Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tips Anti Panik Hadapi Pandemi Bersama Pusat Informasi Corona dari Kumparan

Pusat Informasi Corona




Tips Anti Panik Hadapi Pandemi Bersama Pusat Informasi Corona dari Kumparan - Mendengar masuknya virus corona covid 19 di Indonesia pertama kali, membuat saya panik. Bayang-bayang ganasnya virus tersebut ada di kepala saya. Situasi panik tersebut akhirnya membuat saya sempat drop.


Saat mendengar berita tentang kasus pertama pasien positif corona covid 19 di Indonesia, mendadak saya merasa cemas. Saat itu saya sedang berada di kantor, jam istirahat saya gunakan untuk berselancar di dunia maya. Hingga akhirnya saya menemukan kasus positif pertama di Indonesia. Tanpa pikir panjang saya segera berlari menuju apotek yang ada di dekat kantor. Tujuannya, saya harus membeli masker dan handsanitizer.


Betapa terkejutnya saya, dua barang tersebut tidak ada alias sudah habis terjual. Saya tak putus asa. Saya langkahkan kaki menuju minimarket yang ada disekitar kantor. Dua minimarket saya datangi. Dan hasilnya pun sama, tidak ada masker dan handsanitizer!


Terkena Psikosomatik

Perburuan masker dan handsanitizer yang mengalami kegagalan itu membuat saya lemas. Bagaimana mungkin masker dan handsanitizer sudah langka, padahal baru ada dua kasus positif di Indonesia. Itu pun adanya di Depok. Bagaimana mungkin di Surabaya masker dan handsanitizer menjadi langka.
Saya duduk lemas di kursi kantor. Tiba-tiba kepala saya pusing, mata berair. Badan pun terasa menggigil. Ini aneh, padahal sebelumnya saya sehat-sehat saja. Belum lagi tenggorkan yang mendadak sakit, rasanya tak enak untuk menelan makanan. Padahal sebelumnya seporsi nasi goreng saya habisakan saat sarapan.


Kenapa mendadak saya mengalami gejala seperti layaknya terkena virus corona ya? Selintas pikiran buruk tadi membuat saya makin drop saja.


Beruntung seorang teman berlatarbelakang psikologi memberi tahu saya. Bahwa yang saya alami itu adalah psikosomatik. Dari asal katanya, psikosomatik terdiri dari dua kata, pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Gangguan psikosomatik diartikan sebagai penyakit yang melibatkan pikiran dan tubuh, di mana pikiran memengaruhi tubuh hingga penyakit muncul atau menjadi bertambah parah. Istilah gangguan psikosomatik digunakan untuk menyatakan keluhan fisik yang diduga disebabkan atau diperparah oleh faktor psikis atau mental, seperti stres dan rasa cemas.


Sedangkan dalam istilah psikologi, psikosomatik atau penyakit "fungsional" merupakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit dan masalah pada fungsi tubuh, walaupun tidak ditemukan kelainan pada pemeriksaan fisik, maupun pemeriksaan penunjang seperti Rontgen atau tes darah.


Membaca berita tentang corona membuat saya cemas dan stres. Inilah yang pada akhirnya membuat tubuh saya langsung drop. Padahal sebelumnya saya sehat-sehat saja.


Menjaga Keluarga dari Pandemi

Saya tak mau terus-terusan stres. Saya harus bangkit. Harus bisa melawan virus corona ini. Tekad saya sudah bulat. Saya akan menjaga keluarga saya dari pandemi ini.


Keluarga adalah garda terdepan dalam memutus rantai penyebaran virus ini. Menjaga keluarga menjadi langkah awal yang harus dilakukan dalam berperang melawan pandemi ini.


Di rumah saya ada 6 orang. Ada saya, suami, dua anak, mama dan adik. Dari sini sudah bisa dilihat, di dalam rumah saya ada dua kelompok rentan yang harus dilindungi. Ada mama yang sudah lansia dan dua anak-anak.


Ini membuat saya sangat protektif. Di awal-awal bahkan saya pernah bertengkar dengan suami. Saat itu dia masih berangkat shalat jum at di masjid. Memang sih aturan shalat di rumah belum keluar, tapi kan sejak awal harus melakukan social distancing.


Begitu juga dengan si adik. Saya langsung ngomel kalau melihat dia tidak segera ke kamar mandi setelah pulang kerja. Saya pun bahkan melarang mama kontrol ke rumah sakit untuk sementara waktu. Beruntung penyakit sinusitisnya tetap bisa dipantau oleh dokter meski dari rumah. Mama hanya perlu membeli obat lagi jika memang obatnya habis. Tak perlu datang ke rumah sakit.


Saya selalu cemas saat suami dan adik tetap harus masuk kantor. Saya cemas bagaimana kalau mereka terpapar virus di tempat kerjanya. Saat mereka pulang, saya pun panik. Langsung buru-buru meminta mereka cuci tangan dan kaki di kran yang ada di teras rumah. Lalu meminta mereka segera mandi.


Beruntung saya membaca informasi tentang Cara Masuk Rumah bila Terpaksa Bepergian di Tengah Wabah Corona dari Kumparan. Dari informasi tersebut saya membuat infografis yang saya bagikan kepada semua penghuni rumah. Infografis tersebut sebagai protokol untuk masuk rumah setelah bepergian. Agar setiap hari saya tak perlu mengomel saat mereka baru tiba di rumah. Selain itu juga agar mereka selalu ingat dan melakukan protokol tersebut.


Pusat Informasi Corona


Mencari Informasi yang Akurat

Sejak pandemi corona berlangsung, banyak grup WhatssApp yang mendadak berubah menjadi portal berita. Setiap hari selalu ada saja berita seputar corona yang dibagikan. Tak cuma sekali saja, ada mungkin sepuluh kali berita seputar corona yang dibagikan setiap harinya.


Tentunya saya tak langsung menelan semua informasi tersebut dengan mentah-mentah. Saya harus memastikan bahwa informasi tersebut bukan hoax. Ini penting, sebab jika kita percaya pada berita hoax seputar corona dampaknya bisa fatal. Misalnya saat beredar pesan berantai di grup WhatssApp tentang penggunaan obat antibiotik amoxicillin untuk mencegah virus corona. Saya tak langsung percaya, segera mencari informasi tersebut lebih lanjut.


Ternyata informasi tersebut tidak benar alias hanya hoax semata. Berdasarkan berita yang saya baca di Kumparan, Menurut Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran, Keri Lestari, tidak ada keterangan yang jelas soal fungsi tandon air yang dicampur amoxicillin dalam pesan tersebut. Menurutnya, jika memang untuk membunuh virus, harus jelas mekanismenya.


Amoxcillin ini bukan untuk virus. Nah, sementara amoxicillin itu [obat] antibiotik yang sudah resisten (kebal) terhadap bakteri juga. Selain itu penggunaan amixcillin harus berdasarkan resep dokter. Amoxcillin tidak boleh diminum secara bebas.


Apa jadinya kalau saya langsung mengikuti berita hoax tersebut? Tentu akan memberi dampak yang buruk bagi kesehatan saya dan keluarga. Air sebagai sumber minum bisa tercemar.
Tentunya dalam berperang melawan pandemi corona ini kita perlu ilmu. Kita harus dibekali informasi yang akurat seputar corona. Informasi akurat itu akan mudah membuat kita hidup berhadapan dengan virus ini. Jangan sampai kita mendapat informasi hoax yang menyesatkan. Informasi hoax bahkan lebih mengancam nyawa kita dibandingkan virus corona itu sendiri.


Anti Panik Bersama Pusat Informasi Corona

Pusat Informasi Corona



Agar tak panik hadapi pandemi corona ini, tentu yang kita butuhkan selain tetap melakukan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) adalah informasi yang akurat seputar corona. Dengan informasi tersebut, kita bisa menentukan langkah menghadapi pandemi ini.
Beruntung sekarang sudah ada kanal berita terpercaya yang bisa menjadi rujukan bagi kita semua, yaitu Pusat Informasi Corona dari Kumparan.com.


Di Pusat Informasi Corona ini kita tidak hanya tahu tentang data seputar virus corona saja, tetapi juga ada layanan Hotline, Daftar Rumah Sakit Rujukan, Pengumuman Perintah bahkan kita juga bisa melakukan Donasi disini.


Memahami Virus Corona


Pusat Informasi Corona




Ada 7 konten pilihan yang bisa menjadi panduan dasar untuk masyarakat Indonesia dalam menghadapi COVID-19, yakni: (1) Apa itu COVID-19? Corona atau COVID-19, sih? (2) Apa Gejala COVID-19? (3) Bagaimana Virus Corona Menular? Bisakah Lewat Udara? (4) Bisakah Penderita COVID-19 Sembuh Sendiri? (5) Apakah Sudah Ada Vaksin atau Obat untuk COVID-19? (6) Apakah Saya Harus Menggunakan Masker? (7) Mengapa Ada Anak Muda Mati karena Corona?


Pencegahan Diri dan Keluarga


Pusat Informasi Corona


Ada 15 konten pilihan yang bisa membantu menjaga diri dan keluarga dari virus corona, mulai dari membedakan gejala corona atau kecemasan belaka, tips mempekerjakan ART dan Tukang Taman selama wabah corona, tips merawat mobil agar bebas dari virus corona, tips agar penderita diabetes terhindar dari corona, perokok yang rentan terkena corona, tips melindungi ibu hamil dari corona, tips menangani anggota keluarga yang menunjukkan gejala corona, tips naik transportasi umum saat wabah corona hingga panduan ke rumah sakit di masa pandemi corona.


Prosedur Tes & Pengobatan Corona


Pusat Informasi Corona


Ada 5 konten pilihan yang bisa membantu masyarakat Indonesia bila berhadapan dengan virus corona, (1) Kapan Perlu Tes Corona dan Harus Kemana?, (2) Apakah Klorokuin Obat Corona?, (3) Bagaimana Tahapan Tes Corona?, (4) Cara Karantina Mandiri : Protokol Corona dan (5) Cara Merawat Penderita Corona di Rumah.


Happy at Home


Pusat Informasi Corona


Terdapat 10 konten pilihan dari Kumparan yang bisa menjadi solusi praktis agar tidak bosan selama di rumah saja. Mulai dari empat game smartphone yang oke buat anak, resep santapan lezat, film keluarga pilihan, ide dekor rumah, drakor pilihan hingga tips agar tetap waras di masa pandemi corona.


Rumah Sakit Rujukan

Pusat Informasi Corona



Kumparan ingin mempermudah langkah masyarakat apabila ada kerabat yang terkena virus corona. Disini terdapat daftar rumah sakit rujukan yang tersebar di 34 provinsi. Daftar ini juga dilengkapi alamat lengkap dan nomor rumah sakit. Daftar ini akan mempermudah langkah kita dalam menghadapi virus corona.


Hot Line

Pusat Informasi Corona



Pada laman ini terdapat daftar hotline beserta situs informasi corona di 34 provinsi di Indonesia. Disini juga tersedia nomor kontak pengiriman bantjan dan pendaftaran relawan. Harapannya semua ini akan mempermudah labgkah kita dalam menghadapi wabah corona.


Kumpulan Doa

Pusat Informasi Corona



Kumparan mengajak semua masyarakat untuk tetap tenanf dan berpikir jernih. Tak perlu takut berlebihan karena ada Tuhan menyertai. Di lama ini terdapat 6 doa mengusir marabahaya, mohon perlindungan dan terhindar dari penyakit untuk 6 agama resmi yang ada di Indonesia.


Pengumuman Pemerintah

Pusat Informasi Corona



Kumparan memberikan informasi lengkap seputar berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk menghadapi wabah corona. Terdapat 14 konten pilihan, mulai dark larangan mudik, kartu pekerja, aturan transportasi pribadi hingga tata cara melakukan khitan, pernikahan dan pemakaman selama masa PSBB.


Donasi Lawan Corona

Pusat Informasi Corona



KumparanDerma bersama #IndonesiaLawanCovid19 membuka donasi untuk membantu sesama menghadapi corona. Mari ikut berkontribusi!



Kesimpulannya, Pusat Informasi Corona dari Kumparan ini memiliki 4 sajian utama. Pertama, informasi yang akurat seputar corona, seperti apa itu corona, bagaimana cara penuluran corona hingga bagaimana mengobati virus corona. Kedua, berita tentang corona. Kumparan memberikan berita tentang corona yang lebih banyak dan selalu update. 

Pusat Informasi Corona



Ketiga, membantu mengetahui angka sebaran corona di setiap provinsi yang ada di Indonesia. Dimana setiap harinya akan selalu di update. Data disajikan dalam bentuk kurva dan tabel yang mudah dipahami. Keempat, kumparan memberikan bantuan praktis dalam menghadapi wabah corona ini. Hotline dan Daftar Rumah Sakit Rujukan sangat membantu dalam menghadapi virus corona. Selain itu adanya donasi juga membuat masyarakat terlibat aktif dalam penangan wabah corona ini.


Pusat Informasi Corona



Semua informasi ini bisa mudah kamu akses dengan cara klik tautan Pusat Informasi Corona. Atau biar lebih mudah mendapatkan informasi, kamu bisa download aplikasi Kumparan di smarphonemu. Jangan khawatir, aplikasinya ringan dan cepat. Notifikasinya bisa pilih sesukamu.


Langkah Kumparan ini patut mendapatkan apresiasi. Pusat Informasi Corona dari Kumparan ini menjadi wujud konkret dalam berpartisipasi menghadapi virus corona. Melalui Pusat Informasi Corona, Kumparan membantu masyarakat Indonesia agar tidak panik dalam hadapi pandemi.
Saya sangat terbantu dengan Pusat Informasi Corona ini. Sekarang saya tak lagi panik. Saya bisa #TenangUntukMenang menghadapi virus corona ini sambil berharap bisa mendapat #BerkahNulisdiRumah.


Bagaimana denganmu? Sudahkan kamu mencari tahu seputar corona di Pusat Informasi Corona dari Kumparan ini? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya :)



Pusat Informasi Corona



Tulisan ini diikutsertakan dalam 
Marathon Blog Ramadan oleh 
Kumparan #BerkahNulisdiRumah
#TenangUntukMenang

45 komentar

  1. Setuju nih Mbak Dee dengan kita mengetahui update berita yang sebenarnya jadi lebih tenang dan terhindar dari hoaks2 yg malah menimbulkan psikosomatis. Salam sehat yaa Mbak Dee

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar banget ibu dosen..
      Sehat sehat juga ya bu dosen

      Hapus
  2. Berarti dirimu benar2 panik ya waktu itu. Untung sekarang dah kenal kumparan, nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sampai kena psikosomatik..
      yes, untung ada kumparan

      Hapus
  3. Jujur, diawal berita dan cerita covid masuk di Indonesia..saya termasuk yg terkena gangguan psikomatik. Tapi dgn berjalannya waktu, menjadi lebih tenang. Krn memutuskan gak nton berita negatif

    BalasHapus
  4. penting banget tu memang info valid tentang covid 19. jadi kadang harus jeli kalo nerima info yang dishare di w.app, yang ada malah kejebak hoaxs. untungnya ada kumparan ya, sangat membantu menyajikan info-info & tips menghadapi covid 19

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak, pusat informasi corona dari kumparan ini sangat membantu

      Hapus
  5. Solutif banget Pusat Informasi Coronanya Kumparan ya
    Semua ada, jadi sebagai orang swam kita punya pegangan kan ngga mungkin juga bolak balik nanya ke dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, kita bisa tahu banyak tentang corona

      Hapus
  6. Di awal-awal pandemi ini booming beritanya siang dan malem, aku sempat kena psikosomatik loh Mba Dian. Tenggorokan sering jadi gatal dan ada perasaan sesak. Kadang sesekali terbatuk. Mungkin saat itu parno banget ya..
    Akhirnya sekarang banyak berpikiran positif dan menghindari terlalu banyak konsumsi berita tentang Covid 19 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya, itu gejala psikosomatik juga mbak..
      wah kita sama dong

      Hapus
  7. Aku kemarin juga sempat kena gejala pikosomatis mbak, dada terasa sesak dan sering pusing. Akhirnya memilih untuk menerima informasi sekedarnya saja agar pikiran bisa tetap positif. Ternyata ada juga ya Pusat Informasi Corona di Kumparan? Ini bia jadi alah satu alternatif untuk mendapatkan informasi yang valid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata banyak juga ya terkena psokosomatik ini

      Hapus
  8. Yah kalo Kumparan emang layak dibaca karena memang media terpercaya. Jangan sampai kita baca berita dari media abal-abal yang sukanya cuma mainin perasaan pembaca. Wkwkwk. Senang mengetahui Kumparan juga punya Pusat Informasi Corona yang bisa diakses masyarakat luas lewat gadgetnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, aksesnya mudah dan bebas hoax

      Hapus
  9. Alhamdulillah saya dari awal tidak termasuk yang panik, tapi memang ada orang yang mudah panik jadi tips anti panik harus selalu ada...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya saya termasuk yang gampang panik

      Hapus
  10. Aku udah pakai kumparan lama, beritanya update. Alhamdulillah aku jadi ga panik deh hadapi pandemi ini. Ikut aturan aja InsyaAlloh semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan aamiin

    BalasHapus
  11. Suka deh baca kumparan, lengkap banget infonya soal berita dan informasi soal Covid-19. Terpercaya juga yaaa pastinya.

    BalasHapus
  12. Suka baca kumparan karena lengkap, kudu bange perhatian sama protokol kesehatan nih pandemic begini :"

    BalasHapus
  13. Berfaedah sekali fitur di Kumparan yang satu ini ya.. Apalagi disajikannya dengan lebih mudah dipahami.. Pembaca banyak yang terbantu..

    BalasHapus
  14. Setuju kak, jangan sampai panik dalam menghadapi pandemi covid 19 ini, memang sedikit ribet saat keluar rumah harus pakai masker jaket dan lain lain serta setelah pulang kita harus cuci tangan bahkan mandi.

    BalasHapus
  15. Wkwkwkwkw... bener banget, grup WA udah kaya portal berita. Sampe saya capek bacanya. Sekedarnya aja sih kalau baca berita, emang dari dulu saya suka baca di Kumparan, video videonya juga bagus, apa ya.. nggak provokatif haih.. :D

    BalasHapus
  16. kumparan lengkap banget ya ngasih info khusus Covid 19. bisa jadi acuan mengingat sekarang banyak informasi bersebaran di mana mana. Dan nggak tau kebenarannya... Nice source

    BalasHapus
  17. Wah, ii bagus sekali. Satu lagi pusat informasi resmi yang bisa dikunjungi jika ingin mengetahui update valid informasi ttg corona. Bebas hoax deh.

    BalasHapus
  18. waktu awal-awal heboh cari masker & hand sanitizer Alhamdulillah aku gak ikutan berburu, mengandalkan masker kain yang ada di rumah aja. Nah tapi aku agak was-was dengar berita2 yang gak tau benar atau gak. Mendingan cari di pusat informasi corona dari kumparan ya yang no hoax

    BalasHapus
  19. Memahami atau mengikuti perkembangan berita corona ini memeang harus berasal dari sumber yang valid. Aku suka sih baca berita di kumparan. Selain memiliki nilai-nilai jurnalistik, beda aja gitu rasanya sama baca berit di portal lain :p

    BalasHapus
  20. Aku juga merujuk ke Kumparan. Kebetulan temen kuliah jadi seseorang di sana dan aku tau gimana dia. Jadi lebih tenang aja bisa dapat info dari sumber terpercaya :)

    BalasHapus
  21. sangat mengerikan banget bila kita khawatir bahwa dampak dari corona terus bertambah hal ini pun membuat saya dapat info bagus banget setelah membaca blog di sini.. terimakasih kak

    BalasHapus
  22. Memperoleh berita memang harus dari situs terpercaya sih, Kumparan salah satunya. Kalau selalu mempercayai setiap broadcasting berita tanpa mencari tahu kebenarannya dulu dari sumber terpercaya, wah, bisa stress banget. Tahu sendiri kan, yang namanya foto atau video tuh gampang banget dibuat lalu disebarkan. Kita pun bisa. Tapi kan nggak mau begitu juga.

    BalasHapus
  23. Benar ya, pikiran yg stress dan cemas berlebihan bisa memicu tubuh sakit karena daya tahan tubuh melemah. Memang seharusnya pikiran hanya diisi oleh informasi dari sumber yang valid di masa pandemi ini.

    BalasHapus
  24. Wabah pandemi COVID-19 ini memang bikin panik luar biasa. Apalagi, banyak sekali beredar berita-berita yang gak benar dan bikin kepanikan semakin menjadi-jadi. Untungnya ada Kumparan, yang selalu siap dengan berita-berita non hoaksnya. Kita memang membutuhkan berita yang benar agar kita tak salah langkah dalam menghadapi virus ini.

    BalasHapus
  25. jadi tidak susah lagi mendapatkan informasi tentang corona ya. Mudah mendapatkannya tinggal klik saja ke kumparan. Informasi tersusun lengkap.

    BalasHapus
  26. Kayaknya aku sering mengalami ini deh
    Gangguan psikosomatik hehehe. Apalagi pas awal-awal corona. Jadi berasa ikutan sakit hiks. Seneng deh ada kumparan yang siap memberikan informasi secara lengkap tentang corona, sampai ada hot linenya juga ya. Keren nih :)

    BalasHapus
  27. Kumparan menjadi salah satu media terpercaya bagi saya untuk mencari informasi mengenai pandemi saat ini. Termasuk informasi kesehatan juga. Biar jadi tetap waspada namun bisa tenang.

    BalasHapus
  28. kumparan emg salah satu media acuan untuk udate berita, karena pengemasan informasinya menarik

    BalasHapus
  29. Banyaknya info tentang corona yang berseliweran di medsos memang kadang bikin panik makanya nesti cari media berita yang memberikan informasi tepat seperti kumparan ya

    BalasHapus
  30. Sekarang bnyk bgt berita yg di share ke sosmed kak.
    Tpi kita selaku netizen harus bisa memilih media online mana yg sumber beritanya dapat dipercaya.. Saya juga suka baca berita di kumparan kok, lebih lengkap dan tampilan layoutnya nya enak dipandang.

    BalasHapus
  31. Berkat kumparan yang sedari awal menyediakan berbagai informasi mengenai corona secara up to date, aku juga tak terlalu khawatir menghadapi pandemi ini. Pokoknya ikuti saja protokol kesehatan yang disarankan dan jalani hidup sehat. Thank you bangetlah buat Kumparan karena informasinya detail dan akurat juga

    BalasHapus
  32. bner nih mb, tapi banyak orang yang kurang mengetahui harus update info darimana, padahal tidak semua berita benar adanya. Menurutku kalo kumparan, infonya memang lengkap dan totalitas, dan tentunyalebih user experience

    BalasHapus
  33. Aku ngga pernah baca berita hoax tentang corona apalagi yang datang lewat group WAG. Selalu baca di appsnya Kumparan.

    BalasHapus
  34. Dari dulu kalau cari info selalu lewat kumparan, berita dan artikelnya bagus dan minim hoax

    BalasHapus