Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Uniknya Perpustakaan Herbal Surabaya

Perpustakaan Herbal

Halo teman Dee, apa kabarnya? Semoga selalu sehat ya. Terima kasih sudah mau mampir ke deestories, kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia, suka traveling dan kuliner. 

Hari ini saya mau cerita tentang Perpustakaan Herbal Surabaya. Hmm dari namanya saja unik, ya. Perpustakaan Herbal, apakah didalamnya hanya terdapat buku-buku tentang herbal? Kenapa namanya Perpustakaan Herbal? 

Sabar, baca artikel ini sampai habis ya!

Perpustakaan di Surabaya

Sebenarnya sudah seminggu ini teman-teman di grup menulis membahas tentang perspustakan. Maklum TTM kali ini temanya "Perpustakaan Kotaku". Wah tema yang menarik. Apalagi buat saya yang tinggal di Surabaya. 

Arek Suroboyo seperti saya ini wajib bersyukur. Surabaya surganya literasi. Tidak hanya perpustakaan milik pemerintah saja yang ada disini. Banyak juga perpustakaan swasta yang koleksinya lengkap dan instagramable. 

Belum lagi keberadaan TBM (Taman Baca Masyarakat). Jumlah TBM di Surabaya ada sekitar 463. Tak heran jika Surabaya juga dijuluki sebagai Kota Literasi.

Baca Juga : Jelajah Wisata Literasi di Surabaya

Diantara banyaknya perpustakaan dan TBM di Surabaya, ada satu perpustakaan yang unik. Perpustakaan yang tidak hanya mendorong peningkatan literasi masyarakat saja, tetapi juga memberdayakan masyarakat di sekitarnya. 

Perpustakaan Herbal, adalah salah satu perpustakaan di Surabaya. Perpustakaan ini tak hanya unik, tapi juga kaya prestasi. 

Perpustakaan Herbal

Perpustakaan Herbal

Perpustakaan Herbal ini terletak di Jalan Nginden VI, RT 9 RW 5, Kelurahan Nginden, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Perpustakaan ini mulai dirintis sejak tahun 2012. Namun pengesahannya baru dilakukan pada tahun 2016. Perpustakaan ini adalah hasil kerjasama warga setempat dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. 

Baca Juga : Asyiknya Liburan ke Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya

Mengapa diberi nama Perpustakaan Herbal? Sebab perpustakaan ini terletak di Kampung Herbal. Ya, sudah sejak tahun 2008 Jalan Nginden IV dinobatkan sebagai Kampung Herbal. 

Disini banyak sekali budidaya tanaman herbal. Tanaman herbal hasil budidaya masyarakat setempat bahkan sudah dijual di beberapa daerah di luar Surabaya. Kampung Herbal juga sering menjadi tempat penelitian tanaman herbal di Surabaya. 

Pada tahun 2012, perpustakaan hadir di tengah-tengah Kampung Herbal ini. Awalnya perpustakaan hanya berukuran 6 x 3 meter. Kemudian, seiring berjalannya waktu, pembangunan mulai diperluas. 

Koleksi Buku Perpustakaan Herbal

Koleksi buku Perpustakaan Herbal ini cukup lengkap, lho. Ada 2011 koleksi. Buku-buku tersebut punya tema yang beragam. Mulai dari kategori buku yang mengulas sosial budaya, politik, serta pemberdayaan anak-anak. 

Buku-buku dengan tema herbal ada sekitar 500 koleksi. Ada satu buku favorit di Perpustakaan Herbal, yaitu buku yang berisi tentang cara menanam herbal dan cara pembuatan minuman herbal yang dikemas secara bagus dan ramah untuk anak-anak  Wah, nampaknya menjadi herbalis digemari oleh pengunjung anak-anak di perpustakaan ini. 

Fasilitas Perpustakaan Herbal

Perpustakaan Herbal ini tidak hanya punya banyak koleksi buku yang bisa dibaca, tapi juga punya beberapa fasilitas pendukung. Seperti alat peraga edukasi (APE), komputer, tempat yang luas dan nyaman, hingga WiFi.

Perpustakaan Herbal

Bahkan, perpustakaan ini juga menyediakan buku bersuara bagi pengunjung tuna netra. Ada juga e-book yang bisa diakses oleh warga sekitar dengan cara scan barcode. Ya, disekitar perpustakaan ini setiap rumah warga akan ditempeli stiker barcode yang bisa dimanfaatkan untuk meminjam e-book. 

Perpustakaan Herbal

Kegiatan di Perpustakaan Herbal

Di Perpustakaan Herbal ini pengunjung tidak hanya membaca buku saja. Tetapi bisa belajar tentang herbal secara langsung. Pengunjung bisa belajar menanam herbal di lahan sekitar perpustakaan. Bahkan, pengunjung juga bisa praktik langsung membuat olahan dari herbal, seperti membuat wedang jahe. 

Perpustakaan Herbal

Ilmu herbal yang didapat dari buku bisa langsung di praktikkan. Tentu ini akan lebih membekas dan menyenangkan, ya! 

Selain itu, Perpustakaan Herbal ini juga punya banyak kegiatan seputar literasi dan pendidikan. Mulai dari berlatih mendongeng, pelatihan menulis, bimbel/les gratis, membuat prakarya, permainan edukatif hingga menggambar. 

Oh ya, ada juga Klub Kita di Perpustakaan Herbal ini. Disini anak-anak bisa belajar banyak hal yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan literasinya. 

Baca Juga : Perpustakaan Masjid Agung Surabaya

Perpustakaan Herbal tak hanya meningkatkan literasi masyarakat saja, tetapi juga memberdayakannya. Tanaman herbal yang tumbuh disekitar masyarakat bisa diolah menjadi produk-produk bernilai ekonomi. 

Prestasi Perpustakaan Herbal Surabaya

Tak hanya unik, perpustakaan ini juga kaya prestasi. Di tahun 2021, Perpustakaan Herbal menjadi juara satu perpustakaan terbaik di Jawa Timur. Ini membuat Perpustakaan Herbal menjadi perwakilan Jawa Timur di kancah nasional. Dan siapa sangka, akhirnya Perpustakaan Herbal ini meraih juara dua perpustakaan terbaik di tingkat nasional. 

Jam Layanan Perpustakaan Herbal

Sebelum pandemi, Perpustakaan Herbal ini bisa diakses setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Tetapi saat pandemi, perpustakaan tutup dan hanya melayani secara virtual. 

Tetapi seiring berjalannya waktu, Perpustakaan Herbal membuka layanannya. Tentunya dengan mengikuti kebijakan pemerintah terkait pandemi COVID-19 dan dengan melakukan protokol kesehatan yang ketat. 

Jadi bagaimana teman-teman? Adakah yang tertarik berkunjung ke Perpustakaan Herbal ini? Atau mungkin ada yang sudah pernah berkujung kesini? 

Ditunggu ceritanya di kolom komentar, ya.

Terima kasih.

86 komentar

  1. Waahh, ku baru ngeh ada juga ya Perpustakaan Herbal, dari namanya aja udah kepo dan ternyata memang ditempat itu banyak sekali budidaya tanaman herbal.
    Salut banget tanaman herbal hasil budidaya masyarakat setempa, apalagi sudah mulai dijual ke daerah di luar Surabaya.
    Keren banget kalo Kampung Herbal juga sering menjadi tempat penelitian tanaman herbal di Surabaya. Semoga kalo ke SBY aku bisa mampir ke sini, temenin yaaa!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi ide juga lho Teh, di kampung kita khasnya apa lalu buat juga perpustakaan yang sama, hehehe... Jadi membawa nama darah juga. Yuk pasti bisa ...

      Hapus
  2. Perpustakaan herbal jual herbal untuk umum kah? Apakah ada daftar herbal yang dijual? Atau punya toko online kayak di SHopee gitu? Soalnya keluarga kami rutin mengkonsumsi herbal. Selama ini pemesanan biasanya kami lakukan ke toko herbal di Rangkasbitung.

    BalasHapus
  3. Ohhh, ada di Nginden ya mbaaa
    kayaknya aku belum pernah ke sini.
    menarik banget ini mahhh, secaraaa aku juga hobi minum beras kencur dan temulawak bikinan mba ART di rumah mertua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah yuk mbak kalo pas ke Surabaya kita main kesini bareng..kayaknya asik deh...nambah pengetahuan banget ini...

      Hapus
  4. Interior perpustakaan zaman sekarang bagus-bagus banget ya. Ngikutin tren yang sedang berkembang. Tujuannya bagus banget untuk menarik minat baca masyarakat.

    Wow banyak banget koleksi buku di perpustakaan herbal Surabaya, ada 2011 buku. Jauh sekali lokasinya di Surabaya kakak.

    BalasHapus
  5. Namanya unik ya, Kak. Perpustakaan herbal. Saya mengira bahwa ini adalah tempat koleksi herbal gitu. Jadi bisa menjadi tempat pembelajaran juga.

    Ternyata perpustakaan. Keren.

    BalasHapus
  6. Unik banget perpustakaannya, menggabungkan buku dan tanaman herbal... Pengen banget bisa main ke sana... Pasti bakal dapat ilmu dan wawasan baru yang seru...

    BalasHapus
  7. Kalau sudah memiliki predikat juara satu perpustakaan terbaik seprovinsi itu sih udah pasti perpustakaan yang memiliki kelas, dong. Semoga saya ada waktu dan kesempatan bisa berkunjung ke perpustakaan unik ini. Aamiin ...

    BalasHapus
  8. Kereen..
    Perpustakaan Herbal menjadi juara satu perpustakaan terbaik di Jawa Timur.

    Ini terobosan unik dan menjadi rujukan sebelum menggunakan obat-obatan kimia.

    BalasHapus
  9. Perpustakaan herbal? Keren, deh! Rasanya pingin ke sana dan melihat langsung perpustakaannya dan kegiatan di sana. Tapi sayang jauuuh, hehehe. Semoga perpustakaan herbal semacam ini bisa tersedia di mana-mana.

    BalasHapus
  10. Waw keren ya mba ada perpustakaan herbal. Bener bener unik. Kayaknya perpustakaan herbal jangan jangan cuma ada di surabaya aja saking uniknya. Dan aku salut banget ikh ama masyarakat di sana yang budidaya herbal gitu sampai jadi perpustakaan gini. Perpustakaan herbal ini cocok juga menurut aku buat fieltripnya anak anak ya

    BalasHapus
  11. Unik juga namanya ya kak... Awalnya saya mengira perpustakaannya berisi buku tentang herbal semua. Ternyata berada di kampung herbal.

    BalasHapus
  12. di Yogyakarta juga ada seperti ini tapi punya perusahaan swasta sidomuncul. Indonesia kaya herbal yang bermanfaat bagi tubuh kita

    BalasHapus
  13. Salah satu tempat favorit saya adalah perpustakaan, Mbak. Makanya kartu anggota perpustakaan saya banyak. Kalau pas tinggal di Surabaya, saya pasti happy hehehe. Dan perpustakaan hebal ini sangat unik dan jarang ada di kota lain. Serunya diajak menanam tanaman herbal juga. Semoga bisa mampir ke sini.

    BalasHapus
  14. Keren, ada perpustakaan herbal di Surabaya. Kebayang lingkungan yang nyaman untuk membaca dan belajar tentang tanaman herbal. Anak-anak kudu diajak berkunjung ke sini nih, karena banyak habit baik yg ditanamkan pd mereka.

    BalasHapus
  15. Belajar tentang herbal bikin lebih mudah nih karena ada perpustakaan herbal. Jadi bisa lihat langsung juga

    BalasHapus
  16. Kalau ke Surabaya mau main ke sini ah. Bagus banget pengembangan perpustakaan herbal. Anak juga jadi belajar mengenal tanaman herbal dengan baik dan menyenangkan. ada alat peraga juga ya mba

    BalasHapus
  17. Menarik ini apalagi perpustakaan herbalnya ada buku untuk anak-anak. Jadi terinspirasi untuk bikin cerita anak tentang herbal hehe..

    BalasHapus
  18. Baru tahu nih ada perpustakaan herbal..bisa jadi pilihan destinasi kalo aku ke Surabaya.. Apalagi lokasinya gampang ya ...yuk ah cuzzz

    BalasHapus
  19. Asyik banget nih, semoga kapan-kapan ada rezeki main ke sana... Bisa menjadi tujuan wisata edukasi literasi dan tanaman herbal bareng anak-anak...

    BalasHapus
  20. Beneran baru tahu banget ada perpustakaan herbal, padahal ya enggak jauh dari rumah. Bisa jadi salah satu pilihan tempat belajar anak mengenal aneka obat-obatan herbal nih.

    BalasHapus
  21. Baru kali ini aku nemu perpustakaan kayak gini. Selain buku, anak-anak juga akan mengenal tanaman herbal. Ponakanku kalau diajakin ke sini pasti suka nih. Keinget pas sebelum pandemi aku ajakin ke Perpus Provinsi dan dia suka banget :)

    BalasHapus
  22. menarik sekali ini mba dee, baru kali ini dengar perpustakaan herbal yang ramah anak gitu, cocok buat belajar tentang toga ya pada anak anak ya

    BalasHapus
  23. Hwaaa penasaraaaan. ada perpustakaan herbal di surabaya. kapan2 mau mampir juga aahh. otw catetin alamatnya dulu hihi. Apalagi bisa ngajak anak2 juga yaa masuk kesana

    BalasHapus
  24. wah asyik nih, bukan cuma bisa baca buku aja tapi kita bisa banyak belajar soal herbal juga. sayang jauh banget euy di surabaya 😅

    BalasHapus
  25. wow, keren banget ternyata. Bisa dikatakan ini perpustakaan yang jadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Salut banget buat pemrakarsanya. Butuh orang-orang yang gigih dan konsisten untuk mewujudkan perpustakaan yang keren kayak gini.

    BalasHapus
  26. Wah, koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan Herbal ini banyak amat, 2011 lho. Gimana itu ya bacanya? Hiihihi.... Patut kita kunjungi nih ajak anak2 dan suami juga. Dengan sering membaca buku2 herbal, insya allah hati kita tergerak untuk bergaya hidup lebih sehat deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi fasilitasnya cukup oke dan lengkap ya ada wifi segala. Trus masyarakat bisa scan barcode e-book nya juga. Sayang banget kalau ga dimanfaatkan sebaik2nya mumpung ada perpustakaan herbal di Surabaya ini. Kapan2 aku mau mampir ah kalau pas ke Surabaya.

      Hapus
  27. wah penasaran jadi pengen datang ke sana buat lihat perpustakaanya seperti apa seru pastinya niy. baru dengar saya, kalau ke Surabaya wajib banget datang ke sana ini mah

    BalasHapus
  28. Wah, aku baru tahu nih ada perpustakaan herbal. Penasaran pengen berkunjung. Sepertinya harus masuk ke list nih kalau ke Surabaya, sekalian buat edukasi ke anak-anak juga.

    BalasHapus
  29. Ku barubtahu ada perpustakaan herbal di Surabaya.

    Udah gitu, fasilitas pendukungnya termasuk lengkap ya. Ada alat peraga edukasi (APE), komputer, tempat yang luas dan nyaman, plus WiFi. Uhuyyy

    BalasHapus
  30. Suka banget sama idenya nih..
    Perpustakaan Herbal yang mengedukasi masyarakat dan membuat masyarakat senang dengan dunia literasi.

    BalasHapus
  31. Sekarang banyak konsep perpustakaan yang unik. Asik banget lihat anak-anak itu belajar di taman. Kira-kira ada program semacam acara khusus mengenalkan tanaman herbal ke anak-anak gak di sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak Chie..
      perpustakaan unik membuat kita semua bisa berkumpul kembali bersama teman seusia dan membaca buku bersama.

      Terobosan baru juga bahwa ada buku untuk tuna netra.

      Hapus
  32. Bagus banget mbaa, seandainya ada di kotak bisa sering-sering menggali lebih banyak mengenai herbal. Mudah2an bisa ke Surabaya setelah pandemi pengen ke Perpustakaan Herbal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kotaku saat ini perpustakaan buku saja masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui lokasinya. Kadang aku mikir apa kurang sosialisasi

      Hapus
  33. selain buku-buku, di perpustakaan herbal surabaya juga dilengkapi beberapa fasilitas seperti alat peraga edukasi (APE), komputer, tempat yang luas dan nyaman, hingga WiFi.Keren deh!

    BalasHapus
  34. Baru tahu ada perpustakaan herbal seperti ini pasti akan bantu edukasi seputar herbal ke masyarakat. Ga hanya bisa baca bukunya tapi belajar langsung apa herbal itu.Wah, kaya prestasi juga ya, keren pengelolanya

    BalasHapus
  35. Suananya perpustakaannya kayak di cafe coffee gitu yaa, estetik banget tempatnya dan bersih tentunya.. Keren nih semoga dengan adanya perpustakaan ini semakin banyak orang berkunjung dan menjaga kebersihannya

    BalasHapus
  36. Baru tau aku ada perpustakaan herbal mbak keren bener nih. Interiornya juga kece ya mbak. Harus banget ngajak anak2 main ke sini

    BalasHapus
  37. unik banget namanya dan tentu saja kece banget sih tempatnya..udah lama banget deh pengen ke perpustaan apalagi kebanyakan tentang herbal ya mba

    BalasHapus
  38. Perpustakaan herbal ini keren, ya.Menyediakan bukujuga bersuara bagi pengunjung tuna netra. Ada juga e-book yang bisa diakses oleh warga sekitar dengan cara scan barcode. Kereen!

    BalasHapus
  39. Melihat koleksi dan tata ruang yang bagus, memang pantas nih. Perpustakaan Herbal menjadi perpustakaan terbaik di Jawa Timur. Dan ini bener-bener menginspirasi semuanya.

    BalasHapus
  40. Perpustakaan herbal cocok banget dijadikan wisata edukasi, biar anak-anak lebih mengenal tanaman herbal yang kaya manfaat, apalagi banyak tersedia buku-buku dan contoh tanaman herbal, jadi anak-anak bisa belajar dan tahu bentuk tanaman herbal tersebut.

    BalasHapus
  41. wah menarik ya ada perpustakaan herbal di Surabaya. Memang ini salah satu fungsi perpustakaan ya menjadi ranah ilmu pengetahuan, salah satunya tentang tanaman herbal. banyak juga koleksi bukunya ya dan ada herbal zonenya sekalian. saran saya, mungkin sebaiknya ditambah ada kebun tanaman herbal di sekitar perpustakaan biar tambah komplit

    BalasHapus
  42. Duh aku belum pernah ke perpustakaan di kotaku sendiri nih mbak, malah ke Jakarta larinya. Unik juga ya di sana ada perpustakaan herbal

    BalasHapus
  43. KEren juga nih ada Kampung Herbal dengan perpustakaan Herbal. Koleksi bukunya juga banyak banget, aku sampai penasaran nih pengen kesana kalo sedang di Surabaya.

    BalasHapus
  44. Loh. Aku arek Suroboyo domisili Ngagel dadi kok baru ngerti ada perpustakaan Herbal di Nginden? Waduh. mainnya kurang jauh apa kejauhan ini? hehe.
    Hebat ya. Bisa sampai juara nasional.
    Insya Allah kapan2 aku berkunjung ah sama anak-anak.

    BalasHapus
  45. Semoga suatu saat bisa ke sana. Pasti buku-bukunya mengayakan dan mencerahkan. Paling suka banget duduk diam di perpus.

    BalasHapus
  46. Keren banget nih perpustakaan herbal jadi pngen ksana mau tahu informasi tentang tanaman herbal dan manfaatnya

    BalasHapus
  47. Tertarik banget, mbak... Masuk nih di daftar destinasi yang bakal dikunjungi kalau suatu saat ada rezeki ke Surabaya. Ajak anak-anak pasti seru deh.

    BalasHapus
  48. Unik banget ini ada perpustakaan herbal di Surabaya, aku jadi penasaran semoga bisa kunjungan kesana saat liburan nanti. Agar anak-anak bisa ikut bereksplorasi

    BalasHapus
  49. senang banget pasti nih kalau anak-anak diajak ke Perpustakaan Herbal gini, dan asyik yaa warga di sekitar Perpustakaan bisa ikut baca buku juga tanpa harus ke Perpus dong ya karenaa bisa scan barcode aja dari rumah :)

    BalasHapus
  50. Jam Layanan perpustakaan hingga pukul 4 sore memungkinkan buat pulang kerja untuk mampir ke sini Aku kabarin sodaraku di sana ah :) Makasih mbaaa

    BalasHapus
  51. Luar biasa, ada aja idenya dan hebat bisa diwujudkan :)

    BalasHapus
  52. Waahh..menarik banget itu perpusnya..bisa jadi salah satu itinerary kalo ke Surabaya nih.

    BalasHapus
  53. Auto masukin Perpus Herbal jadi Must Visit Spot kalau ke Surabaya.
    Pasti bakal banyak pengalaman berkesan. Pastinya juga update bacaan herbal versi super komplit.

    BalasHapus
  54. Ukuran ruangan yang tadinya kecil, kini meluas dan berkembang. Wow, koleksi buku-bukunya keren banget udah sampai 2000 lebih. Pasti nih banyak banget buku-buku yang menarik dan bermanfaat.

    BalasHapus
  55. Keren deh Perpustakaan Herbal. Bisa nanam tumbuhan herbal dari buku yang kita baca. Bahkan tersedia untuk penyandang tunanetra juga. Jadi pengin berkunjung ke Perpustakaan Herbal ini.

    BalasHapus
  56. wuah bikin penasaran mba perpustakaan herbal ini, awalnya aku kira perpustakaan khusus untuk tumbuh-tumbuhan. hihihi.

    sayang yah sekarang lagi pandemi padahal perpus ini tempat yang menarik untuk dikunjungi bersama dengan anak-anak selain bisa membaca tentunya juga bisa melakukan hal lainnya apalagi disini ada ape dan komputer juga.

    BalasHapus
  57. menarik nih mba baru tau aku kalo ada perpustakaan herbal di surabaya, komplit dan ada untuk tuna netra juga. patut diapresiasi nih.. apalagi sekarang memang gaya hidup sehat juga sudah banyak diminati oleh warga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener. Makin ke sini makin banyak yang peduli akan gaya hidup sehat. Jadi kehadiran perpustakaan herbal Surabaya ini tuh penting banget.

      Hapus
  58. Konsep perpustakaan yang sangat menarik. Pastinya lebih bisa menarik pengunjung. Apalagi yang demen coba-coba hal baru, pasti suka main ke perpustakaan ini. Rasanya pingin bikin juga di Palembang, soalnya kebun herbalnya sudah ada.

    BalasHapus
  59. Wah, lama nggak ke Surabaya. Dapat info perpustakaan ini jadi pengen ngajakin anak-anak nih mba. Smeoga bisalah ya.

    BalasHapus
  60. Keren banget nih banyak perpustakaan di Surabay, perpustkaan herbal unik banget nih, pastinya seru bisa berkunjung ke sana dan belajar banyak tentang herbal di sana

    BalasHapus
  61. Unik mbak, jadi pengunjung bisa mendapatkan pengetahuan tidak cuma dari buku,tapi bisa praktik langsung khususnya, mengenai tanaman herbal. Keren. .

    BalasHapus
  62. Belum sempat ke sini aku mbaaa
    Surabaya ujan muluuu beberapa hari belakangan.
    kapan2 deh, mau bgt cuss ke sini

    BalasHapus
  63. asyik nih ada kampung herbal yang punya perpus di surabaya. kapan2 mampir ah

    BalasHapus
  64. Sebagai pencinta herbal, saya jadi bercita-cita, suatu hari kalau sedang ke Surabaya pengen mampir ke perpustakaan herbal yang diceritakan mbak Dee di sini.

    BalasHapus
  65. Kampung herbal membangun perpustakaan herbal. Selaras banget jadinya ya mbak. Jadi kalau main atau travelling suatu saat ke kampung herbal ini, sekalian bisa mengunjungi perpustakaan nya. Banyak juga koleksi bukunya sampai 2011. Isinya pasti banyak membahas herbal Indonesia di samping herbal asing ya mbak

    BalasHapus
  66. 2012 aku dah minggat dari Surabaya pantesan barusan tahu perpusatakaan ini. Asyik banget gak hanya anak kecil, org dewasa pun juga bisa ya belajar mengenai tanaman dan obat herbal di sana / Bisa jd rujukan anak2 farmasai yg skripsi gtu jg kali ya hehe
    Semoga nanti pas mudik bisa ajak anak2 ke sana

    BalasHapus
  67. Menarik banget ya perpustakaan herbal ini, bisa baca buku di sana sambil belajar tentang herbal juga. Nanti kalau ke Surabaya mau mampir sana ah. Alamatnya juga udah lengkap bgt, bisa cari di gmaps juga kan mbak?

    BalasHapus
  68. jadi perpustakaan herbal di Surabaya fungsinya meningkatkan literasi membaca buku, memperkenalkan herbal pada semua pengunjungnya juga

    BalasHapus
  69. Menarik banget, ada ribuan koleksi buku yang bisa dipinjam. Masih tambah bisa praktik menanam maupun mengolah hasil tanaman herbal. Cocok nih buat wahana edukasi anak-anak

    BalasHapus
  70. Asyik ya,bisa berkunjung ke Perpustakaan Herbal. Pengunjung bisa belajar menanam herbal di lahan sekitar perpustakaan. Bahkan, bisa praktik langsung membuat olahan dari herbal, seperti membuat wedang jahe.

    BalasHapus
  71. Penasaran banget, andai dekeuut. Bagus konsepnya ih sukaaa 😍 alhamdulillah sekarang udah mulai lagi ya, nggak virtual lagi.. anak2 juga pasti seneng perpus kayak gini ya. Fresh

    BalasHapus
  72. Wah iya, dengan adanya perpustakaan jenis ini aja udah unik ya. Apalagi dengan melihat isinya. Berbagai macam data tentang herbal ada. Duh kepengen deh bisa main ke sana. Aku paling suka yang begini. Bisa nyari bahan buat nulis bukuku nih. Pastinya lengkap. Selama ini aku ngandelin yang ada dan studi literatur online. Semoga nanti berkesempatan main ke sana 😍

    BalasHapus
  73. Baru tahu ada perpustakaan herbal di Surabaya Mba. Unik banget, jadi pengen ngunjungin. Anak-anak pasti seneng ke sini, bisa belajar langsung dari perpustakaan herbal

    BalasHapus
  74. Wah keren banget ini mah...Mana perpusnya juga mengikuti perkembangan digital dengan menyediakan ebook. Juga ramah difabel tunanetra karena punya audibook. Saluuuuuut buat Perpustakaan Herbal.

    BalasHapus
  75. Salut banget sama warganya. Udah bikin kampung herbal, trus bikin perpustakaanya juga. Kelihatan kalau warganya rukun dan kompak. Saya membayangkan, penghuni kampung herbal ini orangnya sehat-sehat dan bahagia sentosa. Inspiratif banget. Yang seperti ini harus sering diekspos. 😊👍

    BalasHapus
  76. Di Surabaya banyak juga ya Mak Taman Bacanya, nyaris 500an. Soal taman baca herbal, kulikir cuma ada buku2 tentang herbal aja, ternyata lengkap ya koleksi bukunya.

    BalasHapus
  77. iya, unik banget ya mbak ada perpustakaan herbal begini. semoga diikuti oleh perpustakaan perpustakaan lainnya di seluruh Indonesia. Salah satu kekayaan negeri kita ini adalah banyaknya tanaman obat dan rempah. Jadi keberadaan perpuskaan herbal ini akan menyimpan berbagai macam kekayaan tanaman obat dan rempah.

    BalasHapus
  78. Waah keren ya, Mba. Ini bisa buat perpustakaan herbal gini. Hasil dari gotong royong penduduknya. Andai ini dikelola baik. Mgkn bs ditiru oleh daerah2 lain

    BalasHapus
  79. Kreatif! Kalau ke Surabaya perlu mampir ke perpustakaan herbal. Di sini bisa baca buku dan praktik mengenal tanaman herbal. Kalau level 1 sekarang ini apa sudah buka?

    BalasHapus
  80. Kalau ke Perpustakaan herbal ini, bisa dengan mudah memahami bahan-bahan herbal nih. Selain itu, bisa banget nih dicontoh daerah lain.

    BalasHapus