Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tips Menyimpan Roti Di Rumah Agar Tidak Mudah Berjamur

 

Cara Simpan Roti
Roti | Pixabay

Roti ini menjadi salah satu menu pilihan favorit yang dipilih untuk sarapan pagi masyarakat yang ada di Indonesia. hal tersebut sering di lakukan karena roti ini terasa fleksibel dan mudah, hal ini tentu saja sangat cocok untuk kamu yang mempunyai waktu sarapan yang cukup singkat. Roti bisa menjadi salah satu alternatif buat kamu yang telat ke kantor tapi tetap ingin sarapan. Pilihan roti untuk sarapan ini cukup beragam diantaranya ada roti tawar, roti gandung, atau roti unyil yang memiliki banyak rasa. 

Baca Juga : Menikmati Korean food di Chingoo Malang 

Untuk kamu yang suka roti dengan berbagai rasa kamu bisa sarapan dengan roti unyil, roti yang satu ini cukup mudah untuk kamu temukan. Salah satu toko kue yang menjual roti khas dari bogor ini adalah Delicute, cita rasa dari kue ini sangat enak dan sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan pagi. Tapi apa jadinya jika roti yang sudah kamu siapkan untuk sarapan pagi kamu mendadak jadi berjamur? Pastinya kamu akan merasa sedih dan kamu pun terpaksa harus melakukan aktifitas tanpa sarapan. Untuk menghindari kejadian tersebut mari kita bahas bagaimana cara menyimpan kue yang benar supaya tidak mudah berjamur:

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membungkus roti dengan menggunakan plastik atau bisa juga dengan aluminium foil Aluminium foil, jika kamu menyimpan roti dengan cara ini maka kelembaban alami pada roti tidak akan mudah berubah jadi mengering atau jadi mengeras. Jika roti yang kamu punya sudah dilengkapi dengan kertas pembungkus, sebaiknya buang dan bungkus kembali dengan plastik atau aluminium foil baru ketika akan disimpan. Tapi jika rotinya telah kamu iris, kamu bisa menyimpannya dalam kemasan plastik yang asli. Jangan sampai kamu meninggalkan roti di dalam pembungkus kertas dan membiarkannya secara terbuka di meja. Kamu perlu hati-hati ya dalam menyimpan roti karena roti yang sudah terpapar oleh udara bebas bisa membuat roti basi dalam waktu beberapa jam saja. 

Langkah kedua kamu bisa menyimpan roti pada suhu ruangan, tapi suhu ruangan ini harus berada disekitar 20 derajat Celcius ya dan jangan lupa untuk memastikan roti jauh dari paparan sinar matahari secara langsung. Jika kamu menyimpan roti dengan cara yang satu ini pastinya bisa memperpanjang ketahanan roti sampai dua hari kedepan. 

Baca Juga : Kue Srikaya, Hidangan Manis dan Enak untuk Berbuka

Langkah yang ketiga kamu bisa memasukan roti ke dalam frezzer Jika kamu memiliki roti yang mau basi dalam beberapa hari kedepan, dengan cara ini kamu bisa membekukan roti-roti tersebut. Proses ini juga bisa akan mencegah roti untuk lebih cepat basi. Untuk menyimpannya jangan lupa untuk memastikan roti ada dalam kantong freezer plastic, sebaiknya kamu juga iris terlebih dahulu roti sebelum roti ini membeku. Jika kamu menyimpan roti di dalam freezer, roti bisa tahan hingga 7 hari hingga 14 hari.

Langkah keempat kamu bisa simpan roti di tempat yang hampa udara, karena hal ini bisa membuat roti jadi tidak mudah berjamur dan rusak kerena udara. Roti bisa rusak karena udara disebabkan oleh oksigen yang membawa berbagai partikel-partikel kecil, partikel kecil ini bisa tumbuh di roti dan bisa menyebakan roti kamu lebih mudah berjamur. Kamu bisa memasukan roti kedalam ziplock atau sebuah wadah yang anti udara. 


38 komentar

  1. Kalau ke freezer belum pernah daku nyimpen rotinya kak Dee, bagian chiller atau yang rak biasa aja sih ditaronya hihi, cuma iya pakai plastik aslinya biar awet

    BalasHapus
  2. Wah, ternyata segampil ini ya tipsnya mba
    baiklaahh, aku mau coba ahh
    soale aku demen banget shopping roti, tapi kadang lupa ngabisin wkwkwk

    BalasHapus
  3. Mbak Dian, diriku kalau udah mau mepet tanggal biasanya baru masuk ke freezer, hehehe. Nanti kalau mau buat jadi bikin roti panggang deh, kasih telur tetap enak atau diangetin dulu di magic com, buat campuran apa gitu, hehehehe

    BalasHapus
  4. Baru tau kalau bisa di freezer mbak, nggak keras ya? Aku kalau beri roti trus nginep, besoknya biasanya dikukus dulu :)) biar lembut, roti yg ada rasanya, kalau roti tawar, cukup disimpan di suhu ruang

    BalasHapus
  5. Paling suka deh baca postingan yang soal makanan. Bawaannya jadi pengen ngemil. Baru tau loh, roti bisa disimpan di freezer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw, iyaaa ini aku juga otw dapur, langsung mo nyomot roti keju :D
      Memang emak2 gercep yak, kalo soal makanan wkwkw

      Hapus
  6. saya biasa menyimpan dalam kemasannya dan nggak leebih dari 3 hari
    karena disimpen dalam lemari es bikin roti keras atau malah berair
    karena lemari esnya udah jadul hiks

    BalasHapus
  7. Roti mulai digunakan sebagai konsumsi selalu sedia di rumah, menggunakan sewaktu-waktu perlu disimpan dengan cara yang pas. Ada empat perawatan roti bisa diperhatikan agar roti tetap bisa dikonsumsi tidak mudah tumbuh jamur karena waktu konsumsi yang terbatas.

    BalasHapus
  8. Saya juga suka sarapan menu roti, soalnya praktis dan cukup mengenyangkan bagi perut saya sih. Kecuali orang Portugal (porsi tukang gali), sarapan roti nggak bakalan nendang, mesti sarapan nasi dua piring, hahaha...

    Saya sih gak awet kalau nyimpen roti, paling 2 - 3 hari udah abis, wkwkwk..

    But anyway, makasih banyak infonya nih bermanfaat....

    BalasHapus
  9. Ah makasih banget informasinya Mbak. Kalau saya sih biasa nyimpen roti di dalam tupperware atau plastik kedap udara yang ukurannya disesuaikan dengan rotinya. Lalu dimasukkan ke kulkas bagian bawah. Lewat 3 hari dari due date, rotinya masih tetap layak dimakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih, nyimpan roti dan makanan apapun dalam tupper ware emang paling mudah dan aman
      Walau kalo datang malas, saya biarkan diplastiknya

      Hapus
  10. Memasukan roti ke dalam frezzer, noted mbak. Saya baru tahu ini bisa nambah keawetan roti. Biasanya yang saya simpan di freezer kan kayak daging, ikan, ayam gitu. Hehehe Makasih infonya mbak

    BalasHapus
  11. Saya belum pernah menyimpan roti di frezzer, Mbak. Saya kira nantinya malah keras dan gak enak dimakan. Etapi kebiasaan di rumah, roti itu gak bertahan lama, paling lama dua hari juga udah habis, kok hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem kak, di rumah daku juga, soalnya saingan antara daku dan ponakan wkwkwk, apalagi kalau ketemu rasa yang disuka, wuih cepet habisnya

      Hapus
  12. Kebiasaan ibuku nyimpan roti di kulkas tapi bukan freezer, dan itu bikin lumayan keras tapi jadi awet sih apalagi kalau masih bisa dimakan. Kapan2 coba dibungkus pakai alumunium foil ah biar terjaga lembutnya

    BalasHapus
  13. Sebagai keluarga pencinta aneka roti, terutaa roti tawar, cocok banget ini tips-nya, Mbak Dian. Walau dalam kenyataan roti jarang awet sampe 2 hari karena selalu tandas diserang anak-anak dan tentu saja orangtuanya hehe. Kalau tahu cara menyimpan roti, lebih enak sih jadi bisa diolah jadi makanan lain kalau udah bosan tapi bisa mikir resep yang pas.

    BalasHapus
  14. Ini kebetulan baru saya alami, Mbak. jadi saya beli roti dari penjual keliling. Hanya saya kurang teliti saat beli. Ternyata itu segelnya sudah terbuka. Walau tanggalnya belum kedarluarsa, tetap ada sedikit bau tak enak. Karena itu ya, sudah terpapar udara bebas.

    BalasHapus
  15. Kalau adek+adekku, makanan jrnis apa aja pasti disimpannya di kulkas. Katanya biar awet. Padahal untuk beberapa macam makanan seperti roti kan idah dilengkapi tanggal kadaluarsa, jadi ya.. iyain aja biar belajar dari pengalaman sendiri

    BalasHapus
  16. wah bener, aku baru tahu kalau nyimpen difreezer bisa. biasanya paling banter nyimpen di dalam tupperware lalu dimasukin kulkas, bisa tahan sampe 5 harian sih. masih tetep enak dimakan

    BalasHapus
  17. iya nih, kemarin kejadian roti berjamur. kan eman2 ya
    karena disimpan biasa aja gitu di atas meja, dikiranya bakal ada yang ngehabisin
    eh ternyata nggak ada sampai berjamur
    makasih tipsnya mbak

    BalasHapus
  18. Aq belum pernah menyimpan roti dalam freezer mbak, biasanya cuma aq masukin dalam kulkas bagian bawah aja tapi ya gitu besoknya kalo dimakan agak alot gak bisa empuk ya

    BalasHapus
  19. Ouw, ternyata bisa ya roti disimpan di dalam frezer biar nggak cepat berjamur. Apa setelahnya bakalan jadi keras ya teksturnya? Selama ini kalau beli roti ya saya simpan dalam toples sih.

    BalasHapus
  20. Saya suka nyimpen roti di plastik aslinya aja. Trus car kemasan yg kira2 cukup dimakan keluarga biar gak nyisa. Saya gak pernah nyimpan roti di kulkas. Eh ternyata bisa ya😁

    BalasHapus
  21. Eh ternyata roti bisa ya disimpan di freezer. Tapi ntar makannya nungguin bekunya ilang gitu ya?
    Tapi biasanya anak-anak tuh kalau roti udah masuk kulkas, ya nggak bakal dijamah lagi. Pada nggak suka kalau udah jadi dingin. Kudu dipanasin dulu kali yaa baru disajikan lagi.

    BalasHapus
  22. Aku baru tahu kalau penyimpanan roti ternyata bisa dimasukan dalam frezer. Selama ini kayak hopeless gitu kalau roti (terutama roti tawar) mulai keras karena kelupaan dimakan.

    BalasHapus
  23. belum pernah simpan difreezer biasanya simpan di kulkas di rak penyimpanan biasa....terus kalo difreezer apa nggak keras yaa rotinya? secara di rak biasa aja keras tapi enak kalo dibikin roti panggang

    BalasHapus
  24. Iya aku heran kenapa kalau pabrik yang bikin roti tahan berbulan bulan lah kalau kita bikin sendiri ga sampai 3 hati udah jamuran aja.

    BalasHapus
  25. roti kalo di bungkus plastik tetap ada jamurnya, karena ada bakteri emang di roti

    BalasHapus
  26. Aku jarang beli roti banyak2 sih. Paling beli secukupnya aja untuk dua hari.
    Tapi infonya menarik, mana tau nanti punya banyak roti n harus disimpan. Makasih mbaa

    BalasHapus
  27. Sejauh ini kalau beli roti langsung habis sehari atau dua hari. Soalnya anggota keluarga banyak yg suka roti. Hahaha... Cuma aku belum pernah coba simpan ke freezer. Soalnya kalau mau makan harus nunggu lembut dulu ya kak.

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah tidak pernah ada masalah dalam penyimpanan roti, karena roti di rumah selalu cepet banget habisnya, haha. Kami semua doyan roti.

    BalasHapus
  29. Kalau aku pas beli roti ya simpan di suhu ruang dan pakai plastik. Alhamdulillah gak pernah sampai jamuran karena belinya gak banyak dan langsung dimakan

    BalasHapus
  30. Aku biasa nyimpen roti atau pizza di freezer. Biasanya aku tunggu dingin dulu baru masukin ke plastik. Tapi ini aku lakukan kalo bikin sendiri. Kalo beli paling simpen di chiller

    BalasHapus
  31. Banyak sekali ya cara mencegah roti berjamur. Kalau saya di rumah biasanya disimpan di plastik aja. Karrna semua suka, jadi jarang juga nyimpan roti. pasti diserbu anak-anak.

    BalasHapus
  32. Saya termasuk penggemar roti. Seringkali merasa sayang banget saat roti favorit sudah menjamur. Eh ternyata pakai aluminium foil bisa memperlambat jamuran ya. Makasih tipsnya.

    BalasHapus
  33. Wah ternyata gapapa ya nyimpen roti di freezer? belum pernah coba ehehehe soalnya takut rotinya jadi keras dan nggak bisa dimakan...makasih sharingnya Mbak

    BalasHapus
  34. Kalau saya biasanya nyimpannya di kulkas, bukan di freezer. Dibungkus plastik rapat, biasanya tahan hingga seminggu lebih dan nggak berjamur

    BalasHapus
  35. Biasanya kalau roti uda mendekati expired, langsung deh..Mama berkreasi.
    Membuat menjadi makanan yang bisa dinikmati dengan mudah.
    Seperti bubur roti, bola-bola roti or somthing like that.
    hihii...gak mau banget lihat roti kebuang gitu aja.

    BalasHapus