Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Meteor Garden, Drama yang Paling Banyak di Remake

Meteor Garden Drama Remake
Meteor Garden | Wikipedia




Meteor Garden, Drama Remake - Annyeong haseo, nggak terasa sudah topik ke 12 dari challenge menulis grup Drakor & Literasi. Sejujurnya, tema ini lumayan sulit bagi saya. Butuh banyak riset sampai akhirnya bisa menulis artikel tema ini. Maklum, sebagai anak baru di dunia kekoriyaan, saya tidak punya banyak referensi tentang drama remake. Paling kalau ngomongi drama remake, ingatan saya langsung menuju Mereor Garden! Ya drama Taiwan itu menjadi drama remake yang paling membekas dalam ingatan saya. Dan ternyata, Meteor Garden menjadi drama yang paling banyak di remake lho! Istimewa!


Drama Remake



Dalam industri hiburan, remake bukanlah hal yang baru. Remake artinya membuat ulang. Drama remake berarti membuat drama dengan cerita yang sama dengan yang sudah pernah ada.
Biasanya drama remake diadaptasi dari drama yang sudah sukses sebelumnya. Waktu produksinya juga memberikan jeda waktu yang lumayan lama. Mungkin memanfaatkan kerinduan dari para penggemar drama pendahulunya.




Drama remake dibuat dengan tujuan untuk menyamai bahkan ingin melebihi drama pendahulunya. Sebenarnya drama remake ini tidak hanya dimonopoli oleh drama Korea saja. Beberapa drama dari Amerika, Inggris bahkan Jepang juga sering dibuat ulang. Sebut saja drama Korea fenomenal tahun ini,  The World of The Marriage adalah hasil remake dari drama Amerika, Doctor Foster meski dengan beberapa penyesuaian.


Meteor Garden



Meteor Garden adalah drama Taiwan yang diproduksi pada tahun 2001. Saya masih ingat, saat itu saya duduk di bangku kelas 6 SD. Saat itu saya tidak pernah melewatkan menonton drama ini. Bahkan meski sering ditayangkan ulang di televisi, saya masih setia menontonnya. Saya bahkan mengoleksi beragam pernak-pernik tentang Meteor Garden. Mulai dari poster, gantungan kunci, foto para pemainnya sampai kertas binder. Saat itu Meteor Garden sangat populer dikalangan orang Indonesia, dari muda hingga tua semua suka menonton drama ini.


Meteor Garden Drama Remake
Hana Yori Dango | wikipedia



Meski sukses, ternyata drama ini adalah adaptasi dari sebuah manga Jepang, Hana Yori Dango. Manga ini bahkan sudah ditulis jauh sebelum dramanya dibuat. Manga yang ditulis oleh Yoko Kamio mulai ditulis pada bulan Oktober 1992 hingga  September 2003, dengan volume sebanyak 37. Manga ini berlatar di akademi Eitoku. Berkisah tentang Tsukushi Makino seorang gadis miskin dan 4 anak kaya yang dikenal sebagai "F4".


Persis dengan drama Meteor Garden. Bercerita tentang gadis miskin bernama San Chai yang masuk ke universitas yang dipenuhi anak-anak orang kaya. Universitas tersebut dikuasai oleh empat orang lelaki dari keluarga terpandang yang tergabung dengan kelompok bernama F4 (singkatan dari Flower 4). 


Meteor Garden diperankan oleh Barbie Xu sebagai San Chai. Sedangkan F4 diperankan oleh empat aktor tampan ; Jerry Yan sebagai Dao Ming Si, Vic Chou sebagai Hua Ze Lei, Krn Chu sebagai Xi Men dan Vanness Wu senagai Mei Zuo. San Chai ini sangat beruntung, selain berhasil masuk universitas terkenal, dia juga diperebutkan oleh dua pria tampan dan kaya, Dao Ming Si dan Hua Ze Lei. Saat itu, saya termasuk tim nya Hua Ze Lei! Saya ngefans banget sama Vic Chou. Poster-poster Vic Chou menempel di tembok kamar saya waktu itu.


Cerita yang sangat bagus dengan alur yang menarik, menbuat Meteor Garden menjadi drama yang paling sukses pada zamannya. Demam Meteor Garden menyebar ke banyak negara. Pada waktu itu, tak hanya pernak perniknya saja yang laku dipasaran. Potongan rambut anggota F4 pun menjadi potongan rambut yang banyak diikuti. Drama ini tak hanya sukses meraih banyak penonton, tapi juga sukses menyebarkan pengaruh seputar gaya hidup.




Kesuksesan Meteor Garden inilah yang membuat drama ini di  banyak remake. Tidak hanya di Taiwan saja, tetapi juga di berbagai negara lainnya, termasuk Indonesia.


Drama Remake Meteor Garden



Ingin mengulang sukses, beberapa drama membuat ulang cerita Meteor Garden. Berikut adalah drama remake Meteor Garden.


1. Siapa Takut Jatuh Cinta (2002)


Meteor Garden Drama Remake
Siapa Takut Jatuh Cinta 2002 | tabloid bintang



Indonesia bisa dibilang sebagai negara pertama yang membuat drama remake Meteor Garden ini. Sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta yang diproduksi pada tahun 2002 ini mengadaptasi kisah Sanchai dan F4.


Sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta ini dibintangi oleh Leony, Indra L. Brugman, Roger Danuarta, Jonathan Frizzi, dan Steve Emanuel. Ceritanya berkisah tentang Ony, cewek miskin yang tomboi dan sedikit nekad.


Demi cita-cita ibunya yang materialitis dan berharap punya menantu kaya, dia kuliah di universitas mahal. Sikapnya yang selalu membela kebenaran membuatnya bentrok dengan ketua geng penguasa kampus, Indra.


Sifat yang tak biasa ini membuat Ony disukai oleh Indra, ketua genk Bozz Boy. Tetapi Ony cenderung menyukai anggota geng Bozz Boys lain, Roger. Kisah cinta segita pun tak terhindarkan.
Sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta pun meraih sukses dimata penggemar Indonesia. 

Meteor Garden Drama Remake
Siapa Takut Jatuh Cinta 2017 | tabloid bintang



Bahkan pada tahun 2017, Siapa Takut Jatuh Cinta diremake kembali. Siapa Takut Jatuh Cinta versi 2017 dibintangi oleh Meteor Garden versi Indonesia ini diperankan oleh Natasha Wilona, Verrell Bramasta, Bryan Domani, dan Aliando Syarief.


2. Hana Yori Dango (2005)



Meski Meteor Garden diadaptasi dari manga buatan Jepang, drama remakenya baru muncul pada tahun 2005. Jepang meremake Meteor Garden dengan judul Hana Yori Dango.


Meteor Garden versi Jepang ini dibintangi oleh Jun Matsumoto, Mao Inoue, Shun Oguri, Shota Matsuda, dan Tsuyoshi Abe ini dirilis pada 2005. Hana Yori Dango  menceritakan seorang cewek miskin bernama Makino Tsukushi yang bersekolah di Eitoku Gakuen.


Sekolah itu dikuasai oleh F4 yang terdiri dari empat cowok tampan dari keluarga yang sangat kaya. Mereka adalah Domyoji Tsukasa, Hanazawa Rui, Nishikado Sojiro, dan Mimasaka Akira. F4 sangat berkuasa di sekolah itu.


3. Meteor Shower (2009)


Meteor Garden Drama Remake
Meteor Shower | Wikipedia



Cina juga tidak ketinggalan meremake Meteor Garden. Di tahun 2009, dirilis drama Meteor Shower. Ceritanya seperti Meteor Garden tentunya. Dalam drama ini dikisahkan cewek miskin bernama Chu Yuxun (Zheng Shen) yang bersekolah di sekolah favorit dan ketemu sama empat cowok kaya yang dinamai H4. Terdiri dari Murong Yunhai (Zhang Han) sebagai pemimpin H4. Lalu, Duan Mu Lei (Yu Haoming), Ye Shuo (Wei Chen), dan Sangguan Ruiqian (Zhu Zixiao).


Singkat cerita, sang pemimpin pun jatuh cinta sama  Yuxun. Walaupun awalnya Yuxun suka dengan temannya Murong, Duan Mu. Meski diawali dengan kisah cinta segitiga, namun akhirnya, Yuxun dan Murong bisa saling cinta satu sama lain.


4. Boys Before Flower (2009)


Meteor Garden Drama Remake



Meteor Garden baru di remake di Korea Selatan pada tahun 2009, dengan judul Boys Before Flower. Serial TV Meteor Garden versi Korea ini juga meraih kesuksesan yang tak kalah dengan pendahulunya. Bahkan drama ini berhasil melejitkan nama para pemainnya. Seperti Lee Min-Ho (pemimpin F4, Gu Jun-pyo), Gyo Hye-Sun (Geum Jan-di), Kim Bum (So Yi-jung), Kim Jun (Song Woo-bin), dan Kim Hyung-joong (Yoon Ji-hoo).




Boys Before Flower mengisahkan Geum Jan-di, seorang cewek yang berasal dari keluarga biasa yang memiliki toko laundry yang terletak di dekat sekolah Shin Hwa. Awal cerita dimulai ketika Jan-di hendak mengantarkan laundry milik salah seorang siswa Shinhwa.


Ternyata, laundry itu milik siswa yang akan bunuh diri karena stres mendapat perisakan dari F4. Secara kebetulan, Jan-di menolong anak itu. Tindakannya segera menjadi perhatian publik. Jan-di pun ditawari beasiswa renang untuk dapat bersekolah di Shin Hwa. Dari situlah dimulai pertemuan Jan-di dengan anggota F4.


5. Kaisi Yeh Yaariaan (2014)


Meteor Garden Drama Remake
Kaisi Yeh Yaarian | pinterest



India tidak mau ketinggalan. Meteor Garden versi bollywood pun dibuat, dengan judul Kaisi Yeh Yaarian (KKY). KYY berkisah soal Nandini (Niti Taylor), gadis kalangan biasa yang tinggal bersama bibi dan pamannya di Mumbai.


Suatu hari, Nandini dan kawannya, Navya (Veebha Anand, bintang Mahabharata) menyelamatkan seorang mahasiswa Akademi S.P.A.C.E yang hendak bunuh diri. Tak mau nama baik tercoreng, pihak kampus kemudian menawari Nandini dan Navya beasiswa penuh.


Jadi mahasiswi beasiswa di kampus yang didominasi anak orang kaya, Nandini dan Navya menjadi sasaran bully kelompok band Fab5, yang beranggotakan Manik (Parth Samthaan), Cabir (Ayaz Ahmed), Dhruv (Utkarsh Gupta), Mukti (Charlie Chauhan) dan Alya (Krissann Barretto).


Menariknya, dalam KKY ini terdapat beberapa improvisasi. Jadi nggak benar-benar seratus persen mirip Meteor Garden. Fab5 beranggotakan lima orang, yang terdiri dari tiga cowok ganteng dan dua cewek seksi.


Selain itu, mengingat konsepnya stripping dan tayang setahun lrbih dengan ratusan episode, banyak terdapat pengembangan cerita baik dari segi pertemanan, asmara sampai keluarga. Meski begitu KKY ini meraih kesuksean dan populer di India. Dan mendapat rating tertinggi di MTV India.


6. Boys Before Friends (2018)


Meteor Garden Drama Remake
Boys Before Friends | wikipedia


Demam Meteor Garden pun merambah negeri paman Sam. Hollywood pun me remake drama ini.  Meteor Garden versi Hollywood ini diperankan oleh Joseph Almani sebagai ketua F4 bernama Liam Montgomery. Sedangkan, karakter Zoey yang menggambarkan karakter San Chai diperankan oleh aktris Riley Rae Baker. Di serial TV ini, Zoey merupakan mahasiswi yang berhasil masuk Ellison University karena bakat menarinya.


Meski inti cerita sama dengan Meteor Garden, ada juga perbedaannya. Dalam serial ini terdapat unsur dance yang ditampilkan di drama ini. Soalnya, latar cerita diambil di sebuah sekolah seni.
Sayangnya, remake bollywood ini tidak berjalan sukses.  Banyak penggemar F4 yang tidak
puas dengan versi ini. Sebabnya adalah  akting para pemainnya kurang menjiwai.


7. Meteor Garden 2018


Meteor Garden Drama Remake
Meteor Garden 2018 | wikipedia



Meteor Garden 2018 adalah remake terbaru yang dirilis. Drama ini adalah drama Cina yang juga di produseri oleh Angie Chai, produser Meteor Garden Taiwan. Angie Chai ingin menghidupkan kembali kesuksesan Meteor Garden, tujuh belas tahun lalu.


Kisahnya pun sama seperti serial Meteor Garden sebelumnya. Hanya saja, versi terbaru ini dikemas dalam cerita yang lebih modern dan menyesuaikan generasi millenial. Serial yang baru ditayangkan secara eksklusif di Viu pada 16 Juli lalu ini dibintangi oleh Shen Yue, Dylan Wang, Darren Chen, Mei Zuo, dan Xi Men.



Nah, itulah sederet drama remake Meteor Garden dari berbagai versi. Alur cerita yang disajikan pun sebagian besarnya hampir sama.
Nah, dari ketujuh remake Meteor Garden di atas, drama mana yang jadi favoritmu?

Oh ya, tulisan drama remake lainnya bisa teman-teman baca disini ya :


1. RaniRTyas - Kudus


2. Rian - Samarinda

3. Gita - Bandung




4. Lala - Bandung

5. Nadya - Bandung

6. Dwi Tobing - Jakarta


7. Risna - Chiang Mai


8. Rijo - cikarang


9. Dea _Depok


10. lendyagasshi - Bandung

11. Asri - Batam


12. Ima - Sukabumi

13. Lithaetr


16 komentar

  1. Mbak, no. 6 remake nya dari Hollywood atau bollywood??

    BalasHapus
  2. Paling KZL sama remake terakhir.
    Ini mendobrak manganya banget siik.. Masa lead malenya pinter...???
    Ini kan gak pas yaah...harusnya semisemi pabo kayak Gu Jun-pyo.
    Hahhaha...yang pinter biar ceweknya aja.

    BalasHapus
  3. Meteor garden versi lamanya sy ngikutin booming banget itu klo yg remakenya ga ngikutin . Tp msh ingat jalan ceritanya

    BalasHapus
  4. Meteor garden Taiwan yang pertama aku masih SMP mba..
    Hahaha aku lebih tua berarti.

    Aku suka versi remake yang BBF. Udah melting duluan liat Lee min ho .haha

    BalasHapus
  5. waaah aku bru tau, meteor garden itu 2001 ya ya ampun jadul juga ya berarti, yg paling terkenal kayaknya yg BBF dari korea y, lee min ho jd terkenal dr film itu

    BalasHapus
  6. Rasanya heboh ya pas jaman meteor garden booming, saya jg salah satu penontonya hehe. Ga nonton remake nya tapi

    BalasHapus
  7. ya ampuunn.. baru tau kalo Meteor Garden ada versi india nya.. :D

    BalasHapus
  8. dari beberapa drama remake yang paling aku suka adalah BBF pernah juga sih nonton meteror garden yang 2018 tapi entah kenapa gak bisa lepas dari sosoknya sancai wkwkwkwk

    BalasHapus
  9. Aku sudah nonton ini Boys Before Flower dan Meteor Garden yang versi Dylan Wang, tapi emang masih enak ditonton sih menurutku ya.

    BalasHapus
  10. Wah iya, sekarang ini banyak drama remake ya. Tapi aku belom nonton satu pun. Aku kepengen nonton Tokyo Love Story deh. Temen-temen banyak yang nonton dan cerita.

    BalasHapus
  11. Aku suka banget nih drama meteor garden ceritanya bkin para remaja menghayal hahha kisah cintanya bikin baper deh

    BalasHapus
  12. Iya meteor garden nih booming banget ya tapi tetep lebih suka BBF ada babang tamvan Lee min ho heheeeπŸ˜€

    BalasHapus
  13. ingat banget deh Meteor Garden ini, saya dulu SMA kelas 1, rela banget deh gak tidur sampai larut demi nonton Sanchai dan cowok2 kece ini, hihihih.
    kalau versi remake Meteor Garden, saya cuma nonton Siapa Takut Jatuh Cinta (2002) aja.
    ternyata banyak ya remakenya, dan dari berbagai negara pula.

    BalasHapus
  14. Versi Thao Ming Tse udah paling oke, maklum yang original selalu teringat dan kesannya lebih kuat, meski versi Lee Min Ho terasa segar.
    Baru tahu ada versi India dan dan yang lainnya :)

    BalasHapus
  15. Wah aku baru tahu ada chalenge grup buat pecinta drama Korea. Seru juga ya chalenge-nya. Btw aku juga baru tahu nih Meteor Garden ada versi India dan amerikanya

    BalasHapus
  16. Meteor garden ini drama yang aku tonton pertama kali. Aku suka banget dan seneng sekarang dramanya ada dinetflix. Jadi bisa nonton ulang.

    BalasHapus