Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tujuh Menu Baru yang Dicoba Saat Diam di Rumah

menu diam di rumah




Tujuh Menu Baru yang Dicoba Saat Diam di Rumah - Saat diam di rumah, saya jadi lebih rajin ke dapur. Mencoba resep-resep baru saat diam di rumah bisa menghilangkan kebosanan lho. 


Siapa yang jadi lebih sering ke dapur saat #stayathome? Pandemi Corona Covid 19 ini membuat kita harus mengkarantina diri. Diam di rumah, untuk memutus rantai penyebaran Covid 19. Apalagi sekarang mulai diterapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di berbagai daerah. 


Semua kondisi itu membuat saya harus makin kreatif di dapur. Ya biar nggak bosan makan menu yang itu-itu saja kan. Apalagi sudah nggak bisa jajan di luar. Banyak kedai tutup. 


Selama diam di rumah ada menu baru yang saya sajikan di rumah. 


1. Kare Rajungan



Mengobati kerinduan makan kepiting di restoran favorit, saya mencoba memasak kare rajungan. Ya meskipun rajungan dan kepitinh itu berbeda. Soalnya di tukang ikan langganan jarang ada kepiting.

menu diam di rumah




Tak ada kepiting, rajungan pun jadi. Masak kare rajungan ini bumbunya sih gampang. Cuma bersih in rajungannya yang jadi PR. Apalagi kalau rajungannya masih hidup. Acara memasaknya makin seru karena ada adegan bunuh-bunuhan, haha. Mematikan rajungan yang masih hidup maksudnya.


2. Kulit Ayam Mercon



Suami suka banget sama kulit ayam. Biasanya saya masak kulit ayamnya di goreng crispy, terus digeprek pakai sambel matah. 

menu diam di rumah



Kali ini berbeda, kulit ayam saya masak pedas. Ditumis dengan campuran bumbu cabe 20 biji! Pedas gila deh rasanya. Tapi enak, menikmati kulit ayam dengan cara baru.


3. Cumi Hitam


menu diam di rumah




Saya memang sudah pernah masak cumi hitam sebelumnya. Tapi baru ini yang paling berhasil. Baru kali ini masak cumi hitam semirip masakam yang ada di nasi madura. Lumayan mengobati kerinduaan makan nasi madura. 


4. Kerang Hijau Saos Padang





menu diam di rumah



Biasanya makan kerang hijau di restoran seafood yang ada di mall. Kali ini bisa masak sendiri di rumah. Beli kerangnya di frozenfod. Sudah lengkap dengan saosnya. Sampai rumah, tinggal tumis saos plus masukin kerangnya. Beres kan? Maaf foto kerangnya nggak ada yang sendirian ya, hehehe. 


5. Gulai Maryam Kacang Hijau


menu diam di rumah



Sudah lama nggak main ke kawasan Ampel. Kangen banget sama Arabian Food. Makanya buat sendiri di rumah. Gulai kacang hijau. Ini gulai kambing yang ditambahi kacang hijau. Disajikan dengan roti maryam. 

6. Egg Roll Tahu


menu diam di rumah



Rindu sama makanan Jepang cepat saji, saya membuat egg roll tahu. Lihat resepnya di instagram. Bahannya sih cuma tahu, telur dan tepung terigu. Tahu yang biasanya biasa saja, jadi terlihat lebih mewah. Hehehe.


7. Lobster Asam Manis


menu diam di rumah




Baru kali ini makan lobster. Tapi kalau menu yang ini saya nggak buat sendiri. Pesan di teman. Saya tinggal manasin saja sebelum di makan, hehehe.



Ya itu tadi tujuh menu baru yang saya coba saat diam di rumah. Lumayan lah, bisa mengobati kerinduan wisata kuliner saya. Mungkin kalau beneran harus diam di rumah sampai akhir tahun, bisa-bisa tahun 2021 saya buka restoran sendiri. Hahaha.. just kidding...


Semoga pandemi Covid 19 ini segera berakhir. Btw, adakah yang seperti saya? Punya menu baru saat diam di rumah? Share yuk 😊

37 komentar

  1. Iyaaa, selama WFH jadi doyan masak yang biasanya tinggal pesen di abang-abang online. Heheh. Menunya menarik-menarik banget Mbaaa. Mau ah nyobain juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, jadi suka masak ya jadinya

      Hapus
  2. Sama mba sayang jadi sering ke dapur nih pas #dirumahaja bentar2 pd lapar yg di rumah tp karena ada bayi masuak yg praktis aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, masak praktis emang idola saat wfh seperti ini

      Hapus
  3. No 2 ini bagi sy paling menggugah selera. Maklum pedas mania jd g bs diem denger kata mercon

    BalasHapus
  4. Lobster asam manis menggoda selera, selama #dirumahaja jadi sering gonta ganti menu masakan ya ..

    BalasHapus
  5. duh enak-enak semua nih kayaknya. Pengen coba yang kulit ayam mercon deh, biasanya cuma digoreng aja belum pernah dimasak begini

    BalasHapus
  6. Wah... ada beberapa nih yang belum ku coba, jadi pengen nyobain juga. Aku pun selama pandemi ini jadi lebih sering ngoprekin menu-menu masakan dan cemilan.

    BalasHapus
  7. Duh dari semua itu cuma egg roll tahu yg bisa saya konsumsi Mbak. Saya lagi coba tidak konsumsi daging dan ikan termasuk seafood. Kulit saya ada gatal nih...

    BalasHapus
  8. Hampir semua belum pe nah kucoba Mbaak hehe disini susah cari seafood euy padahal pengen banget makan rajungan huhu. Eh atau kepiting? Ternyata beda ya?

    BalasHapus
  9. Menunya semua menggugah selera, apalagi menu-menu bogabaharinya, dan jujur saya belum bisa masak bogabahari kayak lobster, kepiting, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,saya juga baru nyoba bikinnya mbk

      Hapus
  10. Wah mba. Aku belum pernah nyobain menu menu ini blas. Hehhe. Penasaran banget nih buat habisin wkatu buat makan masakannya hahahha

    BalasHapus
  11. Waw masakannya enak semua tuh Mom. Aku belum bisa masaknya tuh wkwk. Jadi penasaran dengan resep masakannya. Ada di instagram ya Mom?

    BalasHapus
  12. Gule maryamnya kayak enak ya, aku sering juga bikin roti maryam tapi biasanya dikasi isian cokelat gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, klo yg suka manis bisa kasih toping cokelat

      Hapus
  13. Aduh ini menunya endes banget semua mbak, aku paling suka sama lobster asam manis ini. Mau coba di rumah mumpung ada lobster di rumah mbak.

    BalasHapus
  14. Rajin banget kak, aku belom pernah coba ke 7 menunya, bisa jadi alternatif menu masakan keluarga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar g bosan mbak, makanya bikin menu baru

      Hapus
  15. asik asik asik, mumpung aku lagi seneng masak mau aku contek semua menunya hahaha terutama kulit ayam mercon hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya
      aku klo lihat ig mbak irene juga jadi pgn nyobain masakannya

      Hapus
  16. Kare rajungannn...enak banget ya allah tolongg. Kayanya udah lama banget ga makan kepiting. Wajib re cook ini resep..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cus dicoba
      tapi ini rajungan buka kepiting

      Hapus
  17. Aku kalo rajin masak dirumah mama karena kalo ga enak si mama ga pernah bilang ga enak hahaha. Kalo di mertua sering banget di protes kalo ga enak

    BalasHapus
  18. Saya juga jadi rajin masak nih kak. Eh penasaran sama gulai Maryam kacang hijaunya. Aku mau coba masak dirumah nanti. Enak nih buat buka puasa

    BalasHapus
  19. Wah menu barunya terlihat yummy, terutama kepitingnya. Aku blm berani masak yg bahannya susah, masih seputar ayam, telur dan ikan. Jadi makin kreatif selama pandemi ya mba.

    BalasHapus