Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tip Menghemat Uang THR

Tip Menghemat Uang THR


Halo, teman deestories

Apa kabar? 

Gimana? THR da cair kah? Atau jangan-jangan malah sudah habis? 

Hehehe

Yuk, hari ini kita ngobrolin bagaimana tip menghemat uang THR. 

THR

THR (Tunjangan Hari Raya) menjadi hal yang dinanti menjelang datangnya hari kemenangan. Ya, setiap tahun akan ada THR buat para pekerja kantoran. Kalau yang freelancer macam saya ini, THR nya ya cari sendiri, hehe. 

THR sengaja diberikan menjelang lebaran, karena memang digunakan untuk keperluan lebaran. Besarnya THR ini biasanya 1x gaji bulanan. 

Perusahaan atau kantor biasanya akan memberikan THR menjelang H-7 sebelum lebaran. 

Tip Menghemat Uang THR

Buat teman-teman yang dapat uang THR, rencananya mau dibuat apa? Beli tiket mudik? Beli baju baru? Bayar zakat? 

Baca Juga : Tips Kelola THR yang Baik

Uang THR perlu dihemat, biar nggak numpang lewat begitu saja. Gimana cara menghemat uang THR? Yuk, simak tip menghemat uang THR berikut ini. 

1. Buat rencana pengeluaran

Tip menghemat uang THR yang pertama adalah membuat rencana pengeluaran THR. Tulis semua keperluan yang dibayar dengan uang THR. 

Kalau sudah buat rencana seperti ini, kita bisa fokus. Nggak akan belanja yang nggak perlu. 

2. Beli sesuai kebutuhan

Beli sesuai kebutuhan, misalnya tak harus membeli baju baru. Selama baju lama kita masih banyak dan masih bagus kondisinya. 

Belanjakan uang THR secara bijak. Membeli karena butuh, bukan keinginan semata.

3. Manfaatkan promo

Biar hemat, jangan lupa berburu promo saat belanja keperluan lebaran. Penting nih, biar dapat harga yang paling murah. 

Baca Juga : Tips Cerdas Menyikapi Promo Belanja Online

Kalau bisa belanja dengan promo, pasti lebih baik. Bisa lebih hemat tentunya. Biasanya belanja online akan dapat beragam promo menarik.

Nah itu tadi tip menghemat uang THR yang bisa teman-teman lakukan. Apa teman-teman punya tip lainnya? Boleh dong berbagi cerita tentang bagaimana tip menghemat uang THR

Ditunggu ceritanya di kolom komentar, ya!

Terima kasih.

#BPNRamadan2022

#Day28

7 komentar

  1. Aku kemarin dapat H-5, terus kan ke toko baju kan? Eh udah tinggal yg tidak sesuai selera bok 🤣 kalau aku sih buat bayar hutang dulu, terus zakat terus baru deh buat kebutuhan lebaran. Dapatnya pun gak 1x gaji sih, tapi cuma dpt sebesar gaji pokok

    BalasHapus
  2. Uang THR ini memang harus pengeluaran diperhitungkan dengan baik yaa biar nggak habis nggak berasa. Tapi kadang memang suka kalap belanja sih kalau misalnya dapat uang thr gitu. Heu

    BalasHapus
  3. Kadang ada yang merasa THR sebagai uang bebas aja gitu. Jadi gampang dikeluarkan buat beli baju-baju dan lainnya. Padahal kalau bisa dimanfaatkan untuk hal lain kan lebih baik ya, Kak.

    BalasHapus
  4. Kebetulan, THR tahun ini pas dengan budget menu utama lebaran.
    Alhamdulillah, menu-menunya juga bisa dinikmati sekeluarga besar.
    Semoga tahun depan, THRnya bisa disisihkan ke bentuk barang fisik yang manfaatnya bisa lebih lama dibandingkan makanan.

    BalasHapus
  5. Kebetulan THR dipegang suami semua, THR blogger malah enggak turun menjelang lebaran hahaha... sudah dibagi untuk zakat mudik infaq baju lebaran dan persiapan mudik itu sendiri. THR selalu nombok sih.

    BalasHapus
  6. Insya Allah THR selalu aman bahkan bisa tahan dari tahun ke tahun karena memang diniati untuk ditabung keperluan anak yang mendesak. Selama orang tua bisa, maka dibantu orang tua dahulu.

    BalasHapus
  7. Emang kadang moment-moment seperti ini yang sering banget dapat uang yang besar, entah itu dari keluarga, teman dekat, saudara, ataupun tetangga.. Kalau kaget dapet uang gede yang biasanya megang cuma seberapa bisa-bisa boros. Memang dari tips-tips diatas harus bisa dimaintenance supaya bisa lebih hemat dan dimanfaatkan kehal yang lebih bermanfaat.

    BalasHapus