Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Bahaya! Isi Galon Mudah Dipalsukan! Kenali Dampaknya Bagi Kesehatan Keluarga

 

Isi galon palsu


Air galon sudah jadi konsumsi sehari-hari, ya! Saya selalu memakai air galon dalam keseharian, baik untuk diminum maupun untuk keperluan memasak. Tapi beberapa waktu lalu saya jadi was-was. Ada berita kalau isi galon mudah dipalsukan. Bahaya, pastinya ini akan berdampak bagi kesehatan keluarga.


Terus terang, saya sangat tergantung dengan air galon. Tinggal di kota metropolitan seperti ini, kondisi airnya tentu tidak sejernih yang dekat dengan sumber air. Jadi, sangat tergantung banget sama air galon. Lalu ada berita isi galon palsu yang beredar di masyarakat. Duh, bikin kepikiran!


Pernah sih dengar cerita kalau sekarang sudah banyak penjual galon palsu.Ini sangat merugikan konsumen, ya! Konsumen membayar normal untuk galon asli, eh ternyata dapat galon palsu. Sedih, lah! Nggak hanya merugikan secara ekonomi, tentu akan ada dampaknya bagi kesehatan keluarga jika mengonsumsi isi galon palsu. 


Alasan Isi Galon Mudah Dipalsukan


Belakangan beredar video viral dimana ada oknum yang bisa dengan mudah membuka dan menutup tutup galon dengan sebuah alat tanpa cacat dan cela. Wow? Kok bisa yah? Secanggih itukah?


Ya betul, saking canggihnya kita tidak akan mengira kalau ternyata isi dari galon asli dan tutup asli itu bisa jadi asli atau bisa jadi tidak. Okelah kalau memang tutup galon palsu dan galon palsu masih bisa dibedakan secara kasat mata, tapi klo ini kan tutup dan galonnya asli, tapi isinya itu lho.


Dengan adanya video viral tersebut aku jadi semakin yakin bahwa tutup galon asli dan galon asli tidaklah menjadi jaminan bahwa isinya asli, bisa jadi isi galon mudah dipalsukan (penting diingat: bukan tutup galon palsu tapi isi galonnya yang bisa jadi palsu).


Dampak Konsumsi Isi Galon Palsu


Kalau kita minum isi galon palsu, tentu bahaya bagi kesehatan. Ini adalah beberapa dampak jika kita konsumsi air galon palsu.


Kontaminasi kuman dan bakteri


Air galon palsu biasanya tidak diambil dari sumber mata air pegunungan secara langsung. Bahkan, pernah ditemukan kalau galon palsu diisi dengan air keran. Tak hanya itu, air galon palsu tentu tidak mengalami tahap penyaringan dan desinfeksi, hal ini membuat air terkontaminasi kuman dan bakteri. 


Bahan kimia plastik berbahaya


Tak hanya diambil dari sumber air yang tidak jelas asalnya, galon palsu  juga tidak menggunakan kemasan plastik yang sesuai standar. Tentunya ini bisa membuat partikel plastik tercampur dalam air, bahaya jika masuk ke dalam tubuh. 


Galon palsu


Menimbulkan banyak penyakit


Kontaminasi kuman dan bakteri serta campuran partikel plastik berbahaya karena isi galon palsu bisa menimbulkan banyak penyakit bagi tubuh kita. Mulai dari diare, muntaber, tipes, kanker dan beberapa penyakit berbahaya lainnya. 


Mengganggu tumbuh kembang anak


Galon palsu terbuat dari plastik BPA berbahaya yang bisa mengganggu tumbuh kembang anak. Mempengaruhi berat badan dan perkembangan hormonal. 


Persalinan prematur


Bagi ibu hamil, tentu akan berbahaya jika minum air galon palsu. Tak hanya berpengaruh pada perkembangan janin, tapi juga bisa menyebabkan kelahiran prematur.


Duh, amit-amit! Jangan sampai saya terjebak dengan galon palsu ini. Kesehatan keluarga saya pasti terancam. Apalagi ada anak-anak yang masih kecil. Mereka tentu lebih rentan terkena penyakit karena minum air mineral palsu. 


Isi Galon Mudah Dipalsukan, Cek Dahulu Sebelum Membeli


Isi galon palsu


Ngeri akan dampak konsumsi air galon palsu, sebagai ibu saya semakin waspada saat membeli. Saya juga harus lebih berhati-hati karena galon yang digunakan adalah galon dengan merk terkenal yang sudah lama ada di Indonesia. Beberapa hal yang saya cek dahulu sebelum membeli air galon, seperti :


Tutup galon


Tutup galon jadi hal pertama yang saya cek saat membeli air galon. Perhatikan apakah ada segel yang merekat erat sebagai alur pembuka. Kalau segelnya sudah rusak dan tidak rapi, bisa jadi kalau tutup galon palsu.


Cek juga apakah tutup galonnya bocor atau tidak. Jangan diterima jika tutup galon bocor. 


Saat cek tutup galon ini lakukan dengan teliti, ya. Sebab, isi galon mudah dipalsukan.  


Galon


Jangan mau jika diberi galon dalam kondisi kotor ataupun cacat. Pilih galon yang bersih saat membeli air mineral. Cek juga label kemasan galon. Pastikan tidak robek dan kotor. Pastikan juga galonnya tidak bocor. 


Tanggal kadaluarsa


Jangan lupa cek tanggal kadaluarsa. Agar air mineral yang kita beli tetap aman dikonsumsi. Jangan sampai melewati batas tanggal kadaluarsa. 


Tak terpaku merek dagang semata


Ketika membeli air mineral kemasan galon, jangan terpaku pada merek dagang semata. Cek juga izin produksi. 


Air 


Kondisi air mineral juga tak luput dari perhatian saya. Air mineral yang baik tentu tidak berbusa, tidak berbuih ataupun beraroma tertentu saat dibuka tutupnya. Ketika diminum pun rasanya segar. 


Air mineral yang asli tidak memiliki aroma tertentu. Kalau yang palsu, memiliki aroma yang tidak biasa. Rasanya juga lebih kesat. Saat meminum air mineral palsu, terasa ada debu yang menempel di lidah.


Atau bisa juga dengan mengocok air terlebih dahulu. Jika air terlihat lebih keruh, berarti isi galon palsu. 


Bagaimana klo tutup asli, galon asli tapi isinya dipertanyakan?


Teliti dalam membeli galon harus menjadi prioritas. Caranya adalah dengan melihat secara keseluruhan dengan teliti. Mulai dari galonnya, airnya, sampai tutupnya. kenapa? Sebab, kenyataannya, galon dan tutup bisa saja asli, tetapi airnya oplosan. Kok bisa? Bisa, karena saat ini ada alat yang memungkinkan membuka dan menutup galon tanpa cacat.


Akibatnya, kita jadi sulit membedakan mana air galon yang asli, mana yang palsu. Sebab, sangat sulit untuk dibedakan secara kasat mata. Semuanya terlihat asli dan tidak rusak. 


Ada produsen galon yang merilis dalam website resminya, menghimbau kepada konsumen untuk melihat di kode galon di web resmi, menyamakan kode di tutup galon dan di galon. Tapi kode tersebut biasanya kecil, samar dan susah terbaca. Ribet juga untuk dilakukan. Selain itu dengan adanya alat yang memungkinkan untuk membuka dan menutup galon, kode sama pun tidak menjadi jaminan isinya tidak oplosan.


Penutup 


Berharap semoga praktik jahat galon palsu ini segera berhenti. Tentu tak etis, mengejar rupiah dengan merugikan banyak orang. Apalagi memberikan dampak yang serius bagi kesehatan. Bisa-bisa nyawa melayang. Mengerikan!


Saya sebagai konsumen juga bisa mengambil langkah preventif untuk mencegah mengkonsumsi isi galon palsu caranya adalah dengan mencari mencari produk galon yang tutupnya benar-benar tersegel dengan benar dan cari kemasan yang terlihat isinya secara jelas. Agar yakin bahwa galon asli, tutup asli dan isinya juga asli.


Semoga artikel tentang bahaya isi galon mudah dipalsukan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman. Yuk kenali dampak air galon palsu bagi kesehatan keluarga, agar kita lebih hati-hati saat membeli. 


Kalau teman-teman, bagaimana menyikapi isi galon mudah dipalsukan ini? Apa yang dilakukan agar terhindar dari galon palsu? Ditunggu ceritanya di kolom komentar, ya!


Terima kasih.





96 komentar

  1. Ngeri banget ya, Kak. Bahkan isi air galon pun bisa dipalsukan. Seumpama nih ya, kalau ada orang ternyata dapat air galon palsu. Apakah cukup jika kita didih kan airnya dulu? Yah, mesti orang nggak bakalan repot kudu mendidihkan air galon ya kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kampung saya ada kejadian seperti itu. Semacam air isi ulang. Jadinya kita disarankan beli langsung ke agen resmi saja biar tidak kena tipu ya

      Hapus
  2. Nggak cuma isi galon, belakangan juga dengar bahan galon plastik mengandung zat berbahaya. Ngeri banget hidup sekarang nih.

    BalasHapus
  3. waduh bahaya nih.oh y kak saya pernah menemukan air mineral yg dijual murah sekali dibanding di toko padahal merek terkenal. Tp saya ga beli khwatir kalo murah banget gitu bedanya jauh mungkin palsu

    BalasHapus
  4. Serem bgt karena bahay bgt kalau kita konsumsi air galon palsu, semoga cepat ketangkep ya oknum yang malsuin dan kita akan semakin pintar lagi dalam mengecek keaslian galon, biar ga tertipu lagi.

    BalasHapus
  5. Aduh kok jahat banget sih orang yang malsuin isi galon ya
    Teganya mencelakai banyak orang demi keuntungan pribadi
    Gara-gara baca ini, saya jadi langsung ngecek galon di rumah, kebetulan tadi baru beli

    BalasHapus
  6. duuhh jadi makin was-was juga nih, secara meski di daerah saya pun juga sangat bergantung pada air galon karena lebih praktis dan anak-anak juga malah lebih nyaman dengan minum air galon, terutama pencernaannya ya. Kadang pakai air kran lalu dimasak buat si Tengah itu jadi makin sering BAB makanya kembali ke air galon lagi, tapi kalau udah ada yang palsu juga, hikkss harus jadi makin waspada nih.

    BalasHapus
  7. Salah satu pentingnya hati-hati dalam membeli sesuatu yaitu dengan mengecek kondisi abrang yang kita beli. Untuk galon yang dijual di supermarket atau toko kelontong pun tak luput dari pemalsuan ya Mbak.

    BalasHapus
  8. Harus diteliti dengan baik ya jangan sampai malah terbeli galon yang palsu, karena dampaknya ke kesehatan juga

    BalasHapus
  9. Air galon sekarang emang gampang banget dipalsukan. sebagai pembeli kita kudu teliti dan paham ciri ciri air galon yang sering kita beli biar ngga gampang ketipu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini setuju banget. Molly sendiri mending beli di alfamart atau indomaret kali ya yang resmi tokonya. Jadi pasti asli dan aman.

      Hapus
  10. duh jadi worry ya mbak kalo nggak bisa membedakan mana asli dan yang palsu, kita jadinya mesti jeli banget kalo mau beli air galon.

    BalasHapus
  11. serem banget yaa air minum kemasan juga dipalsukan, semoga yang kita konsumsi yang asli yaa, ngeri euy kalo minum oplosan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kudu hati-hati ya kak,
      Teliti lebih dalam dan mengenali apa aja yang sekiranya mengarah bukan galon asli

      Hapus
  12. Ngeri juga ya dampak dari galon palsu ini, sekarang memang harus selalu ekstra hati-hati.

    BalasHapus
  13. Waduh, ini serem banget ya. Kalau aku sih, beli kemasan galon langsung ke distributor terdekat saja. Cuma memang gak bisa pesan satu-satu gitu. Biasanya pesan langsung 3-4 galon. Kalau sekalian pesan begini, aku tinggal telepon dan mereka antar ke rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara lain buat memastikan isi galon asli, beli di ritel terpercaya. Lalu pastikan segelnya rapat sempurna dan galonnya juga bersih. Untuk expired date di galon agak susah sih nyarinya ya dan belum pernah ketemu yang expired sih selama ini

      Hapus
    2. Oh iya, kak Moon.
      Dengan tau sendiri dan sudah terpercaya, maka memesan galon pun bisa dilakukan di ritel terpercaya agar mendapatkan kualitas isi air galon yang sehat dan sesuai dengan syarat air bersih.

      Hapus
  14. Menyeramkan ya, dampak galon palsu sampe bikin kehamilan prematur. Klo sy sih pilih beli di minimarket terpercaya dibanding beli di warung²

    BalasHapus
  15. Amiiin3x...emang sebel banget yaa ada aja orang mencari uang dg cara haram dan mencelakakan orang lain.

    BalasHapus
  16. Yang pasti membeli harus di tempat yang resmi supaya terhindar dari penipuan seperti diceritakan di atas

    BalasHapus
  17. Bahaya banget pasti kalau asal minum, ya. Harus teliti sebelum membeli biar enggak nyesel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak,
      Karena ini dampaknya terkait sama kesehatan kitanya juga anggota keluarga

      Hapus
  18. Nah kadang suka ada yang gak ngeuh soal ngecek tanggal kadaluarsa dan izin produksi. Bener-bener harus hati-hati sekarang tuh biar tetep aman pas beli galon air minum

    BalasHapus
  19. Soal isi galon palsu ini memang sangat meresahkan ya, Mbak. Soalnya isi galon pasti itu tidak diketahui sumber airnya darimana. Prosesnya juga tidak jelas. Bisa saja langsung diambil dari air sumur.
    Dan sebenarnya, dulu air kemasan juga sering dipalsukan. Saya pernah dulu pas naik kereta beli di pedagang asongan. itu airnya bau.

    BalasHapus
  20. Hidup zaman canggih kok challenge banget sih. Apa-apa dipalsukan, sampai isi galon pun ikutan dipalsukan. Ngeri banget asli dampaknya buat keluarga. Apalagi ini jangka panjang gitu....

    BalasHapus
  21. Kudu pinter pinter memang pilih air minum galon. Karena kalo udah dipalsukan, kesetahan keluarga bisa terancam.

    BalasHapus
  22. Ngeri banget ini, isi galon air minum dipalsukan. Lalu diisi air apa? duh...gimana kalau air di rumah pun tidak layak minum, mengandalkan satu-satunya air galon. Mulai sekarang harus cek-cek kode nih kalau beli...

    BalasHapus
  23. Pertama kali melihat berita di TV dan membaca di media online, jadinya agak khawatir. Berpikiran macam-macam, "jangan-jangan ada di sekitar kita juga." dan lain sebagainya. Hingga istri memutuskan memasak air sendiri.

    BalasHapus
  24. Jadi dengan semakin maraknya pemalsuan isi galon, kita juga mesti teliti lagi mengecek kondisi galon apalagi biasanya yg isi ulang itu juga cukup mengkhawatirkan kalo sampai isinya ga steril

    BalasHapus
  25. Ngeri-ngeri sedap juga ini bacanya. Padahal isi galon air itu kan merupakan salah satu kebutuhan penting dalam keseharian. Tapi setelah membaca, jadi tahu dan bisa dijadikan acuan agar terhindar dari isi galon air yang palsu. Terima kasih, kak.

    BalasHapus
  26. Dampak pemakaian galon palsu bagi kesehatan ternyata sangat parah ya. Kita harus waspada. Beli mangsedih agen resmi saya pikir bisa menghindarkan kita dari membeli galon palsu

    BalasHapus
  27. Jadi mesti beneran waspada membeli air dalam kemasan.Harus cek dulu siapa yang jual recek lagi galon yang diterima

    BalasHapus
  28. makin ngeri ya, ada-ada aja orang nih iseng nya :( jadi kudu tetap waspada mengonsumsi air minum juga, walaupun meek terkenal ternyata gak menjamin juga keasliannya ya kalau dah beli di agen begini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, bener-bener ngeri banget ya mbaaa orang-orang zaman sekarang menghalalkan segala cara biar dapet untung banyak tapi mengancam kesehatan orang lain. Mesti waspada kalau mau beli galon, sampai isinya bisa dipalsuin :(

      Hapus
  29. Di kota besar, metropolitan, masalah air bersih kudu diutamakan ya apalagi kan buat minum. Ngeri sih kalau ketemu isi galon palsu. Bahaya buat kesehatan juga

    BalasHapus
  30. Wah isue tentang isi galon yang membahayakan itu memang tidak pernah pudar. Kita sebagai konsumen perlu edukasi tentang galon yang palsu. Banyaknya para produsen galon palsu membuat kita semakin harus waspada. Terima kasih atas saran dan tipsnya.

    BalasHapus
  31. Ini bener banget, termasuk isi ulang yg 3ribuan ituu gatau gimana penyaringannyaa.. dan ngga ada segelnya nih banyak dikonsumsi anak2 kos di deket rumahku, ngeri dehh..

    BalasHapus
  32. Wah, ga nyangka deh ada alat pembuka galon yang tanpa cacat :( Ngeri banget dong ya, galon air mineral palsu ini kalau berkeliaran di masyarakat. Mesti dicek secara keseluruhan mulai tutup, air, tanggal kedaluarsa sampai si galonnya itu.

    BalasHapus
  33. Aduh serem banget air galon pakai dipalsukan segala. Banyak banget bahayanya buat kesehatan. Jangan sampe kita kena tipu. Hati-hati dan selalu teliti yuk. Moga terhindar dari isi galon palsu.

    BalasHapus
  34. Dari dulu lebih seneng minum dari air matang yang dimasak sendiri. Kalau galon suka ada yang kurang rasanya. jangan sampai ya air galon dipalsukan lagi

    BalasHapus
  35. Serem banget sekarang, air galon aja dipalsukan ini pasti sangat berbahaya terutama buat kesehatan. Kita ngga tahu kalau airnya sudah tercemar apa kan ya... kasian keluarga dirumah

    BalasHapus
  36. Betull banget sebagai konsumen kita harus teliti dalam rangka cek ricek suatu produk yang akan kita konsumsi. Galon air heboh skrg tambah heboh tentang obat sirup parasetamol (gusti yeni)

    BalasHapus
  37. zaman sekarang kita emang wajib waspada, karena semua hal bisa dipalsukan, termasuk air galon ini......mana kadang barang palsunya mirip banget dengan yang asli

    BalasHapus
  38. Bahaya banget tuh galon yang dipalsukan seperti ini, semoga oknumnya bisa diusut dan tangkap, karena berbahaya banget kalo sampai dikonsumsi

    BalasHapus
  39. di jaman serba pemalsuan seperti sekarang (sampe isi galon pun dipalsukan) sebagai masyarakat kita dituntut untuk jeli dan waspada ya. Terima kasih infonya mba Dian

    BalasHapus
  40. Aku sempat membaca trending topik tentang Paracetamol cair yang mengandung etilen glicol yang katanya berbahaya buat ginjal, kira-kira selain botol air mineral dan pengencer Paracetamol, galon yang palsu ada kandungan bahan ini juga nggak ya mba?.
    Ngeri yang kalau sampai tanpa sengaja kita beli galon maupun isi ulang yang palsu.

    BalasHapus
  41. Syukurlah aku tim masak air, gak pake galon. Dulu iya, tapi tetap aja tuh air galon kutuang ember, lalu dimasak tiap hari sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  42. Aku juga di rumah kalo masak pake galon nih mbak dan berasanya serem banget karena ada galon yang ternyata dipalsukan, kok jahat bener yaaaah. Kita harus lebih jeli dan teliti lagi nih kalo mau beli galon, kalo bisa beli langsung di agen aja kali yaaah

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Aku baru tahu kalau ternyata air isi galon ada expirednya. Kemana saja aku selama ini. Tapi emang kalau di kota-kota besar, nggak heran kalau banyak pemalsuan barang termasuk air minum salah satunya. Semoga kita nggak terkena isi air galon palsu, biar gak terkena dampaknya ke kita

    BalasHapus
  45. Isi galon palsu ada2 ajaa.. Bahan2nnya itu bikin bahaya untuk kesehatan, entah air dari mana yg dipakai. Serem ya mba. Moga dijauhkan dan dilindungi oleh Allah.. bisa hati2 lagi sesuai tulisan mba di atas, kudu ceknricek

    BalasHapus
  46. Tetap harus hati hati memang, kejujuran sekarang harus dipertanyakan

    Alhamdulillah saya tim air surungan lewat depan rumah, kalau diminum ya direbus dulu. Kalaupun kehabisan air surungan beli air galon isi ulang tapi air di rebus dulu

    BalasHapus
  47. warga Indonesia pada kreatif-kreatif, saking kreatifnya hal seperti memalsukan isi galon pun dilakukan semata untuk mendapatkan cuan. sedih sih, dan jahat pastinya para pelaku itu

    BalasHapus
  48. Praktik jahat galon palsu ini mengerikan sekali...Terbayang apa yang dikonsumsi keluarga kita jika galon enggak asli. Bahayanya bagi kesehatan itu mengkhawatirkan. Maka kita perlu hati-hati saat membeli yaa

    BalasHapus
  49. Emang cari aman masak air sendiri ya sampe mendidih. Tapi susah juga kalau di kota. Karena keterbatasan air. Juga waktu masaknya. Pokoknya hati-hati saja buat kita kalau mau beli galon.

    BalasHapus
  50. Yang paling ditakutkan memang kandungan air mineral yang kalau diambil di sumber yang sembarangan, takut ada kontaminasi kuman dan bakteri serta campuran partikel plastik berbahaya dan bisa sebabkan diare, muntaber, tipes, kanker dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

    BalasHapus
  51. wah aku malah baru tau kalau ada isi galon yang dipalsukan. Duh, bahaya banget gak sih? Konsumen sudah hati-hati memastikan tutup dan galonnya asli, eh isinya yang dipalsukan. Ada-ada aja ya cari celah kecurangan ya, huhuhu.

    Semoga kita bisa makin berhati-hati dan pintar deh ya membedakan mana galon yang isinya betul-betul air mineral yang layak dikonsumsi.

    BalasHapus
  52. Ngeri bgt ya mba dunia tipu tipu jaman now
    aadaaaa aja yg bikin org nipu tuh

    BalasHapus
  53. Duhhh parah. Galon sama tutupnya asli tapi isinya oplosan. Bahaya banget nih. Jadi kita harus cermat buat cekn keaslian isi galon. Makasih tipsnya mba.

    BalasHapus
  54. Menghalalkan segala cara dan membahayakan banyak orang. Adanya orang2 seperti ini mendidik kita untuk jadi orang yg terus waspada, Yaa, mba. Saya juga kalau minum air putih sekarang jadi sering ngerasa2 dulu gitu..kalau aneh jdi ga lanjut minumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakkk
      Harus senantiasa waspada dan alert yaaa

      Thanks bgt edukasinya mba

      Hapus
  55. Jangan tergiur galon murah. Pastikan membeli di tempat yang tepercaya. Jangan beli yang abal-abal. Begitu juga jika memasak air lebih baik memasak nya. Tentu memasak air yang layak dimasak.

    BalasHapus
  56. Betul sekali kak berita yang berseliweran ini sangat menyedihkan ya kalau isi galon mudah dipalsukan. Bahaya, pastinya ini akan berdampak bagi kesehatan keluarga. Dalam hal ini kita yang memegang peranan penting

    BalasHapus
  57. Beberapa tahun lalu isu kayak gini juga gencar. Kalo gak salah pelaku pengoplosnya ketangkap. Sekarang marak lagi ya. Serem... kok ya ada aja orang-orang jualan dengan cara gak jujur kayak gini.

    BalasHapus
  58. Sepertinya aku sangat jarang sekali cek tanggal kadaluaarsa dari sebuah produk. Huhu.. Dulu yang sering diedukasi untuk produk makanan aja yaa.. Saat ini bahkan galon karena berpotensi isinya dipalsukan.
    Serem melihat efek jangka panjangnya, terutama..

    BalasHapus
  59. Ampun deh orang sekarang ya pikirannya picik, nyesatin demi dapat keuntungan. Bahaya banget sampe isi galon air dipalsukan,cek...cek...cek

    BalasHapus
  60. untuk menghindari isi galon palsu, saya beli di agen langganan yang insyaallah amanah, selain itu juga cek tutup galonnya

    BalasHapus
  61. Aku Biasanya beli langsung dari tempat jualan air galon yang resmi. Jadi bukan isi ulang yang biasanya murah meriah itu

    BalasHapus
  62. Pokoknya jangan tergiur harga murah dan belinya harus di tempat resmi. Duhhh serem banget segala cara dijadikan celah kejahatan padahal membahayakan orang lain

    BalasHapus
  63. Wah ada kasus isi galon dipalsukan lagi ya, dulu pernah terjadi ya. Ngeri sih kalo isinya air kran. Saya termasuk konsumen air galon untuk kebutuhan minum, masak, dan nyuci beras. Karena air kran di kota memang udah nggak layak untuk dikonsumsi meski udah direbus

    BalasHapus
  64. Ngeri banget. Molly jujurly baru tahu juga loh. Bukan cuma galon palsu, airnya pun bisa palsu. Kita sebagai pembeli kudu waspada saat membeli biar ga zonk.

    BalasHapus
  65. Sama nih kak Saya juga bergantung dengan air mineral galon, Karena air pdam terasa nggak enak banget kalau diminum gitu saja. Terlebih kadang harus diendapkan beberapa Hari agar jernih. Tapi kalau banyak isi air galon dipalsukan kan jadi sedih ya kak

    BalasHapus
  66. Aku pun selalu butuh air galon untuk konsumsi sehari-hari. Meskipun belinya di minimarket, tapi tetap loh ikutan was-was juga saat beredar berita yang viral itu. Apalagi suamiku, dia kalau diminta naikin galon ke dispenser, pasti khawatirnya kebangetan. "Ini palsu nggak, ya?" gitu mulu. Haha. Terima kasih tipsnya untuk ngecek keaslian air galon, Mak.

    BalasHapus
  67. Waduh ngeri banget ya oknum-oknum ini malsuin isi galon. Kalau aku biasanya beli galon baru 2 minggu sekali mbak, jadi nggak pernah isi ulang gitu. Insya Allah aman yaah.

    BalasHapus
  68. Ya Allah penipuan skr kok macem2 aja ya bentuknya bahkan air minum pun dijadikan ajang tipu2. Harus lebih teliti nih buat yg beli air isi ulang

    BalasHapus
  69. Sedih dengan berita galon yg isinya tercemar karena kami.sekeluarga mengkonsumsi minuman dari galon.
    Semoga pemerintah aware dunk...ada ketegasan dlm mengusut oknom yg curang dkk

    BalasHapus
  70. Iya ya dulu sempet dibilangin lihat tutupnya. Tp namanya org jahat kyknya makin pinter aja huhu. Makanya aku kalau beli air mkineral galonan biasanya di toko yang terpercaya kyk minimarket, supermarket, atau toko yg emang partner merek galon yang dimaksud supaya gak zonk.

    BalasHapus
  71. Karena adanya kasus isi galon palsu jadi lebih teliti saat membeli akutuuu. Ngeri kalau kita sampai minum isi galon palsu, bahaya pasti bagi kesehatan.Duh!

    BalasHapus
  72. Jadi rada ngeri juga ya Mbak. Btw, kalau kami galonnya memang isi di tempat biasa isi ulang di perumahan warga yang sudah bertahun-tahun langganan. Insya Allah semoga mereka amanah karena bisnis air ini bukan hanya sekadar menjual dan membeli namun ada pertanggungajawaban di sana.

    BalasHapus
  73. Aku sempet ingin langganan air isi ulang galon, Di..
    Karena praktis banget, si airnya rutin (sesuai perjanjian) buat dateng ke rumah tanpa perlu repot-repot telp.

    Karena di sini sistemnya langganan per 50-100 galon, kaya paketan gitu..
    Dan jatuhnya memang jauuh lebih murce.

    Tapi kalau air isi galonnya gak bisa dipertanggungjawabkan dan malah menimbulkan bahaya begini, huhu.. jadi gak perlu cari murahnya deh.. sereeemm!

    BalasHapus
  74. macam-macam ya, mbak cara orang memalsukan galon salah satunya dengan mengganti isinya. bahay banget sih kalau air isi galon ini tidak terjamin kebersihannya

    BalasHapus
  75. Wah bahaya juga ya kalau banyak kasus isi galon palsu seperti ini, banyak orang bisa dirugikan, terutama masalah kesehatannya. Saya cukup beruntung tinggal di kota kecil yang masih memungkinkan untuk merebus air sendiri.

    BalasHapus
  76. duuh jadi deg2an ya kalau2 air kemasan dalam galon yg kita minum ternyata palsu, jangab2 membahayakan kesehatan kita. terima kasih ya untuk tips2 mengecek kondisi galon apakah asli/palsu isinya..

    BalasHapus
  77. Lihat cuplikan pelaku yang pasang tutup galon asli ke galon abal-abal bikin was-was deh. Yang asli aja bisa dipalsu. Meskipun udah berusaha hati-hati kalau tetap kena tipu ya gimana hhmm

    BalasHapus
  78. Haaah, ini bukan air isi ulang tapi pakai tutup bersegel cuma isinya bukan air mineral yang seharusnya? aduduh ... kan ga tahu gimana higienitasnya :(

    BalasHapus
  79. Berita yg lagi banyak ini ttg galon, bener2 bikin parno deh. Aku yg walopun belinya dari agen resmi, tapi kok ya jadi kuatir juga. Sejak ada berita ini, aku langsung cek mba galon2 yg aku biasa beli dari si agen. Tutupnya dan segala macam. Secara kasat mata dan setelah diperiksa, kayaknya sih aman ya 😅. Rasa air juga segar. Semoga sih selama ini masih jujur agennya. Bingung mau beli di mana lagi kalo sampe dapat yg aspal. Air galon buatku juga penting. Apalagi dipake bukan cuma utk minum, tapi juga utk masak. Secara air di rumah ada kandungan kapur.

    BalasHapus
  80. nah ini yang menghawatirkan. ada aja ya orang memalsukan kebutuhan dasar seperti air minum. mesti jeli melihat produk yang dibeli dan beli di tempat terpercaya untuk mengurangi peluang terkena produk palsu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak. orang sekarang punya banyak cara untuk memalsukan barang bahkan air galon juga bisa dipalsukan. huhu

      Hapus
    2. semoga oknum2 jahil pemalsu air galon ini cepat tertangkap dan tidak ada lagi yang berusaha memalsukan air galon ya mba, Aamiin..

      Hapus
  81. Aku kalau beli galon selalu di pusatnya, beli baru.. Jadi jarang banget tukar galon atau isi ulang... Rasanya juga kalau diteliti bener-bener beda.. Walaupun lebih mahal, tapi buat kesehatan gapapa lah :D

    BalasHapus
  82. Masalah memilih tempat terbaik untuk isi ulang galon air minum yang layak, memang cukup dilematis ya.
    Apalagi air minum adalah satu dari kebutuhan utama harian, dan faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh.
    Jadi memang wajib bener memberikan perhatian ekstra tentang hal ini.

    BalasHapus
  83. Ga nyangka aja se ngeri itu dampaknya bagi kesehatan. Beneran deh kalau udah gini, harus lebih waspada setiap mau beli air galonan.

    BalasHapus
  84. Banyak pemalsuan isi galon isi ulang ya mbak sekarang jadi ngeri sendiri kalo saya selalu mengusahakan beli di distibutor resmi gitu sih

    BalasHapus
  85. Pas kemarin rame berita tentang ini, aku cukup khawatir juga mba. Soalnya keluarga di rumah juga konsumsi merk terkenal itu. Niatnya mau sehat dengan pilih merk yang udah terjamin kualitasnya, tapi nyatanya ada aja ulah orang-orang yang nggak bertanggungjawab.

    BalasHapus
  86. Amit2 deh ya mbak semoga gak sampe ketipu sama air galon palsu huhuhu.. Efeknya buat kesehatan udah pasti deh.. membahayakan..

    BalasHapus