Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Berkenalan dengan IDN Live dan IDN Live Stream Fund 50 Miliar

IDN Live


Berkenalan dengan IDN Live dan IDN Live Stream Fund 50 Miliar - Pandemi menghadirkan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk perubahan cara mencari hiburan. Saat ini banyak orang yang menikmati hiburan lewat konten digital, salah satunya dengan menonton live streaming.

Begitu juga saya yang mencari hiburan dengan menonton konten live streaming IDN Live di IDN App. Ternyata, IDN App tidak hanya aplikasi baca berita dan hiburan saja, tetapi juga bisa menjadi wadah kreativitas para konten kreator yang ingin berkarya dalam live streaming. Melalui program IDN Live Stream Fund 50 Miliar ini, IDN Live memberikan kesempatan bergabung menjadi streamer.

Seperti apa itu? Yuk baca cerita lengkap pengalaman saya saat berkenalan dengan IDN Live dan IDN Live Stream Fund 50 Miliar ini.

Perkembangan Live Streaming di Indonesia

Kemunculan layanan aplikasi live streaming semakin ramai sejak digunakannya jaringan 4G di Indonesia sejak tahun 2016. Live streaming semakin diminati saat terjadinya pandemi COVID-19 tahun  2020 lalu.

Berdasarkan data dari We Are Social pada Februari 2021 lalu, 98,5% pengguna internet menonton video di internet. Ini membuktikan bahwa perkembangan live streaming di Indonesia semakin menjanjikan.

Potensi live streaming

Live streaming ini awalnya digunakan untuk menayangkan berita secara langsung di internet. Namun, seiring berjalannya waktu pemanfaatan live streaming ini semakin meluas. Tak hanya dimanfaatkan oleh e-commerce saja, akhir-akhir ini banyak juga selebriti, tokoh publik hingga konten kreator yang memanfaatkan live streaming untuk berinteraksi langsung dengan para penggemar maupun pengikutnya di sosial media.

Ini yang pada akhirnya membuat potensi live streaming diprediksi akan semakin berkembang. Apalagi, Indonesia adalah negara nomor satu di dunia yang paling banyak menonton video streaming pada tahun 2021.

Kecenderungan menonton live streaming ini pun membawa dampak positif bagi bisnis streaming di Indonesia. LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) memprediksi bahwa pendapatan yang diterima aplikasi streaming akan meningkat sebanyak 28,9 %. Tentunya ini adalah potensi yang menjanjikan.

Keunggulan live streaming

Mengapa banyak orang yang suka mengakses layanan live streaming ini? Apa sih keunggulan live streaming ini dibandingkan konten digital lainnya?

Ada banyak keunggulan live streaming dibandingkan konten digital lainnya, yaitu :

1. Meningkatkan branding
2. Mengetahui keinginan penonton
3. Bisa berinteraksi secara langsung
4. Menyajikan konten audio visual yang lebih menarik
5. Menjadi penghubung antara pemilik brand, penjual dan pembeli
6. Meningkatkan pembelian
7. Menunjukkan tutorial penggunaan produk secara langsung

IDN Live

Setelah tahu tentang live streaming, pastinya sekarang teman-teman akan mencari tahu platform apa yang menyajikan konten live streaming berkualitas. IDN Live adalah platform yang tepat untuk bisa menikmati live streaming ini.

Apa itu IDN Live?

IDN Live adalah fitur di IDN App yang menyajikan beragam konten live streaming. Konten live streaming di IDN Live ini diisi oleh banyak kalangan, mulai dari konten kreator, influencer, musisi, gamer, selebriti, hingga tokoh publik.

Audience bisa menyaksikan konten live streaming dari berbagai topik, mulai dari drama Korea, film, gaming, musik, masak, make up dan lain sebagainya.

IDN Live ini memiliki tampilan yang lebih fresh dan kekinian, cocok untuk para Milenial dan Generasi Z. Jangan takut ketinggalan live streaming, akan ada notifikasi acara live streaming di ponsel.

IDN Live menjadi ruang bagi para streamer untuk berkarya, berinteraksi secara langsung dan menjalin hubungan yang autentik dengan audiens nya. Tapi tetap menjaga komitmen IDN Media untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan berdampak.

Keunggulan IDN Live

IDN Live Stream Fund 50 Miliar


Konten live streaming akan menarik jika audience bisa langsung berinteraksi dengan streamer yang sedang ditonton. Di IDN Live ada fitur Live Chat, yang bisa membuat audience mengirimkan pesan secara langsung kepada para streamer. Streamer juga bisa melihat dan membalas pesan tersebut secara langsung. Jadi lebih interaktif jadinya.

Tak hanya itu, ada juga beberapa keunggulan dari IDN Live ini, yaitu :

1. Konten anti bosan

Dijamin nggak akan bosan kalau menikmati live streaming di IDN Live ini. Ada banyak streamer yang ahli di bidangnya masing-masing. Audience bebas memilih, mau konten horor, humor, tutorial, nyanyi bareng hingga kuis berhadiah. Semua ada di IDN Live.

2. Virtual gift


Punya streamer favorit? Jangan lup untuk mengapresiasi dengan memberikan virtual gift, ya! Virtual gift ini juga bisa membuat audience lebih di notif oleh para streamer, lho.

Ada banyak virtual gift yang bisa diberikan. Mulai dari makanan Nusantara seperti rawon atau sate, hewan khas Indonesia seperti komodo dan cenderawasih. Atau barang mewah seperti motor sport, jet pribadi dan lain sebagainya.

IDN Live


3. Bonus gold

Ketika sudah men-download IDN App dan melakukan sign up pertama kali, setiap pengguna akan mendapatkan gold. Gold ini adalah mata uang digital yang dalam IDN App.

Gold ini bisa digunakan untuk memberikan virtual gift pada streamer favorit kita. Jangan khawatir kalau gold habis, kita bisa top up lagi dengan melakukan pembayaran yang ada pada PlayStore maupun AppStore. Ada banyak pilihan gold dan promo potongan harga yang sangat menarik tentunya.

4. Poin untuk streamer

IDN Live juga akan memberikan poin untuk para streamer. Poin ini didapat dari virtual gift yang diberikan oleh audience. Virtual gift akan dikonversikan menjadi poin yang sudah ditetapkan. Nanti poin ini bisa ditukar ke Rupiah dengan jumlah tertentu. Asik, ya!

Cara Menjadi Streamer IDN Live

Stremer IDN Live

Setelah mengetahui keunggulan IDN Live ini, pasti teman-teman jadi tertarik untuk menjadi streamer IDN  Live, kan?

Cara menjadi streamer IDN Live ini mudah, kok! Berikut caranya :

1. Download IDN Live di PlayStore atau AppStore.

2. Sign up dan buat akun baru di IDN App.

3. Submit data melalui Google Form Pendaftaran IDN Live New Streamer. Nantinya tim IDN Live akan memverifikasi data yang sudah di submit dan mengaktifkan akun streamer.

Saya sudah mendaftar menjadi IDN Live New Streamer. Sekarang masih menunggu verifikasi dari tim IDN Live. Doakan terpilih, ya!

IDN Live


4. Kalau terpilih, akan ada konfirmasi melalui email. Selanjutnya ada langkah-langkah yang harus diikuti, yaitu :

⏺️Calon Streamer diminta logout dari aplikasi IDN Live versi terbaru, lalu login lagi.
⏺️Klik tombol menu (Live) di bagian atas layar halaman Home.
⏺️Lalu klik tombol (+) yang ada di bagian bawah layar halaman Home.
⏺️Jika sudah muncul pilihan"live streaming", tandanya akun kita sudah diperbaharui. Kita pun siap menjadi Streamer!
⏺️Kalau belum muncul, coba hubungi tim IDN Live melalui email support@idn.media, ya!

IDN Live Stream Fund 50 Miliar

IDN Live terus memberikan dukungan bagi para streamer untuk membuat konten yang berkualitas. Caranya dengan meluncurkan program IDN Live Stream Fund 50 Miliar yang diluncurkan pada April 2022 lalu.

Melalui program ini, IDN Live akan menyediakan dana Rp. 50 Miliar untuk mendukung para Streamer IDN Live. Harapannya, program ini bisa terus memotivasi para Streamer untuk terus menghasilkan konten live streaming yang berkualitas.

Siapa saja yang bisa menjadi streamer di IDN Live?

IDN Live

Wah, program IDN Live Stream Fund 50 Miliar ini makin bikin semangat untuk jadi Streamer IDN Live, ya!

Siapa saja sih gang bisa menjadi Streamer IDN Live dan berkesempatan mengikuti program IDN Live Stream Fund 50 Miliar ini?

Ini dia kriterianya :

1. Tinggal di Indonesia dan berusia 18 tahun ke atas
2. Minimal memiliki 100 follower di IDN App
3. Konsisten melakukan live streaming setiap hari di IDN App
4. Menyebarkan konten positif dan inklusif
5. Memiliki konten yang kreatif, otentik dan orisinil
6. Patuh pada guideline komunitas IDN Live

Keuntungan mengikuti program IDN Live Stream Fund 50 Miliar

Selain berkesempatan mendapatkan dana 50 Miliar, para Streamer yang mengikuti program IDN Live Stream Fund 50 Miliar ini juga mendapatkan banyak keuntungan lainnya.

Streamer terpilih akan mendapatkan dukungan dari IDN Media, antara lain :

⏺️Media Converage & Exposure
⏺️Akses ke Studio IDN Media
⏺️Training & Mentorship
⏺️Brand Sponsorship

Wah, pastinya semua itu akan semakin mendukung para Streamer untuk menghasilkan konten live streaming yang berkualitas, ya!

Jadi, tunggu apalagi? Manfaatkan kesempatan emas ini. Segera daftarkan diri sebagai Streamer IDN Live dan bergabung dalam program IDN Live Stream Fund 50 Miliar. Jadilah Streamer yang menghasilkan sekaligus menyebarkan konten positif untuk orang banyak!

Penutup

Sekian cerita saya saat berkenalan dengan IDN Live dan IDN Live Stream Fund 50 Miliar ini. IDN Live tak hanya memberikan saya hiburan tersendiri, tetapi juga meraih peluang baru sebagai Streamer.

Bagaimana dengan teman-teman? Apakah tertarik untuk menjadi Streamer IDN Live dan mengikuti program IDN Live Stream Fund 50 Miliar ini?

Ceritakan pendapat teman-teman di kolom komentar, ya!

63 komentar

  1. Waktu baca informasi ada IDN Live Streamer Fund 50 Miliar duh saya langsung kepikiran ayo ikut... Meski masih bingung, caranya bagaimana hehhee

    Tapi secara tidak langsung itu sudah membuat kita memiliki tekat, kalau bikin konten itu harus yg bermanfaat, baik dan pastinya sesuai kaidah yang ditentukan ya

    Semangat ikutan yuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mbak, bikin konten yang bermanfaat juga kan bisa diniatkan ibadah. kalau ada yang memperoleh pengetahuan baru dan manfaat dari konten yang kita buat, pahalanya juga bakal ngalir ke kita

      Hapus
  2. wah ternyata ada poin stream nya juga ya buat yang rajin nonton stream, seru banget sih emang sekarang banyak yang bisa didapatkan informasi di aplikasi IDN Live

    BalasHapus
  3. menarik nih aplikasi IDN Live, potensi makin luas untuk ekonomi kreatif, selain itu ada juga manfaat sebagai streamer yang nominalnya wow

    BalasHapus
  4. Seru banget nih di IDN App ada live streaming. Kontennya jadi variatif dan ada hadiah gedenya lagi.

    BalasHapus
  5. Hebat banget nih makin percaya diri tampil di depan kamera dan makin bisa eksis dan dapat hadiah gede dari idn live

    BalasHapus
  6. Kesempatan bagus utk para influencer supaya dapat tambahan penghasilan ya inii

    BalasHapus
  7. Waw gak kaleng - kaleng IDN Media, menyiapkan 50 M untuk program IDN Live Stream Fund
    sebagai anak bangsa kita harus mendukung dong ya?
    Khususnya untuk para streamer, sedangkan kita menjadi penonton setia

    BalasHapus
  8. Beughh, luar biasaaa IDN Media!
    Bener2 kasih support yg full utk para content creator ya
    makin hepi nih klo didukung cem gini, ye kan

    BalasHapus
  9. Wah benar juga, streamer sekarang semakin meluas ya.. Semua orang bisa nih kalu punya kemampuan berbicara di depan umum dan melakukan siaran live.. Keren banget IDN sekarang yaa..

    BalasHapus
  10. Idn live bisa juga untuk menyemarakkan aktifitas keseruannya. Semakin kokpetitif aplikasi sekarang.

    BalasHapus
  11. Betul banget. Sejak pandemi. Youtube jadi teman sehari-hari. Konten kreator tiba-tiba menjamur. Dan internet rasanya adalah jadi bagian penting yang gak bisa dihilangkan dari kedhidupan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren yaah..
      Padahal editing video agar nyaman ditonton itu gak mudah.
      Tapi ada banyak hal yang bisa dilakukan kini, termasuk menjadi streamer di IDN Live.

      Hapus
  12. Jadi makin semangat ya bikin konten live streaming yang bermanfaat bagi masyarakat kalau ada bantuan dana dari program IDN Live Stream Fund 50 Miliar ini.

    BalasHapus
  13. Iya sih. Konten live streaming itu lebih disukai. Bahkan para penjual online sekarang sudah mulai menjual dagangannya dengan live streaming. Dan menurut pengakuan mereka, omsetnya malah naik pesat. Keren.

    BalasHapus
  14. Konten live streaming ini sedang tren dan banyak disukai di kalangan masyarakat, kalau aku paling suka konten lokasi wisata hahaha sambil nonton streaming bisa lihat pemandangan yang indah plus bisa jadi referensi kalau nanti berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Selain itu, aku juga suka pantengin live streaming toko online, kadang dapat harga lebih murah lho pas live.

    BalasHapus
  15. Live streaming itu seru karena adanya interaksi langsung dengan audiens gak heran ya kalo skrg konten2 ini banyak bgt peminatnya juga.
    Eh apalagi skrg udah ada wadahnya juga. Seru banget sih ini buat yang suka cuap-cuap membahas satu topik yg sesuai minatnya. Apalagi dengan program Funds 50 Miliarnya bakalan makin memotivasi.

    BalasHapus
  16. Bikin konten yang bagus dan bermanfaat makin semangat kalau ada reward yg bisa kita dapat. Semoga kita jadi salah satu pemenang nya ya

    BalasHapus
  17. Live streaming tuh memang salah satu cara promosi yang kekinian ya Mbak. Saya pernah nonton live streaming di channel teman yang menjual barang-barang etnik dan antik koleksinya. Tadinya saya pikir tidak akan ada atau sedikit peminat. Ternyata yang menyaksikan kontennya banyak. Transaksi penjualannya juga banyak. Seru deh ngikutinnya.

    BalasHapus
  18. wah banyak banget manfaat yang bisa kita dapatkan dengan join IDN life ini ya mbak, apalagi bisa dapat reward jadi makin semangat ngonten ya

    BalasHapus
  19. Menarik nih aplikasinya. Bisa relate juga dengan aku yang suka informasireal time.

    BalasHapus
  20. Jadi tertatik Juga deh mba mau ikutan
    ada poin stream nya juga buat yang rajin nonton streaming, boleh bngt nih..banyak yang bisa didapatkan informasi di aplikasi IDN Live IDN line

    BalasHapus
  21. sekilas live streaming ini mirip igs live ya? seru juga nih kayaknya nonton live stream di IDN. bahkan bisa jadi ajang jualan juga, kalo live stream di marketplace yang jualan udah biasa ya, ini mah di IDN. terus bonus untuk streamernya banyak juga. mantap nih

    BalasHapus
  22. yang punya kemampuan public speaking yang bagus, fitur dari IDN ini bisa jadi peluang untuk bisa eksis dan sumber penghasilan tambahan juga ya mba.. kerenn

    BalasHapus
  23. Menarik banget nih IDN dengan fitur-fiturnya yang keren. Patut dicoba buat aku

    BalasHapus
  24. Programny menarik banget nih. IDN totalitas mendukung para kreator, khususnya streamer yang kreatif dan anti bosenin.

    Ada dana 50M wah banget nih.

    BalasHapus
  25. Wah penjelasannya lengkap banget mba. Aku termasuk orang yang baru tahu ternyata IDN itu ada aplikasinya juga ya. Terus ditambah ada fitur baru yaitu live streaming. Bisa jadi ladang mata pencarian juga ya buat yang pengen jadi streamer

    BalasHapus
  26. Yess betul pandemi mengubah banyak hal termasuk pegawai kantoran semenjak wfh jadi mager dan kebablasan berkarir dirumah.

    IDN momentnya tepat dengan memberi kesempatan seluasnya kepada content creator berkarya.

    BalasHapus
  27. Wah, para kreator senang banget pastinya, ya. Dapat dukungan penuh untuk berkarya dari IDN Live. Mm, pantes anak-anak muda sekarang banyak yang tertarik menjadi kreator. Peluangnya sangat besar di era digital sekarang.

    BalasHapus
  28. IDN Live platform yang tepat untuk bisa menikmati live streaming ini sambil cari cuan!
    Kalau tau gitu rasanya kelas podcast sayang sih untuk dilewatkan!

    BalasHapus
  29. Yang seru dari IDN Live ini salah satunya adalah bisa berinteraksi dengan audience yang mana bisa seperti menggali ide untuk konten selanjutnya agar lebih baik lagi. Seru banget sih yaa..

    BalasHapus
  30. Poin stremer nya lumyan nih kak bisa nambah uang jajan...
    Ijin download kak..

    BalasHapus
  31. Sudah berusaha jadi stremer atau audiens, Mbak? Saya masih audiense saja. Itu pun hanya di konten horor.

    BalasHapus
  32. Bisa banyak belajar dengan menjadi streamer ini. Berbagi konten positif atau memasarkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi IDN live mempunyai program IDN live stream Fund 50 Miliar, pasti akan semakin menambah semangat generasi milenial dan Z untuk terus mengasah kemampuan dan semakin produktif.

    BalasHapus
  33. Syarat untuk menjadi live streamer di IDN Live ini bisa diikuti dan dapatkan penghasilan sebagai konten kreator. Semakin produktif maka semakin besar kesempatan dan jam terbang yang dilakukan sebagai konten kreator handal.

    BalasHapus
  34. IDN Media, siapkan 50 M untuk program IDN Live Stream Fund keren

    BalasHapus
  35. Udah nonton live streamingnya. Paling suka launching film, soalnya serasa red carpet ya. Bisa merasa vibes di sana, siapa artis yang datang, pakai baju apa.

    BalasHapus
  36. Funding 50M dari IDN itu 'Wah' banget ya Mbak. Streamernya pun difasilitasi membesarkan branding dengan aneka pelatihan dan bimbingan. Bermanfaat sekali untuk yang baru merintis bisnis atau membangun brand..

    BalasHapus
  37. Apresiasi IDN untuk para streamer Indonesia gak main² ya mbak, uang 50 miliar untuk para streamer yang membuat live streaming secara kreatif dan orisinal🤑

    BalasHapus
  38. Sejak awal pandemi memang live streaming semakin diminati, saya juga pernah beberapa kali live di platform media sosial. Awalnya gugup, tapi lama-lama jadi enjoy dan seru. Coba ya kalau live di aplikasi IDN, sudah dapat uang banyak kali, ya, dari virtual gift penonton hehe. IDN cepat banget perkembangannya, sampai ada inovasi bikin IDN Live yang bisa menjadi wadah bagi para creator untuk tampil.

    BalasHapus
  39. IDN Live streaming itu seru...menyajikan konten beragam sesuai kebisaan para streamernya. Hadiahnya juga mantap dooong sampai 50 M

    BalasHapus
  40. IDN Media memang salah satu media yang paling mendukung gen milenial dan gen Z untuk upgrade softskill

    BalasHapus
  41. Saya termasuk penyuka IDN App dan sudah nyobain fitur IDN Live-nya. Seru! Streamernya keren-keren dengan beragam konten yang segar. Salut juga untuk program "IDN Live Streamer Fund 50 Miliar". Bikin Streamer makin bersemangat ngonten, nih.

    BalasHapus
  42. sejujurnya aku jarang nonton yang live streaming gini. kalau menurut Mbak Dian, target market IDN Live cocoknya membahas topik apa dengan rentang usia audiens berapa tahun yah?

    BalasHapus
  43. Sy jg sdh instal appnya mba. Keren ya selain bs baca berita kita jg bs membuat konten di IDN Live

    BalasHapus
  44. Asik dikasih modal gold buat ngasih semangat para pembuat konten . Next day kita yang di kasih hadiah dari penonton kita.

    BalasHapus
  45. Wah hadirnya IDN Live sebagai platform yang tepat untuk bisa menikmati live streaming, banyak manfaatnya pula terutama untuk branding . Keren nih aplikasi IDN, sukses dan sukses juga buat para streamerny

    BalasHapus
  46. Pengen jadi streamer juga tapi bingung kalo kasih materi tiap harI...salut buat yang udah jadi streamer

    BalasHapus
  47. Di Indonesia jadi Streamer, peluangnya masih besar. Buat penonton, ini kaya ngobrol bareng ya apalagi kalau yang dibahas sesuai kesukaan kita. Jadi bisa nyambung gitu

    BalasHapus
  48. Aw aw aw kalau tampilan IDN Live lebih fresh dan kekinian, tentunya cucok meong untuk para Milenial dan Generasi Z y mbak. Aku belum coba nonton siy, next di coba. Hihihi

    BalasHapus
  49. Makin marak ya streamer beredar di dunia maya, seru juga sih kalau dilihat pas nonton. Tapi untuk jadi streamernya aku belum pernah, gak pede juga soalnya. Bagus juga sih IDN Live kasih kesempatan pada msyarakat yang punya bakat untuk melakukan live streaming

    BalasHapus
  50. Mbak, itu seriusan 50 Miliar? Ya ampun, hadiahnya gede banget. Bikin orang-orang makin terpicu kreativitasnya ya

    BalasHapus
  51. waaa mantep ya makin banyak platform live streaming, wadah buat kreator jadi makin banyak. dan IDN Live mantep banget nyediain hadiah yang tidak bisa dilewatkan hahaha

    BalasHapus
  52. anti bosan kalau nonton idn live, jadi kepikiran jadi streamer juga karena fasilitasnya wow banget belum lagi virtual gift dan masih banyak keuntungan lainnya

    BalasHapus
  53. Aku juga beberapa kali ikutan nih idnive dan inovasi dari idn media ini layak diacungi jempol sebab kekinian banget e .seneng jadinya ya

    BalasHapus
  54. IDN Live Streamer Fund 50 Miliar programnya menarik banget dan hadiahnya menggiurkan. Memang sekarang banyak banget orang yang nonton streaming gini karena lebih menarik dan interaktif kontennya.

    BalasHapus
  55. Keren nih programnya yah, hadiahnya juga bikin mupeng nih

    BalasHapus
  56. Tadinya aku kira tuh yang jadi streamer cuma artis atau influencer terkenal yang udah punya banyak fans. Ternyata siapa pun bisa jadi streamer, ya. Bahkan bisa terkenal sebagai streamer kalau kontennya menarik.

    BalasHapus
  57. wah makin banyak yaa platform untuk live streaming. oke nih sepertinya. kalau baca data ternyata cukup menjanjikan juga yaa.. btw untuk live stream drama korea ni gimana? bukannya itu perjanjian sama platform yg kontrak sama mereka? legal atau ilegal jadinya

    BalasHapus
  58. Enak ya kalau bisa jadi streamer di IDN live. Pengalaman bertambah dan kesempatan untuk berpenghasilan juga besar. 50 milyar bok.

    BalasHapus
  59. Pengen cepet punya pengikut 100 dan bisa join live hehehe mayan hadiahnya ya Mba.
    Kalau mantau gitu seru, aku juga sering nonton.

    BalasHapus
  60. Wah ada peluang jadi streamer ini yang unik nih.. Belum lagi macem2 bonusnya yang lumayan pastinya...

    BalasHapus
  61. Mbak Saya takjub banget dengan Idn nih, duh telat banget rasanya baru ketemu infonya padahal ini bagus banget peluangnya bagi ibu-ibu ya mbak

    BalasHapus