Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Jago Masak Bersama Yummy App

Yummy App




Jago Masak Bersama Yummy App- Hampir tiga bulan stay at home membuat saya lebih rajin di dapur. Masak sendiri menjadi pilihan terbaik saat pandemi seperti ini. Apalagi hari-hari masak saya ditemani oleh Yummy App, masakan saya jadi sukses terus deh.


Jujur memasak bukanlah hobi saya. Selama ini saya masak ya sekadar masak saja. Ya biar kebutuhan gizi keluarga terpenuhi. Juga demi kesehatan dompet tentunya. Kalau sering beli makan di luar, bisa masuk UGD dompetnya. Hehehe.


Dulu cuma bisa masak yang simple-simple saja. Semuanya serba ditumis. Maklum, suami juga lebih suka masakan yang ditumis daripada yang berkuah.


Makin lama saya makin tertantang. Ingin nyobain resep yang beragam. Ya gimana ya, saya sendiri bosan kalau harus makan masakan yang itu-itu saja. Meskipun itu masakan sendiri.


Nah akhir-akhir ini saya sangat bersemangat mengolah hidangan seafood. Tak sekadar membuat ikan goreng saja, tapi mencoba bisa menghidangkan seafood yang beragam. Mulai dari aneka jenis ikan,udang, gurita, cumi, kerang bahkan kepiting!


Hidangan seafood ini kaya manfaat, gizinya banyak. Sangat cocok untuk kebutuhan nutrisi saya. Selain itu seafood harganya mudah terjangkau. Ya, dibandingkan dengan daging terkadang seafood lebih murah. Tapi memiliki kandungan protein yang lebih tinggi.


Tuna menjadi salah satu hidangan favorit di keluarga saya. Anak-anak suka makan ikan tuna. Ikan tuna tak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi juga lembut. Cocok untuk anak-anak.


Ikan tuna memiliki kandungan protein yang lengkap sekaligus rendah lemak. Ikan tuna bisa membantu menyehatkan jantung. Tuna banyak mengandung vitamin dan mineral yang membantu menjaga kesehatan saraf, otot, menjaga detak jantung tetap stabil, membantu menguatkan jaringan tulang, dan juga membantu mengatur pelepasan gula darah.


Biasanya ikan tuna saya masak sarden atau disuwir. Kadang juga digoreng biasa. Nah biar nggak bosen kali ini saya akan memasak ikan tuna dengan resep berbeda.


Resep Tuna Acar Kuning

Setelah mencari beragam resep olahan tuna di Yummy App, pilihan saya jatuh pada resep tuna acar kuning dari Galuh Ayu. Resep ini menarik bagi saya, karena biasanya kalau masak acar kuning, ikan yang saya gunakan adalah ikan mujair atau cukil. Saya baru tahu kalau tuna juga bisa dimasak acar kuning.

Yummy App
Resep Tuna Acar Kuning di Yummy App

Bahan-Bahan

- 1 ekor ikan tuna
- 6 siung bawang putih, 2 diprek
- 4 siung bawang merah
- 3 butir kemiri
- 1 ruas jari kunyit
- 2 lembar daun salam
- 1 lembar daun jeruk
- 1/2 ruas jari lengkuas
- 2 sdm cuka makan (resep asli menggunakan air asam jawa. Tapi berhubung di rumah adanya cuka makanan, ya saya pakai cuka makanan)
- gula merah sesuai selera
- 4 sdm gula pasir
- 2 sdm garam
- 1000 ml air
- 2 buah wortel (bisa ditambah buncis bila memang ada di rumah)




Cara Memasak

1. Kukus ikan tuna, taburi atasnya dengan bawang putih yang sudah digeprek. Ini akan membuat bau amis tuna hilang.
2. Haluskan bumbu kuning (bawang merah, bawang putih, kunyit dan kemiri)
3. Tumis bumbu kuning beserta lengkuas, daun jeruk dan daun salam. Tumis hingga matang.
4 Tumis wortel
5. Tambahkan cuka, gula merah, gula, garam dan air. Masak hingga mendidih
6. Masukkan tuna yang sudah dikukus. Tunggu hingga bumbu meresap. Koreksi rasa. Angkat dan sajikan.


Yummy App
Tuna Acar Kuning Buatan Saya



Mudah bukan memasaknya? Anak-anak dan suami pun menyukainya. Mereka menghabiskan makanannya dengan lahap.


Meskipun ini resep baru buat saya, tetapi saya berhasil memasaknya. Ini berkat bantuan Yummy App.


Kelebihan Yummy App

Yummy App adalah aplikasi resep makanan yang tersedia di Android maupun IOS. Aplikasi ini resmi diluncurkan pada 8 juli 2019.


Aplikasi ini bisa membantu kamu yang ingin memasak tapi bingung mau masak apa. Atau buat kamu yang jago masak, kamu bisa membagikan resep masakanmu disini. Bahkan kamu juga bisa mendapat penghasilan memalalui aplikasi ini. Menarik bukan?


Yummy App ini bukan sekadar aplikasi resep masakan. Yummy App memiliki banyak kelebihan.


1. Kategori Lengkap

Yummy App memiliki kategori yang lengkap. Disini kamu bisa mendapatkan resep masakan yang beragam. Mulai dari hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, camilan, makanan pendamping dan minuman.

Yummy App
Kategori di Yummy App



Tak hanya itu di Yummy App juga ada kategori resep dasar. Misalnya cara membuat aneka bumbu dasar, membuat cuka merah khas hingga fla kopyor. Disini juga ada beragam tips yang membuat kamu semakin mudah memasak.


Yummy App
Kategori di Yummy App


2. Memasak Sesuai Budget

Yummy App
Filter Masakan di Yummy App


Yummy App akan membantu kamu memasak sesuai budget. Kamu bisa memilih masakan sesuai budget keuanganmu melalui filter resep. Kamu bisa menulis budget yang kamu miliki. Filter resep akan membarikan 3 rekomendasi budget. Yaitu < Rp. 10.000, Rp.10.000 - 100.000 dan > Rp. 100.000.


3. Memanfaatkan Bahan yang Dimiliki

Bingung mau masak apa? Yummy App akan membantu kamu membuat masakan dengan bahan yang kamu miliki. Jadi tak perlu khawatir tak bisa masak karena belum sempat berbelanja. Manfaatkan dulu bahan yang dimiliki.

Caranya kamu cukup masuk ke fitur “Masak” di bagian tengah bawah lalu masukkan kata kunci menu makanan yang tersedia di kulkas. Masukkan minimal 2 bahan ya.  Nah setiap resep dan menu andalan akan ditampilkan, kamu tinggal pilih sesuai selera.


Yummy App


Misalnya, saat saya memasukkan bakso ikan dan shirataki sebagai bahan utama, saya akan mendapatkan beragam jenis resep untuk dua bahan tersebut. Mulai dari bakso ikan , soup bakso, sopi mentimun dan lain sebagainya. Fitur ini membuat kita bisa memanfaatkan semua bahan yang kita miliki.


Yummy App


4. Masak Anti Gagal

Bersama Yummy App kamu bisa masak apa saja. Dijamin tidak ada masakanmu yang gagal. Mengapa? Karena panduan memasak di Yummy App ini lengkap. Kamu tak hanya tahu bahan dan cara memasak saja, tapi juga ada video panduan langkah-langkah memasak. Ini akan membuat kamu memasak anti gagal.


5. Berbagi Resep

Buat kamu yang sudah jago masak, kamu biaa berbagi resep andalanmu disini. Kamu bisa memulai menulis resep andalanmu di fitur Upload Resep dan membagikannya kepada pengguna lain yang disebut sebagai Komunitas.


Saat membagikan resep yang kamu miliki, kamu bisa mendapatkan keuntungan lho. Resep yang berhasil dipublikasikan akan mendapatkan Yummy Point.


Poin tersebut bisa ditukarkan dengan uang tunai. Semakin banyak dan rajin membagikan resep, maka semakin besar pula poin yang kamu dapatkan. Kapan lagi mendapatkan uang hanya dengan menulis resep, ya kan?



6. Banyak Event

Aplikasi ini tidak hanya membuat kamu bisa memasak lho. Tapi juga bisa mengikuti banyak event yang memungkinkan kamu mendapat banyak uang tunai lho.


Agar bisa mendapatkan poin lebih banyak lagi, kamu bisa mengikuti event Yummy App yang sedang berlangsung. Informasi event lengkapnya ada di fitur Event & Promosi. Poin tambahan bisa didapatkan dengan menulis resep sebanyak yang diminta atau sesuai tema yang ditentukan.


Ingat, semakin banyak poin yang didapat semakin banyak uang tunai yang diterima! Menarik bukan? Yummy App jadi membantu kita tetap menghasilkan uang meski di rumah saja.


Cara Memasak dengan Yummy App

Cara memasak dengan Yummy App ini cukup mudah lho. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari resep terlebih dahulu. Di Yummy App ini ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan resep.


1. Melalui fitur Masak

Apabila bingung ingin memasak apa maka kamu bisa gunakan fitur Masak. Klik pada tombol Masak, masukkan atau pilih bahan yang ada dirumah kemudian tunggu proses pencarian.

Yummy App
Hasil Pencarian di Yummy App



Misalnya saat saya memasukkan kepiting dan kunyit sebagai bahan utama, munculnya beberapa resep yang direkomendasikan.


Resep di Yummy App


Setelah hasil muncul, pilihlah resep yang diinginkan. Cek bahan dasar serta cara pembuatannya. Misalnya saat saya memilih resep kare kepiting, saya bisa mudah memasaknya karena dilengkapi panduan bahan dan cara memasak.


Yummy App
Kare Kepiting Hasil Masakan Saya


2. Melalui pencarian resep

Apabila kamu sudah tahu mau masak apa, langsung saja ketikkan nama masakan dan pilih resep tersebut. Sebagai contoh, saya mencari resep sayur lodeh. 


Hasil Pencarian di Yummy App



Beragam resep sayur lodeh pun muncul. Pilih salah satu kemudian scroll kebawah maka akan ada bahan dasar dan kemudian cara memasaknya. 

Yummy App
Resep di Yummy App



Saya memilih resep sayur lodeh terong khas Gunung Kidul.


Yummy App
Sayur Lodeh Buatan Saya



Pengalaman Memasak Menggunakan Yummy App

Selama menggunakan aplikasi Yummy App saya tidak mengalami kesulitan baik melakukan pendaftaran akun maupun mengakses menu dalam aplikasi. Beragam resep dari Yummy App sudah saya coba. Mulai dari tuna acar kuning, kare kepiting hingga sayur lodeh. Menu-menunya sangat intuitif, tombolnya besar dan jelas.


Tulisan di Yummy App ini tidak terlalu kecil. Video panduan memasak juga memiliki kualitas yang bagus, sehingga mudah untuk diikuti.


Pencarian resep juga sangat akurat, menampilkan resep sesuai dengan keyword yang dimasukkan.
Banyak resep yang beragam, mulai dari aneka masakan Indonesia hingga makanan bayi seperti menu mpasi yang dibagikan oleh berbagai pengguna lainnya.


Setiap resep memberikan informasi lengkap yang dibutuhkan, misalnya :

- lama waktu pembuatan
- porsi untuk berapa orang
- perkiraan harga
- apakah mengandung babi atau tidak
- apakah mengandung alkohol atau tidak


Pengaturan akun juga mempermudah pengubahan nama, nama pengguna, tanggal lahir dan informasi lainnya yang diisi saat pendaftaran akun.


Yummy Point menurut saya sangat bagus karena memberikan hadiah kepada pengguna yang berkontribusi dan dapat diuangkan ke rekening pengguna. Hobi memasak bisa menjadi sumber penghasilan tersendiri.


Secara keseluruhan, saya merasa mudah dalam menggunakan aplikasi karena tidak menemukan masalah didalamnya. Selain itu Yummy App membuat saya sukses jadi ratu dapur! Saya bisa memasak apa saja untuk keluarga saya.


Cara Download Yummy App

Setelah membaca semua cerita saya diatas, pasti kamu sudah tidak sabar untuk mencoba memasak menggubakan Yummy App, kan? Tenang kamu juga bisa kok jago masak dengan Yummy App.
Tentunya langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mendownload aplikasi Yummy App terlebih dahulu. Yummy App bisa di download di Android maupun IOS.


Download Yummy App di IOS

1. Buka App Store dan cari “Yummy”.
2. Tekan pada tombol GET atau Dapatkan
3. Tunggu proses download dan pemasangan
4. Selesai


Aplikasi dapat langsung digunakan dengan menekan tombol Open atau klik icon Yummy.


Download Yummy App di Android

1. Buka Play Store dan cari “Yummy”
2. Tekan pada hasil pencarian pertama
3. Tekan Install
4. Tunggu proses download dan pemasangan
5. Selesai


Untuk menggunakan, langsung tekan Open atau klik pada icon Yummy di home screen.



Pastikan kamu mendaftarkan akunmu ya, agar kamu bisa mengakses semua kategori yang ada.
Secara keseluruhan aplikasi Yummy App ini sangat membantu saya untuk jago masak apa saja. Saya tak bingung lagi harus masak apa setiap harinya. Selain itu Yummy App juga membantu saya mendapatkan tambahan penghasilan meski #DiRumahAja lewat Yummy Point.


Sungguh aplikasi yang sangat bermanfaat bukan? Ayo kamu juga harus coba memasak dengan Yummy App. Ceritakan pengalamanmu dengan aplikasi ini di kolom komentar ya.



Blog Competition Yummy x Popmama 2020



Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition Yummy x Popmama 2020 yang diselenggarakan selama 1 Mei 2020 sampai dengan 31 Mei 2020.










58 komentar

  1. Aku ga jago masak mba. Sebenernya masak juga memaksakan diri. Alasannya sama kayak mba biar bergizi dan dompet ga masuk UGD hahahah😂. Tapi syukurlah ya ada aplikasi yummy ini. Jadi bantu orang ga jago masak kayak saya ngerasa tertolong hahaha 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, g harus jgo ya yang penting bisa,
      hehe
      bener lho Yummy App ini sangat membantu

      Hapus
  2. Keren banget. Baru tau ada apps kaya gini. Langsung auto installed. Makasih rekomendasinya Dee.

    BalasHapus
  3. Ayo deh makan yang banyak bergizi tinggi. Soal varian masak ya urusan mama dan aplikasi yummy. Di jamin masakan bunda enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya
      yang penting harus bergizi

      Hapus
  4. Saya juga suka lihat menu dari yummy apps. Lengkap banget emang. Buat yang jago masak, bisa buat nambah penghasilan kalau resep buatan kita disukai sama chef yummy, hehehehe

    BalasHapus
  5. Wah bikin ngeces
    Biasanya seafood saya bikin tomyum ternyata enak juga ya dimasak acar kuning
    Pingin coba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya, tom yum juga kesukaannya anak-anak

      Hapus
  6. Aku baru tahu tentang aplikasi Yummy App. Komplit juga nih fitur yang ada di aplikasi, bahkan perkiraan bugdet, jadi berapa porsi, komplit ada. Aku download dulu yaa

    BalasHapus
  7. Suka dengan fitur memanfaatkan bahan yg ada lalu kita sulap jadi masakan baru yg sebelum nya mungkin kita tidak tahu. Terimakasih informasinya Mbak
    Saya baru tahu aplikasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jadi bisa masak dgn bahan yg sudah ada saja

      Hapus
  8. Wah. Fitur filter resep berdasarkan bahan ini nih yang cocok banget buatku. Apalagi pas hari "bebersih" kulkas dan pantry, supaya gak jadi food waste.
    Terimakasih, Mbak Dee.

    BalasHapus
  9. Lengkaaap dan detail bangett ulasannya mbaak dee 👍👍👍 nyesel baru tau dan belum pernah pakai yummy apps nih mbaak aku, padahal fitur" nya super komplitt. Harus mulai install nih biar makin jago masak. mau nyobain resep"nyaa mulai yg simpel dulu kwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih..
      iya yuk dicoba aja, biar jago masaknya

      Hapus
  10. Wah, enak, ya, ada Yummy ini. Saya kadang suka mati gaya kalau masak yang itu-itu aja. Suka sama fitur filter bahan, jadi bisa masak hemat dengan bahan yang ada di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya enak
      sangat membantu

      Hapus
    2. Bakalan gampang kalau mau masak, bisa cek berbagai resep di Yummy dan bisa menyesuaikan dengan bahan yang ada di kulkas. Makin hemat dan lebih banyak kreasi masakan yang dibuat nanti.

      Hapus
  11. waaah ada aplikasi ini, dijamin mau masak apa juga pasti bisa ya, tinggal ikutin resep dan cara-caranya, yummy banget emang kalo pake yummy apps

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, yummy app bikin kita jago masak

      Hapus
  12. Bumbu acar kuning memang enaaak, unik gitu sensasi rasanya. Jadi pengen coba aplikasi Yummy deh hehe!

    BalasHapus
  13. Wow mantap ya ada Yummy App. Kata nenek dulu, ikatlah kebahagiaan di rumah dengan masakan. Itu yang aku selalu pegang. Jadi soal masakan selalu berupaya memberikan yang terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yummy app membantu kita menciptakan kebahagian di rumah dgn makan makanan yg enak

      Hapus
  14. Terima kasih untuk ulasannya, saya baru tahu kalau ada aplikasi Yummy App ini.

    Untuk siapapun yang suka masak, ini sih aplikasi wajib yang ada di HPnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, buat yg jago masak bisa berbagi resep disini lho
      bisa dapat duit juga

      Hapus
  15. Lengkap banget ya Mba Dian, aplikasi yummy app ini. Trus kalo kita berbagi resep malah bisa dapet uang ya kan.. seru banget, berbagi dapet feedback

    BalasHapus
  16. Saya jadi pengen download juga. Meskipun setiap hari memasak, tetai kadang-kadang suka kehabisan ide juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, klo pake yummy app nggak akan kehabisan ide

      Hapus
  17. Sepertinya aku harus donlot aplikasi ini karena aku memang seneng masak, biar tambah ilmu masak dari berbagai resep juga yang ada di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. cus donlod, biar makin jago masaknya

      Hapus
  18. Aku juga kadang suka ngintip menu di Yummy App. Pokoknya bantu banget kalau lagi bingung mau masak apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya
      klo lihat Yummy App nggak akan bingung lagi

      Hapus
  19. Aku juga pakai aplikasi ini mbak buat lihat berbagai resep, apalagi kalau masakan tertentu yang aku ga ngerti masaknya. Ada video tutorialnya juga ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, video tutorialnya bikin makin mudah masak

      Hapus
  20. Alasan dalam memasak bagi mbak Dian sama banget dengan alasan saya hahaha...
    Tapi karena stay at home aku jadi agak lebih rajin nih masaknya ... ya gimana nggak rajin kalau mau keluar beli makan pasti mikir-mikir. Go food terus-terusan juga pasti mikir-mikir hahaha... ini kenapa saya banyak mikirnya ya hahaha

    BalasHapus
  21. Banyak yang nulis tentang Yummy App bikin mupeng jadinya. Kepengen bisa nambah skill masak yang cuma seuprit. Kuu nyoba install deh. Semoga gampang-gampang. :D

    BalasHapus
  22. Aku juga lagi suka-sukanya sama aplikasi Yummy App, cara masaknya mudab dan banyak event berhadiah

    BalasHapus
  23. Wah, bisa masak sesuai budget. Asik banget aplikasinya. Jadi kalau lagi budget minim dan sedang nyari resep makanan enak, bisa ketemu dong ya di Yummy Apps.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, biar bisa masak sesuai budget

      Hapus
  24. Aku beberapa waktu lalu juga download dan explore Yummy App. Kontennya beneran informatif apalagi buat ibu muda macam aku yg kadang suka galau mau bikin apa dan gimana bikinnya. Yummy App jadi jawabanku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah gimana, apa resp yg sudah dicoba bak

      Hapus
  25. Selama ini cuma tau 1 apps memasak.
    Sekarang kenalan sama Yummy Apps jadi pengen coba ikutan masak yang seru-seru. Yang selama ini cuma pesen aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, ada resep masakan korea juga lhoo

      Hapus
  26. Ya ampun aku baru tau ada Yummy Apps ini, menarik banget bisa nyari ide masak sesuai budget atau memanfaatkan bahan yang ada, gak usah pusing-pusing nyari ide kemana-mana lagi nih. Aku juga gak pinter masak nih, selama ini kalo masak ya akupun masih sekadar masak aja hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, sama mbak
      aku juga g jago banget masaknya
      tapi sejak lihat Yummy App makin rajin belajar masak

      Hapus
  27. Aq punya aplikasi yummy...di saat ga tau mau masak apa klik aja app yummy banyak menunya yg kita sukai masak deh. Tapi aq blm smpai berbagi resep ga PD hahahha

    BalasHapus
  28. wah lumayan lengkap juga ya, mbak aplikasinya. ada perkiraan pembuatannya juga. ntar coba cari resep di aplikasi Yummy ini ah

    BalasHapus
  29. saya nyontek resep corwng di yummy, wkwkw. awalnya ragu sih, secafa saya tuh agak jarang masak yg aneh2. jarang bikin camilan juga. biasanya beliiii... eh ternyata saya jago.juga bikin cireng, nyontek resep di yummy

    BalasHapus
  30. wah aku baru tahu mba aplikasi yummy boleh dicoba soalnya aku juga tim masak yang sederhana saja wkwkwk..
    resep tunanya boleh nih

    BalasHapus