Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Menu Buka Puasa Praktis Ala Anak Kosan

Menu buka puasa praktis ala anak kosan

Menu buka puasa praktis ala anak kosan bisa juga lengkap dan bergizi, lho. Di hari ketiga puasa ini saya teringat kenangan saat menjadi anak kosan. Saat itu, saya merantau di ibukota. Di daerah Mampang Prapatan. Anak Jaksel saya mah, nongkrongnya di sevel, haha. 

Oke kembali ke menu buka puasa praktis ala anak kosan yang sering saya masak dulu,ya. Waktu itu saya kos bersama dua orang teman. Kamar kami cukup luas, jadi sekamar bertiga. 

Tidak ada dapur, tapi bapak kos mengizinkan kami membawa magic com dan kompor gas portabel. Itu lho yang biasa dibawa camping. Dengan peralatan masak yang sederhana, saya dan teman-teman tetap berusaha masak menu buka puasa sendiri. Biar ngirit, gaes! 

Namanya buka puasa, pasti pengen yang istimewa. Bisakah anak kosan merasakan buka puasa yang meriah? Bisa kok. 

Hari ini saya mau cerita tentang salah satu menu buka puasa praktis yang pernah saya masak saat menjadi anak kosan. Menu buka puasa yang komplit! Mulai dari takjil, minuman dan makanan! Semuanya praktis! Cepat dan mudah memasaknya. 

Resep Takjil Praktis

Mulai dari menu takjil dulu, ya! Saya buat sop buah. Buahnya simple saja, yang gampang tinggal cemplung! 

Menu buka puasa praktis ala anak kosan

Saya biasanya pakai 3 jenis buah : pisang, anggur dan strawberry. Jangan lupa siapin sirup dan es batu juga. 

Siapkan mangkok, masukkan potongan buah. Beri sedikit sirup, tambahkan air dan es batu. Gimana? Mudah bukan? 

Resep Minuman untuk Buka Puasa

Menu buka puasa praktis

Minuman favorit saya saat buka puasa itu kurma madu hangat. Air rendaman kurma saya campur dengan madu. Ini sehat banget, lho! 

Baca Juga : Resep Oseng Jantung Ayam

Sampai sekarang saya juga masih buat minuman ini. Ini minuman favorit keluarga di rumah. Resep minuman untuk buka puasa ini perlu kamu coba, lho!

Menu Buka Puasa Praktis

Menu buka puasa praktis yang biasa saya buat adalah nasi goreng. Ya, nasi goreng ini adalah menu andalan anak kosan. Praktis dan mudah!

Menu buka puasa praktis ala anak kosan


Nasi goreng nggak hanya jadi menu buka puasa praktis, tapi juga sehat. Nasi goreng  mengandung beragam nutrisi dari bahan utama, bumbu, dan bahan pelengkapnya, mulai dari telur, acar, sayur, hingga daging.

Baca Juga : 3 Resep Andalan Saat Ramadan yang Susah Dilupakan

Saya biasa memasak nasi goreng dengan memanfaatkan nasi sisa semalam. Ini memudahkan memudahkan untuk memasak nasi goreng yang akan dibuat. Selain itu, nasi sisa semalamcenderung dapat membaur dengan baik ketika dimasak dan memiliki pati resisten yang lebih tinggi sehingga lebih ramah di usus. 

Biasanya nasi goreng saya tambahkan telur dan sosis. Sayurannya juga nggak boleh ketinggalan, ada salada dan tomat! So, nasi goreng saya jadi istimewa. Tetap mengandung gizi seimbang. 

Penutup

Menjadi anak kosan tak menghalangi untuk bisa menyantap menu buka puasa yang sehat dan lezat. Menu buka puasa praktis ala anak kosan ini bisa teman-teman coba di rumah. 

Baca Juga : Pizza Roti Ala Chacha

Bagaimana menu buka puasa praktis ala anak kosan ini? Apakah teman-teman tertarik mencoba? Atau adakah yang mau berbagi menu buka puasa praktis lainnya? 

Ditunggu ceritanya di kolom komentar, ya!

#BPNRamadan2022

#Day4



21 komentar

  1. Yihaaa, ini sih bisa banget di-recook oleh semua orang
    resepnya gampiiil no ribet ribet ya mba
    makasii ide-idenya mba

    BalasHapus
  2. Wah, mantan anak Jaksel ternyata dirimu Mbak :)
    Setuju, anak kosan meski praktis buka puasanya bisa disiasati, biar hemat pasti
    Jaman aku ngekos saat kuliah lanjut kerja di Denpasar dulu, ada dapur kecil dan pakai kompor minyak tanah tahun segitu kwkw (1994-2002). Tapi rajin masak dong buat buka puasa yang praktis sih, kalau yang ribet banyakan beli

    BalasHapus
  3. menu yg sering muncul saat buka puasa kalau dulu sih es macam-macam deh, favorit bapak sama adik, sy paling teh aja, dan yang pasti gorengan, duh ga sehat banget ya hehehe

    BalasHapus
  4. Wah kalau magrib kami jarang masak nasi goreng. Memang praktis tapi kalau pas berbuka makan yang berminyak tuh rasanya gimana....tapi ya sekeren berbeda ya apalagi anak kost yg penting beres hehehe

    BalasHapus
  5. Es buah jadi andalan saya juga ni Mbak. Campur aduk aneka buah, sirup, dan es batu. Rasanya langsung nyess di tenggorokan. Madu kurma juga simpel ya, menyehatkan pula.. :)

    BalasHapus
  6. Jadi ingat masa jadi anak kos. Satu lagi menu langganan saya waktu kas adalah telur dadar plus sambal terasi sachet..

    BalasHapus
  7. Jadi ikutan mupeengg kak hihi, seriusan aku juga kangen bangett makan ini nih wkwkwk, pas puasaan maksudnya. kmrn kebanyakan makan ikan2an dan sayuran sampai kehabisan ide

    BalasHapus
  8. Memang praktis banget sih ini, bisa direcook emak-emak yang antiribet juga hihi

    BalasHapus
  9. Baru tahu mbak pisang dibuat es buah. Unik. Meski ngekos makanan berwarna ya mbak, hehe

    BalasHapus
  10. Kurma madu hangatnya bisa dicontek, nih. Kalau nasi goreng anak-anak saya juga suka, bukan cuma anak kos hihihi.

    BalasHapus
  11. Aduh kok sama ya zaman aku ngekos, tema menu kosannya sama kaya zaman aku ngekos tapi tambahannya mie instan 😂😂😂

    BalasHapus
  12. Air rendaman kurma saya juga suka konsumsi, rasanya emang enak banget ya, mba,...seperti langsung tersugesti berasa sehat kll seh minum ini. Thankyou for sharing, mba.

    BalasHapus
  13. Paling praktis tuh buka puasa pake kurma ya mba, sehat dan mengembalikan energi dan kadar gula darah dalam tubuh. Air nabees alias air rendaman kurma itu enak banget dan segeeerr rasanya.
    Kalau aku tim gorengan nih mba hehehe... ga sehat yaaa

    BalasHapus
  14. Benar-benar menu praktis ala anak kosan sih ini Kak, tapi nggak cuma asal praktis, bergizi juga hihihi. Duh jadi kangen ngekos euy :D

    BalasHapus
  15. Menu buka puasa ala anak kosan yang sering saya temui, mereka shalat jamaah maghrib di masjid. Jadi menu selalu spesial. :D

    BalasHapus
  16. jadi inget anak-anak saya sewaktu masih kost

    mereka pilih jajan daripada masak, mungkin karena masak bakal mengganggu waktu tidur mereka :D :D

    BalasHapus
  17. Jadi ikutan mupeengg kak hihi, seriusan aku juga kangen bangett makan ini nih wkwkwk, pas puasaan maksudnya. kmrn kebanyakan makan ikan2an dan sayuran sampai kehabisan ide. Ide di atas bisa nih jadi variasi hari berikutnya

    BalasHapus
  18. Wah nasi goreng tuh favorit saya mbak. Kalau udah kena nasi goreng, biasanya ngabis2in kalau nggak ada yang nyetop.

    BalasHapus
  19. Gak jadi anak kosan juga ini bisa jadi pilihan menu berbuka puasa di rumah sih. Praktis bikinnya. Buat anak-anak pasti suka.

    BalasHapus
  20. Jaman aku ngekos buka puasanya sama nasi padang, biar kenyang sampe subuh, wkwkwkw....
    Nasi goreng emang nikmat ya dimakan pas buka puasa.

    BalasHapus
  21. Wah seger nih. Jaman kosan aku gak pernah masak mba. Air nabeez dari kurma ini memang banyak manfaatnya ya

    BalasHapus