Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Bersama IndiHome, Lakukan Telekonseling untuk Mendukung Menyusui Saat Pandemi

IndiHome Aktivitas Tanpa Batas


Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan di rumah saja. Pemerintah menghimbau agar sebisa mungkin masyarakat melakukan aktivitas di rumah. 

Ini juga berlaku bagi saya. Saya pun banyak melakukan aktivitas di rumah, mulai dari menemani anak-anak belajar daring hingga melakukan telekonseling menyusui. 

Saya seorang konselor menyusui, biasanya saya memberikan kelas edukasi menyusui di fasilitas-fasilitas kesehatan masyarakat dan melakukan home visit. 

Pandemi membuat saya harus melakukan peran saya sebagai konselor menyusui secara online. Beruntung, ada jaringan internet dari IndiHome. IndiHome membantu saya melakukan telekonseling untuk mendukung menyusui saat pandemi. 

Pentingnya Menyusui Saat Pandemi

Salah satu cara pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19 adalah social distancing. Pemerintah meminta kita untuk menjaga jarak minimal satu meter dari orang lain.

Tentunya ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi ibu menyusui. Mengingat saat menyusui, tidak ada jarak antara ibu dan bayi. Lalu, apakah aman bagi ibu untuk tetap menyusui bayinya di saat pandemi seperti ini? 

Aman, menyusui tetap aman dilakukan di saat pandemi. Semua bukti klinis menunjukkan bahwa ASI sangat aman bagi bayi di saat pandemi seperti ini. Faktanya, virus COVID-19 belum pernah ditemukan di ASI. 

Selain itu, anti bodi yang ada pada ASI sangat dibutuhkan oleh bayi. Anti bodi ASI bisa memperkuat daya tahan tubuh bayi. Bayi terhindar dari sakit, termasuk paparan virus COVID-19 ini. 

Jadi, sangat penting bagi ibu untuk tetap menyusui bayinya saat pandemi.

Telekonseling PMBA

IndiHome Aktivitas Tanpa Batas
Peralatan telekonseling saya

Inilah yang mendorong saya untuk ikut berpartisipasi dalam program Telekonseling PMBA (Pemberian Makanan Bayi dan Anak) bersama SELASI (Sentra Laktasi Indonesia). 

Program ini memberikan pelayanan konsultasi bagi setiap ibu mengenai pemberian makanan bayi. Sasarannya adalah ibu hamil, ibu menyusui dan ibu yang memiliki anak hingga usia 2 tahun yang ada di seluruh Indonesia. 

Telekonseling PMBA tak hanya mendukung ibu untuk tetap menyusui bayinya saja, tetapi juga mendorong agar para ibu ini memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang sehat. Kebetulan saya belum menjadi konselor MPASI, saya baru menjadi konselor menyusui saja. Jadi saya memberikan layanan konsultasi menyusui bagi ibu hamil dan ibu menyusui. 

Telekonseling ini dilakukan secara online melalui sambungan video call. Saya melakukan video call kepada para ibu tersebut. Ada 18 ibu yang sudah saya konseling. Semuanya mayoritas berada di pulau Jawa, khususnya Jawa Timur, Jawa Tengah dan DKI Jakarta. 

IndiHome Aktivitas Tanpa Batas
Refresh materi sebelum telekonseling


Sebelum melakukan telekonseling ini, saya dan para konselor menyusui lainnya diberikan pembekalan materi konseling PMBA. Selama tiga hari berturut-turut melalui video konferensi. 

Tentunya semua aktivitas saya ini harus didukung oleh jaringan internet yang mumpuni seperti IndiHome. IndiHome akan memberikan jaringan internet yang mendukung Aktivitas Tanpa Batas. Sebagaimana saya yang melakukan layanan telekonseling menyusui ini. 

Internet dan Kedaulatan Digital

Harus diakui, di era digital seperti ini internet adalah kebutuhan utama. Internet bisa membantu kita melakukan beragam aktivitas, mulai dari belajar, bekerja hingga berbelanja. 

Tentunya ini bisa mendorong terwujudnya kedaulatan digital. Menurut dinas kominfo, kedaulatan digital artinya kuasa penuh atas seluruh produk, konten dan layanan digital yang hadir di sebuah negara. 

Kedualatan digital inilah yang menjadi fokus utama PT. Telkom Indonesia, Tbk. Telkom sebagai penyedia layanan internet di Indonesia berusaha mewujudkan kedaulatan digital melalui 3 fokus utama. Yaitu : 

⏺️ Terciptanya lingkungan digital

⏺️ Pembangunan masyarakat digital

⏺️ Akselerasi ekosistem ekonomi digital


Telkom terus berupaya membangun infastruktur dan layanan telekomunikasi yang mumpuni. Semua itu dilakukan dengan cara menggunakan backbone broadband dengan memanfaatkan kabel optik dan satelit, jaringan akses tetap dab mobile serta VSAT Mangoesky yang bisa menjangaku seluruh wilayah Indonesia. 

Bersama IndiHome Lakukan Aktivitas Tanpa Batas

IndiHome adalah produk layanan internet dari Telkom. IndiHome ini bisa dibilang sebuah paket lengkap dalam mendukung aktivitas telekomunikasi kita sehari-hari. 

Berlanngganan IndiHome membuat setiap penggunya bisa mendapat layanan untuk telepon rumah, internet dan tv kabel. Tak heran, jika IndiHome ini dilabel sebagai paket 3 in 1. 

Jaringan internet dari IndiHome ini menggunakan teknologi fiber optik. Ini membuat setiap penggunanya bisa mengakses internet dengan cepat dan stabil. Sebagaimana saat saya melakukan telekonseling yang lancar tanpa buffering. Mau download atau upload juga lebih cepat. 

Sebagai Internetnya Indonesia, IndiHome  punya banyak kelebihan, antara lain : 

1. Koneksi stabil

IndiHome menggunakan jaringan fiber optik yang menawarkan beragam kecepatan internet mulai dari 10 Mbps hingga 300 Mbps. 

Tahu nggak, panjang jaringan fiber backbone backboard yang dimiliki IndiHome mencapai 169.833 km atau setara empat kali keliling bumi. Wow banget, kan!! Ini to rahasia Internet cepat IndiHome.

2. Jaringan ke pelosok negeri

Demi mewujudkan kedaulatan digital, pastinya semua masyarakat harus bisa mendapatkan akses internet. Inilah yang dilakukan oleh IndiHome. 

IndiHome terus meningkatkan pelayanannya. Saat ini, layanan IndiHome sudah bisa diakses di 496 kabupaten dan kota yang ada di seluruh Indonesia. Jaringan internet IndiHome bisa menjangkau ke pelosok negeri.

3. Pilihan paket yang beragam

IndiHome memiliki banyak pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap penggunanya. Contohnya saya, saya memilih berlangganan paket 2P (Internet + TV). 

Paket 2P (dengan akses Disney dan Hotstar) memiliki kecepatan mulai dari 30 hingga 100 Mbps. 

4. Bisa streaming dan browsing sekaligus

IndiHome ini menggunakan perangkat STB (Set-Up-Box) dengan layanan PTV dan OTT. Ini mendukung setiap pengguna IndiHome bisa mengakses streaming sekaligus browsing. 

IndiHome Aktivitas Tanpa Batas


5. IndiHome TV dengan beragam fitur unggulan

IndiHome ini bisa memanjakan semua penggunanya dengan beragam fitur unggulan, seperti : 

⏺️ Video on demand

Fitur ini bisa membuat kita mengontrol dan memilih sendiri program video yang ingin ditonton. 

⏺️ TV on demand

Ketinggalan acara tv favorit? Tenang, ada fitur tv on demand yang bisa menayangkan kembali acara-acara live TV tertentu dalam waktu seminggu sebelumnya.

⏺️ Playback, Pause and Rewind

Tak hanya bisa memutar ulang tayangan hingga 7 hari sekaligus, kita juga bisa melakukan paus dan rewind tayangan yang ditonton.

⏺️ TV storage

Saya bisa menyimpan rekaman drama Korea favorit melalui fitur tv storage dari IndiHome ini. Fitur ini bisa digunakan untuk menyimpan rekaman tayangan favorit dengan durasi kurang lebih 600 menit untuk kualitas SD dab 240 menit untuk kualitas HD. 

⏺️ Karaoke

Pengen karaoke keluarga? Bisa di rumah saja bersama IndiHome. Ada fitur karaoke yang membuat kita bisa membuat playlist untuk menyanyi bersama. 


6. Layanan telepon yang jernih

Layanan telepon yang jernih bisa membuat saya tetap terhubung dengan sanak saudara. Harga sambungan telepon IndiHome ini juga lebih hemat. 

7. Remote dari ponsel

Siapa yang di rumah sering banget kehilangan remote tv? Hehehe, kalau pakai IndiHome saat remot tidak ditemukan keberadaannya, kita bisa menggunakan ponsel.

Melalui aplikasi Remote Appss kita bisa mengendalikan tontonan di IndiHome TV. 

8. Banyak promo menarik

IndiHome juga memberikan banyak promo menarik bagi setiap penggunanya. Salah satunya adalah Paket Gamer, Internetnya untuk gamer. Paket ini sebagai bukti dukungan IndiHome terhadap kemajuan ekosistem e-sport di Indonesia. 

9. myIndiHome

Melalui MyIndiHome ini pengguna IndiHome semakin mudah dalam mengakses layanan. Mulai dari akses transaksi, berlangganan, aktivitas OTT video streaming, laporan gangguan, berlangganan fitur tambahan, cek dan bayar tagihan, cek poin, info pemakaian dan layanan lainnya bisa diakses dari myIndiHome ini. 


Dengan beragam keunggulan yang dimiliki IndiHome ini, saya bisa melakukan Aktivitas Tanpa Batas, termasuk melakukan telekonseling menyusui. 

Bersama IndiHome, Lakukan Telekonseling untuk Mendukung Menyusui Saat Pandemi

IndiHome Aktivitas Tanpa Batas

Selama sebulan terakhir ini saya berhasil menjalani peran saya sebagai seorang konselor menyusui. Saya telah melakukan telekonseling menyusui kepada ibu hamil dan ibu menyusui. 

Tentunya semua ini berkat dukungan jaringan internet lancar dari IndiHome. Bersama IndiHome melakukan telekonseling menyusui untuk mendukung menyusui saat pandemi. Terima kasih IndiHome.

Ini cerita aktivitas tanpa batas saya bersama IndiHome. Bagaimana dengan pengalaman sahabat deestories? Ditunggu sharing pengalaman aktivitas tanpa batas bersama IndiHome di kolom komentar, ya. 

Terima kasih.





36 komentar

  1. MasyaAllah, mbak DK kau luar biasa. Konselor laktasi ini memang dibutuhkan saat kepercayaan yang salah soal menyusui melanda. Soalnya masih banyak mitos yang menyebar di masyarakat soal menyusui, dengan adanya telekonseling bisa lebih mengedukasi pastinya. Sukses ya, mbak. Terus menginspirasi.

    BalasHapus
  2. wah keren ternyata dirimu tuh konselor laktasi toh, dulu inget banget jaman dulu aku menyusui tuh blm ada konselor laktasi gini deh, masih super langka kayanya, sekarnag jadi lebih mudah dengan dukungan gadget dan internet

    BalasHapus
  3. Indihome sungguh tepat disebut internetnya Indonesia ya?

    selain layanannya paling bagus, Indihome membuka akses kekawasan 3 T

    BalasHapus
  4. IndiHome kestabilan internet dan kecepatan menunjang pekerjaan dan komunikasi

    BalasHapus
  5. Sebagai pengguna IndiHome benefitnya sudah saya rasakan.Aktivitas lancar tanpa batas,anak-anak dan saya puas banget dalam mengakses,selama ini tidak pernah drop,kence...ng

    BalasHapus
  6. Jaringan internet kuat dan stabil gini memang membantu banget, yaaa. Suka baca pengalamanmu mengedukasi bumil dan busui, Mbaaak. Lope-lope dah. Internet di tangan yang benar bisa memberi manfaat luar biasa!

    BalasHapus
  7. Thanks indihome
    Berkat dirimu pandemi tifak terasa membosankan.

    Tapi kalau telat bayarnya, maapin ya ��

    BalasHapus
  8. ilmu baru bagiku ini mbak, telekonseling soal menyusui. semoga berkah apa yang dikerjakan untuk membantu para moms. paling senang dg ibu muda yang aware soal menyusui. dan memang kok ya, meski belum emnggunakan indiHome, selalu senang kalau baca testimoni teman2, soal jaringan stabil dari indihome

    BalasHapus
  9. koneksi internet tanpa batas sangat dibutuhkan di masa pandemi seperti sekarang ini, ya buat anak belajar dari rumah, juga orangtua yang bekerja dari rumah

    BalasHapus
  10. Indihome memang punya banyak program ya mbak dimana kita bisa ikut berpartisipasi di dalamnya. Saya pun baru tahu telekonseling ini setelah membaca artikel mba Dee.

    BalasHapus
  11. Ah iya, saya juga berencana untuk telekonseling untuk suatu hal terkait kesehatan. Tapi saya tunda terus karena sinyal sedang mengajak berantem.
    Kalau pakai IndiHome selalu lancar jaya ya

    BalasHapus
  12. Internet memudahkan berbagai aktivitas, bahkan ibu menyusui bisa merasakan manfaatnya ketika hendak telekonseling PMBA. Pastinya butuh internet stabil dan kencang seperti Indihome ya mbak Dee.

    BalasHapus
  13. Sebagai pelanggan Indihome, aku yakin dengan layanan dan kualitas jaringan internet, telepon rumah dan saluran tv kabel yang baik :) Memang Indihome mendukung masyarakat dalam kemajuan teknologi, wawasan dan pengetahuan. Apalagi soal telekonseling laktasi melalui video dan sebagainya bisa berjalan lancar.

    BalasHapus
  14. Jaringan internet yang bagus memang sangat menunjang pekerjaan ya. Apalagi selama pandemi pertemuan dan konseling offline sangat dibatasi sedangkan banyak ibu menyusui yang membutuhkan jasa konselor.

    BalasHapus
  15. Seneng bangeeet kalau ada konselor menyusui yang bisa online kaya gini ih. Aku dulu kebingungan karena belum ada layanan online.
    Seneng ya, mbak, kalau ditunjang dengan internet yang stabil. Aku juga pengen banget bisa pasang indihome tapi belum ada jaringanny di perumahan. Pengen cari barengan biar bisa sekalian kan nanti indihomenya. Soalnya kalau jaringan biasa sering errornya, hiks

    BalasHapus
  16. Wah mbak hebatt jadi konselor menyusui, tentunya ini nggak mudah ya mbak apalagi di masa pandemi ini semua serba online. Dan tidak bisa dipungkiri kekuatan internet ini sangat berpengaruh terhadap pekerjaan. Lancar atau tidak pekerjaan sekarang ini tergantung internet. Di rumah juga pakai Indihome, so far emang masih setia sama plat merah ini karena fasilitasnya banyak dan disukai anak-anak juga.

    BalasHapus
  17. IndiHome memang sangat bs diandalkan ya mba
    jaringannya luas dan kuat
    bener2 memudahkan urusan hidup.

    BalasHapus
  18. Mbak..mengikuti kegiatanmu beneran salut aku, jadi konselor menyusui juga, berkah bener ini aktivitasnya. Semoga lancar dan sukses semua ya
    Senangnya telekonseling menyusui untuk bumil dan busui bisa lancar jaya berkat dukungan jaringan internet lancar dari IndiHome yaa

    BalasHapus
  19. Aku di rumah blm pake wifi...tapi kakakku yang pake wifinya indihome. Selama ini setau saya sangat membantu kelancaran bisnis keluarga...

    BalasHapus
  20. Sekarang memang sudah saatnya nih pemberdayaan masyarakat digital,memacu agar semakin melek digital dan memanfaatkannya untuk sesuatu hal yang bermanfaat ya. IndiHome memang gak diragukan deh untuk urusan kecepatannya makanya saya pun pakai di rumah.

    BalasHapus
  21. kedaulatan digital ini penjelasannya mak lebih detail lagi yah, hehehe. Biar pengguna gak dijajah, hahaha. soalnya aku pengguna indihome juga dan internet secara umum

    BalasHapus
  22. Tetap aktif beri edukasi lewat dunia maya dan sangat tertolong berkat indihome yak. Apalagi kan jd ngerti kalo menyusui justru sangat banyak manfaatnya utamanya di masa seperti saat ini, dan kalo edukasi soal ini meluas maka mengurangi kehawatiran para busui

    BalasHapus
  23. Luar biasa Mb Dee, membantu suksesnya program ibu menyusui lewat telekonseling gini yaaa.. Semoga para ibu makin terbantu dengan mendapatkan support melalui aktivitas ini. Bakalan lancar kalau koneksi internetnya stabil ya mba.

    BalasHapus
  24. Lagi pandemi gini bermanfaat ya mba telekonseling, pasti butuh banget dukungan kecepatan internet yang mumpuni, kalau ngga, bubar jalan sih telekonselingnya ����

    BalasHapus
  25. Salut aku mbak sama konselor menyusui. Apalagi dilakukan di tengah keterbatasan via telekonseling. Alhamdulillah ya ada IndiHome yang stabil koneksi internet nya

    BalasHapus
  26. asyiknya sekarang bisa ada konselor menyusui secara online gini. Semoga makin banyak ibu-ibu di daerah yang bisa teredukasi dan makin semangat menyusui. Kalau zaman ku dulu susah deh cari konselor menyusui gini. Ama bidan nggak cocok.

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah dengan menggunakan indihome aktivitas mbak sebagai konselor laktasi jadi lancar jaya yaa.

    BalasHapus
  28. Masya Allah, keren banget mbak kegiatannya. Seru banget nih kalau punya keahlian kayak gini. Membantu banget untuk banyak mamah muda

    BalasHapus
  29. Keren bange, DK.
    Memberikan dan mencurahkan ilmu yang dimiliki sesuai dengan bidang yang dikuasai.
    Alhamdulillahnya lagi, ada jaringan internet terbaik yang membantu memfasilitasi berkarya dan bermanfaat untuk banyak orang bersama Indihome.

    BalasHapus
  30. punya IndiHome TV di rumah sepertinya hiburan keluarga sudah lengkap. Bisa menonton film bersama jadi quality time untuk keluarga, juga karaoke-an. hihi ...
    btw, sukses lancar ya mbak untuk telekonseling ASI dan MPASI-nya.

    BalasHapus
  31. Berkat Indihome jaringan internet lancar, pekerjaan yang berhubungan dengan Internet dimudahkan. Termasuk untuk urusan telekonseling ya mbk

    BalasHapus
  32. Mantap mbak, pandemi enggak menutup kesempatan untuk membuka konseling dan berbagi ilmu dengan para ibu tentang asi dan mpasi ya...
    Mertua saya nih yang pakai indihome, memang selalu lancar...

    BalasHapus
  33. Berbagai cerita dimasa pandemi dgn warga net makin seru nih, belum juga jaringan lancar pakai Indihome.

    BalasHapus
  34. akses internet emang udah jadi kebutuhan pokok sehari-hari ya mba, makin-makin di masa pandemi kaya gini. Makanya perlu akses internet yang stabil dan mencukupi kebutuhan nih, dan untungnya ada banyak pilihan layanan IndiHome yaa biar bisa pilih sesuai kebutuhan dan budget nya juga

    BalasHapus
  35. Masya Allah ada konseling menyusui?
    seandainya dulu ada yaaa kelas edukasi menyusui di fasilitas-fasilitas kesehatan masyarakat dan melakukan home visit pasti aku akan happy banget jadi iibu, no sedih sedih club

    BalasHapus
  36. bagus ya jadinya ibu2 yang bingung mau konsul kemana jadi tenang karena sesuai dengan keahliannya ya
    kadang ibu2 menyusui bingung memang mau kemana ksalau mau cerita apalagi menyusui

    BalasHapus