Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Ngeblog Makin Asyik dengan Canva

 


Ngeblog Makin Asyik dengan Canva


Enak ya jadi blogger, modal nulis doang!!


Ha? Blogger cuma modal nulis doang? Tidak semudah itu Ferguso!


Siapa disini yang sering mendengar ungkapan di atas? Bahwa, blogger itu cuma modal nulis doang? 


Hehe, masih banyak orang awam yang mengira kalau ngeblog itu hanya bermodal tulisan. Faktanya, ngeblog lebih dari itu. 


Tulisan di blog, akan terasa kurang bila tanpa gambar yang mendukung. Baik berupa foto maupun infografis, keduanya membuat tulisan di blog jadi lebih hidup. 


Dan, ini menjadi tantangan terbesar saya. Buat yang nggak jago desain seperti saya ini, aplikasi Canva itu sangat menolong! Canva membuat perjalanan ngeblog saya makin asyik!


Canva, Aplikasi Desain Favorit Para Blogger


Canva adalah aplikasi desain yang didirikan oleh Melanie Perkins, Clifford Obrecht, dan Cameron Adam pada tahun 2013. Canva membantu kita mendesain poster, undangan, infografis, flyer, PPT presentasi, kartu ucapan, hingga video dengan cara yang mudah dan cepat. 


Sesuai dengan tujuannya, Canva ingin membantu semua penggunanya untuk membuat berbagai macam desain dan mempublikasikan di berbagai platform. 


Baca Juga : Bangga  Jadi Blogger, Sebuah Catatan dan Harapan


Bagi saya yang buta akan desain,  aplikasi Canva ini sangat membantu. Canva membantu saya menghasilkan beragam gambar maupun video yang bisa mempercantik artikel di blog. 


Canva memiliki beragam template yang beragam sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Mulai dari postingan untuk sosial media, video, presentasi, poster, infografis, hingga YouTube intro yang semuanya mendukung aktivitas blogging kita. Pantas saja jika Canva disebut sebagai aplikasi desain favorit para blogger.


Kelebihan Canva untuk Ngeblog


Kelebihan Canva untuk Ngeblog


Canva ini punya banyak kelebihan untuk mendukung aktivitas blogging. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Canva untuk ngeblog. 


1. Mudah diakses


Kelebihan pertama Canva untuk ngeblog adalah mudah diakses. Aplikasi ini bisa diakses melalui smartphone, tablet, maupun laptop. Kita bisa menggunakan Canva di mana saja dan kapan saja. 


Saya bisa mendesain, editing, hingga membuat infografis yang selanjutnya bisa dengan mudah ditambahkan ke postingan blog. 


Meski tak jago desain, Canva membantu saya menghasilkan beragam desain yang menarik di setiap artikel blog saya.


2. Variasi template


Aplikasi Canva ini memiliki variasi template yang banyak. Template Canva ini juga tersedia dalam berbagai tema. Misalnya, Canva memiliki banyak template bertema "Perubahan Iklim", template ini mendukung pekerjaan saya sebagai Eco Blogger Squad, menghasilkan beragam desain perubahan iklim yang cantik dan menarik.


aplikasi Canva


Dengan variasi template dari Canva, kita tidak perlu mendesain dari nol. Manfaatkan saja template yang ada. Cari template di kolom pencarian.


3. Desain untuk berbagai platform


Canva menyediakan desain untuk berbagai platform. Mulai dari Instagram Post, Instagram Story, Facebook Post, YouTube Intro, dan masih banyak lagi. 


Tentu ini sangat membantu para blogger. Tak hanya mempercantik artikel di blog, tapi juga mendukung konten sosial media juga. 


4. Tersedia dalam berbagai platform


Canva ini tersedia dalam berbagai platform. Mulai dari iOS, Android, dan Web. Semuanya bisa saling terkoneksi, baik akses via smartphone maupun laptop. 


5. Mudah membuat infografis


Dulunya saya pikir membuat infografis itu sulit. Namun, dengan Canva, itu bisa teratasi.


Saya bisa dengan mudah membuat infografis untuk mendukung artikel blog saya. Cara membuat infografis di Canva itu mudah, cukup drag, drop, add, maupun edit. Ada banyak pilihan infografis yang bisa kita pilih. 


6. Desain tersimpan otomatis


Siapa yang suka kesal jika desain belum tersimpan, lalu gawai yang kita gunakan mendadak mati? Duh, kesal banget pastinya. 


Desain dengan Canva


Namun, jangan khawatir. Di Canva semua desain tersimpan otomatis. Tak perlu takut desain hilang meski belum tersimpan dan gawai mendadak mati.


7. Makin asyik dengan Canva Pro


Canva ini memiliki dua jenis layanan, ada Canva Free dan Canva Pro.


Kebetulan saya menggunakan Canva Pro. Dengan Canva Pro saya bisa menggunakan semua akses yang ada pada aplikasi ini. Mulai semua desain, alat editor, font, gambar, video, hingga grafis. Ini membuat aktivitas ngeblog saya makin asyik.


Fitur Canva Pro yang Bikin Ngeblog Makin Asyik


Memangnya apa saja sih fitur dari Canva Pro yang bikin ngeblog makin asyik? Banyak!


Berikut adalah beberapa fitur Canva Pro yang bikin ngeblog makin asyik.


1. Content planner


Fitur ini memudahkan kita dalam merencanakan konten. Kita bisa membuat desain, jadwalkan dan tayangkan konten ke media sosial langsung dari Canva. 


Asli, ini sangat membantu. Membuat aktivitas ngeblog saya bisa termanage dengan baik. Nggak lagi ada kata bingung dan lupa untuk posting konten.


2. Brand kit


Dengan fitur brand kit ini, kita mudah mengatur logo, font, hingga warna kita sendiri. Akses semuanya saat mendesain, ini membuat konten yang kita buat memiliki ciri khas tersendiri.


3. Background remover


Fitur background remover ini membantu kita menghapus latar belakang foto dan video dengan mudah dan cepat. Cukup satu kali klik, background terhapus!


Aplikasi Canva untuk desain


4. Magic resize


Mendesain dengan Canva makin efisien dengan fitur ini. Magic resize memudahkan kita untuk mendesain satu kali, lalu bisa diubah dalam berbagai ukuran dalam satu kali klik.


5. Latar belakang transparan


Melalui fitur ini, kita bisa menyimpan foto, logo, gambar produk, dan sebagainya dalam bentuk PNG dan letakkan desain kita dalam berbagai latar belakang dan foto. 


6. Template premium


Fitur template premium ini membuat kita bisa memilih 400 ribu template. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan blog.


7. Font Premium


Desain yang kita buat akan makin cantik dengan dukungan 3000 font premium yang ada pada aplikasi Canva Pro ini. 


8. Animasi premium


Manfaatkan juga fitur animasi premium yang ada pada Canva Pro ini untuk membuat konten blog makin menarik. Cukup dengan sekali klik, kita bisa membuat animasi yang dapat disimpan dalam bentuk GIF maupun video.


9. Konten tak terbatas


Canva Pro membuat kita bisa mengakses semua konten secara tak terbatas. Dapatkan gambar yang sempurna untuk setiap konten blog.


Baca Juga : Ini Dia 4 Peluang Penghasilan dari Blog yang Bikin Kamu Makin Semangat Ngeblog!


Manfaatkan 100+ juta foto premium ikon dan ilustrasi yang membuat konten blog makin ciamik.


Yuk, Coba Layanan Trial Canva Pro Sekarang Juga!


Bagaimana? Setelah tahu berbagai kelebihan dan fitur andalan di aplikasi Canva Pro ini, pasti teman-teman juga ingin mencoba. 


Mau coba gratis dulu atau langsung langganan Canva Pro juga bisa, lho. 


Layanan trial Canva Pro ini bisa diakses gratis selama 30 hari! 


Begini cara mencoba layanan trial Canva Pro.


1. Daftar terlebih dahulu di Canva 

2. Akun kita akan diverifikasi terlebih dahulu menggunakan metode pembayaran kartu kredit maupun debit online. Semua transaksi dilakukan melalui web browser. Pastikan juga rekening kita juga telah terverifikasi.

3. Setelah proses verifikasi selesai, kita akan mendapatkan email yang menyatakan bahwa akun kita sudah terverifikasi dan bisa menggunakan layanan trial Canva Pro selama 30 hari.


Lebih mudahnya, teman-teman bisa langsung klik melalui link ini : http://partner.canva.com/Dian


Atau teman-teman mau langsung langganan Canva Pro? Boleh saja, apalagi harganya terjangkau, lho!


Cukup membayar Rp. 95.000/bulan, layanan Canva Pro bisa diakses! Btw, untuk harga yang lebih hemat, kamu bisa langgana Canva untuk Tim senilai 124.000/bulan bisa dipakai untuk 5 orang, jadi kalau mau patungan, jatuhnya hanya Rp. 24.800/bulan, lho! Makin hemat tentunya.



Ngeblog Makin Asyik dengan Canva


Canva Pro sangat membantu saya dalam mendesain beragam konten untuk mendukung artikel di blog. Dengan Canva, saya bisa menyajikan artikel yang lebih menarik. 


Yuk, rasakan sendiri ngeblog makin asyik dengan Canva!




70 komentar

  1. Saya udah pakai Canvapro dari lama dan merasa banget Canvapro ini membantu berbagai desain di blog dan medsos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Saya yg nol basic dari design berkat Canva alhamdulillah berhasil bikin ilustrasi sederhana

      Hapus
  2. Alhamdulillah saya sejak kenal Canva mulai versi website sampai aplikasi terbaru, jadi gak harus banyak install aplikasi sejenis lainnya. Semua sekarang sudah semakin lengkap ya fiturnya.

    BalasHapus
  3. Aplikasi Canva ini emang favorit banget ya, cara pakenya pun user friendly banget, tinggal drag n drop. btw selama ini saya masih pake yang versi gratis. Soon pengen coba juga yang versi Pro nya.

    BalasHapus
  4. Canva mah andalan banget memang.
    Soalnya daku tuh suka dengan templatenya yang beragam, bisa dipilih sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  5. Keren memang memasukkan design Canva di blog kita. Bisa buat info grafis, bisa buat design cantik, quote, dan lain-lain. Saya sering banget menggunakan Canva untuk tulisan book review. Berguna banget sebagai sarana untuk menampilkan catatan-catatan cantik dari buku yang sedang diulas.

    BalasHapus
  6. Canva emang adalan para creator ya.. Saya suka sekali dengan penyimpanan datanya yang unlimited. Soalnya saya maaih menyimpan semua hasil desain di akun yang sama sejak tahun 2017 dan aman

    BalasHapus
  7. Canva emang jago banget sih mempermudah kita buat infografis atau video pendek mbak. Aku juga udah beberapa kali pakai. Cuma memang belum pakai yang pro sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem kak,
      Daku juga belum pakai yang pro, soalnya yang gratisnya pun juga udah amat membantu. Makanya Canva cocok jadi andalan

      Hapus
  8. Sejak ada canva, terbantu banget bikin gambar-gambar pendukung untuk dicantumkan di blog. Buat CV, slide presentasi, dan berbagai kebutuhan branding serta kerja sama, semua pakai Canva. Puas pokoknya kalau udah pakai Canva Pro

    BalasHapus
  9. saya gak bisa kerja tanpa canva, hehehe
    mulai dari cari gambar untuk blog, bikin CV, invoice atau sekadar bikin ucapan selamat ulang tahun, semua pakai canva
    Karena Canva emang oke ^^

    BalasHapus
  10. Saya juga pengguna canva mbak, andalan banget ini mah buat bikin cover blog soalnya bikin kita ikutan kreatif juga kayak canva hahahaa

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Sejak kenalan sama Canva, berasa banget kalau kita yang nggak punya basic design tuh bisa banyak berkreasi, mulai dari kenutuhan ngeblog sampai media sosial, termasuk presentasi dan masih banyak lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak Acha, jadinya dengan Canva kita makin kreatif ya. Soalnya juga didukung sama templatenya yg beragam

      Hapus
  13. Asik banget ya..
    Bisa coba gratis dulu dan FIXED langsung langganan siih.. Soalnya banyak banget manfaat dan kemudahan yang diperoleh ketika menggunakan canva.

    BalasHapus
  14. Memang keren banget ini canva yang pro, fiturnya sangat membantu sekali untuk para konten kreator karena kemudahan dan kelengkapan dukungannya

    BalasHapus
  15. Semenjak mengenal Canva kebutuhan foto, desain grafis aku serahkan pada Canva. Apalagi kalau pakai Canva Pro, asyik banget pokonya bisa menggunakan template atau foto yang sesuai. Apalagi aksesnya tidak terbatas.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah udah punya canva pro, kebantu banget terutama buat featured image salah satu blog yg dikonsep mirip semua hehe

    BalasHapus
  17. Canva sekarang kyknya udah jadi aplikasi sejuta umat deh mba karena kemudahannya, saya sudah langganan Canva pro juga

    BalasHapus
  18. Sekarang soal infografis, Canva adalah andalan aku, hehehe
    Btw, ternyata Canva ada udah lama yaa, aku baru 2-3 tahunan kenal Canva, dan emang ngebantu banget

    BalasHapus
  19. Aku pun ga bisa lepas dari Canva. Pokoknya harus pake Canva buat bikin gambar menarik. Seneng banget ada Canva.

    BalasHapus
  20. Sejak kenal Canva, dari yang awalnya free to user, kemudian sampai ada yang pro, aku udah jadi usernya... hahaha. Enak banget dan praktis buat urusan desain. Nggak cuma buat blog, bahkan buat konten sosmed, presentasi dan masih banyak lagi, memudahkan wis pokoknya

    BalasHapus
  21. hehe dulu kukira juga ngeblog cuma nulis doang, ehgak taunya uwow sekali ya hihi.. tapi sunggu karena terbantu banyaknya aplikasi macam canva ini jadi lebih mudah dan kreatif ya :)

    BalasHapus
  22. aku merasakan banget kemudahan yang dikasih sama canva. bisa bantu desain yang bagus

    BalasHapus
  23. Aku masih belajar sih mbak...apalagi menulis...tapi canva sangat membantu, apalagi buat ibu yang gaptek soal blog dan menggambar...

    BalasHapus
  24. Paling ribet urusan desain mendesain kala itu. Sekarang? Ooh tidak lagi donk, kan ada Canva. Kabar gembira bagi emak² yang pengin jago desain tapi gak mau ribet kaya aku ini.

    Kemarin aku juga baru aktifin Canva pro ku, Mbak. Daaaaan baru tahu fitur kalau didapat langganan Canva pro sebanyak itu lo, huaaaa. Mau otak atik lagi ah...

    BalasHapus
  25. Sejak pakai Canva urusan desain mendesain makin gampang ahahaha, karena semua tersedia disana. Tinggil pilih aja sendiri sesuai dengan desin yang kita inginkan

    BalasHapus
  26. Asyik banget memang pakai canva. Ke depannya, mungkin aku akan mempertimbangkan menggunakan yang Pro

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang aku masih keasyikan pake yang gratis, nih. Karena yang gratis pun udah cakep banget fitur dan koleksinya.

      Hapus
  27. Belakangan ini aku menggunakan Canva untuk cover blog dan kolase fotonya. Dulu sih belum karena kupikir susah...eh ternyata kalau dipelajari pelan2, bisa juga dan mudah hehehe. Tapi aku belum berlangganan canva pro nih. Kepengen cari teman supaya lebih hemat bayar per tahunnya.

    BalasHapus
  28. Aplikasi andalan sejuta bloger dan content creator ini yaaa

    Canva kecintaan kita semua

    BalasHapus
  29. Sebagai seorang guru pun sy sering pake design canva. Bahkan saat ngeblog pun untuk design yang simpel dan cepet lebih suka pake canva. Design dan themenya juga keren2 di canva..

    BalasHapus
  30. Blog dan postingan makin kece aja dengan canva. Plus jadi beda sama postingan teman

    BalasHapus
  31. Awal menggunakan Canva versi gratisan saja sudah sip apalagi pro makin top saat menggunakannya di blog dan berkreasi antara tulisan dan visual gambar desain.

    BalasHapus
  32. Memang hebat Canva ini. Dari pertama saya tahu dan menggunakan, Canva terus menerus berinovasi dalam berbagai aspek rancangan. Ada yang template dan memudahkan. Tapi ada juga yang menantang kita untuk berkreasi lebih kreatif lagi.

    BalasHapus
  33. Hari gini hidup tanpa Canva? Wah gak bisa!
    Mulai dari memberi ucapan ulang tahun yang berkesan hingga bikin invoice
    semua pakai canva

    BalasHapus
  34. Pantesan nih.. desain yang dibuat selalu cantik dan informatif, ternyata Canva pro rahasianya..
    Dan sudah pasti harus pakai akun premium agar memperoleh banyak keistimewaan.
    Desain cantik membuat betah para pembaca saat berkunjung ke sosial media dari seorang konten kreator.

    BalasHapus
  35. Ini aplikasi favorit banget deh.
    Solusi buat Siapa pun yang ingin desain dengan kualitas bagus namun Gapake ribet.

    BalasHapus
  36. Sudah 2 tahun pakai Canva Pro. Worth it banget lah. Sangat membantu dan tidak hanya lengkap tapi juga kreasi tanpa batas. Keren banget. The best.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kka Susi.
      Suka banget karena kemudahan digunakan baik menggunakan laptop, PC bahkan HP yang hanya dalam genggaman bisa editing desain tetap cantik.

      Hapus
  37. Canva Pro juga andalanku mba kalau mau nyari gambar pendukung buat artikel. Bisa dikreasiin sendiri. Udah sejak pandemi pokoknya sayang banget sama Canva Pro yang pilihan elemen grafis sama animasinya cakep-cakep

    BalasHapus
  38. Mbak Dee, aku baru tahu fitur Magic Resize. Ternyata ada ya, dan ini bakal berguna banget biar hasil desain kita bisa diformat ke berbagai ukuran. Terima kasih ilmunya ya mbak.

    BalasHapus
  39. bahagiaaa banget deh udah kenal canva
    Canva ini punya beragam template yang beragam sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Mulai dari postingan untuk sosial media, video, presentasi, poster, infografis, hingga YouTube intro yang semuanya mendukung aktivitas blogging kita. Pantas saja jika Canva disebut sebagai aplikasi desain favorit para blogger.

    BalasHapus
  40. Waktu pertama kenal Canva tuh terasa aneh. Eh sekarang jadi ketagihan. Yang ngaku pintar desain, ada template yang oke-oke sih ya. Makin mantap kalau udah pakai yang pro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa..
      Aku sampe penasaran pas Jiah bikin carousel pake Canva.
      Jadi ikutan nyobain meski belum se-smooth Jiah, tapi hwaiting~
      Tetap berusaha mainan Canva terus.. Jadi kudu banget cobain Canva pro.

      Hapus
  41. Yess bingit canva sangat mudah digunakan, ngebantu banget buat bikin tumbnail youtube maupun desain konten sosmed dan blog

    BalasHapus
  42. Canva memang ngebantu banget ya untuk urusan desain paling gampang dilakukan. Cuma aku belum pakai yang pro, kalo pengen gabung gitu caranya gimana mba Dian? Lumayan kan kalo share cost langganan Canva Pro gitu

    BalasHapus
  43. Fitur di canva memang menarik banget untuk dieksplore ya mba. Bisa menambah skill desain kalau kita rajin ngopreknya. Untuk itulah bulan lalu aku join canva pro karena ingin lebih memperkaya fitur -fitur menarik lainnya

    BalasHapus
  44. Sebagai pemuja Canva aku tahu banget betapa bermanfaatnya aplikasi ini. Apalah aku tanpa Canva. Walopun aku belom bisa maksimalkan kayak temen-temen lain. Aku banyaknya pake tamplate. Tapi itu udah memuaskan. Aku sukaaa.

    BalasHapus
  45. Ih iya banget mba, bahkan gak hanya buat bikin konten blog dan medsos. Aku pakai canva buat desain presentasi, bikin logo, backdrop dll

    BalasHapus
  46. Aku komen di sini di samping anakku yang sedang ngerjain tugas pakai Canva. Bersyukur, gara-gara ngeblog aku kenal canva. Jadi, meskipun aku masih amatiran aku bisa bantu2 anakku kasih saran saat dia mengerjakan tugasnya. Aku yang tidak artsy juga bisa bikin-bikin sesuatu utk blog maupun posting medsos. sukaa deh sama canva..

    BalasHapus
  47. Pakai Canva itu udah paket lengkap pokoknya ya. Mau edit foto, nambah gambar, video dan suara juga bisa. Lengkap pokoknya bener memudahkan

    BalasHapus
  48. Alhamdulillah udah pakai Canva Pro dari kapan hari, dan emang sekeren itu. Jadi lebih puas utak-atiknya. Bener-bener bermanfaat deh. Kadang orang yang lihat hasil desain saya sampai gak nyangka kalau itu semua dikerjakan di Canva. Hihihi. Thank You, Canva :)

    BalasHapus
  49. Lengkap banget ya Canva ini. Cukup punya satu aplikasi deh. Udah ada semuanya di Canva. Aku ketergantungan banget sama Canva.

    BalasHapus
  50. main Canva pakai hape aja sekarang memang enak banget dan praktis. cocok buat emak-emak mageran kayak aku ini.

    BalasHapus
  51. Kalau pakai yang mode pro tuh banyak sekali fitur yang terbuka. Paling suka dengan remove background nih, kita bisa mengolah foto kita dengan latar belakang beraneka ragam. Suka banget dengan Canva, bikin mama2 yg ga punya ilmu khusus tentang desain jadi berasa pinter aja gitu bikin ilustrasi hehehee...

    BalasHapus
  52. Aku juga suka pakai Canva, bikin serasa jadi desainer profesional. Membantu sekali buat desain konten di blog maupun sosmed. Anak2ku pun pakai buat mengerjakan tugas2 sekolah.
    Cuma kyknya aku kurang eksplore Canva-nya nih, ternyata masih banyak fitur yg aku belum manfaatkan.
    Coba ah ntr otak atik lg TFS

    BalasHapus
  53. Enak bangeett emang pakai canva ini, apalagi yang pro, wah dapet akses ke gambar2 yang bagus dan berkualitas, juga dapet akses untuk fitur2 unggulannya seperti background remover itu. Favorit aku banget sih background removernya, haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah makai Canva Pro dan emang fitur2nya asyik banget gak dibatasi. Banyak yang bisa diexplore dan dimanfaatkan untuk membantu bikin konten :D

      Hapus
  54. Pertama kali menggunakan canva emang agak kagok. Tapi lama2 malah jadi keasyikan segala dibuat di canva.. Xixixi

    BalasHapus
  55. Canva nih andalanku bangettt untuk segala urusan perkontenan. Lengkap dan bisa diandalkan sekali.

    BalasHapus
  56. Asik asiikk

    Canva nih selalu kasih opsi terbaik
    Ga perlu jago desain, serahkan pd Canva yakkk

    BalasHapus
  57. Canva bantu banget buat aku yang ngak bisa desain grafis, soalnya banyak template yang bisa dipake terus tools yang disediakan mudah banget dioperasikan, untuk pemula sekalipun.

    BalasHapus
  58. Canva ini memang membantu banget buat yang nggak mau ribet dengan urusan desain pakai aplikasi yang berat di laptop dan mesti njelimet. Cukup pilih template, klak klik sebentar, udah jadi

    BalasHapus
  59. Toss! Cinta banget emang dengan CanvaPro. Udah super lengkap kayak super market. Hihi.. Berguna banget gak cuma sebagai blogger tapi dukung kerjaanku juga sebagai guru. Bikin slide presentasi dan worksheet.

    BalasHapus
  60. Aku masih pakai canva gratisan. Jujurly masih ngerasa sayang dengan angka 95k. Ngga ada tim juga kalau mau pakai paket buat tim. Elemen atau remove background bisa di akali sih, tp ngubah ukuran kanvasnya yg mau ga mau jd harus kreatif untuk pakai kanvas seadanya.

    BalasHapus
  61. Dulu sebelum kenal canva, aku ngambil gambar melalui stutterstuck, pixabay. Tapi setelah kenal canva, ini jadi andalan banget. Karena aksesnya mudah, desainnya banyak, gambarnya juga banyak. Rekomended lah pokoknya

    BalasHapus
  62. Aku sampai hafal, sekarang tuh Canva jadi jalan ninja banget untuk ngedesign konten apalagi buat blog agar menyampaikan secara infografis dan pembaca jadi sangat terbantu

    BalasHapus
  63. Canva memang kece! Aplikasi andalan buat ngeblog dan sosmet. Semuanya ada dan mudah banget aksesnya. Gak pusing lagi tentang gambar sejak tahu canva.

    BalasHapus