Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

7 Wisata Alam di Surabaya yang Bisa Melepas Lelahmu

 


Halo, teman deestories..
Apa kabar?

Tak terasa kita sudah ada di penghujung tahun 2022. Sudah punya rencana mau liburan akhir tahun kemana?

Kalau saya sih, memilih menikmati liburan di dalam kota saja. Jangan salah, meskipun di Surabaya, banyak lho wisata alam yang bisa dinikmati.

Saya punya rekomendasi wisata alam di Surabaya yang bisa melepas lelahmu, lho.

Dimana saja?

Yuk, baca artikel ini sampai habis!

Hutan Bambu Keputih

Jalan-jalan di hutan bambu sambil menikmati angin yang berhembus, bisa menjadi cara melepas stres. Hutan Bambu Keputih terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Melansir dari situs web Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, hutan ini dulunya merupakan tempat pembuangan akhir (TPA).

Hutan Bambu Keputih | Antara 

Hutan Bambu Keputih ini banyak dijadikan tempat foto prewedding, lho. Atau mau berfoto ala Jepang juga bisa, jangan lupa bawa kimono.

Jalan-jalan di hutan bambu ini punya banyak manfaat. Bahkan sudah dibuktikan secara ilmiah, lho. Menurut riset dari College of Landscape Architecture Sichuan Agricultural University, aktivitas melihat dan berjalan kaki di lingkungan hutan bambu bermanfaat dalam hal menurunkan tekanan darah secara efektif, memperlambat detak jantung, dan menjaga saturasi oksigen. Mengunjungi hutan bambu juga dapat meredakan stres fisik dan menstabilkan emosi sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Hutan Kota Pakal

Meski terkenal sebagai kota metropolitan, ternyata Surabaya cukup banyak memiliki wisata alam. Tak hanya hutan bambu, Surabaya juga punya hutan kota.

Hutan Kota Pakal | Antara 

Hutan Kota Pakal ini terletak di kecamatan Pakal, Surabaya. Hutan seluas 6 hektar ini dikelilingi oleh banyak tanaman, mulai dari Cemara Udang, Ketepeng, Sawo Kecik, Trembesi, Mahoni. Selain pepohonan, terdapat juga tambak-tambak beberapa jenis ikan, serta gazebo yang melengkapi keindahan hutan.

Baca Juga : 5 Tempat Liburan Favorit di Surabaya

Tak hanya bisa menikmati keindahan alam di hutan ini, disini juga terdapat arena bermain dan taman pendidikan yang bisa dinikmati oleh anak-anak.

Kebun Bibit Surabaya

Mau jalan-jalan ditengah rimbunnya pepohonan sambil melihat beragam hewan? Ke Kebun Bibit Surabaya saja! Wisata alam ini bisa dinikmati secara gratis, lho! Tak perlu membayar tiket masuk. Teman-teman cukup sediakan uang parkir kendaraan saja.

Taman Flora | TripAdvisor 


Beragam tanaman tropis tumbuh lebat di sini. Kebun Bibit Surabaya yang terletak di Jalan Bratang ini juga disebut sebagai Taman Flora. Ada beragam hewan di kebun ini. Mulai dari burung, ikan, kura-kura, hingga rusa.

Anak-anak akan senang jika diajak kesini. Mereka bisa menikmati beragam permainan yang telah disediakan. Membaca buku cerita di perpustakaan yang ada di dalamnya. Bisa juga memberi makan rusa. Seru kan?

Mangrove Gunung Anyar

Ingin menikmati keindahan hutan bakau yang memukau? Datang saja ke Mangrove Gunung Anyar. Wisata alam ini terletak di Jalan Medokan Sawah, Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Gunung Anyar Tambak, Gunung Anyar Surabaya.

Mangrove Gunung Anyar | Travellingyuk


Di sini teman-teman akan menikmati pohon bakau yang tumbuh rimbun. Banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan konten yang menarik. 

Mulai dari spot jembatan, spot sarang burung, spot menara pandang, spot dermaga bambu, dan masih banyak lagi. Wisata mangrove ini bisa dinikmati secara gratis.

Namun, jika ingin menikmati keindahan mangrove sambil menyusuri kawasan hutan dengan perahu, akan ada biaya yang harus dibayar.

Kenjeran Park

Surabaya juga punya wisata pantai yang legendaris, lho. Namanya Kenjeran Park. Wisata alam ini terletak di Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya.

Di sini, bisa piknik di atas pasir pantai sambil mendengar deburan ombak. Kenjeran Park menjadi tempat yang asik untuk bermain layang-layang.

Kenjeran Park| Jatimnews


Teman-teman bisa menyusuri pantai dengan naik perahu. Menikmati senja di pantai Kenjeran juga banyak dilakukan oleh anak-anak muda Surabaya.

Bersantai di pantai Kenjeran sambil menikmati lezatnya lontong kupang bisa  menjadi pilihan liburan akhir tahun yang mengasyikkan.

Mini Agrowisata Surabaya

Siapa bilang agrowisata hanya bisa dinikmati di Malang? Di Surabaya juga ada, lho. Di daerah Pagesangan, terdapat Mini Agrowisata Surabaya. Wisata alam ini bisa dinikmati secara gratis!

Di sini ada banyak tanaman mulai dari sayuran, buah-buahan, bunga, dan tanaman tropis lainnya.

Mini Agrowisata Surabaya| DJJP


Di agrowisata ini banyak wahana permainan outbound anak-anak. Ada juga kolam untuk terapi ikan. Beberapa hewan juga ada di agrowisata ini, mulai dari kelinci, kura-kura, kalkun, ayam, dan beragam jenis burung.

Baca Juga : Serunya Jalan-Jalan ke Mini Agrowisata Surabaya

Suasananya sejuk dengan hamparan pepohonan hijau membuat Mini Agrowisata Surabaya ini bisa menghilangkan stres sejenak.

Agrowisata ini gratis. Buka sesuai jam kantor, karena memang satu kompleks dengan Dinas Pertanian Kota Surabaya.

Wisata Air Kalimas

Wisata Air Kalimas adalah salah satu wisata alam baru di Surabaya. Wisata ini bisa dinikmati di malam hari.

Teman-teman bisa merawat sensasi susur sungai Kalimas menggunakan perahu. Melihat keindahan kota Surabaya di malam hari.

Beragam lampu warna-warni yang cantik bisa dinikmati dari atas perahu. Lampu lampion cantik dipasang di sepanjang sungai.

Wisata Air Kalimas| Antara 


Tak hanya susur perahu, kita juga bisa menikmati merdunya musik saksofon dan pertunjukan musik diatas perahu.

Kedepannya, pemerintah kota Surabaya akan menyediakan pasar apung di sepanjang sungai Kalimas. Agar pengunjung wisata Air Kalimas bisa berbelanja aneka produk UMKM Surabaya.

Wisata Perahu Kalimas dibuka mulai pukul 15.00-21.00 WIB. Sedangkan khusus di akhir pekan, wisata dibuka mulai pagi hingga malam.

Ada dua paket rute perjalanan yang ditawarkan dengan harga yang berbeda, yakni paket dari Monkasel dan Siola. Kalau dari Monkasel ke Siola harga tiket Rp10 ribu per orang, kalau dari Taman Prestasi Rp4 ribu per orang.

Hanya saja tiket dibeli secara online, ya. Tidak bisa on the spot.

Tujuh wisata alam di Surabaya ini bisa melepas lelahmu. Tak perlu jauh-jauh ke luar kota, dalam kota sudah cukup.

Buat teman-teman luar Surabaya yang ingin menikmati wisata alam ini, pastikan sebelum datang ke Surabaya, teman-teman jangan lupa untuk boking hotel di Surabaya.

Selamat menikmati wisata alam di Surabaya.

Ditunggu cerita serunya di kolom komentar, ya!

34 komentar

  1. Ternyata di Surabaya banyak banget tempat yang menarik ya. Aku malah penasaran sama mini agrowisatanya mba, sepertinya seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya selain kota industri dan pemerintah terbesar kedua ternyata banyak memiliki lokasi wisata alam juga ya

      Hapus
  2. Pernah beekunjung ke surabaya tapi cuma swmpat ke kebun binatang doang hiks. Moga bisa sana lagi dan nikmatin wisatanya yang menarik lainnya

    BalasHapus
  3. Saya 3 kali ke Suabaya, Mbak. Tapi hanya sebentar, karena hanya transit. Jadi hanya ke wisata sekitar hotel, termasuk ke Museum Kapal Selam.
    Dan ternyata, di Surabaya banyak juga wisata konsep alam yang sejuk ya, Mbak. Jadi bisa melipir di sana mencari kesejukan di kota Surabaya.

    BalasHapus
  4. Wah, sudah lama sekali tidak ke surabaya, entah kapan lagi. Sudah banyak bertambah wisatanya

    BalasHapus
  5. Dari ketujuh wisata alam Surabaya ini aku baru mengunjungi 2 di antaranya. Siip..sipp..liburan sekolah mau mudik ke Kediri, saatnya ke Surabanya dan berwisata alam pas nih

    BalasHapus
  6. Banyak pilihan saat liburan akhir tahun .tinggal datang aja 7 tempat wisata alam di surabaya

    BalasHapus
  7. pengen ke wisata air Kalimas sambil naik perahu, pemandangannya di malam hari lumayan oke yaa

    BalasHapus
  8. Kota terbesar ke-2 di tanah air ternyata punya banyak wisata alam. Seru ya, Mbak, setelah ketemu hiruk-pikuk kota, kita bisa menghirup udara segar di wisata alam. Jadi pingin jalan-jalan ke Surabaya.

    BalasHapus
  9. MashaAllah wisata alam di Surabaya bagus banget. Saya baru sekali ke Kenjeran, itu pun sudah lama banget, pastinya saat ini sudah lebih indah dari dulu. Wisata hutan dan mangrove-nya juga instagramable, pastinya bikin betah pengunjungnya.

    BalasHapus
  10. Wisata alam seperti ini sangat saya sukai. Saya pun pasti betah kalau di suatu tempat banyak wisata alam nya. Daripada mall, mending keluyuran di hutan atau injak-injak tanah, hehehe

    BalasHapus
  11. Wah ternyata di Surabaya banyak wisata alamnya juga ya Mbak. Mudah-mudahan nanti saat diberi kesempatan berkunjung ke Surabaya bisa menikmati beragam destinasi wisata ini.

    BalasHapus
  12. wow makasih informasinya kak, saya paling senang wisata alam seperti ini karena bisa mendekatkan diri sama pencipta plus menyehatkan mata..

    BalasHapus
  13. Dari semua tempat yang disebutkan saya hanya pernah ke Kenjaren Park, ehehehe. Sepertinya masih banyak ya tempat wisaya alam lainnya di Surabaya.

    BalasHapus
  14. Semuanya sungguh harus dikunjungi deh,bayangin lokasinya yang cakep semua buat melepas penat ya. Saya pengen datangi satu persatu deh saat ke Surabaya nanti terutama yang Hutan Bambu Keputih itu lho,kak.

    BalasHapus
  15. Suka banget dengan yang alamnya seger banget deh, pengen ke hutan bambu keputihnya seger banget bikin tenang kayaknya

    BalasHapus
  16. Kalau udah membicarakan wisata alam, jadinya tuh langsung membuat segar dan bahagia, cocok nih rekomennya kak Dian jadi pilihan

    BalasHapus
  17. Wah, banyak tempat asik ternyata sekarang ya di Surabaya. Itu Kebun Bibit jadi bagus begitu? Deket lho itu dulu dari rumah adikku di Nirwana dan pasti ngelewatin kalau mau masuk atau keluar perumahan. Duh, mesti segera jalan-jalan lagi ke Surabaya nih

    BalasHapus
  18. Jadi kepengen ke Surabaya nih. Banyak wisata alamnya ya. Kalau kulinernya dimana aja yang enak, murah dan khas Surabaya?

    BalasHapus
  19. Banyak banget ternyata ya wisata di Surabaya. Nanti klo ke Surabaya coba ke Kalimas lah.

    BalasHapus
  20. Belum pernah ke Hutan Bambu Keputih.
    Cantik banget.. Berasa beneran lagi di Jepang yah..
    Suka amazing sama pembangunan Kota Surabaya. Jadi semakin rindu pulang kampung. Mau nongki bareng ponakanku yang uda pada gede dan mencar-mencar sekolahnya. Asik kali yaa...

    BalasHapus
  21. Banyak ya mbak opsi wisata alam di Surabaya. Dan aku juga ngga nyangka kalau wisata bambu memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Kudu rajin-rajin ke hutan bambu ni kalau gitu. Buat refreshing dan sebagai obat alami. Hehe

    BalasHapus
  22. Plis itu kebun bibit unik banget. Pengen ke sana sih someday, belum pernah ke Surabaya juga aku. Pengen liat rusa juga di kebun bibitnya

    BalasHapus
  23. aku sebagai warga yang ngontrak di suroboyo mah bersyukur banget tempat tinggal kami itu dekat dengan berbagai taman kota.. jadi bisa menclok sana sini kalau lagi penat heheh

    BalasHapus
  24. Sedih banget seumur hidupku belum pernah ke Surabaya. Ternyata banyak tempat wisata menarik ya. Semoga kapan-kapan bisa ke sana.

    BalasHapus
  25. Wah Surabaya sekarang cantik banget ya. Berbenah terus sehingga jadi makin memesona dengan tempat wisata alamnya. Aku terakhir ke Surabaya sekitar 15 tahun lalu dan rasanya puanas dan gersang

    BalasHapus
  26. Surabaya sekarang banyak area terbuka hijau dan bisa dinikmati publik sebagai tempat wisata. Ada yang gratis, ada yang bayar tapi harga sangat murah. Menyenangkan ya. Ada yang bisa dipamerin ke saudara saya dari luar kota yang berkunjung ke Surabaya. Wkwkwk.

    BalasHapus
  27. Coba juga Mangrove Kejawan Putih masih baru diinisiasi. Lebih bagus lagi karena masih belum banyak pengunjung

    BalasHapus
  28. Wah, asik nih. Aku domisili Surabaya Mba, seneng banget sudah ada beberapa wisata alam yang aku kunjungi tapi ada beberapa juga yang belum. Kayanya harus mampir nih biar makin lengkap wisata alam Surabaya yang aku kunjungi, hhe.
    Thank you infonya, Mba.

    BalasHapus
  29. wahh nambah lagi bucket list explore Surabaya, nih ! mumpung deket-deket mau liburan, bisa jadi tujuan wisata mengisi liburan sekolah.. etapi crowded ngga ya kalau liburan ?

    BalasHapus
  30. Eh, ada mini agrowisata? Beneran baru tau kalau ini ada di Surabaya. Kalau tempat wisata lain, aku udah pernah coba ke sana. Kebetulan dulu ngekost daerah sana juga. Jadi bisa main ke sana.

    BalasHapus
  31. Semua yang di list emang wisata yang ngademin dan buat fresh yah. Udah mah murah pulak. Bahkan ada yg cuma bayar parkir doang. Rekomendasi banget buat yang tinggal di surabaya

    BalasHapus
  32. Ternyata banyak juga hutan kota di Surabaya ya, aku belum berkesempatan lama travelling ke Surabaya. Semoga segera kesampaian!

    BalasHapus
  33. dari dulu pengen ke hutan bambu tapi belum kesampaian, dari list diatas yang baru aku datangi cuman KenPark
    dan lagi pengen ngerasain naik kapal di Kalimas, apalagi sekarang ada tambahan lampu-lampu cantik di malam hari, kayaknya kok menarik juga

    BalasHapus