Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Payment Gateway : Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

 

Faspay

    Apabila beberapa dekade lalu masyarakat masih memanfaatkan uang fisik untuk bertransaksi, saat ini kita tidak perlu menerapkan hal tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita bisa menggunakan sistem teknologi payment gateway untuk melakukan transaksi. 

    Di bawah ini saya akan mengulas mengenai pengertian payment gateway, cara kerja serta manfaatnya untuk teman-teman ketahui!

Pengertian Payment Gateway

    Payment gateway merupakan sistem transaksi yang bertugas mengotorisasi sebuah proses transaksi lewat e-commerce. Ketika melakukan transaksi online, anda pastinya mengharapkan proses pembayaran yang aman dan mudah. 

Pengertian Payment Gateway


    Nah, proses transaksi ini dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kiya dengan beragam cara. Misalnya seperti transfer bank, debit, kredit maupun sistem pembayaran langsung seperti direct debit, e-wallet dan lainnya.

    Dengan memanfaatkan teknologi internet, sistem transaksi ini bisa kita aplikasikan saat berbelanja online dalam pasar global. Teknologi ini juga memungkinkan produsen bisa menerima pembayaran secara mudah dari penjuru dunia. 

Cara Kerja Sistem Payment Gateway

    Payment gateway bisa dikatakan sebagai terobosan teknologi pembayaran online yang cukup canggih dengan cara kerja yang cepat, sederhana dan praktis. Tahapan cara kerja sistem teknologi ini antara lain :

Konsumen Selesai Melakukan Transaksi Pada Aplikasi/ Situs E-Commerce

Ketika proses check out pada sebuah aplikasi/ situs e-commerce, konsumen selanjutnya diarahkan pada laman yang mempunyai berbagai cara pembayaran. Sejumlah metode pembayaran tersebut yang memakai teknologi payment gateway. Para konsumen bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan.

Informasi Transaksi Menuju Payment Processor

Saat pembayaran selesai serta terkonfirmasi oleh sistem, seluruh informasi pada proses transaksi akan tercantum pada teknologi payment gateway. Adapun informasi tersebut dikirim menuju payment processor bank yang dipilih oleh konsumen.

Cara Kerja payment gateway

Bank Memberi Balasan Pada Payment Processor

Setelah bank mendapatkan informasi transaksi pembeli dari payment processor, berikutnya pihak bank mengirim balasan pada payment processor. Balasan tersebut berisi kode khusus mengenai keterangan berhasil maupun tidaknya transaksi yang dilakukan. 

Ketika data yang dimasukkan oleh konsumen terdeteksi ada kesalahan maupun tidak sesuai maka sistem otomatis akan menggagalkan proses pembayaran tersebut.

Payment Gateway Mendapatkan Pesan Transaksi oleh Payment Processor

Terakhir, sistem pembayaran ini menerima pesan mengenai status transaksi yang dilakukan oleh konsumen dari payment processor. Pesan tersebut merupakan status transaksi yang akan terkirim menuju e-commerce atau situs serta menyelesaikan transaksi.

Manfaat Payment Gateway Faspay


Manfaat Teknologi Payment Gateway dalam E-Commerce

Proses Transaksi Lebih Cepat

Penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi online secara cepat. Kita bisa mentransfer kapanpun dan dimanapun tanpa perlu menunggu lama atau antri di bank.

Meminimalisir Resiko Kejahatan

Dengan sistem keamanan berlapis mampu mencegah resiko kejahatan siber yang terjadi. Hadirnya teknologi pembayaran ini juga bermanfaat bagi seluruh pihak dalam melakukan transaksi.

Transfer Mudah dari Seluruh Jenis Rekening

Dengan teknologi pembayaran ini, perbedaan antar bank tidak menjadi masalah. Baik pembeli maupun penjual tidak diharuskan mempunyai banyak rekening untuk melakukan transaksi.


Manfaat Payment Gateway Bagi Penjual

Bisa Mengawasi Perkembangan Pembayaran Secara Langsung

Penjual bisa mengetahui pembayaran secara langsung serta proses transaksi keuangan tersebut bisa direkam. Selain itu, penjual juga dapat menyelesaikan banyak transaksi dalam satu hari dengan mudah tanpa perlu mengunjungi bank. Tentu ini sangat efisien serta lebih cepat yang akhirnya mampu meningkatkan kenyamanan para konsumen.

Keamanan Online Shop Terjamin

Transaksi fiktif dari oknum tidak bertanggung jawab sering terjadi hingga merugikan penjual. Dengan teknologi ini, transaksi bisa dilakukan secara real time untuk mencegah resiko tersebut.

Penjual Tidak Harus Memiliki Banyak Rekening

Teknologi pembayaran ini menjadikan penjual e-commerce tidak harus mempunyai banyak rekening bank yang disesuaikan dengan konsumen. Penjual bisa menggunakan satu rekening untuk dapat menerima pembayaran dari konsumen meskipun jenis rekening yang dimiliki tidak sama.

Manfaat Payment Gateway Bagi Konsumen

Transaksi Menjadi Lebih Mudah

Dengan hadirnya teknologi pembayaran ini, konsumen tentu menjadi lebih mudah untuk bertransaksi sebab pembayaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan berbekal koneksi internet.

Terdapat Banyak Opsi Payment

Konsumen bahkan mempunyai kesempatan melakukan transaksi lewat beragam pilihan cara. Adapun nomor rekening yang berbeda bukan menjadi masalah sebab payment bisa terekam sekaligus tersalurkan pada bank yang dimiliki pihak penjual.

Dapat Mengetahui Rincian Transaksi

Disamping menjadikan proses pembayaran yang semakin mudah, teknologi ini juga dapat memberikan keuntungan bagi konsumen untuk mengetahui informasi mengenai rincian transaksi pembayaran yang dilakukan. 

    Nah, itulah ulasan mengenai pengertian payment gateway, cara kerja dan manfaatnya yang ternyata sangat banyak. Bagi institusi atau perusahaan yang mempunyai portal sales, Faspay Payment Gateway menawarkan solusi payment gateway guna melayani transaksi pembayaran konsumen secara online yang terkoneksi pada beragam sumber dana misalnya debit online, kartu kredit, Virtual Account Bank, e-money, dan lainnya. 

    Untuk keterangan lebih lanjut teman-teman bisa mengunjungi laman faspay.co.id.






101 komentar

  1. wah ini pilihan bagus juga untu memudahkan usaha dan juga konsumen ya mbak. lebih praktis juga sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menggunakan sistem jadi semuanya sudah terkoneksi dan pengaturan pembayaran memudahkan kita baik selaku pebisnis maupun pribadi ya

      Hapus
  2. wah sangat praktis ya, terimakasih infonya kak :D bermanfaat

    BalasHapus
  3. payment getaway adalah pilihan cerdas untuk usaha online untuk memudahkan proses transaksi

    BalasHapus
  4. Wah, pakai gateway gini jadi saling memudahkan ya, baik dari sisi pembeli maupun penjual toko online

    BalasHapus
  5. Wah, ternyata banyak sekali manfaat menggunakan Faspay Gateway Payment ini :) Jadi sama-sama memudahkan, menguntungkan sesama penjual dan pembeli ya. Transaksi apapun menjadi lebih cepat, meminimalisasi kecurangan dan kerugian.

    BalasHapus
  6. Para online seller pastinya butuh ini ya mbaaa

    Apalagi jaman makin digital
    Banyak yg kebantu bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, membantu banget bagi online seller dengan segala kemudahan faspay

      Hapus
  7. Faspay Payment Gateway solusi untuk para emak-emak yang sering lupa bawa dompet tapi gak pernah lupa bawa ponselnyašŸ¤£. Begitu memudahkan gak perlu kembalian segala,kan..kan..kan..

    BalasHapus
  8. Wah keren ya ini. Jadi gak perlu pusing kalau mau belanja online harus cari yang rekening banknya sama dengan yang kita punya.

    BalasHapus
  9. Payment gateway memang membuat transaksi lebih cepat dan automated dibandingkan transfer antar bank. Juga ada banyak pilihan metode pembayaran yang bisa dipilih sehingga memudahkan konsumen saat checkout dan melakukan pembayaran.

    BalasHapus
  10. Baru tahu nih ada Faspay. Berupa aplikasi ya Mbak? Menguntungkan banget nih, bisa bayar check out belanja online juga ya...Aku dong...masih harus ke minimarket buat bayar. Parah ketinggalan zaman banget...haha

    BalasHapus
  11. Sekarang belanja online semakin mudah dengan payment getaway ya. Bisa terhindar dari penipuan juga.

    BalasHapus
  12. Enak banget kalau CO di e-commerce emang lebih mudah pake pembayaran digital. Praktis dan minim risiko kejahatan. Untung ada Faspay yang memudahkan berbagai transaksi pembayaran online.

    BalasHapus
  13. Dengan adanya Faspay Payment Gateway menawarkan solusi payment ini, pemilik online shop jadi lebih terbantu ya, Mbak Dian dalam urusan transaksi keuangan.

    BalasHapus
  14. Saya baru tahu yang namanya Faspay Payment Gateway. Perlu banget memang mekanisme semacam ini di tengah maraknya modus kejahatan digital dan keuangan ya. Bisa jadi perisai. Apakah Faspay Payment Gateway ini berupa aplikasi?

    BalasHapus
  15. Baru tahu saya mb dan sangat teredukasi sekali. Peyment gateway ini bisa solusi banget bagi yang selalu transaksi setiap hari

    BalasHapus
  16. Ooh baru tau istilah bayar pake e wallet, va dll itu namanya fast pay gateaway ya mba. Udah nyoba semuanya deh memang memudahkan pengguna untuk transaksi

    BalasHapus
  17. wah sebagai orang yang baru memulai sebuah bisnis online, payment gateway ini jadi ilmu baru dan menjadi teredukasi mengenai sistem pembayaran agar aman.apalagi melihat kelebihannya banyak sekali pastinya sangat menguntungkan para penjual online ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya juga saya baru paham sistem kerjanya seperti apa dari artikel mba niy, dulu-dulu suka penasaran bagaimana proses otorisasinya mengenai payment gateway ini, pastinya sangat mempermudah dalam hal payment bagi para pengguna belanja online

      Hapus
  18. Payment Gateway ini secara tidak langsung memudahkan penjual dan pembeli ya, bahkan pembeli bisa membayar belanjaan online-nya secara mudah, cepat, dan aman terus bisa menggunakan banyak metode pembayaran. Demikian juga bagi penjual, ngak perlu repot harus menyediakan banyak alat pembayaran untuk toko online-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menguntungkan banget buat pembeli karena ada banyak metode pembayaran yang memudahkan. Sat set tapi aman. Penjual ga bingung nyariin alat pembayaran juga.

      Hapus
  19. Baru tahu istilah payment gateway ini. Ternyata sangat membantu para seller dan tentunya buyer ya

    BalasHapus
  20. Mantap banget karena kini ada Faspay Payment Gateway yang memudahkan dalam bertransaksi dalam pembayaran online. Jadi transparansi dan sistematis juga ya.. BIsa meningkatkan kepercayaan dari sisi seller.

    BalasHapus
  21. Baru tau ini jugaaa mbak, aku sampai baca pelan pelan karena jujur ini ilmu baru bagiku mbak, mengedukasiii mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba Mega, ilmu baru juga buatku. Ternyata di zaman digital ini semua sudah serba cepat, online, dan mudah

      Hapus
  22. Sering dengar dan baca istilah payment gateaway, tapi baru ngeh definisi dan seluk beluknya dari tulisan ini. Ternyata dengan adanya payment gateaway macam Faspay gini, para penjual maupun pembeli mendapatkan kemudahan yaa

    BalasHapus
  23. Baru tahu saya tentang payment gateway Mba Dee. Jadi cukup banyak juga kelebihannya. Transaksi lebih mudah dan praktis ya.

    BalasHapus
  24. Oooo ternyata itu to yang namanya payment gateway. Selama ini kalau pas belanja di e-commerce taunya hanya pilihan pembayaran. Prosedurnya setelah itu ternyata ada sistem yang dinamakan payment gateway ini.

    BalasHapus
  25. Waah..Selamat ini belanja online main checkout trus bayar ajaa. Adanya payment gateway jadi memudahkan transaksi online

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mba asalnya sama saya juga asal belanja asal bayar, ga tahu kepikiran proses sistem pembayarannya seperti apa, sampai akhirnya baca ini

      Hapus
  26. Jenis pembayaran yang semakin digemari karena kecanggihannya, Payment Gateway.
    Kini bener-bener hidup di zaman penuh dengan kemudahan, cashless dan juga tetap aman karena informasinya saling terintegrasi ke masing-masing gadget seller dan buyer.

    BalasHapus
  27. Faspay Payment Gateway memudahkan penjual dan pembeli saat bertransaksi ya mba. Aku belum pernah pakai kayaknya meski kalo jajan online bayarnya paling sering menggunakan E-Wallet atau Virtual Account

    BalasHapus
  28. Penjual & pembeli jadi lebih nyaman dengan adanya payment gateway ini ya mak. Penjual nggak perlu punya seabrek akun rekening bank tapi dia tetap bisa melayani transaksi dari metode pembayaran pilihan customer

    BalasHapus
  29. Saya tetap menyediakan uang tunai di dompet. Tetapi, pembayaran online juga saya pakai karena memang bisa memudahkan. Faspay Gateway ini saya baru tau. Kelihatan lebih mudah juga, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. uang tunai kadang memang masih diperlukan ya mbak terutama kalau belanja di warung kecil dan bayar parkir. hehe

      Hapus
  30. Payment gateway ini mendukung banget laju perekonomian dg lancar, cepat, dan aman. Jadi antara pembeli dan penjual bisa sama-sama diuntungkan.

    Ini cocok bgt buat pelaku usaha online.

    BalasHapus
  31. payment gateaway memang jadi solusi terutama dalam hal keamanan bagi kedua pihak yaa. bagi penjual merasa lebih aman karena tidak takut barangnya tidak dibayar, bagi konsumen merasa lebih aman karena tidak takut uangnya yang dicuri namun barang tak kunjung datang. jadi, aku setuju sih payment gateaway membuat keamanan online shop terjamin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memberikan keamanan bagi dua belah pihak ya mbak. Ketika pembeli sudah confirm pesanannya tiba, maka dana akan langsung sampai kepada penjualnya. Dua-duanya sama-sama nyaman dan no tipu-tipu.

      Hapus
  32. Banyak manfaatnya ya, Mak. Dan yg paling dicari pengguna yaa dapat meminimalkan risiko kejahatan. Pengguna merasa aman dan enggak was².

    BalasHapus
  33. Aku baru tau soal faspay ini. Makin mudah bertransaksi ya kalau begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata begini yang disebut payment gateway, ya. Makin lancar deh bertransaksi online karena sangat terbantu

      Hapus
    2. samaaa mbak, aku juga baru tau ini, jadi berasa teknologi semakin canggih dan makin memudahkan hidup

      Hapus
  34. Faspay payment gateaway ini sangat membantu sekali bagi para penjual dan pembeli ya. Kalau dilihat dari kentungannya yang minim resiko, pasri akan banyak peminatnya.

    BalasHapus
  35. Baru tau istilah payment gateway yang ternyata banyak dipakai dan memudahkan orang utk belanja online

    BalasHapus
  36. Para pedagang online terwajiibb bgt utk paham seputar payments gateway ini yaaa

    Makin mempermudah proses transaksi dan pembayaran pastinyaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mba saya setuju, saya juga sebagai orang yang baru merintis usaha online, memahami payment gateway ini menjadi salahs atu hal wajib untuk dikuasai karena pastinya akan mempermudah usaha kita ya

      Hapus
  37. Thanks infonya jadi tahu ni gimana prosedur bayar membayar secara digital lebih praktis ya

    BalasHapus
  38. Jaman serba online sekarang jadi harus adaptasi dgn pembayaran online juga yaa.. ternyata banyak yang baru dan banyak macamnya..

    BalasHapus
  39. Kalau mau memperhatikan. Sebenarnya cara kerjanya cukup rumit ya. Tapi ketika kita hanya sebagai pengguna. Jadinya kerasa mudah dan simple saja gitu. Cepet pula ya.

    BalasHapus
  40. Gak kebayang ya kak, zaman udah demikian canggih. Sekarang mah kalau mau beli apa2 dengan lokasi jauh bisa mengandalkan payment gateway.

    BalasHapus
  41. Faspay Payment Gateway ini memudahkan banget ya, tidak hanya bagi penjual tapi pembeli juga, bisa sekalian lihat alur transaksi kita juga ya, aman pula.

    BalasHapus
  42. Payment Gateway solusi anti ribet, cepat dan aman ya kak. Memanfaatkan digitalisasi di era modern

    BalasHapus
  43. Kelebihan dari teknologi payment gateway yang saya suka ini adalah proses transaksinya yang lebih cepat dibandingkan yang lain.
    Jaman sekarang transaksi online, bisa mentransfer kapanpun dan dimanapun tanpa perlu menunggu lama atau antri di bank adalah sebuah keunggulan, bukan?

    BalasHapus
  44. Makanya pas lagi belanja online jadi cepet urusan bayar membayarnya, apalagi terbilang aman

    BalasHapus
  45. mantap ya sekarang, makin mempermudah urusan pembayaran dan lebih aman jg

    BalasHapus
  46. penyedia payment gateway seperti Faspay ini sangat membantu sekali buat bisnis online. karena secara gak langsung transaksi online bisa lebih fleksibel dengan beragam pilihan cara pembayaran.

    BalasHapus
  47. Di era digital ini, sebagian besar transaksi dilakukan secara online ya. Makanya sistem pembayaran juga terus update. Faspay Gateway Payment ini ternyata banyak banget manfaatnya. Yang pasti memudahkan untuk transaksi jual beli ya

    BalasHapus
  48. Sepertinya gak cuma institusi atau perusahaan aja deh yang butuh.. apalagi di era digital kaya gini, hampir semua masyarakat yang punya usaha butuh juga.. Keren banget sih fitur dan manfaatnya

    BalasHapus
  49. Baru mau coba faspay nih, sepertinya bagus dan lengkap juga fiturnya. Akan memudahkan banget, terutama lini bisnis yang butuh payment gateaway mumpuni ya. Yang pasti, bisa memudahkan proses pembayaran online juga

    BalasHapus
  50. keberadaan payment gateway seperti faspay memang membantu proses transaksi jual beli jadi makin lancar. Penjual sama pembeli sama-sama happy jadinya. Penjual jadi gak perlu repot menyediakan banyak rekening untuk menerima pembayaran dan pembeli bisa pilih metode pembayaran yang sesuai keinginan mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, mbak. kehadiran payment gateway ini memang sangat memudahkan di dunia belanja online yang semakin disukai masyarakat kayak sekarang

      Hapus
    2. Suka banget dengan winwin solution yang ditawarkan payment gateway.
      Sehingga gak perlu repot bikin akun di sana dan dimana-mana demi bisa digunakan untuk alat pembayatan online. Cukup menggunakan Faspay Payment Gateway .

      Hapus
  51. Payment Point sangat membantu para pebisnis dan calon pebisnis mengelola keuangan secara profesional. Saya teredukasi sekali

    BalasHapus
  52. payment gateway ini memudahkan kita bertransaksi online yang aman yaa mba, salah satunya ada Faspay nih

    BalasHapus
  53. Enak nih kalau ada payment gateway. Kalau mau bayar-bayar jadi lebih mudah dan aman.

    BalasHapus
  54. Payment gateway seperti faspay memang jadi solusi urusan transfer mentransfer, atau pendukung transaksi jual beli yang aman ya. Baik pembeli maupun penjual umumnya lebih merasa nyaman dengan adanya penengah seperti ini ketika bertransaksi..

    BalasHapus
  55. Gaya hidup serba online gini emang memunculkan banyak banget aplikasi yang membantu kegiatan ya. Macem si Faspay ini, makin mudah dalam transaksi

    BalasHapus
  56. Baru tahu ada Fappay seperti ini
    Pastinya memudahkan dalam bisnis online nih bagi yang memilih berjualan online

    BalasHapus
  57. Faspay gini tuh memudahkan berbagai transaksi online, pastinya menguntungkan para penjual dan pembeli. Gak perlu ragu lagi aman atau gaknya dalam melakukan transaksi online yaa mbak.

    BalasHapus
  58. Biasanya kalau pembayatan online suka ribet dan kadang khawatir kalau nyasar atau gimana.. Namun, kini ada pembayaran menggunakan faspay gateway sehingga bisa lebih tenang dan cepat.

    BalasHapus
  59. Ooo jadi kalau ecommerce bisa terima berbagai metode pembayaran, bisa terima pembayaran dari banyak bank, itu pakai metode payment gateway gini ya mbak. Saya baru paham mekanisme kerjanya setelah membaca artikel ini

    BalasHapus
  60. Pembayaran saat belanja online jadi lebih mudah dengan fasilitas model Payment Gateway dari Faspay. Pembeli dan penjual pun bisa bertransaksi dengan nyaman

    BalasHapus
  61. enggak kebayang ribetnya ketika tidak ada sistem pembayaran ini ya, mbakk. mungkin tidak akan banyak pilihan pembayaran dan pelanggan pastinya merasa tidak puas secara pelayanan. untung ada payment gateway.

    BalasHapus
  62. Faspay payment gateway ini praktis dan memudahkan transaksi banget ya. Menurutku ga xuma pembeli aja yg diuntungkan tp penjual juga. Dan aman dr penipuan yq

    BalasHapus
  63. Menggunakan Payment Gateway ini jadi solusi banget deh.. saat mau bayar, tapi alat pembayaran online-nya kita gak punya. Rempong kalo kudu begini dan begitu.. proses yang panjang biasanya sering eror dan jadi lamaa.. Yang paling nyaman kalo ada layanan Faspay Payment Gateway begini..

    BalasHapus
  64. Kalo keamanannya terjamin untuk para pemilik online shop, kayanya nggak perlu khawatir untuk memanfaatkan layanan ini ya Mak. Apalagi untuk mereka yang masih merintis usaha :))

    BalasHapus
  65. Wah ternyata jadi lebih praktis dan memudahkan ya mbaa,baru tau ada fitur seperti ini. Jadi ga perlu khawatir kalau ini mah :)

    BalasHapus
  66. Payment gateway ini lebih memudahkan, praktis dan aman ya, Mbak. Penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan dengan sistem ini. Aku baru tau, sih. Tapi sepertinya enggak lama lagi kita semua akan menggunakan sistem seperti ini, ya.

    BalasHapus
  67. kalau jualan online cocok pakai metode pembayaran seperti ini ya mbak, begitupun sama konsumen makin dimudahkan proses pembayaran saat belanja online

    BalasHapus
  68. Payment gateway ini jadi lebih memudahkan saat bertransaksi ya mba. Dan aman juga ya

    BalasHapus
  69. Kalau belanja online memang yang utama adalah kemudahan dan keamanan. Secara cukup banyak penipuan berkedok online seller. Jadi aku pikir jika ada penjual sudah memanfaatkan payment gateway ini berarti cukup niat untuk berjualan karena memberikan rasa aman ke pembeli

    BalasHapus
  70. jaman sekarang teknologi benar benar memberikan kemudahan yang hakiki ya mba, contohnya soal bayar membayar ini. Prosesnya cepat dan anti ribet

    BalasHapus
  71. Bagus nih teknologi payment gateway ya membantu para pebisnis untuk transaksi lebih aman, mudah dan murah, meminimalisir penipuan yang sekarang banyak terjadi

    BalasHapus
  72. Wiiihhh ini sih benefitnya seabrek
    Bs bantu dagang online bgt

    BalasHapus
  73. Paymdnt gate away membuat transaksi menjadi aman dan nyaman baik penjual maupun pembeli

    BalasHapus
  74. Jujurly saat kuliah akuntansi dulu, payment gateway kami kira hanya sebuah imajinasi
    Rasany kayak ga mungkin gt
    Ndilalah brapa belas thn sebelumnya ada ya Rabb
    Keren bgts
    Yg paling dicari user pastiny masalah keamanan y mba

    BalasHapus
  75. Payment gateway bikin pembayaran segala transaksi jadi semakin lebih mudah, simpel dan praktis. Apalagi di era serba digital kayak gini ya, sangat dibutuhkan.

    BalasHapus
  76. Wah, aku baru tau nih mba ada sistem transaksi payment gateaway.
    Ternyata payment gateaway hadir untuk menjawab kebutuhan manusia masa kini ya, mba. Menyuguhkan proses transaksi yang praktis, mudah dan aman.

    BalasHapus
  77. Walaupun serba digital, minimal ada uang fisik yang kita bawa, sekedar berjaga-jaga siapa tahu ada gangguan jaringan. Sekarang masih banyak begitu, kan. Entah kalau nanti beberapa dekade lagi.Tapi, mulai sekarang Payment Gateaway bolehlah jadi pertimbangan untuk transaksi online.

    BalasHapus
  78. Pembayaran online jg lebih mudah ya mba kalau pake faspay ini, jadi ngga ribet. Buat bisnis kayaknya udah paling oke pake faspay nihh

    BalasHapus
  79. Wah ada lagi ya metode pembayaran yang baru. Jadi lebih mudah mau bayar apa aja

    BalasHapus
  80. Keren banget payment gateway ini ya kak. Semua jadi lebih simple, Aman Dan nyaman banget pastinya. Apalagi seperti sekarang ini memang perlu banget ya kak

    BalasHapus
  81. Baru tahu dengan payment gateway ini. Segitunya ya memudahkan bertransaksi

    BalasHapus
  82. faspay payment gateway ini praktis ya ada beberapa lapis kontrol keamanannya, karena saat ini marak penipuan yang berkedok bank

    BalasHapus
  83. Dengan adanya Payment Gateway, belanja online jadi lancar dan aman ya.

    BalasHapus
  84. kemudahan transaksi dengan payment gateway ini solusi banget buat emak-emak macam saya yg sering lupa bawa cash šŸ˜…

    BalasHapus
  85. Wah aku baru tau nih, sekarang mau belanja lebih gampang sat set sat set ya. Pantes orang zaman now udah jarang pegang uang cash. Solusi yg bagus sih

    BalasHapus
  86. Jadi ini aplikasi ya mba, terhubung langsung dengan mbanking jd jalau transaksi tercatat di aplikasi payment gateaway

    BalasHapus
  87. Sebagai buyer saya merasa lebih aman (dan untung) kalau pakai sistem payment gateway gini. Tak perlu cocokin bank atau bayar lebih untuk transfer. Lagian enak sih, lebih terkontrol pula.

    BalasHapus
  88. Udah macam-macam ya payment gateaway. Sebagai penggemar transaksi pakai uang tabungan di rekening, payment gateaway ini memudahkan banget, misalnya pakai VA

    BalasHapus