Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tips Sukses Perjalanan Bisnis agar Urusan dengan Klien Berlangsung Lancar

 

Sewa mobil Jakarta

Urusan pekerjaan atau bisnis tentu membuat kamu kerap bepergian ke luar kota. Maklum saja, kamu memang harus gencar melakukan pendekatan dengan klien potensial yang berada di luar daerah agar lekas mencapai kesepakatan bisnis. Agar perjalanan bisnis berlangsung lancar, kamu harus melakukan persiapan matang ketika merencanakan keberangkatan.

Beberapa tips tentang persiapan perjalanan bisnis berikut ini akan membantu memperlancar urusan bisnismu dan klien di luar kota:

Memilih Moda Transportasi yang Tepat

Keberangkatan ke luar kota sebaiknya mengandalkan moda transportasi berupa kereta api atau pesawat terbang supaya tidak membuat kamu cepat lelah. Namun, alangkah lebih baik jika kamu menyewa mobil ketika sampai di kota tujuan supaya mobilitasmu bisa berjalan lancar. Bila kamu berasal dari luar daerah dan sedang melakukan perjalanan bisnis di Jakarta, kamu bisa mencari rental mobil Jakarta secara mudah melalui Traveloka. Layanan Traveloka tersebut akan membantumu mencari penyewaan mobil sesuai kebutuhan. Kamu bebas memilih sewa mobil lepas kunci atau sewa mobil beserta supir untuk mendukung perjalanan bisnis di Jakarta. Traveloka menyediakan informasi lengkap tentang rental mobil terpercaya dengan tarif sewa kompetitif.

Baca Juga : Ini 6 Keuntungan Naik Travel untuk Pergi Liburan

Menyiapkan Materi Pekerjaan atau Bisnis yang Akan Digunakan

Materi pekerjaan atau bisnis yang akan digunakan adalah hal penting yang harus pertama kali disiapkan ketika merencanakan perjalanan bisnis. Jadi, jangan lupa menyiapkan sejumlah dokumen, materi presentasi, dan gadget untuk memudahkan proses bisnis. Kamu juga wajib menyiapkan salinan dokumen dan menyimpan hardcopy serta soft copy­­ yang disimpan di cloud atau email untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Membawa Pakaian yang Nyaman dan Rapi

Pakaian yang akan dikenakan saat bertemu klien di luar kota tentu harus nyaman dan rapi. Oleh sebab itu, Kamu wajib membawa beberapa pakaian formal, misalnya kemeja, celana panjang, rok, kaos kerah, atau blazer yang warnanya netral. Bila pakaian tersebut sudah kusut saat sampai di kota tujuan, sempatkan waktu untuk menggunakan jasa laundry atau setrika uap di hotel. Sehingga penampilanmu akan kelihatan rapi dan profesional saat berhadapan dengan klien

Sewa Mobil Jakarta

Jangan Lupa Membawa Buah Tangan

Membawa oleh-oleh bukanlah suatu kewajiban ketika bertemu klien bisnis di luar kota. Namun, hal sederhana tersebut bisa menunjukkan itikad baikmu terhadap klien sehingga profesional akan terjalin secara lebih akrab. Kamu bisa membawakan oleh-oleh berupa barang unik atau makanan khas yang tidak mudah basi. Kemaslah oleh-oleh secara rapi dan menarik agar mudah dibawa klien bisnismu.

Menggunakan Koper dengan Kapasitas yang Tepat

Jika kamu hanya melakukan perjalanan bisnis dalam waktu singkat, tentu saja kamu tidak membutuhkan koper yang ukurannya terlalu besar. Kamu bisa menyiapkan koper berukuran sedang yang materialnya berkualitas agar tidak mudah rusak saat digunakan. Pilihlah koper dengan fitur kunci ganda sehingga keamanan barang-barangmu lebih terjamin selama melakukan perjalanan bisnis.

Menjaga Keamanan Barang-Barang Bawaan

Melakukan perjalanan bisnis sendirian memang membuatmu harus ekstra cermat melindungi barang-barang bawaan. Kamu harus melakukan beberapa hal berikut ini agar barang-barang bawaanmu tidak hilang atau tercecer:

  • Memisahkan barang berharga (seperti gadget, laptop, atau perhiasan) di hand carry agar barang-barang tersebut selalu berada di dekat Anda.
  • Menggunakan koper atau warna yang motifnya unik sehingga tak gampang tertukar dengan koper milik orang lain. Bila tak punya koper yang motifnya unik, kamu bisa menyiasatinya dengan memasang pita, gantungan kunci, pin, atau benda-benda lainnya sebagai penanda.
  • Memasang gembok tambahan supaya koper tidak mudah dibobol pencuri.
  • Mengandalkan proteksi dari asuransi perjalanan yang dapat melindungi barang bawaan. Bentuk proteksi ini akan meminimalkan kerugian bila kamu menjadi korban pencurian.
  • Menyiapkan tas khusus berukuran kecil untuk menyimpan barang-barang penting seperti smartphone, KTP, dan surat penting lainnya sehingga kamu tidak repot membuka koper selama berada di perjalanan.

Menyiapkan Bekal Makanan dan Rencana Makan yang Tepat

Jangan mengabaikan manfaat makan saat melakukan perjalanan bisnis. Kamu harus mengonsumsi makanan bergizi agar tetap sehat dan bisa menyelesaikan urusan bisnis secara maksimal. Jadi, jangan lupa patut melakukan beberapa persiapan ini agar tak rentan sakit akibat salah makan:

  • Menyiapkan bekal makanan berat dari rumah untuk disantap di perjalanan.
  • Membawa camilan berupa roti, biskuit, atau energy bar untuk menunda lapar saat kamu sedang tak sempat makan atau tidak bepergian ke luar penginapan.
  • Usahakan untuk tidak membeli makanan di luar karena biasanya makanan tersebut dijual dengan harga mahal, porsi sedikit, dan kehigienisannya kurang terjamin.
  • Memilih tempat makan yang bersih dan ramai pengunjung di kota tujuan.

Melakukan Persiapan Penting Lainnya

Beberapa persiapan penting lainnya yang tak boleh dianggap remeh sebelum melakukan perjalanan bisnis, yaitu:

  • Menyiapkan kelengkapan identitas pribadi seperti KTP, sertifikat vaksin, Surat Perintah Kerja, dan surat hasil tes PCR atau swab antigen untuk memperlancar administrasi perjalanan bisnis.
  • Membawa obat-obatan dan suplemen sebagai langkah antisipasi untuk menjaga kesehatan.
  • Mengisi kuota internet supaya tidak repot bila membutuhkan konektivitas internet untuk berkomunikasi, mengakses map, atau menggunakan layanan ojek online.
  • Mengunduh berbagai aplikasi penting (terutama aplikasi PeduliLindungi) yang akan digunakan selama perjalanan bisnis berlangsung.
  • Memastikan bahwa semua charger (untuk smartphone maupun laptop) sudah dibawa ketika akan berangkat.

Kalau kamu terbiasa melakukan perjalanan bisnis, niscaya kamu tak akan kerepotan lagi mempersiapkannya secara teliti. Nikmati perjalanan bisnismu dan dapatkan pengalaman baru yang lebih menantang selama berada di kota lain.

65 komentar

  1. Ide bagus nih bawa bekal. Lebih praktis, hemat waktu dan dana ya

    BalasHapus
  2. Wah, traveloka punya sarana buat rental mobil di Jakarta. Jadi mau mencoba akh. Kira-kira nyoba mendatangi destinasi mana, ya? Hehehe

    BalasHapus
  3. Jangankan perjalanan bisnis ya, perjalanan liburan aja butuh persiapan.
    Apalagi buat kerja kan ya.

    Semua hal wajib diperhatikan, termasuk perintilan-perintilan, kalau saya biasanya over thihnking. semacam mikir role playing sendiri hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak, persiapan kudu matang dilakukan ya.
      Semua perintilannya, jangan sampai tertinggal. Kalau bisa sih dibuat list nya hehe

      Hapus
    2. Hahaha iya, meskipun udah ditulis kadang masih sering sering ketinggalan dan bikin kepikiran. Menulis dan mengecek ulang persiapan berulang-ulang adalah salah satu antisipasi yang bisa dilakukan.

      Hapus
  4. Idenyq boleh juga nih Mbak Dee.. menambahkan pita, gantungan dan sebagainya pada koper agar tidak tertukar dengan milik orang lain.

    BalasHapus
  5. Suami saya kalo mau perjalanan bisnis, dia pasti bersakit-sakit dahulu, bersenang kemudian. Artinya, dia siapin semua bahan, bahkan prediksi yang bakal dibahas di meetingnya nanti sejak dari rumah. Udah rapi jali. Jadi, pas hari-H dia gak banyak kerjaan, trus bisa traveling singkat deh. Hahaha. Prinsipnya sama banget dengan saya dulu.

    BalasHapus
  6. hiks, baca tulisan Mbak Dee jadi pingin banget ke Jogja

    karena sebelum pandemi udah punya rencana ke sana

    eh tertunda hampir 2 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi rindu travelling yaa, Ambu.
      Sekarang sudah mulai nih...Ambu kalau mau travelling dengan aman di masa pandemi dengan Melakukan Persiapan Penting seperti saran DK.

      Selamat Travelling kembali, Ambu.

      Hapus
  7. Aku juga sllu bawa tas kecil / Sling yang bisa selalu dibawa2. minimal isinyaa dompet dan hp. Jadi lebih aman...

    BalasHapus
  8. Aku enggak pernah melakukan perjalanan bisnis mbak, tapi aku menjadi orang yang bertanggung jawab ketika mau jalan-jalan atau pulang kampung. Jadi tim packing, nyiapin snack, dan lain-lain. Jadi merasa relate banget dengan tulisan mbak DEE

    BalasHapus
  9. Kalau perjalanan bisnis belum pernah kak.
    Seringnya perjalanan Diklat hehe, tapi iya tetep persiapan dan kopernya kudu prepare jauh² hari

    BalasHapus
  10. Setujuuuuuuu!!!

    Memang sebaiknya pilih koper yang ada gemboknya ketika akan perjalanan bisnis

    Tujuannya supaya aman dan ba4ang tidak tercecer jika koper tiba-tibae terbuka ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah apalagi perjalanan jauh udah gitu si koper nggak bisa dibawa ke dalam kabin pesawat alias harus lewat kargo. Kalo nggak digembok, sedih banget kalau misal isinya ada yang hilang atau gimana gimana ya kan. Duhduh.

      Hapus
  11. Bener banget, makasih tipsnya Mba Dian. Emang kalau mau perjalanan ke luar Kota itu mesti banyak yang harus dipersiapin meski hal kecil sekalipun. Koper, barang bawaan, jasatjasa kuota internet dan lainnya.

    BalasHapus
  12. Wa iya perbekalan itu penting banget apalagi kslau kita punya masalah pencernaan ya. Kalau aku beli kopernya warna gonjreng dan dipasang stiker stiker jd eyecatching dr jauh hehe

    BalasHapus
  13. Meski sering traveling dan mengikuti trik dan tips persiapan sebelum berangkat, kadang ada aja yang kelewatan ya. Kadang malah kelupaan hal-hal kecil yang kalau tidak dibawa jadi runyam. Akhirnya terpaksa deh nyari mini market atau belanja lagi hahaha. Beli barang yang sama.

    BalasHapus
  14. Mantab betuuulll ini tipsnya mba
    akupun juga selalu ngurusin logistik alias makanan supaya semua perjalanan lancar jaya dan ga ada yg cranky :D

    BalasHapus
  15. Wah, poin-poin yang disampaikan utk melakukan perjalanan bisnis bisa jadi refrensi dan saran yg bagus
    Tentu kan dlm tiap perjalanan yg dilakukan bisa berjalan baik dan lancar oleh karenanya prepare nya harus bgt secara lengkap

    BalasHapus
  16. Betul kalau sudah terbiasa bepergian, list apa saja yg biasa dibawa itu sudah hafal di luar kepala ya. Contohnya saya kalau mau mendaki, karena saya berperan sebagai koki gunung, maka logistik, dan isi kulkas untuk perjalanan selama berada di gunung itu lama-lama bisa dikalkulasi. Hehehe...

    BalasHapus
  17. Aku blm pernah sih business trip gini tp buat liburan aja persiapanku jauh dan lengkap bgt, suami tinggal jalan aja angkut2 koper gede haha. Apalagi kalau business trip ya mungkin aku bakal lebih prepare lg nih 😅

    BalasHapus
  18. hihii karena ku pernah dalam perjalanan lapar dan tak ada yg jual dijalan yg kayaknya mantap lalu ku kapok kini kalau pergi harus mbekel bawa makanan hahahha

    BalasHapus
  19. Di era pandemi gini, ketika mau melakukan perjalanan bisnis ke luar kota kudu melampirkan hasil swab antigen dan atau instal aplikasi PeduliLindungi, ya.
    Jangan sampai di tengah perjalanan disuruh puter balik karena gak ada dokumen itu.

    BalasHapus
  20. Sangat related bgt dg kehidupan. Tipsnya berguna sekali kak, untuk pemilihan moda transportasi bagiku sgt penting. Agar perjalanan nyaman sehingga tak menambah beban capek dijalan.

    BalasHapus
  21. Kalau saya saat perjalanan bisnis malah lebih aman biasanya Mbak, karena semua sudah disediakan klien. Kita tinggal angkat koper aja.
    Yang repot itu justru saat traveling untuk liburan, semua keperluan harus prepare jauh-jauh hari. ��

    BalasHapus
  22. sacara nggak langsung oleh2 itu bisa merekatkan hubungan antar rekan.. Nggak canggung gitu bagi yang baru kenal..

    BalasHapus
  23. Nomor satu penting banget ya moda transportasi kalau ingin perjalanan bisnis lancar kalau tidak siap-siap saja gak sesuai schedule. Hahaha

    BalasHapus
  24. Aq tipe orang yang ribet banget kalo mau bepergian mbak, soalnya bawa bocil dan bayi jadinya persiapan harus matang dan lengkap termasuk buah tangan ini

    BalasHapus
  25. Traveloka makin inovatif.
    Bisa rental mobil, perjalanan bisnis pun lancar dengan persiapan matang

    BalasHapus
  26. informasi tips yang bagus, bearti nanti saya saat perjalaan bisnis pakai koper yg ketat keamananya

    BalasHapus
  27. Tambah keren aja sekarang layanan Traveloka, ada semua, one stop needs buat traveling.

    BalasHapus
  28. Dulu, aku pernah sekali dinas ke kantor pusat di Jakarta saat kerja di perkebunan kelapa sawit. Emang sih, kalau kita rental mobil, urusan mobilitas semakin mudah. Mau gerak kemana aja tuh cepet. Nggak perlu nunggu dijemput atau apalah-apalah yang suka menghabiskan waktu. Hehehee

    BalasHapus
  29. Punya koper atau backpack yang warnanya atau dikasih tempelan stiker unik dan mencolok tapi nggak norak ini, jadi salah satu kunci biar barang nggak gampang tertukar saat perjalanan jauh sih. Nah bawa buah tangan kecil nih yang suka bikin bingung, enaknya bawa apa.

    Asik ya sekarang mau rental mobil pun bisa pakai aplikasi Traveloka.

    BalasHapus
  30. Setiap perjalanan perlu persiapan matang supaya mudah apalagi menyangkut barang bawaan. Perlu dibuat sepraktis mungkin dan semudah mungkin

    BalasHapus
  31. Wah harus dicatat nih tipsnya buat yang mau melakukan perjalanan bisnis. Yang jelas memang kalau mau melakukan perjalanan itu benar-benar harus disiapkan ya kelengkapannya

    BalasHapus
  32. Mempersiapkan perjalanan penting banget sih, nggak hanya perjalanan bisnis. Apalagi kalau tujuannya perjalanan bisnis tentu perlu persiapan matang ya. Biar urusan lancar, semua harus benar-benar dipersiapkan.

    BalasHapus
  33. Nah bener sekali nih mbak poin -poinnya. Biasanya yang siapin semua aku kalau pak suami ada perjalanan bisnis . Kalau siapin sendiri suka ada yg ketinggalan soalnya.

    BalasHapus
  34. Perjalanan bisnis memang perlu persiapan matang. Apalagi kalau harus keluar kota ya. Agar lancar, kenyamanan pakaian dan segala keperluan tentu perlu diperhatikan. Dan senangnya kalau sewa mobil bisa diserahkan pada ahlinya, Traveloka. Bisa lepas kunci dan setir sendiri atau beserta supir agar enggak capek. Wah, lengkap ada!

    BalasHapus
  35. Perjalanan keluar sekarang harus dilengkapi dengan aplikasi PeduliLindungi ya mbak. Menurutku ini malah lebih praktis dibandingkan harus bolak balik swab hehe karena dengan membawa ini kita jadi tahu zona mana yang aman dan kondisi diri kita juga sudah divaksin. jadi aman pulang pergi perjalanan bisnis

    BalasHapus
  36. Melakukan perjalanan bisnis, kalau disiapkan dengan matang, tak hanya melncarkan binis tapi juga peluang berhubungan erat dengan pelanggan ya. Dengan cara itu hubungan bisnis jadi langgeng, relasi saling menguntungkan akan terus terjadi

    BalasHapus
  37. Untuk membawa makanan biasanya aku lihat tujuannya mau kemana. klo urusan kerjaan agak repot klo harus bawa2 makanan. palingan stock camilan diet aja sih hehe

    BalasHapus
  38. Perjalanan bisnis sekarang lebih ribet dari dulu jelasnya yaaa
    Ahaha sama aku juga suka bawa bekal makanan atau paling gak camilan dari rumah saat berangkatnya biar gk rempong pas gak sempet beli.
    Kuota inet tetep ya gak ketinggalan, bisa pusing kalau hp habis paket data haha

    BalasHapus
  39. Terimakasih Mba Dian tipsnya. Memang semua harus dipersiapkan agar perjalanan bisnis minin kendala dan project lancar ya.

    BalasHapus
  40. Pokoknya jangan telat. Perhatikan waktu dan datang duluan lebih bagus. Perhatikan juga trafik kemacetan agar perjalanan bisnis tepat sampai tujuan

    BalasHapus
  41. Nah, betul nih. Kalau mau urusan bisnis dengan klien lancar memang kita harus persiapan. Salah satunya dengan datang tepat waktu dan syukur-syukur bawa buah tangan. Karena first impression ini penting juga untuk kelancaran ke depannya.

    BalasHapus
  42. Wah kalau urusan bertemu dengan klien bisnis harus dipersiapkan dengan baik ni. Apalagi jika harus menyewa mobil sebagai moda transportasi, harus yang bisa dipercaya dan tepat waktu.

    BalasHapus
  43. jadi kangen bisnis trip juga, dulu paling senang tuh kalau dapat kabar akan ada bisnis trip, artinya bakalan lihat dunia luar lagi dan dapat ilmu baru karena selalunya pergi untuk training :D
    sebelum berangkat tentu harus lakukan persiapan yang matang juga biar semua lancar :)

    BalasHapus
  44. Untuk perjalanan bisnis memang butuh persiapan yang matang dan tepat ya supaya terlihat profesional. Pemilihan kendaraan pun harus yang terpercaya supaya bisa sampai di lokasi tepat waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uraian Mbak Dian ini sangat lengkap, hal yang harus diperhatikan saat melakukan perjalanan bisnis supaya perjalanan aman dan nyaman. Kerjaan pun berjalan lancar, aman, dan nyaman.

      Hapus
  45. Aku gak kepikiran untuk bawa buah tangan sebelumnya, Di.
    Rasanya iyaya...untuk mempererat rasa kekeluargaan alangkah baiknya membawa buah tangan yang proper.

    BalasHapus
  46. Persiapan untuk perjalanan untuk urusan kerjaan yang harus dibiasakan di masa new normal, harus siap dengan surat hasil tes PCR atau swab antigen. Sebelumnya capcus saja, kalau sekarang harus spare waktu sebelum H-1 kudu swab antigen dulu deh

    BalasHapus
  47. perjalanan bisnis memang harus dipersiapkan dengan matang ya. Agendany pun harus jelas agar semakin nyaman dan teratur

    BalasHapus
  48. Aku tim kalau mau pergi keluar kota harus persiapan panjang berhari-hari hehehe. Soalnya kalau nggak jauh-jauh hari suka ada aja yang lupa. Nah di era pandemi ini malah belum sekalipun trip jeluar kota utk urusabn bisnis. Tapi kalaupun besok harus pergi pastinya bakalan tetep prokes dan sebisa mungkin terapin semua tips di atas. Makasih sharingnya ya mbak, it really helps!

    BalasHapus
  49. ini lengkap banget ya tips-tipsnya,,bakalan bermanfaat sekali untuk pemula ataupun yang udah sering melakukan perjalanan bisnis namun masih ada aja item yang ketinggalan

    BalasHapus
  50. persiapan yang baik memang menjadi kunci di sini yaaa mba... dan aku juga selalu pastikan perjalanan bisnis yang aku lakukan bisa berjalan dengan baik tanpa kendala

    BalasHapus
  51. Jadi inget dulu pernah melakukan perjalany bisnis ke luar kota semobil sama bos, ternyata saking lama perjalanan nya aku sampe ketiduran, untung aja aku duduk di depan hehee. Jaga stamina supaya ga kelelahan salah satu yang penting juga kayaknya hehe

    BalasHapus
  52. Mengjaga keamanan barang saat perjalanan bisnis tuh penting banget. JAdi ingat temanku perjalanan bisnis bawa kamera yang dikalungkan, eh ilang. DIambil saat dia tertidur :(

    BalasHapus
  53. Dengan prepare yang lengkap perjalanan jadi lebih berjalan lancar, tinggal nikmati perjalanan dan bahagia sampai tujuan.

    BalasHapus
  54. Makasih banyak tipsnya mba.. aku salah satu orang yang suka panik klo persiapan belum lengkap pasti dijalan uring-uringan.Dengan persiapan matang tentu perjalanan bisnis akan lebih lancar ya Mba

    BalasHapus
  55. Persiapan materi untuk perjalanan bisnis memang harus disiapkan lebih awal. Kalau bisa ada back up juga, barangkali ada sesuatu yang tidak sesuai rencana. Dan, untuk transportasi sewa mobil lebih baik ya, Mba. Jadi kita bisa lebih fokus ke perjalanaa bisnis.

    BalasHapus
  56. Kapan ya bisa melakukan perjalanan bisnis lagiii #uhuks
    Aku setuju banget bawa koper yang sesuai jangan kebesaran jangan kekecilan sesuai kebutuhan, eh tapi gk tau lagi kalau niatnya pulang buat angkut oleh2 (lha dines malah mikirin oleh2 haha).
    Dokumentasi dan internet paling penting yaa :D

    BalasHapus
  57. Mantul tips sukses dalam perjalanannya ya Mbak Dee say... termasuk yg mendownload aplikasi Peduli Lindungi itu ya, kl mendadak unduh pasti beda dengan persiapan jauh2 hari yaa, noted deh rental mobil Jakarta di Traveloka yaa

    BalasHapus
  58. Kalau pas business trip, dokumen sih paling penting untuk dipastikan beberapa kali sebelum berangkat. Jangan sampe ada yang ketinggalan pokoknya. Beres perjalanan bisnis, boleh laah mampir tipis-tipis buat refreshing :D

    BalasHapus
  59. Wah iya lo, aku belom install peduliLindungi di hp, padahal kemana-mana harus ada nih. Pokoknya intinya pepet terus ya mbak Dee klien potensialnya haha..

    BalasHapus
  60. Pastinya semua ingin bisa melakukan perjalanan bisnis yang lancar,menyenangkan dan buat hati client pun senang ya mba. Kesan yang diberikan harus bagus tentunya agar semua menjadi saling nyaman. Apalagi kita selaku yang mau mendatangi rekan bisnis tentu buah tangan tidak boleh ketinggalan dan gunakan transportasi yang tepat agar datang juga bisa tepat waktu.

    BalasHapus