Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Belajar Menjadi Perempuan Sukses Sebelum Usia 40 Tahun dari FORTUNE Indonesia Summit 2022

FORTUNE Indonesia Summit


"Life begins at forty"


Teman deestories pasti sudah sering dengar istilah tersebut. Katanya, hidup dimulai saat usia 40. Ini yang membuat usia 40 begitu istimewa. 

Saya pernah menghadiri seminar keuangan, coach nya bilang jika saat usia 40 kondisi finansial kita stabil, maka kehidupan finansial selanjutnya pun akan stabil. 

Ada juga yang bilang, di usia 40 faktor spiritual menjadi dominan. Di usia 40, banyak orang yang menjadi lebih bijaksana. 

Hmm apakah benar seistimewa itu usia 40? Kalau secara teori psikologi sih memang usia ini memang sudah memiliki karakter yang kuat. Tidak mudah diombang-ambingkan. Nggak gampang galau gitu. 

Pada tahapan usia ini, seseorang lebih mudah merasa cukup dan tercukupi. Indikatornya, di usia ini sudah punya tabungan, jenjang karir yang berkembang dan juga relasi yang kuat. 

Wah, saya semakin deg-deg an. Lima tahun lagi, saya akan berusia 40. Saya jadi semakin semangat untuk menjadi lebih baik lagi. Saya ingin meraih kesuksesan sebelum usia 40. Saya ingin kehidupan saya di usia 40 menjadi kehidupan yang stabil. Damai. Baik secara psikologis maupun finansial. 

Post Power Syndrome

Saya masih ingat, awal-awal menjalani kehidupan pernikahan menjadi saat yang berat bagi saya. Bukan karena hubungan pernikahan yang tidak harmonis, tapi lebih kepada perubahan yang besar dalam kehidupan saya. 

Tumbuh sebagai sandwich generation, saya terbiasa bekerja keras. Sejak SMA sudah mulai berusaha mencari penghasilan sendiri. Mulai dari mengajar privat hingga mengikuti perlombaan karya tulis agar dapat hadiah. Kuliah sambil kerja. Lalu saat bekerja pun saya melakoni dua pekerjaan. 

Lalu setelah menikah, saya harus melepaskan pekerjaan di ibukota. Kembali ke kampung halaman, sebab suami adalah seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil). Mau tak mau saya harus mengikutinya, long distance marriage tidak ada dalam kamusnya. 

Saya pun menjadi ibu rumah tangga. Di rumah seharian. Ah, ini masa-masa sulit bagi saya. Saya sering uring-uringan. Bahkan, tak jarang sering menangis. Meratapi nasib. Saya terkena post power syndrome. Merasa hampa, melepaskan semua yang sudah saya raih. Pekerjaan impian di ibukota kini tinggal kenangan. 

Keluar dari Zona Nyaman

Saya nggak mau hidup terus-terusan seperti itu. Menjalani hari dengan penyesalan dan ratapan. 

Sebab, sebenarnya hidup saya setelah menikah itu penuh kebahagiaan. Suami punya pekerjaan yang bagus. Dia menjamin kebutuhan finansial saya, bahkan keluarga saya. 

Kami pun sudah punya rumah sendiri meski umur pernikahan masih baru. Meski tidak penuh kemewahan, dia selalu berusaha memenuhi kebutuhan saya. Saya nggak perlu lagi kerja keras cari uang. 

Tetapi semua kenyamanan itu tidak membuat saya merasa cukup. Ada yang kosong dalam hidup saya. Saya nggak bisa cuma menerima kenyamanan seperti itu. 

Maka, atas izinnya saya diberikan kesempatan mencari kebahagiaan saya. Memberanikan diri keluar dari zona nyaman. 

Mencoba Hal Baru

Saya pun memberanikan diri untuk mencoba hal baru. Saya mulai menulis blog. Menulis blog adalah hal yang baru buat saya. Meski menulis adalah hobi saya sejak dulu. Saya hobi menulis diary dan cerpen dulu. Lalu akrab dengan menulis jurnal sejak kuliah hingga berkerja. Tapi menulis blog, adalah hal yang baru. 

Saya mulai dengan menulis di blog gratisan. Apa yang ditulis? Ya kehidupan sehari-hari. Catatan tentang kehidupan sebagai ibu baru. Blog myjurnalparenting.blogspot.com adalah blog pertama saya. 

Setiap hari saya menulis. Menulis ternyata menjadi obat bagi saya. Saya mulai melepaskan perasaan sedih kehilangan karir impian. Mulai menerima kehidupan saya saat ini. Dan it's work! Menulis menjadi stress release saya. Saya nggak lagi uring-uringan.

Berkomunitas

Tak hanya mencoba hal baru dengan menulis blog, saya juga berkomunitas. Masuk ke dalam komunitas-komunitas blogger. 

Berkomunitas itu penting bagi blogger baru seperti saya. Saya nggak hanya menambah jaringan, tapi juga bisa banyak belajar dari teman-teman yang sudah lebih dulu menulis di blog. 

Mengenal banyak orang di komunitas blogger membuat saya merasa tidak sendirian. Saya punya teman tempat bercerita dan bertanya seputar dunia blogging.

Mau Belajar

Seiring berjalannya waktu, menulis di blog tak hanya sekadar menyalurkan hobi dan mengisi waktu luang saja. Menulis blog menjadi sebuah kesempatan baru bagi saya untuk bisa menghasilkan penghasilan sendiri.

Menjadi blogger adalah profesi saya saat ini. Tentunya ini bukan jalan yang mudah. Seorang blogger nggak hanya butuh bisa nulis saja. Tapi banyak hal yang harus dikuasi oleh seorang blogger profesional. 

Saya pun harus belajar banyak hal baru. Mulai dari mengganti blog gratisan ke berbayar, bagaimana menulis blog yang SEO friendly, membuat konten foto dan video yang mendukung tulisan di blog, dan masih banyak lagi. 

Sukses Sebelum Usia 40, Bisakah?

Sekarang saya sudah semakin mantap untuk berkarya lewat tulisan. Tidak hanya menjadi blogger, saya juga menulis buku. Sudah belasan buku antologi saya tulis. Buku solo sudah ada satu. Dan akhir Mei ini akan launching buku solo kedua saya. 

Lantas, apakah semua itu sudah membuat saya merasa sukses? Tentu belum. Masih ada banyak hal yang ingin saya raih. Saya masih ingin menghasilkan buku-buku best seller. Masih ingin semakin baik menulis blognya. Dengan begitu, akan semakin banyak brand yang mengajak berkerjasama. 

Tentu yang paling utama, saya ingin menjadi ibu yang sukses mendidik kedua anak saya. Apalagi saat ini mereka menjalani home education. Sekolah di rumah. 

Saya ingin sebelum usia 40, hidup sudah stabil. Apakah itu mungkin? Mungkin saja, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Selama kita mau berusaha dan berdoa. 

Saya masih punya waktu 5 tahun lagi. Tentu akan saya gunakan untuk berusaha sebaik mungkin. Dengan memanfaatkan semua kesempatan yang datang secara baik. 

Mempertajam skill menulis saya dan skill lain yang berhubungan dengan kegiatan blogging. Juga tidak lupa untuk memiliki manajemen waktu dan keuangan yang baik. 

Dan yang pasti tidak lupa untuk selalu belajar. Termasuk belajar dari para perempuan sukses lainnya. 

Ada beberapa perempuan sukses yang menjadi inspirasi saya. Mereka bahkan meraih kesuksesan di usia yang masih muda, sebelum usia 40. Kesuksesan ini yang membuat mereka masuk dalam FORTUNE Indonesia dalam kategori 40 under 40. 

Belajar dari Perempuan Sukses 40 under 40 FORTUNE Indonesia Summit 2022

Ada sejumlah perempuan sukses yang masuk dalam daftar 40 under 40 FORTUNE Indonesia. Mereka semua berprestasi sesuai bidangnya masing-masing. Mulai dari bidang Bussines, Entertainment, Government and Public Policy, hingga olahraga. 

Dari perempuan-perempuan itu saya belajar banyak nilai-nilai penting yang membantu meraih kesuksesan. Berikut adalah daftar perempuan-perempuan sukses 40 under 40 FORTUNE Indonesia.

Daftar perempuan 40 under 40 FORTUNE Indonesia

1. Maya Wanoto

Maya Wanoto adalah Direktur Pemasaran InJourney. Sejak muda, Maya tak pernah takut menerima tantangan. Saat usianya 24 tahun, dia diberi tantangan oleh ayahnya untuk mengelola sebuah perusahaan periklanan. Kala itu dia hanya dibekali 5 orang pegawai dan 1 orang klien. 

Tantangan tersebut sukses ditaklukkan. Kemudian, 13 tahun kemudian pada Januari 2019, dia menduduki pos country CEO agensi periklanan multinasional dalam usia 37. 

Tak hanya berani menerima tantangan, sukses yang diraihnya juga karena selalu mau belajar. Meski tidak punya latar belakang periklanan, Maya terus belajar agar bisa sukses menjalankan perusahaan periklanan. 

2. Melissa Siska Juminto

Melissa Siska Juminto adalah COO ( Chief Operating Officer) Tokopedia. Saat ini usianya baru 34 tahun. Melissa tidak hanya sukses dalam pekerjaannya, dia juga sukses menjalankan perannya sebagai ibu. Rahasianya, melakukan semua peran dengan baik. 

Ah, ini jadi inspirasi saya. Bahwa seorang ibu juga bisa sukses berkarir sekaligus menjalankan peran keibuannya. Melissa sukses mengelola Tokopedia sebab merawat perusahaannya sebagaimana anaknya sendiri. Dirawat penuh cinta dan sepenuh hati. 

FORTUNE Indonesia Summit

Melissa juga pernah merasakan kegagalan. Sebelum mengelola Tokopedia, dia mendirikan start-up dalam bidang ritel feysen. Sayangnya, karena kurang memahami pasar lokal, perusahaan rintisan tersebut gagal berkembang. 

Tapi Mellisa tak putus asa, kegagalannya membuatnya banyak belajar. Berkat dedikasi dan rasa tanggungjawab yang tinggi, Mellisa bisa sampai pada kesuksesannya hari ini. 

3. Belinda Tanoko

Belinda Tanoko adalah Presiden Direktur Tanrise Property. Lahir sebagai anak pengusaha, membuat Belinda sudah belajar akan pentingnya kerja keras sejak dini. Sejak masih SD , dia selalu diajak orangtuanya ke pabrik keluarganya. Dia melihat proses produksi yang ada di pabrik. 

FORTUNE Indonesia Summit


Menurutnya, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Seperti dirinya, meskipun lulusan kimia, dia tak menyerah untuk belajar bisnis agar bisa mengelola perusahaan dengan baik. 

Belinda banyak mempelajari nilai-nilai bisnis dari orangtuanya, yaitu menjalani proses dengan setia. Dengan berkontribusi aktif di lingkungan kerja, diyakininya dapat menyokong pertumbuhan karier, bisnis, dan pribadi.

4. Sharlini Eriza Putri

Sharlini Eriza Putri adalah Co-Founder dan CEO Nusantics. Sharlini lahir dalam lingkungan keluarga akademis. Ini membuatnya sudah cinta ilmu pengetahuan sejak kecil.

Sharlini meraih gelar sarjana teknik kimia dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah itu dia mengambil gelar Master di Imperial College London. Beberapa prestasi juga telah diraih Sharlini, di antaranya Indonesian Government Scholarship Award dan 1st Winner NCE Awards yang diterbitkan oleh Nestle pada 2011 dan 2012.

Pandemi COVID-19 membuat Sharlini mendirikan perusahaan rintisan, Nusantics. Nusantics menjadi startup pertama yang bergerak di bidang bioteknologi genom di Indonesia. Inovasi terbarunya untuk mendukung penanggulangan pandemi Covid-19 ialah inovasi tes PCR melalui berkumur, atau PUMU (PCR kUMUr).

PUMU adalah wujud kepedulian Sharlini terhadap munculnya kasus COVID-19 pada anak. Biasanya anak-anak enggan untuk menjalani tes PCR karena proses mencolok hidung dan tenggorokan. Nah dengan adanya tes PUMU ini, anak-anak bisa melakukan tes PCR tanpa harus mencolok hidung dan tenggorokan. 

5. Nicole Zefanya

Beberapa waktu lalu, Nicole Zefanya menjadi trending topik pembicaraan. Penampilannya di sebuah konser musik bergengsi Amerika membuat bangga banyak orang. 

Tentu ini bukanlah prestasi yang diraih begitu saja. Nicole memulai karir bermusiknya sejak tahun 2014 dengan merilis lagu berjudul Awali Hari dengan Cinta di bawah naungan Sony Music. Pada tahun yang sama, ia sempat menjadi penampil pembuka konser Taylor Swift bertajuk “The Red Tour” setelah memenangkan kontes yang diadakan oleh produsen es krim Wall’s.

Pada 2017, Niki hijrah ke Amerika Serikat setelah mendapat beasiswa kuliah musik di Lipscomb University di Nashville, Tennessee. Sembari menimba ilmu, ia kerap merilis video musiknya melalui akun YouTube Myrtle Lily.

Lagu yang berjudul Every Summertime meledak usai dijadikan soundtrack film Marvel, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021).

6. Angela Tanoesoedibjo

Angela Tanoesoedibjo adalah Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Lama berkarir dalam industri media dan kreatif tidak membuat Angela menolak kesempatan baru untuk masuk ked dunia politik. 

Baginya, mau di swasta, pemerintahan atau di manapun kita ditempatkan, fokus dengan hasil yang bisa diberikan sebaik-baiknya selagi kita diberikan kesempatan. 

Angela juga seorang yang fokus pada solusi. Saat pandemi COVID-19 memukul sektor pariwisata, Angela hadir dengan inovasi baru. 

FORTUNE Indonesia Summit


Angela mendorong Kemenparekraf juga melakukan program sertifikasi CHSE, yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) kepada pelaku usaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Agar tetap bisa beroperasi di tengah pandemi  

Dia juga mendorong transformasi digital, karena menurutnya hal itu penting sekali tidak hanya di ekonomi kreatif saja, tapi juga di sektor pariwisata. 

Angela berharap pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia semakin berkelanjutan dari sisi lingkungan, keberpihakan terhadap gender, masyarakat lokal dan ekonomi. Dia berharap pariwisata Indonesia bisa diwariskan ke generasi berikutnya. Demikian juga ekraf, bisa memberikan manfaat yang baik terhadap masyarakat lokal. 

7. Putri Indahsari Tanjung

Putri Indahsari Tanjung adalah

Staf Khusus Presiden dan Founder Creative Experience Office (CXO). Usianya masih sangat muda, 25 tahun!

FORTUNE Indonesia Summit


Menurut Putri, setiap privilege yang ia nikmati, ada sebuah tanggung jawab besar. Setelah lulus SMA, anak konglomerat sukses Chairul Tanjung ini memilih membangun usahanya sendiri dan memulainya dari nol alih-alih mengandalkan modal dari sang ayah.

Menjadi pengusaha adalah keinginan Putri untuk bisa lebih bermanfaat bagi banyak orang. Keinginan Putri untuk bisa bermanfaat bagi banyak orang juga ditunjukkan lewat bergabungnya ia sebagai anggota staf khusus presiden sejak 21 November 2019.

8. Greysia Polii dan Apriyani Rahayu

Penggemar bulutangkis Indonesia pasti tidak asing dengan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. Ganda Putri terbaik Indonesia ini sudah meraih banyak prestasi yang membanggakan. Mulai dari tahu 2017, Greysia/Apriyani menyabet gelar juara French Open 2017 dan menjadi runner-up Hong Kong Open 2017. Selain itu, mereka juga menjuarai India Open 2018, Thailand Open 2018, India Open 2019, dan medali emas SEA Games 2019.

Tentunya semua itu diraih berkat kerjasama yang baik diantara keduanya. Tak hanya itu, bagi mereka kerja keras itu penting. Harus tanggung dan berani keluar dari zona nyaman adalah hal yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan.

Cara jadi perempuan sukses under 40

Delapan perempuan sukses under 40 di atas, memberikan saya banyak pelajaran berharga. Bahwa, kesuksesan itu bisa diraih dengan cara : 

1. Berani menerima tantangan

2. Mau belajar

3. Melakukan semua peran dengan baik

4. Belajar dari kegagalan

5. Bertanggung jawab

6. Kerja keras

7. Berkontribusi aktif

8. Memiliki kepedulian

9. Berinovasi

10. Fokus

11. Memanfaatkan peluang dengan baik

12. Kreatif

13. Menebar manfaat

14. Tanggung

15. Berani keluar dari zona nyaman

FORTUNE Indonesia Summit 2022

FORTUNE Indonesia Summit

Perempuan-perempuan sukses yang sudah saya ceritakan di atas tadi masuk dalam daftar empat puluh orang sukses di bawah usia 40 menurut FORTUNE Indonesia. Selain penghargaan 40 under 40, FORTUNE Indonesia Summit 2022 juga dimeriahkan oleh berbagai acara menarik lainnya. 

FORTUNE Indonesia Summit

FORTUNE Indonesia Summit adalah platform dengan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia. Tahun ini, acara ini digelar untuk pertama kalinya, pada 18-19 Mei 2022 pukul 09.00-18.00 WIB di The Westin, Jakarta. 

Ada 3 tema yang diangkat dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini, yaitu impact, sustainability, dan growth. Topik yang diangkat juga sangat beragam, mulai dari market, bussines, finance, tech, leadership hingga sustainability. Semuanya akan dirangkum dalam belasan sesi talkshow dengan puluhan pembicara yang inspiratif. 

Selain penghargaan 40 under 40, FORTUNE Indonesia Summit 2022 juga akan memberikan penghargaan kepada Bussinesperson of the Year. 

FORTUNE Indonesia Summit

Sejumlah nama besar seperti CEO Adaro Energy; Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina; William Tanuwijaya, CEO Tokopedia; hingga M. Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin dan Presiden Direktur Indika Energy masuk dalam kategori Bussinesperson of the Year.  

Sementara untuk penghargaan 40 under 40 terbagi dalam beberapa kategori, mulai dari Bussines, Entertainment, Government and Public Policy, olahraga dan social. 

Belajar dari ahlinya

Mengikuti acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini adalah keputusan yang tepat. Bisa belajar langsung dari ahlinya. Semua pembicara yang ada pada talkshow tentu merupakan orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing. Bisa belajar dari ahlinya tentu akan lebih baik. 

FORTUNE Indonesia Summit


Selama dua hari penuh peserta akan menerima banyak ilmu dan pengalaman para ahli dalam bidang market, bussines, finance, tech, leadership hingga sustainability. 

Investasi ilmu untuk masa depan

Investasi ilmu untuk masa depan itu penting. Dengan ilmu yang tept, kita bisa mencapai masa depan dengan lebih mudah. Mau sukses di masa depan, tentu harus mau belajar dari orang-orang yang sudah sukses. 

FORTUNE Indonesia Summit


Jadi, jangan lewatkan kesempatan emas untuk menghadiri FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini. Caranya mudah, teman-teman bisa berlangganan Majalah FORTUNE Indonesia selama satu tahun. Bisa beli di Tokopedia biar lebih hemat. 

Penutup

FORTUNE Indonesia Summit 2022 adalah acara yang tidak boleh dilewatkan. Ada banyak ilmu yang bermanfaat di sini. Dari FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini kita bisa belajar langsung dari ahlinya. 

Sebagaimana saya yang ingin menjadi perempuan sukses sebelum usia 40, maka saya harus terus berusaha memperbaiki diri. Juga tidak lupa belajar dari para perempuan yang masuk dalam kategori 40 under 40 FORTUNE Indonesia Summit ini. 

Kesuksesan adalah milik orang-orang yang mau berjuang. Setuju?




82 komentar

  1. Wah, pelajaran berharga utk saya juga nih. Apalagi saya pas 40 tahun, bahkan menginjak 41. Memang seharusnya kita mula menentukan arah tujuan hidup agar impian jg tercapai. Bagus juga ya mba acara yang diselenggarakan oleh Fortune ini. Bisa memotivasi wanita Indonesia

    BalasHapus
  2. Para perempuan yang memberikan semangat dan energi positif untuk saya agar bisa semakin semangat memberi kebermanfaatan..

    BalasHapus
  3. Bismillah semoga kita bisa menapaki jejak sukses mereka ya mba.. Walau perempuan, walau punya anak, tapi semangat belajar harus tetap ditingkatkan agar bisa meraih sukses yg diinginkan..

    BalasHapus
  4. Bisa keluar dari post power syndrom itu ga mudah ya mbak. Tapi salut dengan keputusannya yang berat. Mengikuti suami. Insya Allah semua ada hikmahnya ya Mbak.

    BalasHapus
  5. inspiratif banget ya Fortune Indonesia Summit 2022?
    Tentang perempuan yang diunggulkan, beberapa memang punya privilege kekayaan dan akademis, dan mereka berhasil menggunakan privilege untuk sukses dan menginpirasi
    karena banyak perempuan terlahir dengan privilege tapi tidak menggunakannya

    BalasHapus
  6. MasyaAllah sangat menginspirasi banget para tokoh di Fortune Indonesia. Jadi pelecut semangat buat terus berkarya di bidangasing masing nih. Jadi reminder sebagai wanita meski sudah diatas 30 dan sudah jadi ibu yang mempunyai anak, kita masih bisa bermanfaat buat lingkungan sekitar kita. Apapun bentuk kontribusinya

    BalasHapus
  7. Putri Tanjung sangat menginspirasi untuk saya pribadi mba. Semangat dan positive vibes yang ia tularkan buat saya jadi terus semangat berkarya..

    BalasHapus
  8. seneng lihat ada banyak perempuan dalam list 40 under 40. sebetulnya bisa lebih abnyak lagi ya secara sekarang perempuan udah masuk ke berbagai peran dan industri

    BalasHapus
  9. gak ada yg anak tukang sayur, sopir angkot, dsb gitu, wkwk. aku sih berharap di 40 nanti lebih bijak dan mapan. sebab aku malah ngerasain sebaliknya wkt punya bos yg usianya awal 40. arogan, sampe bikin aku resign

    BalasHapus
  10. Keluar dari zona nyaman untuk makin berkreasi sebelum usia 40. Apalagi memang nama² keren jadi menginspirasi buat kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk maju Fen sebagai salah satu perempuan sukses di usia 40 tahun
      tunjukkan melalui karya, pasti bisa deh

      Hapus
  11. Aku termasuk pembaca buku Kostan Dodol loh, mba :D
    Makanya sempet ga nyangka aku 1 grup blogger sama Mba Dee, hihihi

    Semua perempuan yang masuk 40 Fortune emang keren-keren ya, sangat berdedikasi di kerjaan dan keluarganya

    BalasHapus
  12. kalau mau maju kita emang harus mau tuk keluar dari zona nyaman, belajar lebih giat lagi dan tidak cepat puas. Hmm, saya pun nih kurleb 5thn lagi masuk usia cantik, 40 :D
    moga bisa sukses juga, setidaknya dalam versi saya sih, salah satunya bisa mendidik anak-anak dengan baik dan mereka bisa jadikan saya sebagai tempat pertama tuk pulang, gak ragu tuk bercerita apa aja.

    BalasHapus
  13. Kesuksesan milik orang yang berjuang..setujuuu! Meski sudah lewat 6 tahun dari 40 semangat saya masih under 40 dong hihihi. Semangat mengisi waktu agar sukses selalu di under 40-nya Mbak. Seperti deretan perempuan hebat yang disebutkan di list yang memang kiprahnya menginspirasi kita semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, keren banget kak Dian.
      Sukses buat kreatifitasnya dan semangatnya untuk terus menignspirasi melalui karya yang disukai.

      Hapus
  14. Seneng melihat mereka yang masih muda tapi semangatnya luar biasa .intinya nggak malu untuk memulai berkarya dari bawah, apapun bentuknya. Dan semangat mbak Dee juga keren nih, berani keluar dari zona nyaman
    Kalau aku baca cerita dari sosok tokoh tokoh muda, suka mikir balik, aku harusnya bisa dong seperti mereka. Dannn memang kudu niat yang kuat banget untuk mulai

    BalasHapus
  15. No 14 ada lanjutannya? Tanggung jawab mungkin ya?
    Seandainya saya terlahir dari keluarga berada dan pebisnis, rasanya mampu juga deh sukses di bawah 40 tahun, hehehe

    BalasHapus
  16. acara ini sangat worth it untuk diikuti termasuk bagi perempuan-perempuan di Indonesia, karena menghadirkan para ahli di bidang yang full inspirasi

    BalasHapus
  17. Perempuan-perempuan hebat yang dihadirkan di Fortune Summit Indonesia 2022 memang sosok-sosok yang menginspirasi sekali. Semoga bisa ikut serta di Fortune Summit 2023

    BalasHapus
  18. Yuhuuuyy semangatt kita pasti bisa insyaAllah jadi orang sukses sebelum 40 hehe. Aku jg belajar banyak banget dari Fortune Indonesia Summit 2022 ini mbaa

    BalasHapus
  19. Wah acaranya keren banget ya mba Fortune Indonesia Summit. Menampilkan orang2 sukses yang bikin kita jadi semangat untuk sukses seperti mereka. Jadi terpacu nih...

    BalasHapus
  20. Maaaaak, inspiratif sekali fortune Indonesia Summit-nya. Aku sampe terbengong bengong bacaiinnya. Kamu juga inspiratif, ga semua orang mampu loh. Menurunkan ego. Melepaskan euforia ibu kota untuk hidup berdampingan bersama suami.

    Selamat menemukan kebahagiaan dengan cara yang lain. Tetap dan teruslah berkarya. ❤️

    BalasHapus
  21. Bagus banget materi materi yang disampaikan. Memberikan gambaran bagaimana bisnis bisa dimulai dari mana saja dengan cara apa saja. Bagaimana wanita wanita hebat ini membangun dengan gaya dan keluwesannya masing masing jadi masukan buat wanita lainnya

    BalasHapus
  22. Inspiring banget baca profil mereka yang hebat dan bisa sukses mencapai karier di usia yang tergolong muda di bawah 40 tahun. Jadi makin semangat untuk nyoba berbagai hal baru nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk ke hal baru dan berkomunikasi, jadi membuka jaringan baru juga ya kak

      Hapus
  23. Perempuan Indonesia yang menginspirasi.
    Meski usianya masih dibawah 40 tahun tapi sudah sukses dan tekun di bidang yang ditekuni. Salut banget dan Selamat untuk Perempuan Sukses 40 under 40 FORTUNE Indonesia Summit 2022.

    BalasHapus
  24. Selalu takjub sama para wanita yang sukses di usia before 40. keren banget. usaha dan keterampilannya patut diacungi jempol!!

    BalasHapus
  25. Salut buat mbak DK, aku tuh. Dirimu menjadi inspirasiku untuk terus bertumbuh juga, lo. Dengan adanya para wanita di fortune 40 under 40, semakin besar kesempatan kalau perempuan bisa saling menginspirasi perempuan lainnya. Keren

    BalasHapus
  26. FORTUNE Indonesia SUMMIT ini acara bergengsi - mengagumkan ya melihat sepak terjang para orang sukses ini! Jadi termotivasi deh, untuk membuat KOMITMEN - KETEKUNAN - KEDISIPLINAN DAN SETIA DI SATU JALUR SAJA

    BalasHapus
  27. Full inspirasi banget kisah sukses anak2 muda sekarang. Jadi terpacu juga ingin mengekor sukses mereka meski mungkin harus berjuang lebih keras, karena sudah bnyk amanah juga yang wajib ditunaikan. Sembgat. Bismillah, semoga kita bisa ya mbak

    BalasHapus
  28. Bener juga y mba klo dipikirkan. Usia 40 emang benar2 jadi usia yang harus kita pikirkn mateng2 gimana kehidupan kedepannya. Finansial, kalao udah punya anak ya sekolahnya dan sebagainya

    BalasHapus
  29. Selama masih diberi sehat, memang sebaiknya harus jadi perempuan yang mau mencoba hal baru. Setelah mencoba dan nyemplung langsung baru tahu, bidang yang dijalani cocok atau tidak dengan passion yang dicari sesungguhnya.

    BalasHapus
  30. Rasanya semakin semangat membaca artikel menginspirasi seperti ini.
    Pasti bisa, sukses di usia sebelum 40 seperti perempuan-perempuan menginspirasi yang menjadi nominator FORTUNE Indonesia Summit 2022.

    BalasHapus
  31. Salut banget dengan Mbak Dian... Memutuskan untuk resign dari pekerjaan demi bisa menemani suami adalah keputusan yang ngga mudah. I feel you, Mbak, karena kisah kita kurang lebih hampir sama.

    Semoga sebelum 40 tahun, kita juga bisa sesukses Mbak-Mbak di atas, yaa... Aamiinnnn...

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Keren2 banget ya yg masuk dalam daftar 40 under 40, walau didominasi oleh kaum Adam api setidaknya kita juga patut bangga karena ada beberapa nama perempuan yang masuk dalam daftar tersebut. Tentunya kita bisa belajar dan terinspirasi dari kisah hidup mereka hingga berhasil mencapai kesuksesan.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Setuju mbaak dian bahagia kita yg ciptakan, meski dengan perjuangan berdarah2.

    Semangat selalu mb diankuuu👌(gustinyenj)

    BalasHapus
  36. Menjadi blogger salah satu cara mengisi waktu agar tidak jenuh ketika pekerjaan rumah udah beres ya mbak. Apalagi sejak 6 tahun ini dari blog bisa menghasilkan cuan.

    Keren sih mereka yang terpilih 40 under 40, masih muda tapi udah punya prestasi di bidang karir masing-masing. Pasti ada usaha yang tidak mudah, banyak pengorbanan juga.

    BalasHapus
  37. Cerita mbak di awal, sedikit banyak sama. Terlebih tentang sindrom itu. Tapi aku ditambah dengan LDM beda benua. Untungnya sebagai generasi sandwich kita dituntut untuk berpikir kreatif kritis dan bisa cari jalan untuk cari cuan walau dari rumah saja. Alhamdulillah selalu ada jalan ya Mba...sukses sebelum 40 tahun, sekarang 31. 9 tahun bisalah ya sukses. Semangaaaaaaaaaattttt

    BalasHapus
  38. Semua perempuan pastinya ingin sukses sebelum usia 40 tahun. Yuk tetap semangat berkarya dengan rajin menulis di blog yuk, Mbak!

    BalasHapus
  39. Semangat, kita juga bisa nih sukses dari apa yang kita sukai. Terpenting tidak pantang menyerah dan selalu memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik. Tidak merasa puas dengan pencapaian saat ini, walau tetap harus disyukuri.

    BalasHapus
  40. Bagi yang muda-muda, penting nih belajar menjadi sukses sebelum usia 40 melalui Fortune Indonesia ... jika berkesempatan, bisa ikut di Fortune Indonesia Summit berikutnya :)

    BalasHapus
  41. Mereka sosok perempuan inspiratif. Berusaha tidak menyia-nyiakan masa muda. Keren sih di usia di bawah 40 tahun udah sukses

    BalasHapus
  42. Mereka yang terlahir dengan kondisi baik, berada dan dikelilingi fasilitas alhamdulillah bisa memperlihatkan prestasi dengan gemilang. Semoga jadi penyemangat buat yang lain. Kalau kita juga bisa sukses seperti mereka

    BalasHapus
  43. Seneng banget bisa baca profile wanita2 sukses under 40 masih muda tapi sudah memberikan semngat dan inspirasi kepada para wanita lainnya hidupnya penuh kerja keras walaupun terlahir dari keluarga berada

    BalasHapus
  44. Keren banget nih baca profil perempuan yang sudah pada sukses sebelum usia 40. Hal ini tentu saja membanggakan yaaa... Indonesia punya banyak sumber daya manusia yang berdedikasi pada bidangnya masing-masing. Semoga menginspirasi banyak anak muda untuk tak lelah menggapai impian di masa mudanya.

    BalasHapus
  45. Kadang sering berpikir bahwa starting point dari masing-masing orang tentu gak sama. Tapi kembali lagi, "Orang sukses gak cari-cari alasan."
    Semangat lagi abis baca artikel Perempuan Sukses Sebelum Usia 40 Tahun dari FORTUNE Indonesia Summit 2022 di sini.

    BalasHapus
  46. Dennise Sihombing30 Mei 2022 10.30

    Wow luar biasa kehadiran perempuan-perempuan sukses di Fortune Indonesia Summit 2022. Menjadi inspirasi untuk mereka yang sedang meniti karir

    BalasHapus
  47. Inspiratif sekali memang para wanita dalam daftar 40 under 40 ini. Masuk dalam list Fortune Indonesia tentu membuktikan bahwa mereka memang seorang yang berpengaruh dan membawa perubahan untuk sekitar. Saya yang menghitung bulan menuju 40 pun jadi semangat bergerak agar lebih bermanfaat.. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai :)

    BalasHapus
  48. Keren banget ya, semacam mau insecure liatnya, tapi sekaligus jadi motivasi positif untuk tetap semangat mengejar impian.
    Semoga makin banyak anak-anak mudah yang bisa sukses di bawah 40 tahun :)

    BalasHapus
  49. Sekalipun usia saya sudah jauh melampaui 40, tetapi semangat untuk terus belajar tidak kalah dengan perempuan usia di bawah 40. Apalagi setelah membaca kesuksesan para perempuan di atas. Wuih, semakin membakar semangat.

    BalasHapus
  50. Menginspirasi sekali baca ini, walaupun taraf kesuksesan tiap orang beda-beda tapi sepanjang prosesnya bahagia saya rasa itu yang paling penting

    BalasHapus
  51. Widiiihh, dahsyat dan keren khanmaenn ya mbaaa, deretan sosok yg diulas di artikel ini.
    bener2 inspiring dan siap memberikan insight menarik utk kita semua

    BalasHapus
  52. Ada beberapa nama diatas yang aku tau dan mereka memang perempuan muda yang hebat, namanya sudah harum karena prestasinya yg cemerlang

    BalasHapus
  53. Dengan mengetahui siapa saja yg masuk dalam daftar 40 under 40 ini kita menjadi lebih semangat bahwa sebagai seorang perempuan pun juga tidak akan kalah dalam mencapai kesuksesannya.. Terima kasih juga mba untuk semangatnya, semoga kita selanjutnya meraih sukses kita masing"..

    BalasHapus
  54. Kisah kita mirip mirip Mbak. Aku juga dulu sempat ngalamin post power syndrome dan merasa, sepertinya keputusanku salah. Ditambah lagi babyblues. Punya bayi berasa ga bisa ngapa-ngapain. Healing nya pakai hal sederhana....menulis😁

    BalasHapus
  55. Wah menginspirasi ya acaranya. Ada beberapa nama tahu, lainnya baru tahu disini. Kita samaan Mbak, baru merasa hidup setelah ngeblog. Senang sekali partner hidup totally tanggung jawab mencari nafkah sehingga kita fokus sebagai IRT

    BalasHapus
  56. Memang sekarang sudah bergeser ya, anak muda sudah banyak yang sukses. Coba kalau ada yang benar2 background dari NOL yang bukan dari keluarga pengusaha untuk dijadikan contoh, pasti lebih menarik dan inspratif

    BalasHapus
  57. Inspiratif! Semoga aku di usia 40 tahun bisa hidup stabil dan sukses. Gak harus bergelimang harta sih, yang penting gak pusing ini itu. Sekarang kudu kerja keras dulu biar nanti tinggal nikmati hasilnya

    BalasHapus
  58. Motivasi untuk lebih bisa merencanakan masa depan sebelum 40 tahun. Saya tinggal sisa berapa tahun lagi ini ke 40....

    BalasHapus
  59. Wah... keren sangat menginspirasi. Perempuan tangguh berprestasi memberikan vibe positif.

    BalasHapus
  60. Keren ya acaranya. Pembicaranya jiga gak kaleng-kaleng. Sayang banget acaranya di Jakarta, jauh dari Surabaya haha. Semoga next time bisa di Jatim

    BalasHapus
  61. Masya Allah banyak hal yang bisa kita pelajari dari mereka yang mudah dan berprestasi

    BalasHapus
  62. Semangat menyambut usia 40 ya, semoga doa & harapannya terkabul ingim sukses sebelum usia 40 dan terus sukses hingga kapanpun.
    JAdi inspirasi ya daftar perempuan sukses under 40 dari Fortune Indonesia

    BalasHapus
  63. Aku udah 40 tahun dan masih gini2 aja nih wkwkw. Buat yang muda2 harus cepat memulai biar cepat pula suksesnya ya. Keren nih dengan adanya acara Fortune Summit ini.

    BalasHapus
  64. Masya Allah inspirasi semua.. bisa ga ya 40th nanti saya juga bisa lebih stabil dalam finansial? Semoga nih.. masih ada waktu 10th semangaatt

    BalasHapus
  65. Mbak akupun pernah meratapi Hal yang sama ... After merried Menjadi full irt itu menyedihkan wkwkwk. Tapi bedanya Kita, aku akhirnya jatuh di zona nyaman bertahun-tahun hanya makan, tidur nonton drakor wkwkwk. Aih gimana Menjadi Wanita yang sukses sebelum 40 tahun coba ...

    BalasHapus
  66. kalau lihat para perempuan sukses ini langsung insecure deh sama diri sendiri yang kayaknya masih kurang banget usahanya. tapi tentunya kita harus bersyukur ya, mbak dengan kehidupan yang sekarang sambil terus memperbaiki diri

    BalasHapus
  67. sosok-sosok inspiratif yang bisa buat kita jadi semangat juga nih buat melakukan yang terbaik, hmm mumpung belum 40 juga kan ya, jadi harus bisa do the best lah ya, at least untuk diri sendiri dan juga orang sekitar.

    BalasHapus
  68. Contoh perempuan-perempuan yang mapan di usia yang masih muda. Mereka bisa jadi contoh untuk perempuan yang lain. Oh iya, ajang Fortune Indonesia summit 2022 seperti ini sangat bagus untuk para pebisnis muda. Selain mendapatkan banyak wawasan dari para pebisnis yang sudah memiliki nama, juga dapat dijadikan tempat untuk memperbanyak klien.

    BalasHapus
  69. paling penting emang kita berani keluar dari zona nyaman ya kalau mau sukses. suka sih sama acara FORTUNE Indonesia Summit ini bikin kita jadi belajar ilmu sukses dari yang sudah duluan.

    BalasHapus
  70. Keren bgt ya mba para awardeenya. mrk mmg perempuan inspiratif dgn segudang prestasi

    BalasHapus
  71. kisah mbak inspiratif karena akhirnya bisa mengatasi kekosongan itu dengan cara yang positif, dan juga para wanita-wanita hebat di acara Fortune Summit

    BalasHapus
  72. Waa keren yaa wanita2 hebat..ada tipsx juga biar bisa sukses sebelum usia 40 .. Bismillah semoga bisa

    BalasHapus
  73. Keren ya usia 40 udah mapan di atas kaki sendiri. Aku juga generasi sandwich. Tabungan pas lajang dulu habis untuk orangtua. Tapi alhamdulillah hidup tetap terjamin karena rezeki tetap mengalir

    BalasHapus
  74. setuju banget mbak, kesuksesan adalah milik orang yang mau berjuang, karena sukses tidak datang begitu saja, perlu diperjuangkan

    BalasHapus
  75. Untung kita hidup di era digital ya mbak.. Jadi meskipun dari rumah tetap bisa berkarya dan berdaya. Semoga sukses di usia yang kita targetkan bisa terwujud ya... Aamiin...

    BalasHapus
  76. Sekarang perempuan juga bisa berkarya dengan banyak cara, salah satu media melek informasi nya fortune ini, sempat baca baca ulasan event kemarin dan bikin termotivasi uuntuk sukses

    BalasHapus
  77. Perempuan juga mampu berkiprah dan berkarya. Perempuan-perempuan ini menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya untuk bangkit dan sukses

    BalasHapus
  78. Banyak juga ya perempuan Indonesia yang inspiratif. Di usianya yang belum genap 40 tahun sudah berkontribusi banyak dalam perekonomian dan kemajuan bangsa

    BalasHapus
  79. Waa ada Putri Tanjung di listnya Fortune 40 Under 40, nge fans sekali sama Putri, yang masih muda tapi sudah berhasil dan sukses di bidang yang ditekuni, btw acara Fortune Indonesia Summit benar benar menginspirasi yaa, seneng bgt sekarang banyak wadah tempat kita buat belajar termasuk di event Fortune Indonesia Summit ini 😊

    BalasHapus