Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Tradisi Keluarga Jelang Bulan Ramadhan

Halo sahabat deestories, apa kabarnya? Semoga baik-baik saja, ya! 

Wah nggak terasa ya, beberapa hari lagi bulan Ramadhan tiba. Apa nih yang sudah disiapkan untuk menyambut Ramadhan?

Hari ini saya mau cerita tentang tradisi keluarga jelang Ramadhan. Tahu sendiri kan, kalau bulan Ramadhan itu bulan istimewa. Keistimewaan Ramadhan ini membuat banyak keluarga di Indonesia memiliki tradisi tertentu untuk menyambutnya. Seperti keluarga saya yang punya 5 tradisi jelang Ramadhan. 

Apa saja itu? Yuk baca ceritanya sampai habis, ya!

Tradisi Keluarga Jelang Bulan Ramadhan

1. Megengan

Megengan ini adalah tradisi menjelang bulan Ramadhan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jawa Timur, begitu juga dengan keluarga saya. Setiap menjelang Ramadhan saya dan keluarga ikut tradisi megengan ini. 

Megengan artinya menahan. Sebagaimana bulan Ramadhan, saat puasa kita harus banyak menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. 

Baca Juga : 7 Kegiatan Favorit Bersama Keluarga Saat Ramadan

Megengan bisanya dilakukan di masjid. Warga berkumpul untuk berdoa bersama. Dipimpin oleh pak ustadz, warga berdoa agar diberi kemudahan dan keberkahan saat menjalani bulan Ramadhan. 

2. Membagikan kue apem

Tradisi keluarga jelang bulan Ramadhan yang kedua adalah membagikan kue apem. Setiap keluarga saling membagikan kue apem kepada tetangga sekitar. 

Mengapa kue apem? Apem berasal dari kata dalam bahasa Arab yaitu afwan yang berarti ampunan atau maaf. Kue Apem menjadi simbol untuk memohon ampun kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala perbuatan yang dilakukan selama setahun lalu.

Kue apem ini menjadi salah satu hidangan khas saat acara megengan. Selain nasi berkat, harus ada kue apem saat acara megengan. 

3. Berkirim doa

Selain kue apem, tradisi yang masih berkaitan dengan acara megengan adalah berkirim doa. Saya mengirimkan doa kepada keluarga yang telah meninggal dunia. Kepada papa, bapak mertua dan kakek nenek kami. 

Acara kirim doa ini adalah dengan menitipkan doa di masjid. Nanti ustadz dan para jamaah yang akan mendoakannya. 

4. Nyekar

Nyekar juga salah satu tradisi keluarga kami saat menjelang bulan Ramadhan. Nyekar ini artinya melakukan ziarah kubur ke makam anggota keluarga yang sudah meninggal. 

Baca Juga : Lima Tradisi Lebaran yang Selalu Dirindukan

Tak hanya sekadar mendoakan, nyekar juga bertujuan merawat makam. Membersihkan makam dan menaburkan bunga diatasnya. 

5. Bermaaf-maafan

Sebelum bulan Ramadhan tiba, keluarga kami bisanya mengadakan silaturahmi ke rumah-rumah kerabat. Kami bersilaturahmi untuk saling bermaaf-maafan. 

Bila tak bisa berkunjung secara langsung, biasnaya saling berkirim pesan chat di ponsel. Bermaaf-maafan sebelum Ramadhan bertujuan untuk menghapus kesalahan masing-masing. Agar menjalani bulan Ramadhan dengan hati yang bersih. 

Penutup

Demikian cerita 5 tradisi keluarga jelang Ramadhan. Kalau disimpulkan, semua tradisi ini bertujuan untuk mensucikan setiap dosa dan kesalahan yang sudah dilakukan. Harapannya, agar bisa menjalani bulan Ramadhan yang mulia ini dengan hati yang suci dan bersih. 

Bagaimana dengan teman-teman? Adakah tradisi yang juga dilakukan jelang bulan Ramadhan? Ditunggu ceritanya di kolom komentar, ya!

Terima kasih.

30 komentar

  1. Mirippp banget mba, dgn tradisi di keluarga dan lingkungan tempat tinggal kami.
    walopun, belakangan ini ya mulai ditinggalkan, tapiii masih ada satu dua yg masih dilakoni.
    maaf lahir batin ya mba
    semoga ALLAH terima amal ibadah kita, dan memudahkan kita untuk siap beribadah dgn optimal di bulan suci.

    BalasHapus
  2. Wah..saya malah baru tahu nih kalau kue apem itu berasal dari bahasa arab, yaitu afwan, yang artinya maaf. Ternyata kue apem ini digunakan juga yaa ke dalam salah satu tradisi saat jelang bulan Ramadan.

    BalasHapus
  3. iya, menjelang ramadhan, walau nggak bikin kue apem, saya selalu dapat kiriman apem dari para tetangga. Kalau saya sendiri nggak ada tradisi khusus sih mbak

    BalasHapus
  4. Setelah baca artikel ini saya baru tau nih asal muasal kue apem itu dari bahasa arab yaitu afwan. Semua tradisi yang disebutin tadi sama dengan tradisi didaerahku.

    BalasHapus
  5. Wow,bagus ya filosopi dari kue apem yang berasal dari bahasa Arab afwan yang berarti ampunan atau maaf.Aku paling suka kue apem.Kalau di Jawa apemnya warna merah, pink/ coklat mbak?

    BalasHapus
  6. aku juga baru tahu nih tentang kue apem,
    kalo tradisi di tempatku sih paling cuma munggahan aja, makan2 sebelum puasa sambil bermaaf-maafan

    BalasHapus
  7. Kalo di tempatku sepekan menjelang Ramadan biasanya pada nyekar. Rane biasanya kl pas weekend. Maaf²an juga. Itu aja sih.

    BalasHapus
  8. Ibuku di Kediri masih megengan..aku di Jakarta enggak ada lagi. Mau nyekar almarhum mertua juga jauh, maaf-maafan online semua keluarga besar tersebar. Huhuhu, doa bareng serumah aja akuu jelang Ramadannya

    BalasHapus
  9. Baru tau kalau kue apem itu ada cerita tersendiri. Bermaaf-maafan menjelang puasa ramadan itu harus yach biar hati lega dan nyaman. AKu sudah nyekar ke makan mama papa mertua. Soal kue apem, sehari2 aku suka dikasih sama mamahku, beliau beli di pasar tradisional. Kelapanya yang banyak hhmmm enak!

    BalasHapus
  10. Megengan n nyekar. . Menarik banget bahasanya mba. Tp intinya jg mirip mirip sm tradisi disini. Gak kerasa ya Ramadhan sebentar lagi. Mohon maaf lahir batin ya mba

    BalasHapus
  11. Dulu pas di Surabaya keluarga besar nyekar juga ke makam keluarga yang telah meninggal. Semoga Allah pertemukan kita dengan ramadhan ya mba. Aamiin

    BalasHapus
  12. Kangen banget sama tradisi jelang ramadan, biasanya aku selalu datang ke rumah mamah untuk bermaafan tapi sekarang udah kirim doa. Mohon maaf lahir dan batin ya mak, semoga kita diberikan kelancaran.

    BalasHapus
  13. Unik ya di sana ada tradisi membagikan kue apem. Ternyata Apem diambil dari bahasa Arab, aku baru tau. Suka banget sama kue ini nih, tapi ga kebagian ya nanti aku pembagian apemnya ga sampai sini :)

    BalasHapus
  14. Saya masih ngalami tradisi diatas jaman nenek masih hidup jadi ketika saya SD sampai kuliah. Mulai dari nenek suka masak2 jadi bikin apem di bagi2kan di dalamnya ada kolak pisang juga. Nyekar dkk smua dilakukan maklum masih tradisi jowo. Sekarang di keluarga sudah tidak ada yg melakukan itu lagi.

    BalasHapus
  15. Aku kemarin dianteri apem sama tetanggaku karena mau pusasa. Padahal siangnya baru aja ngomong dalam hati ya Allah pengen apem. Hahaha malamnya dianter apem beras

    BalasHapus
  16. Kirim doa sama nyekar ini kayanya dilakukan semua orang jelang Ramadan, di manapun mereka. Kalau soal Apem, di tempatku biasanya habis lebaran tuh. Sekitar bulan Dzul Qo'dah. Well apa pun itu, semoga tradisi ini tetap berjalan ya. Toh baik juga kan

    BalasHapus
  17. Nah tradisi2 di atas di keluargaku masih ada Mak, apalagi sebagai orang Jawa yang turun menurun Mama melakukannya.
    Seruu banget,menyambutnya dengan suka cita

    BalasHapus
  18. Pengen banget nyekar ke makam ortuku apadaya emang belum bisa ke Bengkulu. Semoga kita semua disampaikan ke Bulan Ramadhan ya

    BalasHapus
  19. Iyaya..
    Aku uda lama banget gak mengikuti tradisi orang Jawa.
    Kalau di Sunda kayanya gak ada membagikan kue apem, tapi kita kumpul bareng sahabat dan orang-orang yang dicintai buat makan bareng, istilahnya "Munggahan".

    BalasHapus
  20. ya allah gak terasa sudah mau masuk bulan suci ramadan lagi ya, tentu banyak tradisi khas ramadan di keluarga yang akan dilakukan bersama

    BalasHapus
  21. Tradisinya sama dengan keluargaku Mbak. Jadi kangen pengin pulang, hiks. Paling suka kalau megengan, makanannya enak meskipun makanan kampung sederhana. Kalau jaman dulu apemnya masih apem gaya lama. Sekarang apemnya sudah apem modern, cetakannya udah beda, rasanya pun udah kayak roti.

    BalasHapus
  22. Kalau saya nyekarnya setelah Idul Fitri biasanya mba, soalnya jauh di kampung halaman.
    Alhamdulillah, menyambut bulan puasa masih diberikan kesehatan. Semoga kita semua lancar menjalankan puasa tahun ini. Aamiin.

    BalasHapus
  23. Megengan ini kalau di daerah saya yang disebut nyadran apa ya. Kumpul dan berdoa bersama, terus makan-makan.

    BalasHapus
  24. Ah iya. Madura mah nggak ketinggalan sama budaya megengan. Tapi kalau bagi-bagi kue apem kayaknya nggak ada dah. Bagi-bagi makanannya pas megengan itu yang seru. Terus biasanya emang ada sih acara membersihkan makamnya mbah-mbah.

    BalasHapus
  25. Wah banyak informasi baru yang didapat nih mbak, tiap2 daerah itu punya tradisi tersendiri gitu yaa mba yang dilakukan menjelang puasa. Kalau di daerah aku, Minang, kami ziarah dan bermaaf-maafan itu pastinya mba

    BalasHapus
  26. Aku berasa banget Ramadan tahun ini bakal beda karena bapak udah gak ada. Tradisi nya sama nih dengan tempat ku, cuma beda nama aja. Kayak megengan itu kalo di tempat ku namanya arwah jamak.

    BalasHapus
  27. Mirip-mirip juga dengan di Semarang sini ya mba, hanya saja namanya bukan megengan. Ya gitu, berdoa bareng di masjid dan pembacaan arwah jama'. Kirim jajanan juga bagi yang sedang berdoa hingga malam itu.

    BalasHapus
  28. Sebagai non muslim, saya baru tau juga ada tradisi-tradisi jelang bulan puasa, Mbak, seperti megengan.. biasanya yg saya tau nyekar sama saling bermaafan saja.

    BalasHapus
  29. Tidak terasa ya ramadhan sebentar lagi, saya juga turut senang walaupun saya sendiri tidak merayakannya. Tapi semoga puasanya bisa lancar, dan segala aktivitas kegiatannya juga lancar..

    BalasHapus
  30. Saya baru tahu tentang kue apam ini, Mba. Kalo keluarga kami, menjelang ramadhan biasanya nyekar sama haroa (baca doa yang dipimpin imam)

    BalasHapus