Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Bincang Kolase Karya Literasi

Kolase Karya Literasi

Bincang Kolase Karya Literasi - Hari Sabtu kemarin, tepatnya di tanggal 23 Januari 2021 saya bersama teman-teman Rumah Belajar Literasi IP Sidomojo melakukan Live IG, yang berjudul "Bincang Kolase Karya Literasi". Acara ini dalam rangka menyambut ulang tahun yang pertama Ibu Profesional Sidoarjo Mojokerto (Sidomojo). 

Rumah Belajar Literasi IP Sidomojo

Pada bagian pertama saya sebagai PJ Rumbel Literasi IP Sidomojo, memperkenalkan program kerja kami. Rumbel kami ini termasuk rumbel yang baru berdiri di IP Sidomojo. Saat ini anggotanya ada sepuluh orang. 

Meski baru berdiri, rumbel kami termasuk rumbel yang aktif. Kami punya banyak kegiatan, yaitu : 

1. ODOP (One Day One Post) 

Program ini untuk melatih member rumbel agar konsisten menulis setiap hari. Harapannya, bila member rumbel konsisten menulis maka skill menulisnya semakin terasah. 

2. SJLD (Satu Jam Lebih Dekat)

Program ini bertujuan agar sesama member bisa saling mengenal. Program ini sudah selesai dilakukan. Semua member sudah memperkenalkan diri masing-masing. 

Kedepan, program ini akan berjalan dengan konsep baru. Kami akan mengundang narasumber untuk saling mengenal, khusunya yang terkait dengan literasi. Inginnya SLJD nya akan dilakukan dengan cara Live IG. Jadi bisa diakses oleh luar member. Live IG dari IG IP Sidomojo. 

Kolase Karya Literasi

3. Jum at Bincang Buku

Program ini adalah bedah buku. Setiap member yang sudah membaca buku bisa membagikan ceritanya kepada teman-teman yang lain. 

Baca Juga : Mengenalkan Bahasa Ibu Melalui Let's Read

4. Kulwap

Setiap bulan kami mengadakan kulwap. Kulwap diisi dengan sharing bersama penggiat literasi. Contohnya saat kulwap Free Writing Fiksi Bersama Rijo Tobing

Program kulwap diharapkaj bisa menambah pengetahuan member seputar literasi. Juga bisa menjadi inspirasi untuk terus menulis. 

5. Setoran Baca Buku

Ini adalah program terbaru di Rumbel Literasi. Program ini untuk memfasilitasi teman-teman agar rutin membaca buku. Bukankah penulis yang baik adalah yang hobi membaca? 

Kolase Karya Literasi

Pada segmen kedua, saatnya bercerita kolase karya literasi. Kolase ini berisi kumpulan karya member. Tak hanya berisi artikel saja, tapi juga ada cerita inspiratif dan kumpulan pantun. 

Kolase karya ini dibuat sebagai media karya-karya member. Juga sebagai kado ulang tahun IP Sidomojo. 

Pada Live IG ini, tidak hanya saya yang menjadi narasumber. Tapi ada dua member rumbel yang ikut berbagi. Ada mbak Novita Anggun yang bercerita tentang hobi membacanya. Mbak Novita ini bisa menghabiskan satu buku untuk satu hari. Luar biasa ya! Mbak Novita ini penulis novel fiksi, jadi harus selalu banyak membaca agar bisa menghasilkan karya yang baik. 

Ada mbak Nadia Sabila. Mbak Bila bercerita pengalaman nya saat bersama Ibu Profesional. Mbak Bila bersyukur bisa bertemu Ibu Profesional. Matrikulasi Ibu Profesional bisa membantu mbak Bila mengarasi post power syndrome, dari ibu bekerja menjadi ibu rumah tangga. Ibu Profesional membuat mbak Bila bangga sebagai seorang ibu rumah tangga. 

Tips Menulis Bagi Ibu Rumah Tangga

Kolase Karya Literasi

Terakhir, saya berbagi tips menulis bagi ibu rumah tangga. Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga memang tak ada habisnya. Semua waktu didedikasikan untuk mengurus rumah dan keluarga. Akankah ibu rumah tangga bisa menulis? 

Bisa dong! Ibu rumah tangga bisa menulis, bahkan bisa menjadikan menulis sebagai pekerjaan. Seperti yang saya lakukan. Saya menulis sambil melakukan peran saya sebagai ibu rumah tangga. 

Baca Juga : Sukses Menjadi Blogger Profesional

Tips menulis bagi ibu rumah tangga itu sederhana, yaitu : 

1. Sediakan waktu

Tips pertama menulis bagi ibu rumah tangga adalah sediakan waktu. Jangan menyisakan waktu untuk menulis. Tapi memang sudah alokasikan waktu. Tak perlu lama-lama, 30 menit saja cukup. Asalkan rutin dan konsisten. 

2. Tulis topik yang dikuasai

Tulis apa saja yang ingin ditulis. Pilih topik yang dikuasai. Misalnya saya, sebagai ibu tentu cerita membersamai menjadi topik tulisan. Saya bisa menulis catatan harian anak-anak. Ini tak hanya menyalurkan hobi menulis saja, tapi bisa jadi rekam jejak portofolio anak-anak. 

Siapa sangka kumpulan cerita kegiatan anak-anak yang saya tulis bisa menghasilkan sebuah buku. Buku solo pertama saya berjudul "Ibuku adalah Sekolah Terbaiku", adalah kumpulan cerita harian saya dalam membersamai anak-anak. Buku ini memdapatkan sambutan yang luar biasa. Naik cetak hingga empat kali dan terjual hampir 4000 eksemplar. Alhmdulillah. 

Jadi, jangan bingung mau nulis apa. Tulis saja apa yang kita kuasai. Cerita tentang anak-anak atau bisa juga berbagi resep buat yang jago di dapur. 

3. Belanja ide

Agar bisa produktif menulis, jangan lupa belaja ide. Kumpulkan banyak ide menulis dari mana saja. Bisa dari membaca buku, blogwalking atau menonton film. Belanja ide seperti ini bisa mengasah kemampuan menulis juga. Penulis juga perlu membaca tulisan orang lain. 

4. Buat outline

Jangan lupa, sebelum menulis buatlah outline. Outline ini akan membantu kita mengembangkan tulisan. Membantu agar tulisan bisa tetap ontrack. Bagi saya, outline membuat saya menulis lebih efisien. 

5. Reward untuk diri sendiri

Apresiasi diri sendiri itu penting lho. Ini bisa menjadi semangat untuk menjadi lebih baik lagi. Misalnya, saya yang selalu menghadiahi diri sendiri dengan menonton satu episode drama Korea setiap selesai menulis. Ini membuat saya bahagia, saya pun bisa menulis lagi keesokan harinya. Jadi semangat menulis. 

Selain berbagi tips menulis saya juga berbagi tips agar konsisten menulis. Menulis itu mudah, yang jadi tantangan adalah bagaimana agar bisa konsisten menulis. Tips konsisten menulis bisa dibaca disini ya

Acara Bincang Kolase Karya ini juga bertabur banyak hadiah lho. Mulai dari buku, saldo e-money sampai logam mulia. Terharu sekali banyak sponsor yang berpartisipasi dalam acara ini. 

Teman-teman bisa melihat serunya acara Bincang Kolase Karya Literasi pada video dibawah ini ya. 



Semoga acara Bincang Kolase Karya bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Semoga kedepannya Rumbel Literasi bisa semakin sukses menebarkan virus literasi pada member IP Sidomojo. 

Amin...

41 komentar

  1. MANTAB JIWA Mbaaa
    Memang ibu2 tuh HARUS BANGET menulis!
    Wis gapopo, mungkin awalnya bakal sereettt, susyaahhh dan banyak berkeluh kesah.
    Tapiii yg penting semangaattt!

    BalasHapus
  2. Asik yaaaa walau baru 10 orang anggotanya tapi agendanya udah full gini. Bener nih belanja ide bisa didapatkan dari memmbaca, blogwalking juga nonton. Kadang suka ada aja ide yang terbetik buat ditulis

    BalasHapus
  3. Ikut acara2 seperti ini dapat membuat kita jadi terinspirasi dan produktif. Keren program2nya, bisa menjadi contoh untukku yg sedang belajar menulis.

    BalasHapus
  4. Mantap bener Mbak DK, aku harus belajar mengelola rumlit sama Mbak DK nih. Semangat terus, Mba! Keren bisa produktif dan mengajak teman2 ikut produktif juga..

    BalasHapus
  5. Wahh menarik banget mba komunitasnya, boleh gabung tidak yaa?

    BalasHapus
  6. Keren Mbak. Ibu rumah tangga sekarang dapat melakukan banyak hal. terutama mengasah kemampuan keilmuan yang dapat dipealajri tanpa meninggalkan perannya.

    Semoga aku juga lebih produktif lagi dalam kegiatan menulis

    BalasHapus
  7. cara gabungnya gimana nih mak? aku selama di phk dan auto di rumah aja jadi makin rajin nulis blog, dan tulisan kamu ini memicu aku buat lebih semangat lagi

    BalasHapus
  8. keren banget ini programnyaa, bikin konsisten terus yaaa.
    Makin tambah semangat menulis.
    Setuju pisan kalo menulis tuh harus menyediakan waktu dan menulis apa yang dikuasai.

    BalasHapus
  9. Semua program literasi seperti ini dibutuhkan seklai oleh kaum perempuan, terutama para ibu rumah tangga yang hobi menulis. Supaya lebih produktif tentu harus belajar langkah2nya. Niat sudah bagus, apalagi disertai latihan2 seperti dalam workshop menulis. Mantap mbak :D

    BalasHapus
  10. Program literasi semacam ini kayanya makin banyak diselenggarakan selama pandemi ya Mak. Seneng banget deh semangat temen2 di kantorku untuk lebih banyak baca dan belajar pun semakin meningkat. Semoga semangat ini juga menular ke temen-temen lain lewat program bincang kolase karya literasi ya Mak :D

    BalasHapus
  11. Program2nya IIP keren2 ya Mba, banyak juga program literasi yg bakal menjadi bekal ibu untuk mendidik anak2 juga. Semoga bikin yg lainnya semangat ya memajukan literasi di dalam keluarga

    BalasHapus
  12. bacaan yang pas buat aku yang lagi jadi IRT untuk 3 bulan kedepan karena cuti melahirkan, emang menulis tuh butuh waktu tapi ya bisa diusahakan, btw programnya keren2 banget sih tiap hari ganti-ganti jadi ga bosen dan selalu dapet ilmu baru

    BalasHapus
  13. Program literasi seperti ini bisa jadi penyemangat untuk menulis, keren sekali!
    Ibu rumah tangga juga bisa produktif menulis ya, meskipun sibuk dengan urusan rumah tangga tiap harinya, asal bisa menyediakan waktu dan konsisten. Noted!

    BalasHapus
  14. Asyik ya, 10 orang tapi agendanya banyak. Kegiatannya juga penuh manfaat. Sukses terus mbak

    BalasHapus
  15. Saya seneng lho baca tulisa ibu-ibu rumah tangga. Apalagi kalau tulisan tentang keseharian. Biasanya memang lebih mengena dengan pembacanya

    BalasHapus
  16. Dari dulu saya salut dengan komunitas Ibu Profesional. Program yang diadakan banyak dan semuanya memicu para ibu untuk selalu produktif ya...

    BalasHapus
  17. Seneng banget sama kegiatan IIP ini sayangnya aku ga bisa buat ikutan ODOP dan sekarang dunia nyata lebih banyak menguras fikiran dan tenaga jadi waktu serasa udah abis banget buatku mba hehehe semoga aku bisa manage waktu lagi nih..

    BalasHapus
  18. Wah, keren sekali ini mbk.. Programnya berbobot semua. Menyenangkan bisa kumpul bedah buku. Buat ibu rumah tangga yang suka menulis blog khususnya, meluangkan waktu 30 menit untuk menulis itu bener-bener sudah lumayan banget buat saya. Apalagi kalo idenya sudah ada, bakal lancar banget nulisnya

    BalasHapus
  19. Keren banget. Inspiratif sekali kegiatan rumbel literasi ini. Kalo Mamoms gabung di rumbel ini pastinya membuat diri menjadi akrab dengan literasi dong ya. Wow, so great!

    BalasHapus
  20. Aku tuh termasuk yang malas nulis outline mba :( Tapi senang juga menulis dan berharap semoga bisa tetap produktif

    BalasHapus
  21. Terima kasih tipsnya mbak, aku pun merasa belakangan susah banget mau nulis isi blogku aja.
    Soalnya skrng tanggung jawabnya juga nambah PJJ haha.
    Tapi emang kudu kerja ekstra dan membiasakan diri yaa supaya tetap bisa konsisten menulis.

    BalasHapus
  22. Thank you sharingnya ya mba. Kalau terstruktur jadi lebih terarah ya...

    BalasHapus
  23. Selalu punya ide kreatif ya mba, ternyata dari literasi saja banyak yang bisa dijadikan karya yang berguna untuk orang lain

    BalasHapus
  24. Keren banget sih programnya dan konsisten terus ya tak heran karya anggotanya makin banyak..selamat ya...

    BalasHapus
  25. Semakin banyak wadah utk kita2 ngembangin bakat ya mba aplg ad acara Bincang Kolase Karya Literasi. Yg d gelar dlm rangka menyambut ulang tahun yang pertama Ibu Profesional,,selamat 1 tahun♥️

    BalasHapus
  26. Yuhuuu ibu keren, blogger keren
    Selalu on time juga
    Ah speechless jadinya mau komen apa

    BalasHapus
  27. Tips menulisnya harus di ATM niih..
    Dan seneng banget bisa menjadi kumpulan karya yang menginspirasi yang menjangkau lebih luas lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik banget yaa..kalau kita dipertemukan dan dikumpulkan dengan orang yang memiliki minat dan passion yang sama.
      Serasa mengayuh mimpi yang sama.

      Sukses selali IP Sidoarjo Mojokerto.

      Hapus
  28. Selamat Ulang Tahun untuk IP Sidoarjo Mojokerti yaa..

    Wah.,keren sekali mbak sudah mengeluarkan buku solo..

    Mm wah 30 menit cukup ya..
    harus ditiru ini..mengalokasikan waktu agar efektif dan efisien ya mbak

    BalasHapus
  29. Keren banget nih kegiatannya. Sukses dan lancar terus ya.saya jadi semangat untuk belanja ide tulisan niy biar konsisten lagi ngebognya.

    BalasHapus
  30. Bincang kolase karya literasi begini harus semakin sering nih mb diadakan ya karena tentu akan memberikan banyak manfaat bagi siapa saja khususnya perempuan.

    BalasHapus
  31. Bener banget, waktu menulis itu adalah reward untuk diri sendiri. Seperti Me Time gitu kan, aku pun setuju loh.

    BalasHapus
  32. Halo mbak Dee...aku juga tergabung di IP Jakarta, kalau kami nama rumbelnya rumah belajar menulis (RBM). Memang berkomunitas yg punya sama2 passion yg sama jadintambah semangat nulis ya

    BalasHapus
  33. Sukses IP mantap banget, aku juga pernaj PJ Rumbel Menulis di IP Lampung, bahagia bisa bikin kegiatan. Semoga ke depan semakin banyak karya.

    BalasHapus
  34. Betul sekali mbak, IBU rumah tangga harus tetap menulis ya, dulu saya berlindung dibalik kaya repot ngurusi pekerjaan rumah terus

    BalasHapus
  35. Keren ini programnya. Tips-tips dari mba Dian juga ok banget. Saya jadi makin semangat untuk terus konsisten menulis, semoga buku solo saya segera hadir diantara buku-buku antologi.

    BalasHapus
  36. Keren nih programnya Rumbel Literasi IP Sidomojo. Jadi nggak sabar pengen ikutan gabung setelah lulus dari Kampung Main Ibu Profesional.

    BalasHapus
  37. Belanja ide.. Betul juga ya..
    Keren Mbak program Rumbel Literasi IP Sidomojo

    BalasHapus
  38. Tipsnya oke juga nih biar apa yang direncanakan gak lupa ya. Akupun suka begini tapi kadang masih lupa juga hihihi.

    BalasHapus
  39. Kereeenn niih program RBM nya Sidomojo, mau aku ATM yah. Tips belanja idenya juga oke tuh, tinggal eksekusinya kalo aku hahhaa

    BalasHapus
  40. Seneng y mba klo brgabung di rumbel apalg termasuk rumbel yang aktif. Lagi Belajar juga nih aku biar ODOP (One Day One Post) agar konsisten menulis setiap hari.

    BalasHapus