Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Drama Korea Love (ft Marriage and Divorce) - Kala Pernikahan Tak Seindah Harapan

Love (Ft. Marriage and Divorce)
Love (ft Marriage and Divorce) | Hancinema


Harusnya, drama Korea yang mengangkat kisah perselingkuhan tidak saya tonton. Tapi entah mengapa, setelah menonton drama Korea Cheat On Me If You Can, saya mulai suka dengan drama yang bercerita tentang perselingkuhan.  Dan drama Love (ft Marriage and Divorce) mampu membuat saya jatuh hati sejak episode pertama!!!

Sekilas Tentang Drama Love (ft Marriage and Divorce)

Drama Love (ft Marriage and Divorce) menceritakan bagaimana tiga perempuan dengan problematika rumah tangganya masing-masing. Mereka adalah produser Sa Pi-young (Park Joo-mi), penyiar radio Boo Hye-ryoung (Lee Ga-ryoung), dan penulis skrip Lee Si-eun (Jeon Soo-kyeong). Ketiganya bersahabat sekaligus bekerja sama di sebuah radio. Masing-masing sudah menikah, dengan usia yang berbeda-beda.

Cerita dimulai saat Si-eun dikejutkan dengan keputusan suaminya yang ingin bercerai. Suaminya yang berprofesi sebagai dosen ini menggugat cerai dengan alasan sudah terlalu lama hidup bersama. Alasan yang nggak masuk akal ya...

Sementara itu, pasangan pengantin baru Hye-ryoung dan Pan Sa-hyun (Sung Hoon) diuji dengan isu kepercayaan. Hye-ryoung mulai dipenuhi pikiran negatif ketika sang suami lebih sibuk di tempat kerja dan menjauh saat diajak bermesraan. Suasana makin runyam ketika orang tua Hye-ryoung mulai membicarakan anak, tepat ketika Sa-hyun bermimpi soal keturunan. Hye-ryoung mulai gelisah gara-gara isu orang ketiga dan kehamilan.

Lain lagi dengan rumah tangga Sa Pi-young. Meski berasal dari keluarga broken home, Pi-young mempunyai rumah tangga yang bahagia dan harmonis. Suaminya yang seorang dokter selalu perhatian dan romantis. Tetapi dibalik itu semua, ada rahasia tersembunyi. Apalagi sepeninggalan ayahnya, ibu tiri suami semakin agresif. Hubungan suami dan ibu mertua Pi-young terlihat tidak wajar. 

Dengan variasi tiga cerita dari tiga pernikahan yang berbeda, Love (ft. Marriage and Divorce) memperlihatkan bahwa kehidupan pernikahan yang tak selalu indah bak cerita di negeri dongeng. Duet sutradara Yoo Jung-joon dan Lee Seung-hoon serta penulis naskah Phoebe (Im Sung-han) sukses menampikan kisah tiga pasangan yang mapan, kaya, dan terlihat bahagia harus menghadapi perceraian akibat orang ketiga. 

Filmografi

Title

Love (ft. Marriage & Divorce) / Marriage Lyrics and Divorce Music

Hangul:

 결혼작사 이혼작곡

Director

Yoo Jung-Joon, Lee Seung-Hoon

Writer

Im Sung-Han

Network

TV Chosun, Netflix

Episodes: 

16

Cast

Park Joo-mi, Lee Tae-gon, Lee Ga-ryoung, Sung Hoon, Jeon Soo-kyeong, Jeon No-min

Mengapa Laki-Laki Berselingkuh?

Love (ft Marriage and Divorce)
Mengapa Harus Selingkuh? Netflik

Saat menonton drama ini, emosi saya naik turun. Writer nim sukses membuat saya ikut gregetan saat melihat para suami dalam drama ini berselingkuh. Kehidupan rumah tangga yang awalnya bahagia, kini menjadi porak poranda karena kehadiran orang ketiga. 

Drama ini menggambarkan mengapa laki-laki bisa berselingkuh. Dimulai dari suami Si-eun yang bosan menjalani rumah tangga selama puluhan tahun. Si-eun sibuk bekerja dan mengurus rumah. Dia menjadi penulis skrip radio yang sukses sekaligus ibu yang penuh dedikasi. Semua kebutuhan anak-anak dan suaminya disiapkan dengan baik. Ini membuat Si-eun kurang memperhatikan dirinya sendiri. Tak ada waktu untuk bermesraan bersama suami. Hingga akhirnya suaminya berselingkuh. 

Lain lagi dengan Hye-ryoung, sebagai seorang DJ, dia sangat memperhatikan penampilan. Cantik dan terkenal, membuat Hye-ryoung mampu memikat seorang pengacara muda dari keluarga konglomerat. Hye-ryoung tidak pernah memasak untuk suaminya. Demi menjaga penampilan, Hye-ryoung menolak hamil. Dia juga mengatur penampilan suaminya. Harus diet dan rajin olah raga, meski suaminya bukan laki-laki yang gendut. Hye-ryoung mendaftarkan suaminya ke pusat kebugaran. Disinilah awal mula suami Hye-ryoung selingkuh!

Kehidupan rumah tangga Pi-young terlihat paling normal dan bahagia. Suaminya sangat romantis dan juga sosok ayah yang baik bagi puteri semata wayangnya. Namun setelah kematian ayah mertuanya, suaminya mulai terlihat mencurigakan. Suaminya lebih sering menghabiskan waktu bersama ibu mertuanya, ini sangat janggal. Mengingat ibu mertuanya adalah ibu tiri. Belum lagi suaminya sering menjalin kontak dengan sosok yang diberi nama "manajer Kim". Suami Pi-young yang terlihat setia ini ternyata mata keranjang! 

Anak sebagai Korban Perceraian

Di episode tujuh, saya nonton sambil nangis sesenggukan. Perceraian Si-eun membuat hati anak-anaknya terguncang. Awalnya kedua anaknya ingin orang tua mereka tetap bersama. Namun saat Hyang-gi (diperankan oleh Jeon Hye-won) memergoki ayahnya yang sedang berbelanja dengan perempuan lain. 

Hyang-gi kecewa dan terpukul. Dia pun sempat kabur dari rumah. Saat kembali pulang, dia menceritakan semuanya ke adiknya, U-ram (diperankan oleh Lim Han-bin). Kakak beradik ini pun segera meminta ayahnya menjelaskan semuanya. 

Hati mereka hancur saat ayahnya mengakui telah selingkuh. Dan lebih memilih perempuan lain dibandingkan keluarganya. Hyang-gi dengan penuh emosi mengatakan bahwa ayahnya tidak tahu terima kasih. Ayahnya lupa, bahwa semua yang didapat saat ini adalah jerih payah ibunya. Ibunya bahkan rela kerja siang malam demi membiayai kuliah ayahnya diluar negeri agar bisa menjadi dosen. Belum lagi mobil yang dipakai saat berbelanja dengan selingkuhannya, adalah mobil pemberian ibunya. Duh, asli dari tiga laki-laki yang ada dalam drama ini, saya tuh paling benci sama Profesor Park (diperankan oleh (Jeon-No-min). Sungguh laki-laki yang nggak tahu diri! (duh maaf, emosi banget). 

Perselingkuhan ayahnya membuat Hyang-gi trauma. Bahkan tidak mau menikah. Dia tidak bisa percaya lagi pada laki-laki. Sementara adiknya, meski sangat terpukul dia berjanji akan menjaga ibu dan kakaknya. Perselingkuhan tidak sebatas menghancurkan pernikahan. Tetapi juga bisa menimbulkan trauma yang mendalam bagi anak-anak. 

Tiga Perempuan Misterius

Love (ft Marriage and Divorce)

Diawal, drama ini tidak menunjukkan dengan jelas siapa saja perempuan yang menjadi orang ketiga dalam kehidupan rumah tangga tiga pasangan tersebut. Namun kehadiran tiga perempuan misterius memberi sedikit clue buat penonton. Tiga perempuan muda yang cantik bertemu dan menjadi sahabat, diduga adalah selingkuhan dari ketiga suami yang ada dalam drama ini. Pada episode sepuluh, kisah dari tiga perempuan misterius ini mulai diungkap. 

Kala Pernikahan Tak Seindah Harapan

Drama Love Love (ft Marriage and Divorce) sukses menggambarkan bagaimana kehidupan pernikahan. Pernikahan tak hanya diisi dengan yang indah-indah saja. Banyak cobaan yang datang. 

Permasalahan rumah tangga mulai dari hubungan dengan mertua, tak kunjung punya keturunan hingga hubungan suami istri yang hambar menjadi bukti bahwa pernikahan tak selalu seindah harapan. 

Tapi dari drama ini saya menyadari bahwa komunikasi yang baik dan komitmen adalah kunci keharmonisan rumah tangga. 

Baca Juga : Lovestruck in the City : Cinta Kilat Bikin Susah Move On

Harusnya Profesor Park menyampaikan bahwa ia ingin istrinya tampil menarik seperti dulu dan punya waktu untuk bermesraan, bukannya mencari kemesraan di tempat lain. 

Harusnya Pan Sa-hyun (diperankan oleh Sung Hoon) bisa membujuk Hye-ryoung untuk mau punya anak. Bukannya menghamili selingkuhannya. 

Dan harusnya dokter Yu-sin (diperankan oleh Lee Tae-gon), bisa menjaga kepercayaan Pi-young. Yu-sin harusnya menepati janji akan setia, tak seperti ayah Pi-young yang berselingkuh. 

Pernikahan memang tak selalu seindah harapan, tapi tetap harus dipertahankan. Cari cara pada setiap masalah yang datang. Bukannya mencari orang ketiga sebagai penghibur. 

Sepakat?


25 komentar

  1. Tema perselingkuhan ini selalu menarik sepertinya di Korea ya mbak dan pasti ada pesan yang bisa diambil hikmahnya buat penonton.

    BalasHapus
  2. jadi kebawa emosi y, Mbak

    Beberapa hari ini banyak juga disuguhi berita macam-macam dari slebritispun saya skip Mbak. Sedang ingin berita-berita yang bagus dan tontonan yang baik ajalah. tapi kalau dah suka mau gimana lagi yaa

    BalasHapus
  3. Wah, emosi jiwa nih aku baca ceritanya hihihi :) Masa gara2 kelamaan hidup bersama trus jadi kepengen bercerai hiks :( Tema drakor perselingkuhan marak ya di mana2 dan seringkali menyedot banyak pemirsa di manapun berada :D

    BalasHapus
  4. Sudah lihat eps 1,2,3 tapi aku ngerasa alurnya agak sedikit lambat ya mbaa, kalo dibandingkan drakor2 per-slengki-an lainnya :D

    Jadii, ya wislahhh, aku nunggu drakor Lee Seung Gi aja :D

    BalasHapus
  5. Aku juga jadi kesel dan sebel banget sih sama Profesor Park. Ihhh.. bener kata anaknya, gak tahu terima kasih. Udah dibayarin buat kuliah di luar negeri sama jadi dosen malah selingkuh. Kalau ingin istrinya cantik mbok yo modalin dong.

    Hahahha asli ikuta emosi. 🤣🤣

    BalasHapus
  6. Aku nonton tapi curi-curi waktu yang tepat.
    Menurutku masalahnya memang tidak meledak di awal, sehingga penonton sangat menikmati alur kisah drama Love (ft. Marriage & Divorce) yang santuy di awal.
    Gregetan di tengah.

    Semoga endingnya bisa memberikan pencerahan bagi para penonton.

    BalasHapus
  7. Aku nonton ini mbk, awal awal bagus euy. Sampai episode minggu kemarin, aku baru lihat spoiler kok pada komen byk adegan dan percakapan yang nggak penting durasinya cukup lama. Jadi aku stop nonton wkwkwk... Nunggu minggu ini, kalo udah mulai bagus lagi lanjut nonton.

    BalasHapus
  8. Aku skip nonton yang model selingkuh-selingkuh gini. Emosiku belum siap. Marai kepikiran! wkwkk.. drama lain aja banyak yang belum aku tonton. hihi

    tapi salut buat Mb DK, bisa aja cari sesuatu yang bermanfaat dari sebuah tontonan.

    BalasHapus
  9. Pemainnya natural banget, engga lebay.
    trus aku suka setting-nya di studio radio kan ya
    keren!

    BalasHapus
  10. ih profesor lho, tapi kok gitu ya. Udahlah kuliah dibiayai istri, udah sukses malah berpaling ke wanita lain.
    Emang ya problem setiap rumah tangga itu beda-beda, keterbukaan dan komunikasi adalah kunci untuk mengurai problem itu

    BalasHapus
  11. Kenapa harusnya tidak ditonton mbak? Khawatir emosi? hihihi
    Saya belum nonton drama ini. So far memang belum jd penonton K-drama series. Tapi sudah mulai nonton film korea hahahaha

    BalasHapus
  12. Kayaknya ini bakalan jadi salah satu drama tontonan aku mba. Aku suka tuh drama pernikahans eperti ini . Makasih mba rekomendasinyaa :)

    BalasHapus
  13. waduh kayaknya saya bakalan skip drama kayak gini, Mba. Yang ada saya emosi nanti nontonnya.. xixixi.. saya selalu cari drakor yang bikin hati berbunga-bunga dan ketawa ketiwi.. xixixi

    BalasHapus
  14. Sepakat banget dengan paragraf terakhir. Suka kesel kalau perselingkuhan dijadikan sebuah pembenaran karena pernikahan sudah tidak sejalan. Saya terkadang masih belum kuat nonton atau cerita tema perselingkuhan. Emosinya suka kebawa hehehe

    BalasHapus
  15. nuansanya kayak film lama ya padahal ini drama baru dan berat banget genrenya buat aku walaupun aku udah nikah wkwkwk,,, tapi bagus sih buat pembelajaran diambil ilmunya aja kalo pernikahan tuh ga cuma enaknya doang pasti ada masalah tak terduga

    BalasHapus
  16. nonton episode pertamanya aja udah horor pisan euy hahaha ternyata oh ternyata banyak macam cerita perselingkuhan dalam pernikahan

    BalasHapus
  17. Ini kyk klub perempuan2 bermasalah semua pernikahannya hehe.
    Bte aku msh bingung sama pernyataan ini: "Tiga perempuan muda yang cantik bertemu dan menjadi sahabat, diduga adalah selingkuhan dari ketiga suami yang ada dalam drama ini." ---> ini tu maksudnya pelakornya adalah salah satu di antara mereka atau gmn ya? Atau yg jd wanita ketiga perempuan yg sama tp di luar mereka?

    BalasHapus
  18. Aku nggak pernah nonton drama selingkuh gini nih mbak demi kesehatan mental wkwk soalnya pasti bawaannya gregetan dan emosi. Hits banget drama ini ya

    BalasHapus
  19. aku juga lagi nonton ini dan selalu menantikan setiap episodenya, dan gak nyangka ini semua suaminya selingkuh ya. Jadi banyak pelajaran juga dari drama korea ini.

    BalasHapus
  20. Drama perselingkuhan bikin greget dan emosi tapi penisirin ya hahahah. Kalau akhirnya happy ending maulah nonton klo sad by aja takut kepikiran xixixi

    BalasHapus
  21. Ketika anak-anak yang memergoki orang tuanya selingkuh itu sungguh pukulan telak. Meskipun hanya film tapi ternyata di dunia nyata pun ada.

    BalasHapus
  22. Wah gedeg banget alasannya minta cerai krn udah lama wkwkw kesel kalau ada di dunia nyata begitu dan perceraian pastinya dampaknya ya ke anak ya

    BalasHapus
  23. Wah hebat, kuatan deh nonton drakor tema selingkuh. Aku kapok sejak VIP. Huhu, aku emosian orangnya. Jadi kebawa overthinking. Hehehe.

    BalasHapus
  24. Tema perselingkuhan trma favorit juga sbrnya di drakor ya.. Banyak drakor laris bertema beginian.. Apa mungkin disana juga lagi trend kasus perselingkuhan ya?

    BalasHapus
  25. Asikk dpt review drakor lagi, jadinya bisa paham kalau ada yg lagi bahas. Jadi tau ceritanya dan nyambung.

    BalasHapus