Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

7 Tips Memilih Game Online yang Aman untuk Anak

 

plays.org

Chacha : Bunda, sugar daddy itu apa?
Saya : hmmm (menenangkan diri sejenak), emangnya chacha dengar kata itu dari mana ya?
Chacha : temanku kan main game, di game itu kalau mau beli beli harus cari sugar daddy dulu.

Percakapan dengan Chacha beberapa hari lalu, membuat saya semakin khawatir saat membiarkan anak-anak bermain game online. Sepertinya saya harus mencari tahu tips memilih game online yang aman bagi anak.

Saya nggak mau, Chacha memainkan game yang berisi muatan negatif seperti itu. Beruntung akhirnya saya menemukan plays.org, sebuah situs game online gratis yang aman untuk anak.

Anak dan Game Online

Game online sebenarnya menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak, ya. Apalagi bagi anak-anak generasi alpha, mereka nggak bisa lepas dari teknologi. Main game online sudah menjadi rutinitas hariannya.

plays.org

Main game online biasanya dipilih untuk rehat sejenak dari kegiatan belajar. Apalagi saat ini masih pandemi. Anak-anak terbatas ruang geraknya untuk main di luar rumah. Solusinya, mereka main game online di rumah.

Manfaat Game Online bagi Anak

Bermain game online sebenarnya bisa menjadi sarana belajar bagi anak. Menurut Dr. Patricia Fioriello, konsultan pendidikan online dari San Francisco, bermain game online bisa membuat anak belajar banyak hal. Tidak hanya belajar kemampuan yang bersifat akademis saja seperti berpikir logis dan menggunakan komputer. Game online bisa mengasah kemampuan sosial dan kecakapan emosional anak.

Game online bisa melatih anak untuk fokus dan konsentrasi. Saat main game anak harus memahami cara bermain dan menyelesaikan permainan. Ini bisa melatih kemampuan problem solving nya. Saat anak berhasil memenangkan permainan, tentu dia akan bahagia dan percaya diri.

Tips Memilih Game Online yang Aman

Tentunya agar semua manfaat main game online diatas bisa dirasakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ya. Tidak semua game online bisa memberikan manfaat yang baik bagi perkembangan anak. Tentunya sebagai orangtua harus bisa memilih game online yang aman untuk anak.

Berikut adalah tips memilih game online yang aman untuk anak :

1. Pilih game sesuai usia

Tidak semua game online aman dimaninkan oleh anak. Pastikan memilih game online sesuai usia anak.

Ini penting, untuk menghindari muatan game yang tidak sesuai dengan usia anak. Selain itu, game untuk anak biasanya yang bersifat edukatif. Jadi anak bisa bermain sekaligus belajar.

2. Pilih game yang bersifat edukatif

Selain memilih game sesuai usia, pastikan juga pilih game online yang edukatif. Game online untuk anak-anak punya banyak kategori. Ada yang sifatnya entertainment, ada juga yang edukatif.

Jika memilih game yang edukatif, tentu akan baik untuk anak. Game bisa menstimulasi tumbuh kembang anak secara optimal.

3. Pilih game yang menciptakan kegembiraan

Banyak juga teman yang mengeluh, gara-gara main game online anaknya suka melakukan kekerasan. Setelah dicari tahu, ternyata anaknya memainkan game dengan muatan kekerasan. Ah, ini tentu nggak baik ya untuk anak.

Jadi, pilihkan anak game yang menciptakan kegembiraan. Jangan membiarkan anak memainkan game yang malah membuatnya kesal. Atau terdorong melakukan tindakan kekerasan.

Game yang menciptakan kegembiraan sangat baik untuk emosi anak. Anak juga bisa rileks setelah mamainkan game.

4. Mainkan game terlebih dahulu

Sebelum anak memainkan game hasil rekomendasi kita, pastikan kita memainkannya terlebih dahulu. Dengan mencoba memainkannya terlebih dahulu, kita jadi tahu seperti apa game tersebut.

Apakah game tersebut memang layak untuk anak. Kalau layak ya berikan, kalau tidak maka jangan biarkan anak memainkannya.

5. Bermain bersama anak

Sesekali coba bermain game online bersama anak. Tentu akan terasa menyenangkan bagi anak, jika bisa memainkan game favoritnya bersama orangtuanya.

Main game online bersama ini juga bisa menjadi aktivitas yang seru bersama anak saat di rumah saja. Selain itu, juga bisa meningkatkan bonding antara orangtua dan anak.

6. Batasi waktu bermain game

Jangan lupa, ada yang namanya aturan screen time untuk anak. Pastikan anak memainkan game tidak melebihi waktu screen time sesuai tahapan usianya.

Pembatasan waktu main game ini bisa mencegah anak kecanduan game online. Juga baik untuk kesehatan pengelihatannya.

7. Pilih game yang bisa dimainkan di layar PC

Saat ini memang banyak game online yang bisa dimainkan lewat ponsel, tapi tentu akan lebih aman bagi anak jika main game di layar PC.

Selain baik untuk kesehatan matanya, main game di PC lebih mudah untuk diawasi.

Saat ini ada situs game online gratis yang bisa dimainkan di PC, plays.org.

plays.org, Situs Game Online Gratis

plays.org


Ketika mencari game online yang aman untuk anak, saya bertemu situs plays.org. Situs plays.org ini adalah situs dengan ratusan game online yang bisa dimainkan secara gratis tanpa perlu mendownload aplikasi.

Main game di plays.org ini tak hanya bisa diamainkan di PC saja, bisa lewat ponsel. Tapi khusus untuk anak-anak, saya mengajak mereka bermain game plays.org di PC.

Kategori Game di plays.org

Jangan khawatir bosan main game di plays.org ini. Ada ratusan game online yang bisa kita mainkan.

Game di plays.org ini terbagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari arcade game, education, sport game, math, quiz hingga simulation game.

plays.org

Pilih saja sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Jangan khawatir anak tak bisa memainkannya. Main game online di plays.org ini ada tutorialnya, kok. Ada penjelasan singkat mengenai permainan dan tingkat kesulitan dari setiap game.

Keunggulan plays.org

Sebagai sebuah situs game online, plays.org ini punya banyak keunggulan, lho. Ini dia beberapa keunggulan yang dimiliki oleh situs plays.prg.

1. Banyak pilihan game yang bisa dimainkan sesuai usia dan jenis kelamin
2. Tak perlu instal aplikasi
3. Full colour dengan gambar yang menarik
4. Loadingnya cepat
5. Ada instruksi permainan yang jelas
6. Bisa memilih sesuai tingkat kesulitan
7. Gratis

Pengalaman Main Game Online di plays.org

plays.org

Chacha dan Aluna senang sekali bisa bermain game di plays.org. Mereka bisa memilih game sesuai dengan usianya.

Beberapa game yang sudah mereka mainkan antara lain Minecraft, Roblox, Dress Up, Snake, Cat, Maze dan Puzzle.

Game-game tersebut sesuai dengan usia mereka, juga bersifat edukatif dan menghibur.

Penutup

Main game online adalah hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Game online juga bisa menjadi sarana belajar. Selama kita bisa memilih game online yang aman untuk anak.

Sekian tips memilih game online yang aman untuk anak. Semoga tips ini bisa membantu sahabat deestories untuk memilih game online untuk anak.

Jangan lupa juga untuk mencoba main game online di plays.org, ya. Lalu ceritakan keseruannya di kolom komentar.

Terima kasih.... 🤗🤗🤗

65 komentar

  1. makasih tipsnya, kelak tak pakai kalau cucuku sdh ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang Mbak ga main game ya? Kalau saya sih jujur, jangankan anak, saya saja suka main game.dan beberapa game saya simpan sebagai me time yang akan saya lakukan ketika penat atau jenuh butuh refreshing.
      Main game itu me time paling sederhana tapi tidak kalah seru dan bikin fresh menurut saya mah

      Hapus
  2. Ya ampun Chaca sampai nanya2 tentang sugar daddy segala huhuhu
    Memang harus diawasi terus yah mbaaak berbagai game online yang dimainkan oleh anak supaya aman dan gak kebablasan nih. Anak aku juga hobi banget main Minecraft tuh, anteng banget kalo udah bangun2 entah apa lah di Minecraft hehe

    BalasHapus
  3. Plays org nih banyak banget loh pilihan gamesnya.. Seneng ade. Buat anak juga banyak. Tapi memang kalau dah asyik main kudu ditaham ya karena screen time

    BalasHapus
  4. Nah ... 7 langkah ini yang perlu dipraktikkan oleh orang tua yang anaknya suka main game, Mbak.
    Saya juga sudah pernah main Plays.org, Mbak, banyak banget ya permainan di dalamnya.

    BalasHapus
  5. Iyah aku khawatir kalau games yg ada iklannya. Pernah ponakan aku mainan gitu, iklannya nyeremin ih. Aku pilih plays.org aja ada kategorinya bisa pilih yg sesuai cakeep nggak ada iklannya jugaa
    Tipsnya bermanfaat ini 😍

    BalasHapus
  6. Aku pun tidak melarang Anak-anakku bermain games, tapi memang harus diseleksi dulu games apa dulu yang dimainkan, selain untuk hiburan, sekarang sudah banyak games yang nilai edukatifnya signifikan. Jadi mau cek Plays.org juga nih, pastinya lebih aman ya untuk Anak-anak.

    BalasHapus
  7. Game online menyenangkan banget nih Plays..pilihannya banyak..gratis pula.. Mainnya juga gak pake register apa2...

    BalasHapus
  8. Bagusnya main di playsdotorg ini kita nggak perlu download aplikasi nih ya mbak, saya juga kalau lagi kangen game mainnya disana.

    Anak aku juga tak arahin kalau mau pilih game kesitu aja

    BalasHapus
  9. Awalnya aku ga begitu suka kalo anak2 main game lo mbak tapi setelah nemu situs plays.org ni aku baru nyadar ternyata banyak edugames yg bisa bantu anak belajar sgn cara yg menyenangkan. Anakku udah aku kenalin beberapa games di sini sesuai usianya

    BalasHapus
  10. Anakku lagi seneng sama peta, jadi dia hepi banget main game geography di plays.org.
    Memang ndilalah pas booming zaman digital, dibarengi pandemi. Jadinya anak2 banyak di rumah, salah satu dampaknya meningkat banget screen timenya.

    BalasHapus
  11. Keunggulannya aman banget nih play.org terutama disesuaikan dengan usianya yaaa.
    Nah aku suka lihat ponakan main Roblox Hihiii, ngintipin. Nanti aku rekomenin aahh

    BalasHapus
  12. Biasanya sebelum dikasih ke anak, saya atau suami coba main gamenya dulu. Kalau dirasa aman, baru boleh dimainin anak-anak. Plays.org ini asik. Banyak aja pilihan game yang seru

    BalasHapus
  13. Anak jaman sekarang tuh emang mau ngga mau kenalan sama game online ya mba. Makasih atas rekomendasinya ya...

    BalasHapus
  14. Game edukatif dan sesuai usia anak. Saya setuju itu. Jadi orangtua harus selektif dengan game yang dimainkan oleh anaknya

    BalasHapus
  15. Duh seram amat ya gamenya ada sugar daddy segala...
    Anak saya juga diarahin untuk main di plays.org aja, sambil dibarengin...

    BalasHapus
  16. Banyak banget ya pilihan game diplay org. Tapi ya itu ya harus diawasi kalau nggak bisa klik game yg enggak enggak

    BalasHapus
  17. Suka banget sama game online di plays.Org banyak banget pilihan mainannya. Anakku suka main disini mbak

    BalasHapus
  18. ortu memang kudu siaga memilah dan memilih yg terbaik utk anak
    termasuk utk urusan games ya mba

    BalasHapus
  19. Komunikasi orangtua dan anak diperkuat bonding ini yang sebetulnya memegang peranan penting dalam pengasuhan. Karena Chacha dan Aluna merasa dekat dengan orangtuanya, alhamdulillah bisa dicegah dan diarahkan ke permainan mengasyikkan lainnya seperti di plays.org.

    Senangnyaaa~

    BalasHapus
  20. shock aku baca sugar daddy omg...parah...parah. btw aku nggak suka main game, jadi gimana mau test satu2 game yaa , aku juga sibuk...irt tanpa pembantu with 3 child ... but thats good idea to paly game on pc, i will ask my husband to buy one pc

    BalasHapus
  21. ame edukatif biasanya kurang menarik bagi anak SD yang punya lebih banyak pilihan dan teman. Tapi jika bonding dengan orangtua sangat baik, bisa juga.

    BalasHapus
  22. Setelah tahu ada plays.org ini dan bisa main game gratis dari web, anakku suka banget, ga harus download2 game, jadi bisa main dari PC, lebih aman

    BalasHapus
  23. Awalnya anakku kularang main game, tapi ketika kuobservasi lebih jauh, ternyata dia suka main logika dan matematika. Lucu sih, awalnya aku ga setuju dengan game sekarang malah memperbolehkan anak main game online dengan catatan tertentu. Hahahaha.

    Anakku suka main di plays.org yang kategori math logic, katanya seruuu.

    BalasHapus
  24. waaa aku pun cobain main game online gratis di plays.org mba dan ternyata enak, ga ribet ga ada iklan lagi ya, klo buat anak juga bisa jadi media edutainment juga

    BalasHapus
  25. Belom pernah nih aku Dan anak-anak main di plays.org ini. Nanti nyoba ah. Penasaran dengan games2nya. Barangkali aja Ada yang bakalan disukai anak-anak aku.

    BalasHapus
  26. Baruuu aja kemaren saya beresin game game yang terinstall di hape adek saya, memang main game bareng ini perlu biar kita tau isi gamenya kayak gimana. Bermanfaat sekali tipsnya, ^^

    BalasHapus
  27. Awalnya saya kira kalau main games harus instal aplikasinya. Ternyata di plays.org ini tidak harus install dan tidak memakai memori ya. Senangnya banget kalau gitu secara saya nih yang bermasalah memori gadget yang sudah full

    BalasHapus
  28. Sejak tau website plays.org anakku sama aku tentunya ahahaha, makin sering main game. Nggak sering banget sih, sesekali kalo bosan. Di plays.Org ini banyak banget pilihan mainannya ya.. Seru seru

    BalasHapus
  29. anakku lagi fokus main minecraft, malah dia jadi ikutan bikin video youtube tentang mine craft. tapi pas dia balita memang game yang dimainkan harus dipilih-pilih

    BalasHapus
  30. Emang jaman sekarang, kita nggak bisa melarang sepenuhnya anak-anak buat main game online ya mbak. Lebih baik orang tua juga meluangkan waktu sejenak untuk menemani anak main game, syukur bisa memilihkan game bermuatan edukasi yang bisa dimainkan bersama anak

    BalasHapus
  31. Oh iya, plays org ini ternyata banyak sekali kategori games nya ya. Bisa dipilih sesuai keinginan dengan tingkat kesulitan yang berbeda2 tapi ga usah bingung karena ada petunjuk permainannya. Ah, aku juga kepengen nyobain nih game gratis kapa apa sih. Setelah PJJ dan tugas2 selesai, anak2 boleh dong main game, buat relaksasi :)

    BalasHapus
  32. kalo aku lihat review dulu game2 yang aman.. kalo dari situs yang udah terpercaya mungkin jadi bisa lebih membantu dalam menyeleksi yaa.. tapi sejauh ini anakku belum terlalu addicted to game. sesekali aja ngegame dari link yang dikasih ustadzahnya :D

    BalasHapus
  33. Waktu saya kenalkan Plays.org ini ke anak saya, dia seneng banget. Games-nya lucu-lucu dan ringan, gampang dimainkan. Apalagi ga perlu install aplikasi, jadi aman banget buat hape yang kapasitasnya terbatas.

    BalasHapus
  34. Aku suka main game, khususnya yang ada hubungan dengan masak hehe.. Aku mainnya cake mania dan tumbleebug. Kalo anak-anak main minecraft. Insyaallah, nanti mau nyoba yang di plays.org nanti, ahh

    BalasHapus
  35. aku juga kadang buka plays.org nih kalau lagi bosen, soalnya males nyimpan file game gi storage laptop apalagi kapasitasnya kecil, hehhe pilihan gamenya banyak banget sih kadang bukain situs ini juga kalau ponakan lagi pengen main di laptop :D

    BalasHapus
  36. Kalau aku kmrn main pacman dari playsorg ini mbaa, hihi berasa nostalgia ke game2 jadul zaman dulu ya ngga sih >.< trus ada tank juga yg dulu zaman kecil cuma bisa dinikmati via pc

    BalasHapus
  37. Awalnya aq pikir sugar daddy apaan mbak, ternyata yang ada di game ya. Hihi..
    Btw sejak kenal plays org ini, aq jadi sering bernostalgia sama game2 jadul dan menurutq lebih seru gitu

    BalasHapus
  38. aku akhirnya main game di plays.org juga nih mba, enak yaa banyak banget pilihannya jadi bisa sesuaikan sama kebutuhan anak ya

    BalasHapus
  39. Main game bareng anak bisa sekalian quality time yah mbaak, asal dipilih aja game yang ramah anak. Kayaknya seru2 nih game yang ada di plays.org jadi pengen ikutan main juga niiih

    BalasHapus
  40. Aku pun akhirnya ikut suka main game di plays.org, Mbak. Seru-seru ya, apalagi yang Tetris dan find object gitu.

    BalasHapus
  41. Game sederhana yang serng berupa latihan otak ya, kayaknya. Jadi pengen ke sana untuk melihat dan coba memainkannya.
    Emak-emk juga butuh, hihihi

    BalasHapus
  42. hihi jangankan anak, aku pun main di plays.org. lumayan nostalgia game-game jadul kayak tetris hahaha

    BalasHapus
  43. Anakku paling suka main Tetris di plays.org ini. Pasti deh main bareng adeknya sampe rebutan. Seru yah.

    BalasHapus
  44. banyak gamesnya, ringan-ringan pula. aku juga main di website plays ini. Seru sih kak

    BalasHapus
  45. Atur waktu yang baik ya untuk bermain game, sehingga gak sampai kebablasan dan bisa menjadi penyegar pikiran

    BalasHapus
  46. Aku sekarang kalau penat sama kerjaan, pelariannya main game mbak biar balik fresh lagi. Untung sih ada situs plays.org yang sediain banyak game, jadi nggak bosen lagi deh. Hehe.

    BalasHapus
  47. Pilihan gamenya banyak dan aman.
    Semoga anak-anak menjadikan game ini arena bermain yang sehat karena juga melatih kecepatan berpikir dan mengambil keputusan.

    BalasHapus
  48. Pilihan gamenya banyaak banget ya. Yang bernilai edukasi juga banyak bangeet. Aku juga suka main bareng anak-anakku.

    BalasHapus
  49. bejibun banget pilihan ngegame di plays ya mba dee, hepi banget pasti anak-anak
    aku jadi pengen battle sama suami hehhe

    BalasHapus
  50. Iyaaa mesti pilih2 game di antara belantara games di online nih. Di Plays ada banyak pilihan yg nggak perlu install segala jadi praktis tinggal browsing aja

    BalasHapus
  51. Yg penting kalau anak main game tu dibatasi waktunya plus diawasi ya mbak.
    Di Plays aku intip permainannya ada banyak yang gampang dan gak pakai mikir (kalau buat org gede), kalau buat anak2 bisa jd aktivitas yang fun ya.

    BalasHapus
  52. Setujuuuuu... Selain menghibur, harus pilih game yang beranfaat buat anak ya kak. Jadi orangtua harus super selektif biar gak kecolongan

    BalasHapus
  53. Astaga aku shock. itu game apa yang kalau mau beli2 harus car sugar dady segala? Kok bisa dimainin ama anak2 sebebas itu... Untung ada plays.org ya mbak. Banyak pilihan game yang edukatif. anakku skg juga leibih sering main plays.org

    BalasHapus
  54. 7 tipsnya masoook, Mak... Kadang ada anak yang dibiarkan download game yang tidak sesuai usianya. Miris, yaa... Kadang juga ada game yang bukannya bikin hepi, malah bikin kesel dan marah-marah.

    Btw, ngga cuma anak-anak yang doyan game. Saya juga. Di plays.org, saya seringnya main solitaire. Game jadul sih, tapi saya suka. :D

    BalasHapus
  55. Plays.org bakal jadi pilihan banyak orang tua dalam mengijinkan anaknya bermain game online. Terbilang aman untuk anak kecil dan masih di bawah umur ya, meski begitu pengawasan jangan sampai kendor, karena penggunaan waktu tetap harus diatur.

    BalasHapus
  56. Aku pernah main PacRat di plays.org, anakku juga bat mobil sama hulk hehe.. game ini memang bagus ya dan menghibur dan yang paling penting banget memang gratis hehe.. cuma butuh kuota inet aja

    BalasHapus
  57. Main game di plays org emang menyenangkan mbak, karena pilihannya banyak dan orang tua bisa mencarikan game yang sesuai dengan usia anak.

    BalasHapus
  58. Setuju banget kalo kita musti nyobain main game dulu sebelum anak-anak, karena siapa tahu ada kekerasan dan lainnya. Yang nggak boleh diketahui anak-anak meski itu game. Dan setuju juga dengan pilihan game menggunakan plays karena seru, banyak pilihan, dan yang pasti nggak perlu donwload yaaa

    BalasHapus
  59. Nah iya mba aku prefer games yang bisa dimainkan di PC sebenarnya. Lebih aman untuk penglihatan anak-anak. Layarnya juga lebih besar dan memudahkan kita orang tua untuk melakukan pengawasan juga

    BalasHapus
  60. Waduuuh pertanyaannya bikin makjedeeer!

    Sebelum anak main game, biasanya aku mainkan dulu jadi bisa cari yg aman. Kalau terlanjur dia duluan yg unduh, aku minta main bersama, jelaskan gimana Cara mainnya, apa yg menarik. Khawatir yah banyak game yg diselipi konten negatif

    BalasHapus
  61. Anak saya juga suka main game online di Plays. Saya memilihkan game buat dia mainkan sesuai usianya. Game edukasi anak juga banyak pilihannya di Plays.org

    BalasHapus
  62. di plays ini banyak banget mainan yang kece di plays. anak-anakku suka main secara gampang banget mainnya bisa online sampai kadang bingung mau main yang mana di plays hihihi

    BalasHapus
  63. Anak-anak ini polos dan kiyut sekali..
    Semoga dengan kedekatan dengan ananda, maka hubungan orangtua dan anak juga tetap terjaga dengan baik. Salah satunya bisa bermain games online yang simple dan seru. bisa dimainkan bersama juga nih..

    BalasHapus
  64. oh bisa langsung disesuaikan usia ya mba di plays ini, wah boleh juga nih, anakku belum aku kenalin sama sekali dengan game, tapi dia taunya youtube sama aja dong ya,, mending game jadi dia agak mikir kan hehehe

    BalasHapus