Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Menulis adalah IKIGAI Ku!

IKIGAI

Menulis adalah IKIGAI Ku! Kali ini saya mau bercerita tentang IKIGAI. Pasti dari namanya, teman-teman sudah menebak jika istilah ini berasal dari Jepang. Yup, itu benar!  

Apa itu IKIGAI

IKIGAI adalah istilah dari bahasa Jepang, terdiri dari dua kata yaitu IKI yang artinya Kehidupan dan GAI yang artinya nilai. Secara filosofis, IKIGAI adalah sebuah prinsip yang membantu hidup kita lebih bermakna, bermanfaat, dan seimbang guna meraih makna dan kebahagiaan sejati dalam hidup. 

Bisa dibilang IKIGAI suatu cara buat kita lebih termotivasi untuk melakukan apa yang kita jalanin dan membantu kita menemukan makna dari hal tersebut.

Baca Juga : 3 Perempuan Inspiratif dalam Hidup Saya

Selain membantu kita untuk mencari makna hidup, ternyata IKIGAI memiliki manfaat lain bagi diri kita. Saat kita berhasil menjalankan prinsip hidup IKIGAI, kita akan menjadi pribadi yang lebih produktif. 

Kok bisa gitu? Karena orang dengan prinsip IKIGAI sudah menemukan makna hidup yang ia punya yang akhirnya berdampak dengan meningkatnya motivasi dalam mengerjakan suatu hal.

IKIGAI juga membantu kita memiliki etos kerja yang baik. Saat kita meyakini bahwa pekerjaan yang kita lakukan memiliki dampak yang baik untuk orang lain, saat itulah kita semakin semangat bekerja dengan baik. 

Cara Menemukan IKIGAI

Teman-teman pasti ingin menemukan IKIGAI juga kan ya, agar hidup lebih bahagia dan produktif. Cara menemukan IKIGAI ini cukup mudah. Teman-teman cukup menjawab empat pertanyaan berikut ini : 

1. Apa yang kamu sukai?

2. Apa yang kamu kuasai?

3. Apa kamu bisa mendapatkan imbalan dari yang sudah kamu lakukan?

4. Apa yang dibutuhkan orang? banyak?

Baca Juga : Tips Menulis Bagi Ibu Rumah Tangga

Nah jika teman-teman bisa menjawab semua pertanyaan tersebut, maka teman-teman bisa menemukan IKIGAI nya sendiri. Seperti saya yang menjadikan menulis sebagai IKIGAI saya. 

Menulis adalah IKIGAI Ku

Saya memiliki minat terhadap dunia tulis menulis. Saya menulis dalam berbagai media, mulai dari buku, blog hingga sosial media. Menulis menjadi passion saya. Passion ini yang kemudian mendorong saya menekuni profesi sebagai penulis. 

Lewat tulisan, saya mendapatkan penghasilan. Mulai dari penulis buku, blogger, content writer hingga influencer. Tulisan saya dibayar oleh orang lain. 

Baca Juga : Sukses Menjadi Blogger Profesional

Saat tulisan yang saya buat bisa bermanfaat bagi banyak orang, saat itulah saya merasa bahagia. Seperti saat menerima feedback dari pembaca buku saya. Bahwa mereka senang, buku saya yang berjudul "Ibuku adalah Sekolah Terbaikku", sangat membantu mereka dalam menjalankan home education bagi putra putrinya. Duh, hati saya menghangat. Saya bahagia!

Menjadi penulis yang membantu banyak orang lewat tulisan inspiratif adalah IKIGAI saya. Inilah yang membuat hidup saya menjadi lebih bermakna. 

Bagaimana dengan teman-teman? Sudahkan menemukan IKIGAI mu sendiri? Ditunggu ceritanya di kolom komentar ya...

Terima kasih. 


Tidak ada komentar

Posting Komentar