Ampel, Tempat Buka Puasa Favorit di Surabaya






Salah satu tradisi saat Ramadan yang selalu ada adalah buka puasa bersama. Biasanya jadwal bukber (buka bersama) akan mulai padat di minggu kedua bulan Ramadan. Kalau sudah ada agenda bukber, berarti saat hunting tempat bukber pun dimulai. Salah satu tempat favorit buka puasa di Surabaya adalah kampung Ampel.


Kampung Ampel


Kampung Ampel dikenal sebagai kampung Arab. Secara historis kampung Ampel dulunya menjadi jujugan orang-orang Arab yang berasal dari Hadramut. Lalu mereka menetap dan beranak pinak disini. Maka menjadi wajar jika di Ampel mayoritas penduduknya adalah keturunan Arab. Saya salah satunya 😊.


Lahir dan besar di Ampel membuat saya susah move on dengan tempat ini. Walau sekarang saya menetap di Surabaya Barat, yang jaraknya lumayan jauh untuk ke Ampel tak membuat saya pantang kesana. Kerinduan akan kuliner khas Ampel membuat saya rela menempuh jarak belasan kilometer. 


Bagi saya, Ampel bukan sekadar kampung Arab semata. Ampel menjadi kawasan multikultural. Tak hanya orang Arab yang ada disini, tetapi banyak etnis lainnya. Mulai dari Cina, India, Jawa, Madura dan Banjar. Semuanya hidup rukun berdampingan. Tak pernah ada konflik diantara mereka. 


Kuliner Khas Ampel



Kondisi multi etnis membuat Ampel kaya akan kuliner. Berbagai kuliner khas Ampel menunjukkan begitu beragamnya kawasan tersebut. Di Ampel beragam jenis kuliner bisa dinikmati. Mulai dari kuliner khas Timur Tengah, India atau yang lokalan. 


Setidaknya ada 10 kuliner khas Ampel yang sangat cocok untuk dinikmati saat buka puasa.


1. Nasi Kebuli




Nasi Kebuli menjadi salah satu ikon kuliner khas Ampel. Hidangan khas Timur Tengah ini dimasak dengan berbagai macam rempah yang dipaduka dengan kaldu daging kambing dan minyak samin. Biasanya nasi Kebuli disajikan dengan kambing goreng atau kambing oven. 


2. Sate dan Gulai Kambing






Makanan khas Timur Tengah lainnya yang patut dicicipi saat buka puasa adalah Sate dan Gulai Kambing. Paling enak makan sate dan gulai kambing di warung Sedayu, yang terletak di pojokan jalan Sasak Ampel. 





3. Roti Prata






Tak hanya kuliner khas Arab, di Ampel juga bisa menikmati berbagai panganan khas India. Salah satunya adalah Roti Prata. Sekilas Roti Prata ini mirip dengan roti maryam. Hidangan khas India ini biasanya dinikmati dengan gulai adas khas India. Gulai adas ini sama seperti gulai kambing hanya diberi tambahan sayuran wortel dan buncis didalamnya. Roti Prata juga bisa dinikmati dengan susu. 


4. Gulai Kacang Hijau





Berbeda dengan gulai pada umumnya, gulai kacang hijau adalah perpaduan antara gulai daging kambing dengan kacang hijau. Gulai kacang hijau biasanya disajikan dengan roti maryam. Banyak penjual gulai kacang hijau di Ampel. Tapi yang jadi favorit saya adalah yang terletak di depan Kampung Lonceng Sasak. 


5. Karak Sate






Mau mencoba kuliner khas Ampel lainnya yang unik? Cobalah makan karak sate. Satenya adalah sate daging sapi yang dipadukan dengan kelapa, atau disebut sate kelapa. Lalu nasinya terbuat dari ketan hitam. Sebagai pelengkapnya ada parutan kelapa yang disangrai. Semua perpaduan itu membuat karak sate menjadi sangat gurih dan lezat.


6. Nasi Krawu





Nasi Krawu adalah kuliner khas Gresik. Tapi kamu juga bisa menikmatinya di kawasan Ampel. Tempat favorit saya untuk menikmati nasi krawu adalah di Depot Tujuh yang terletak di JL. KH. Mas Mansyur. Depot Tujuh ini adalah depot makanan yang tak hanya menyajikan nasi krawu saja, tapi juga berbagai menu timur tengah dan nasi madura.


7. Soto Banjar





Di Ampel juga ada kuliner khas masyarakat Banjar. Salah satunya adalah Soto Banjar. Soto adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah- rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. 


Soto Banjar ini berbeda dengan soto lainnya, kuah soto banjar dicampurkan dengan sedikit susu sehingga warna kuahnya mejadi tidak bening, tetapi sedikit keruh. 


Soto ini berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedell, kentang rebus, rebusan telur, potongan wortel dan ketupat. 


Kalau mau mencicipi Soto Banjar di daerah Ampel, saya akan datang ke Soto Banjar Bang Azhar. Soto Banjar Bank Azhar ini terletak di Jalan Pegirian Surabaya. Masih masuk dalam kawasan Ampel. 


8. Nasi Madura





Nasi Madura juga menjadi salah salah satu kuliner khas Ampel yang bisa dijadikan menu berbuka. Nasi Madura ini banyak macamnya. Ada nasi tongkol, nasi babat atau nasi cumi. Ciri khas dari Nasi Madura adalah serundeng dan sambel korek. Nasi Madura yang jadi favorit saya adalah nasi cumi. Cumi hitam yang dipadu dengan serundeng dan sambel korek sangat cocok untuk dinikmati saat berbuka.


9. Kue Srikaya





Kalau tadi kebanyakan yang di bahas adalah makanan berat, sekarang saya mau bahas camilan. Di Ampel Surabaya, kau tak hanya bisa menemukan berbagai makanan berat tapi juga aneka camilan yang cocok untuk takjil.


Salah satunya adalah Kue Srikaya. Mungkin kamu mengira kalau Kue Srikaya itu berbahan dasar buah Srikaya. Tapi kenyataannya, Kue Srikaya sama sekali tidak mengandung buah Srikaya. Kue ini hanya terbuat dari telur, santan dan gula merah. Semua bahan di campur kemudian dikukus. Kue ini lebih enak disajikan dalam kondisi dingin.


Kue ini sejenis puding. Beberapa depot atau warung yang ada di Ampel banyak menyediakan kue ini. Rasanya yang manis cocok dijadikan menu takjil saat berbuka puasa.


10. Martabak Mie





Di Ampel camilan yang tak boleh kamu lewatkan adalah martabak mie. Jajanan ini biasanya dijual oleh orang-orang Madura yang ada di Ampel. Martabak dengan isi bihun ini dinikmati dengan dicocol petis. 



Nah bagaimana? Semua kuliner khas Ampel tadi sangat mengguah selera kan ya. Ampel menjadi salah satu surga kuliner di Surabaya. Beragam kuliner dari berbagai etnis ada disana. Buka puasa di Ampel tak hanya tentang kuliner saja, tetapi kamu juga bisa napak tilas sejarah dan wisata religi disana.




Mau belanja juga bisa, kamu tinggal ke Gubah. Disana kamu bisa membeli berbagai pernak-pernik khas timur tengah. Paket komplit kan? 😊😊😊.








2 komentar

  1. Makanannya bikin ngiler. Di awali sama kue srikaya, trus martabak mi. Habis itu makan nasi madura. Wah kenyang banget.

    BalasHapus
  2. Dulu pernah nyoba bikin kue srikaya tapi gagal. Hihi...padahal suka banget sama kue ini. Manis, lembut. Emang cocok banget buat buka puasa ya.

    BalasHapus