Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Ketahui Bahaya Ruam Popok dan Kapan Harus Konsultasi Ke Dokter

 

Ruam popok

Saya masih ingat dulu saat anak masih bayi. Ada banyak drama yang harus saya lalui. Mulai dari bagaimana menyusui bayi, memberi MPASI (Makanan Pendamping ASI), hingga ruam popok. 

Ah iya, ruam popok ini termasuk dra dema yang sangat menyita perhatian saya kala itu. Si bungsu pernah terkena ruam popok. Kulitnya iritasi, ia pun jadi rewel karena tak nyaman. 

Saya pun mencari tahu bagaimana mengatasi ruam popok pada bayi. Saya sampai harus konsultasi ke dokter untuk mengatasi ruam popok ini. 

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mencegah ruam popok ini, salah satunya dengan menggunakan MAKUKU diapers. Pelopor popok dengan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) yang bisa membantu ibu-ibu di Indonesia mengatasi ruam popok.

Hari ini saya akan cerita tips cegah ruam popok yang bikin bayi rewel dan tak nyaman. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Ruam Popok

Ruam popok adalah iritasi dan peradangan kulit bayi akibat penggunaan popok. Ruam popok ini ditandai dengan kulit bayi yang kemerahan, bisanya di daerah pantat, lipatan paha, dan alat kelamin. 

Bayi mengalami ruam popok karena paparan urine dan tinja yang terkumpul di dalam popok. Ruam popok juga bisa terjadi karena pemakaian popok yang terlalu ketat, infeksi bakteri, maupun penyakit kulit, seperti dermatitis seboroik atau dermatitis atopik.

Memang sih, sebagian besar bayi yang menggunakan popok pasti mengalami ruam popok. Biasanya ruam popok ini tidak berbahaya, tetapi bisa membuat bayi rewel karena tak nyaman. Namun, pada kondisi tertentu ruam popok membutuhkan penanganan khusus dari dokter.

Ini Gejala Ruam Popok

Umumnya gejala ruam popok adalah timbulnya kemerahan di area pemakaian popok, bisa di pantat, lipatan paha, maupun sekitar alat kelamin. Tak hanya kemerahan, kulit bayi yang mengalami ruam akan terasa hangat dan tampak bengkak. 

Tak hanya kemerahan, kulit bayi yang mengalami ruam bisa jadi bersisik hingga mengalami luka lepuh. Bila mengalami ruam popok, bayi akan menjadi rewel karena tak nyaman. Apalagi saat area yang mengalami ruam dibersihkan atau ketika mengganti popoknya. 

Penyebab Ruam Popok

Ruam popok disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

⏹️ Kontak terlalu lama dengan urine dan tinja di popok

⏹️ Gesekan akibat popok yang terlalu ketat

⏹️ Kulit bayi sensitif

⏹️ Iritasi terhadap produk yang baru digunakan, seperti sabun, bedak tabur, detergen ataupun pelembut pakaian

⏹️ Infeksi bakteri atau jamur, karena kulit terlalu lama sehingga menjadi lembab dan hangat

Bahaya Ruam Popok

Beberapa ruam popok bisa selesai dengan sendirinya, setelah menjaga kekeringan daerah pemakaian popok ataupun mengolesi dengan cream tertentu.

Namun, ada juga ruam popok yang berbahaya, bila ini terjadi pada anak. Tentu kita harus segera membawanya ke dokter. 

Berikut beberapa kondisi ruam popok yang berbahaya dan membutuhkan penanganan khusus dari dokter.

⏹️ Jika ruam disertai dengan demam

⏹️ Muncul ruam yang parah dan tak biasa

⏹️ Jika ruam terus berlanjut atau malah menjadi semakin parah meskipun telah dilakukan perawatan di rumah

⏹️ Jika ruam berdarah, gatal atau merembes

⏹️ Saat bayi menangis ketika buang air karena ada kemungkinan ruam yang menyebabkan rasa terbakar atau nyeri saat bayi buang air kecil atau buang air besar.

Jika bayi mengalami gejala-gejala diatas, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter. Bawa si kecil ke dokter agar bisa diobati dengan baik.

Tips Cegah Ruam Popok 

Mengalami ruam popok akan membuat bayi tidak nyaman, dia akan rewel. Oleh karena itu, penting untuk melakukan langkah-langkah pencegahan, agar si kecil terhindar dari ruam popok.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah ruam popok, antara lain : 

⏹️ Pilih ukuran popok yang tepat

Pilih ukuran popok yang tepat, sesuaikan dengan berat badan anak. Jangan terlalu longgar, untuk mencegah kebocoran popok.

Sebaliknya, juga jangan terlalu ketat agar tak menimbulkan gesekan di kulit yang menyebabkan ruam. 

⏹️ Ganti popok setiap 3-4 jam sekali

Jangan sampai bayi memakai popok terlalu lama. Usahakan mengannti popok bayi selama 3-4 jam sekali.

Sebagaimana kata ahli, dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.

Jangan lupa, bersihkan area genital dan kulit sekitar pemakaian popok setiap mengganti popok. Menggunakan air matang akan lebih baik untuk mencegah terjadinya ruam. 

⏹️ Gunakan baby cream

Penggunaan baby cream bisa melindungi kulit bayi dari ruam popok ataupun infeksi. 

⏹️ Pilih MAKUKU SAP Diapers Slim

Pemilihan popok yang tepat menjadi kunci utama dalam mencegah ruam. MAKUKU SAP Diapers Slim adalah popok yang mampu mencegah terjadinya ruam.

MAKUKU SAP Diapers Slim

Popok MAKUKU SAP

Masalah ruam popok ini turut menjadi perhatian MAKUKU. MAKUKU meningkatkan daya tampung dan kualitas popoknya, dari produk sebelum

Popok baru dari MAKUKU ini menggunakan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer).

SAP adalah polymer hidrophilik teknologi ini mampu menyerap lebih banyak cairan dan menguncinya sehingga menekan risiko ruam popok.

MAKUKU SAP Diapers Slim ini menjadi popok pertama yang menggunakan teknologi baru ini. Ini yang menjadi klaim utama, bahwa popok MAKUKU bisa membantu mencegah ruam popok pada bayi.

Kelebihan MAKUKU SAP Diapers Slim

MAKUKU SAP Diapers Slim ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya :

⏹️ Daya tampung lebih besar

MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki teknologi tinggi dengan daya tampung lebih besar, sebelumnya hanya 400ml menjadi 500ml. 

⏹️ Menyerap lebih cepat

MAKUKU SAP Diapers Slim ini memiliki kemampuan menyerap lebih cepat. Untuk penyebaran penyerapan yang lebih optimal, MAKUKU SAP Diapers memperluas lebar permukaan dari 11cm menjadi 11,5cm.

Melalui peningkatan kualitas ini, area penyerapan pada inti struktur MAKUKU SAP Diapers Slim meningkat sebanyak 9% untuk mengurangi kebocoran. Sementara volume urine bayi sendiri sekitar 60 – 100 ml sehingga daya tampung MAKUKU SAP Diapers Slim ini sangat baik.

Kelebihan MAKUKU SAP Diapers Slim

⏹️ Menjaga popok tetap kering

Penggunaan inti struktur SAP pada MAKUKU SAP Diapers Slim ini  lebih efektif dalam menyerap cairan dan menguncinya sehingga tidak terjadi osmosis balik serta menjaga permukaan popok tetap kering.

⏹️ Tipis

Popok MAKUKU juga sudah teruji paling tipis diantara popok lain di Indonesia. Popok ini memiliki ketebalan 1,6 mm. Tuh, super tipis ya, sehingga lebih nyaman saat dipakai.

⏹️ Bebas gumpal

Menurut Momfluencer, Sri Margaretha C Sagala, mengatakan, "Sebagai pengguna baru, saya merasa popok MAKUKU SAP Diapers Slim  berbeda dengan popok lainnya. MAKUKU memiliki daya serap yang tinggi dan tidak menyebabkan gumpalan pada popok.

Popok MAKUKU ini bebas gumpal. Ini membuat bayi lebih nyaman dan terhindar dari ruam popok.

Testimoni Penggunaan MAKUKU SAP Diapers Slim

Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng menyampaikan, “Sebagai Top Brand dalam kategori Diapers Baby Kesayangan dari Mom & Kids Choice Award, peningkatan daya tampung popok pada MAKUKU SAP Diapers Slim dan MAKUKU SAP Diapers Comfort tidak hanya ditujukan bagi peningkatan kualitas tidur yang ideal bagi bayi, tetapi juga untuk menjaga kualitas tidur yang baik bagi Ibu. Selain daya tampungnya yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi, MAKUKU SAP Diapers Slim dan MAKUKU SAP Diapers Comfort juga meningkatkan kualitasnya dengan teknologi inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). Teknologi ini mampu menyerap lebih banyak cairan dan menguncinya sehingga menekan risiko ruam popok.”

Kemampuan MAKUKU SAP Diapers Slim ini sudah dibuktikan oleh banyak ibu di Indonesia. Tak terkecuali para selebritis dan publik figur. Mereka pun memberikan testimoni positif terhadap popok baru MAKUKU ini. 

Momfluencer, Talita Crustita mengatakan, "Saya sudah cukup lama menggunakan popok MAKUKU. Apalagi saat ini setelah kapasitas popok dan kualitasnya ditingkatkan, saya merasa semakin cocok menggunakan popok MAKUKU SAP Diapers Slim".

Nikita Willy, public figure dan ibu satu anak, mengungkapkan, “Anak saya sejak lahir sudah menggunakan popok MAKUKU. Sebagai seorang Ibu baru, saya tidak ingin ada masalah ruam popok pada Si Kecil. Jadi, saya lebih memilih untuk mengantisipasinya. Selain menggunakan diaper cream, saya juga memilih popok yang cocok untuk kulit sensitif bayi. Dengan adanya MAKUKU, drama ruam popok yang dialami oleh para Ibu dapat lebih mudah diatasi. Tidak hanya menyerap cairan lebih banyak, teknologi SAP dari MAKUKU menjadikan MAKUKU sebagai popok anti gumpal dan anti bocor.”

Edukasi Ruam Popok 

MAKUKU SAP Diapers Slim

MAKUKU sebagai brand #RuamPopokExpert tak hanya menghadirkan produk yang mampu mencegah ruam popok, tetapi juga memberikan konsultasi dokter gratis untuk edukasi ruam popok ini. 

MAKUKU telah bekerjasama dengan 10 rumah sakit untuk konsultasi ibu dan anak. Kolaborasi MAKUKU dengan 10 rumah sakit ini  bertujuan untuk mendukung kesehatan bayi di masa pertumbuhan dengan memberikan konsultasi kesehatan gratis.

Melalui program ini, para ibu bisa tanya dokter gratis seputar masalah ruam popok. Para ibu akan didampingi langsung oleh dokter spesialis anak dan spesialis kulit. Ibu juga mendapatkan popok gratis saat berkonsultasi. 

10 rumah sakit yang ikut mendukung edukasi ruam popok dari MAMAKU ini adalah :

1. RS St. Carolus di Jakarta

2. RSIA Bina Medika di Tangerang

3. RS Lira Medika di Karawang

4. RS Hermina Pasteur di Bandung

5. RS Hermina Pandanaran di Semarang

6. RSIA Putri di Surabaya

7. RS Mitra Medika Premiere di Medan

8. RSIA Azzahra di Palembang

9. RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung

10. RSIA Ananda di Makassar

MAKUKU SAP Diapers Slim, Beli Di Mana?


MAKUKU SAP Diapers Slim

Popok MAKUKU hadir dalam tipe perekat (ukuran Newborn, S, M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL). Seluruh varian MAKUKU SAP Diapers kini telah tersedia di e-commerce kesayangan, anda dapat berbelanja online dengan mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia.

MAKUKU SAP Diapers Slim ini juga tersedia di beberapa toko offline, Di Surabaya, popok MAKUKU ini bisa didapatkan di Toko Makmur, Perdana Baby Shop, SUZANNA Baby Shop dan Transmart.

Kebetulan saya membeli MAKUKU SAP Diapers Slim di Toko Makmur Surabaya. Ukuran XL harganya Rp. 101.000,00.

Kalau teman-teman mau lihat-lihat produk MAKUKU, kunjungi akun resmi MAKUKU di akun Instagram @Makuku.Indonesia.Official atau Tiktok @makukuindinesia.official.

Penutup

Ruam popok menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi oleh ibu dan bayi. Jika bayi mengalami ruam popok, bayi akan rewel dan tak nyaman. 

Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mencegah terjadinya ruam popok pada bayi. MAKUKU SAP Diapers Slim membantu ibu mencegah ruam popok

Demikian cerita saya tentang tips cegah ruam popok yang bikin bayi rewel dan tak nyaman dengan MAKUKU SAP Diapers Slim. Jangan #TakutRuamDiapersUseMAKUKU saja. 

Semoga cerita ini bisa membantu teman-teman dalam mencegah ruam popok pada bayi. Kalau punya cerita tentang bagaimana mencegah ataupun mengatasi ruam popok pada bayi, boleh lho di share di kolom komentar. 

Terima kasih.


54 komentar

  1. Dah paling bener lah kalo anak sakit terus ke dokter, apalagi ruam, walau terlihat sepele tapi nggak nyaman banget. Kasian kalo anak kena ruam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kasihan banget kalau anak kecil kena ruam.
      wih Makuku ini tipis banget ya, tapi daya serapnya maksimal. Jadi pasti nyaman buat si kecil, bisa terhindar dari ruam popok pula

      Hapus
    2. Sebaiknya konsultasi ke dokter saja ya kalau anak memang tidak nyaman. Kalau sudah parah, kan kasihan anaknya ya tidak nyaman banget

      Hapus
  2. Anak saya juga pernah eh bahkan dulu sering banget kena ruam popok, senang banget deh sekarang udah ada MAKUKU, dan emang paling lembut sih, jadi nggak was-was makein ke newborn.
    Dulu tuh pas anak baru lahir, saya agak takut kasih pakai popok saking kulitnya tipis banget kan ya

    BalasHapus
  3. duh beruntung banget sekarang ada MAKUKU SAP Diapers Slim karena menjaga bayi tetap kering
    Saya inget dulu, anak2 saya sering ruam popok
    karena takut anak jadi rewel akhirnya saya putuskan gak lagi pake diapers

    BalasHapus
  4. Aaahhh jadi ingat jaman anak2 dulu kalau pakai popok pasti ruam. Sehingga si bungsu itu lepas popok usia 1 th krn ruam parah, sampai merah dan gatal sekali nampaknya. Coba saja ada Makuku sejak 4 th lalu. Mungkin aku akan memakai Makuku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak. Berbahagialah para ibu yang sekarang punya bayi, karena kini telah hadir popok berteknologi Super Absorbent Polymer, jadinya walau tipis tapi daya serapnya tinggi

      Hapus
  5. Setahun yang lalu anakku pernah juga mba ruam popok dan rasanya hatiku ikut sedihhh banget. Ngeliat dia ga nyaman dan kesakitan. Hiks. Soalnya di Batam daerahnya panas. Allhamdulillah pas pake Makuku nolong banget. Soalnya bahannya lembut. Aku suka. Jadi mengurangi gesekan pada kulit anak juga

    BalasHapus
  6. Kasian klo Bocil kena ruam popok.
    Apalagi klo masih bayi, blm bs ngomong kan.
    Alhamdulillah ada solusinya ya

    BalasHapus
  7. produk makuku ini pasti jadi favorit di tiap rumah yaa.. cuma emang perlu ketelatenan untuk tahu kapan bayi kena ruam popok, kasihan dia gatal2 jadi gak nyaman.

    BalasHapus
  8. Nah 3-4 jam ini nih harus rutin diganti ya diapersnya. Jangan menunggu sampai penuh atau malah bocor.

    BalasHapus
  9. Cukup bahaya ya ruam popok ini. Beberapa kali lihat teman yang anaknya menderita ruam popok dan harus ke dokter spesialis kulit dan kelamin khusus anak2 .

    BalasHapus
  10. Keinget anakku dulu waktu kecil sering kena ruam popok. Untungnya sekarang ada MAKUKU SAP Diapers Slim ya. Si kecil jadi lebih nyaman dan bebas ruam popok.

    BalasHapus
  11. Keponakanku tuh paling nggak bisa lama-lama pake popok. Kalau udah kencing atau poop, dia pasti merasa nggak nyaman. Rewel. Jadi, nggak sampai ruam popok.

    Kebayang sih berapa tersiksa nya bayi kalau sampai ada ruam popok gitu ya.

    BalasHapus
  12. Saya tuh suka kasihan kalau lihat bayi kena ruam popok, belum bisa bilang sakit atau perih, bisanya cuma nangis aja.

    Untung sekarang ada Makuku, yang punya daya serap tinggi, jadi para ibu nggak khawatir lagi bayinya bakal kena ruam popok kalau popoknya pakai makuku

    BalasHapus
  13. Jadi ingat pada anak pertamaku, gak bisa pakai popok sekali pakai (pospak) sembarangan karena langsung bikin ruam popok, kasihan lihat kulitnya. Dan sejak itu jadi waspada gak mau asal memakaikan pospak. Bersyukur sekarang ada Makuku yang memberikan kenyamanan di kulit anak kita ya

    BalasHapus
  14. Sebagai orangtua kudu aware dengan anak ya,Kak. Apalagi masalah popok kudu betul-betul memperhatikan kondisi si kecil. Bersyukur ada produk yang memperhatikan kesehatan anak dengan menghadirkan popok yang sangat mengerti. MAKUKU benar-benar memahami kekhawatiran ibu.

    BalasHapus
  15. Iya bener banget mba. Popoknya harus sesuai ukuran bayi juga. Kalau kekecilan jadi gampang kena ruam popok karena kegesek sama kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kudu diperhatikan size nya juga ya kak, soalnya penyebab ruam ternyata bisa beragam ya

      Hapus
  16. Ruam popok emang bahaya yah Bun, anak jadi rewel ga nyaman beraktivitas, emang sebaiknya konsultasi ke dokter, aku juga gitu saat anakku Almira terkena ruam popok. Alhamdulillah sekarang juga udah pakai MAKUKU SAP Diapers Slim, bebas ruam popok deh❤️

    BalasHapus
  17. emang ya kalau anak kena ruma popok, emak ikutan pusing dan pengen menemukan popok yang pas. Keren ini MAKUKU ya jadi sahabat ibu dan anak, ruam popok enggak ada lagi

    BalasHapus
  18. Soal popok, menurutku emang anak cocok-cocokan. Anak keduaku yang kembar, itu termasuk cocok sama Makuku, meski bukan popok utama yang dia pakai. Dibanding brand kompetitor si "S" itu, Makuku jauh lebih baik. Daya serapnya lebih lama. YES, bebas gumpal. Hehehe.

    Oya, aku selalu sedia obat oles untuk anak saat ruam popok. Ini sangat penting, apalagi buat ibu yang punya anak usia 3 tahun masih pakai popok.

    BalasHapus
  19. Kalau pospak ini aku mengutamakan kualitas bahan ya pertama. Lalu.... harga!
    nah si MAKUKU nih memikirkan segala ke-worry-an ibu yaaaa jadi kita aman dan nyaman mengenakan Makuku pospak ke anak

    BalasHapus
  20. Jadi inget dulu pas masih bayi, adek suka ruam pakai popok. Rasanya pasti gak nyaman banget untuk bayi. Alhamdulillah sekarang udah ada solusinya.

    BalasHapus
  21. Ruam popok ini jadi masalah umum bayi ya mbak, sedih rasanya kalau si kecil rewel karena ruam popok. Selain rewel, tidunya juga jadi terganggu. Bagus sekali ini Makuku, selain tipis , uga anti ruam popoknya

    BalasHapus
  22. Wah bahaya juga ya kalo ruam popok udah diiringi demam. Wajib langsung konsul ke dokter ya mba. Untung sekarang ada MAKUKU Diapers Slim yang bikin popok tetep kering cegah ruam popok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau sampai demam gitu udah berlanjut deh gejalanya. Makanya perlu pilih popok dengan kualitas yang oke agar tak terjadi lagi ruam popok pada anak.

      Hapus
  23. Ruam popok memang jadi drama tersendiri ketika kita dikaruniai momongan ya Mbak Dian. Harus tepat penanganannya agar tak berkelanjutan, pemilihan popoknya pun harus yang paling sesuai dengan kulit bayi sehingga anti ruam.

    BalasHapus
  24. Wah, ini popok sultan yang lagi banyak dicari emak-emak. Konon katanya punya review bagus meski harganya lumayan...
    Ya gapapa sih yaa yang penting anak aman dari ruam popok. Ini penting sekali kan yaa

    BalasHapus
  25. Memang wajib banget ya sering-sering ganti popok, setidaknya 3-4 jam sekali, karena biar gimanapun kasian anak-anak ya kalau kulitnya bersentuhan langsung urinenya.
    Tapi sekarang pakai MAKUKU lebih aman ya, karena nggak bocor atau langsung bersentuhan dengan kulit bayi

    BalasHapus
  26. Ruam popok juga keliatannya ringan tapi yakin mengganggu banget ya bagi bayi, hanya kadang emaknya kurang mengeryi bahasa mereka. Bawa ke dokter adalah pilihan tepat, kemudian memakai popok yang tepat.

    BalasHapus
  27. anakku juga pernah kena ruam popok parah, mbak. padahal waktu itu umurnya sudah 1 tahun. asli pusing banget soalnya dikasih krim macam-macam nggak mempan. untung akhirnya bisa hilang ruamnya. memang sih kalau sudah parah mending bawa ke dokter anaknya biar bisa mendapat penanganan yang tepat

    BalasHapus
  28. Jaman anak2 masih bayi dulu kalau dirumah pakai popok atau celana biasa tanpa popok sekali pakai.
    Nah kalau pergi wajib pakai pastinya yg berkualitas spt.makuku

    BalasHapus
  29. Samaaa, pernah banget menghadapi ruam popok pada Si Kecil. Tapi alhamdulillahnya segera teratasi, sih, dan nggak sampai demam. Oh, jadi SAP itu kepanjangan dari Super Absorbent Polymer, ya? Jadi popok Makuku mampu menyerap cairan lebih baik sehingga meminimalisir risiko ruam popok. It's good.

    BalasHapus
  30. Beruntung banget sekarang ada MAKUKU SAP Diapers Slim ya?
    Sehingga anak anak gak rewel lagi karena terhindar ruam popok

    BalasHapus
  31. MAKUKU ini diapers yang rekomended ya kak si kecil jadi anteng, nggak rewel lagi karena ruam merah dan merasa nyaman pastinya

    BalasHapus
  32. Harganya memang di atas rat rat y Makuku ini. Tapi tentu saja sebanding dengan kualitas dan manfaatnya. Rekomendasi banget memang untuk anti ruam

    BalasHapus
  33. Ruam popok bisa disembuhkan, tapi ada baiknya dicegah biar anak gak kena ruam popoj ya mbak, kasihan soalnya bisa rewel karena merasa gak nyaman, Aku udah cobain nih popok MAKUKU beneran meresap dengan cepat ya

    BalasHapus
  34. Biasanya ruam disertai gatal2 ya, Mbak. Kasihan kalau melihat anak sampai kena ruam. Ibuknya pun sedih.

    Btw, teknologi SAPnya keren banget. Bikin pempers enggak menggumpal. Bagus banget buat kesehatan kulit anak.

    BalasHapus
  35. Senang sekali mendapat info lengkap mengenai ruam popok begini..
    Karena sejujurnya, aku dulu mengalami, sehingga semoga Ibu muda zaman sekarang jangan sampai gak punya ilmu mengenai bahaya ruam dan cara mencagahnya.

    BalasHapus
  36. Kebetulan anak pertamaku ruam popoknya agak parah sampe tes alergi segala, pas anak kedua jadinya ga mau coba2, pa banget ini Makuku klaim pake lapisan SAP yg penyerapanny bagus jadi mencegah ruam pada si kecil

    BalasHapus
  37. Ruam popok memang gak bisa dianggap remeh. Bahkan sampai bisa dibawa ke dokter. Jadi memang sebaiknya orangtua tau cara mencegahnya. Termasuk memilih popok dengan kualitas terbaik

    BalasHapus
  38. Masalah ruam popok ini memang menggangu banget ya. Ke anaknya gak nyaman, kitanya jadi kasian ke anak. Beruntung deh ibu2 jaman now, ada popok bagus dari MAKUKU begini. Bisa mencegah ruam popok karena kualitasnya memang bagus. Anak juga dijamin nyaman dan anteng ya.

    BalasHapus
  39. Galau banget kalo anak sampe terkena ruam popok. Nggak tega lah lihatnya. Tapi pakai MAKUKU aman ya kak. apalagi MAKUKU SAP Diapers Slim. Bebas dari drama ruam popok karena anti gumpal,. tipis dan teknologi SAP nya.

    BalasHapus
  40. Dekat rumah Mpo tuh salah satu rumah sakitnya. Emak-emak wajib coba nih konsultasi ruam popok

    BalasHapus
  41. Berarti idealnya bayi harus ganti popok sampai 6-8 kali sehari ya, mba. Asal sering dicek aja ya, jadi ruam popoknya nggak akan kena ke bayi. Tapi emang penting banget milih popok yang cepat nyerap cairan. Biar kulit nggak gatel2

    BalasHapus
  42. Ruam popok memang nggak bisa dianggap sepele ya mbak, karena jika iritasi parah hanya karena ruam popok bisa menyebabkan demam pada si baby. Alhasil si momy malah makin stres dan lelah hayati.

    BalasHapus
  43. Salah dalam pemilihan produk popok juga salah satu penyebab ruam ya, jadi pilih yang bikin anak nyaman ya mbak.

    BalasHapus
  44. Ukuran popok yang tepat juga penting ya selain bayi nyaman, juga mengurangi resiko ruam yang menyiksa, pilih produk popok juga harus berkualitas bagus

    BalasHapus
  45. Anak sulungku nih yang suka ruam popok dulu, padahal sering banget digantikan diapersnya. Mungkin terlalu sensitif kali ya kulitnya, kulitnya bisa sampai lecet. Memang bikin sedih kalau lihat bayi rewel karena merasa nggak nyaman akibat ruam popok ya? Dan ternyata ada kondisi yang harus segera konsultasi ke dokter. Duh, dulu aku awam banget soalnya.

    BalasHapus
  46. Penyebab ruam popok pada bayi/anak banyak banget yaa. Kalau sudah tahu apa-apa saja yang jadi penyebabnya, setidaknya kita sebagai orangtua jadi bisa mencegah terjadinya ruam popok tersebut. Salah satunya adalah dengan memakaikan mereka popok/diaper dengan bahan dan kualitas terbaik.

    BalasHapus
  47. Miris ya mbak kalau anak kecil udah kena ruam popok. Harus konsultasi ke dokter jika ruam popoknya makin parah. Gunakan Makuku biar ruam popok gak muncul lagi

    BalasHapus
  48. Perkara ruam kulit bayi bisa berbahaya juga ya untuk kesehatan si kecil. Makanya harus pilih popok yg nyaman dan anti ruam seperti ini ya supaya si kecil aman dari ruam ruam

    BalasHapus
  49. baru-baru ini anakku terkena ruam popok yang lumayan parah. kami udah coba obain tapi gak mempan, akhirnya langsung kami bawa ke dokter. alhamdulillah semakin hari ruam popoknya semakin membaik dan akhirnya sembuh

    BalasHapus