp.32.999.000,-

  • TUF Gaming A15 (FA507) – Rp.23.999.000,-

  • TUF Gaming F16 (FX607) – Rp 21.999.000,-

  • ROG Strix G16 (G614) – Rp.32.999.000,-

  • ROG Strix SCAR 16/18 (G634/G834) – Rp.69.999.000,-


Penutup


Bermain game menjadi lebih asyik dan seru menggunakan laptop tipis dengan teknologi AI ini. Laptop gaming terbaru dari ASUS ini menjadi bukti keseriusan ASUS untuk terus berinovasi memberikan yang terbaik bagi penggunanya. 


Laptop gaming terbaru ini semakin menguatkan posisi ASUS ROG sebagai brand terkemuka dalam memberikan pengalaman komputasi utama untuk gamer dan penggemar di seluruh dunia.


Jadi, laptop gaming terbaru dari ASUS mana yang menjadi incaran mu? 


17 komentar

  1. mantabb nian ini ASUS 💯💪🤩 ga pernah gagal memenuhi ekspektasi.
    aku juga mauuuu bungkus satuuu😆

    BalasHapus
  2. Buat gamers yang kebetulan ada budget cocok banget nih coba ASUS ROG Zephyrus G16 (GU603) ini. Fiturnya lengkap dan ada AI juga.

    BalasHapus
  3. Keren banget ASUS, gamers pasti langsung kesemsem pengen punya laptopnya nih

    BalasHapus
  4. Ngeri yah liat daftar harganya. Ini laptop buat gamers yg nyari duit dari main game kali yah. Berapa penghasilan orang2 yg belinya yah, cuma buat main game aja harga laptopnya udah setara motor gede.

    BalasHapus
  5. Melihat yang tipis gini paling suka karena pasti ringan dibawa saat traveling. Jadi makin tergoda punya laptop gaming nih apalagi teknologinya pun sudah oke punya. Bayangin harus lancar usaha biar cuan pun berdatangan bisa beli laptop ASUS.

    BalasHapus
  6. Harga laptop gamingnya luar biasa dan cocok memang dengan spesifikasinya. Bisa diandalkan nih buat para gamers

    BalasHapus
  7. Weuih keren banget ya. Siapa sih yang enggak pengen punya gadget keren begini, auto masuk wishlist doong

    BalasHapus
  8. Masyaallah laptop idaman banget y ka. Super tipos de lebih tepatnya. Kebayang sih lancarnya gunsin laptop tanpa nge lag hehe

    BalasHapus
  9. Cakep banget nih laptopnya, powerfull buat dipakai gaming dengan design yang tipis dan nyaman dibawa ke mana-mana. Rekomended banget buat para gamers nih.

    BalasHapus
  10. Masku pas kemarin lanjut sekolah, belinya laptop gaming. Katanya biar kalau dipake kerja bisa satset. Hihihi.. aku jadi bisa ikut ngerasain pengalaman make laptop gaming. Dan memang luar biasa sii.. Semua desain serta fiturnya sangat nyaman. Apalagi laptop gaming tuh grafisnya wow!
    Jadi buat nonton drakor mantep banget.

    BalasHapus
  11. Laptop Faming dengan spek sempurna emang dambaab setiap gamers yaa biar ngegamenya tambah asyik dan bkin nyaman

    BalasHapus
  12. wah itu harga laptop yang ROG Strix SCAR 16/18 (G634/G834) benar-benar premium ya, mbak. bisa buat beli mobil second. he. tapi kalau buat gamers profesional pasti harga segitu sebanding banget ya dengan kelebihan yang ditawarkan

    BalasHapus
  13. Harga-harganya seharga beli motor baru dan mobil second ya. Tapi kalau bicara passion, harga segitu pasti akan worth it bagi seseorang yang memang seorang gamer professional atau maniak gaming. Sebanding dengan spesifikasinya yang gahar!

    BalasHapus
  14. Laptop dengan spesfifikasi tinggi, apalagi dikeluarkan oleh ASUS pasti punya harga yang sesuai dengan spesifikasinya. Bagaimana tidak, laptop ini saja sudah dilengkapi teknologi terkini. Jadi pengen ini laptop, moga rezeki puasa bisa beli.

    BalasHapus
  15. laptop spek canggih itu memudahkan pekerjaan kita ya, bisa cepat ga pake loading, mata juga ga cepet capek liat layarnya. duh mau ih laptop baru ^^

    BalasHapus
  16. Laptop ini mah cocoknya buat gamers yang ngonten. Udah pasti oke banget kayaknya. Tapi ROG ini inovasi terus ya rasanya.

    BalasHapus
  17. Laptop gaming yang menurutku worth it banget. Apalagi ramping gini desainnya, mudah dibawa kemana-mana

    BalasHapus