Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Drakor ‘Crash Course in Romance’, Refeleksikan Bentuk Dukungan Orang Tua Terhadap Proses Belajar Anak

Crash Course in Romance 

Annyeong haseyo, teman deestories..

Hari ini saya mau menulis review drama Korea ‘Crash Course in Romance’. Drama yang tersisa 4 epiosode ini tak hanya bercerita tentang romansa pak guru matematika dan ibu penjual warteg saja, lho. Tapi banyak juga mengangkat isu pendidikan. Mulai dari kerasnya sistem pendidikan di Korea, persaingan guru sekolah dengan guru bimbel, hingga bagaimana bentuk dukungan orang tua terhadap proses belajar anak.

Jujurly, drama ini related banget dengan peran yang saya lakukan. Baik sebagai ibu maupun guru bimbel. Makanya, saya terarik banget untuk mengulas drama ini.

So, stay tune ya. Baca sampai habis 😊.

Drama Crash Course in Romance

Drama Crash Course in Romance adalah drama genre romcom yang dibintangi oleh Jeon Do Yeon dan Jung Kyung Ho. Drama ini tak hanya mengangkat kisah cinta antara pak guru matematika dan ibu penjual warteg saja, namun juga menjadi refleksi kepada setiap orang tua dalam mendukung proses belajar anak.

Profil Drama

Drama: Crash Course in Romance (English title) / Ilta Scandal (Korean title)

Revised romanization: Ilta Scandal

Hangul: 일타 스캔들

Director: Yoo Je-Won

Writer: Yang Hee-Seung

Network: tvN

Episodes: 16

Release Date: January 14 - March 5, 2023

Runtime: Sat. & Sun. 21:10

Language: Korean

Country: South Korea

Cast Drama

Jeon Do Yeon sebagai Nam Haeng-Seon

Crash Course in Romance

Nam Haeng-Seon adalah mantan atlet yang kini membuka usaha kedai lauk pauk, yang diberi nama ‘Banchan Terbaik Bnagsa’. Kedai ini kalau di Indonesia penampakannya mirip warteg gitu.

Nam Haeng-Seon harus merelakan impiannya menjadi atlet. Setelah ibunya meninggal, dia harus berjuang mencari nafkah sendiri. Dia juga harus merawat keponakannya dan kakaknya yang mengidap autism.

Tak seperti ibu-ibu lainnya, Haeng-Seon takt ahu perkembangan terkini dunia pendidikan. Dia tidak tahu bahwa anak-anak butuh tambahan belajar di akademi. Namun, setelah keponakanntya meminta belajar di akademi dan di bertemu Choi Chi-Yeol, hidupnya berubah.

Jung Kyung Ho sebagai Choi Chi-Yeol

Crash Course in Romance

Choi Chi-Yeol adalah guru matematika paling terkenal di Korea Selatan. Dia mengajar di akademi Pride. Choi Chi-Yeol bahkan dijuluki guru bintang. Banyak murid harus antri untuk bisa belajar di kelasnya.

Choi Chi-Yeol ini guru yang baik. Dia tidak marah Ketika ada murid yang mengantuk di kelasnya. Dia pun akan membantu sebaik mungkin agar murid-muridnya berhasil.

Kemampuan mengajarnya yang luar bias aini membuat pundi-pundinya terus bertambah. Dia punya mobil dan apartemen mewah. Bahkan, dia juluki ‘One Billion Man’.

Sayangnya, kemewahan dan ketenarannya tak bisa membuatnya hidup nyaman. Choi Chi-Yeol sering mengalami gangguan makan dan kesulitan tidur. Dia bahkan harus bertemu psikolog secara rutin.

Semuanya berubah saat dia makan nasi kotak dari kedai “Banchan Terbaik Bangsa’. Makanan dari kedai itu tak ditolak perutnya. Setelah makan dia pun bisa tidur nyenyak.

Roh Yoon-Seo sebagai Nam Hae-E

Crash Course in Romance

Nam Hee-E adalah keponakan Nam Haeng-Seon. Sejak ditinggalkan oleh ibunya, Hee-E diasuh oleh bibinya. Namun, karena dia ingin memiliki ibu seperti teman-temannya, dia pun memanggil bibinya dengan sebutan ibu.

Hal ini akhirnya menimbulkan kesalahpahaman. Saat Nam Haeng Seon dekat dengan Choi Chi-Yeol, public menyebutnya skandal. Sebab, Choi Chi-Yeol dekat dengan ibu dari muridnya.

Hee-E termasuk siswa yang pandai dikelasnya. Awalnya dia tidak ingin belajar di akademi. Namun, karena takut tertinggal, dia pun akhirnya belajar di akademi Pride, seperti teman-temannya yang lain.

Shin Jae-Ha sebagai Ji Dong-Hui

Crash Course in Romance

Ji Dong-Hui adalah asisten pribadi Choi Chi-Yeol. Dia membantu menyiapkan semua keperluan Choi Chi-Yeol. Namun, dia selalu menolak jika diberi sesuatu oleh Choi Chi-Yeol, termasuk tawaran rumah dan mobil.

Awalnya, Ji Dong-Hui ini baik banget. Namun, sejak Choi Chi-Yeol berpacaran dengan Nam Haeng – Seon, gelagatnya mulai aneh. Mulai banyak misteri dari kehidupannya.

Sinopsis Drama Crash Course in Romance

Drama Crash Course in Romance ini tak hanya menceritakan kisah cinta yang unik antara Choi Chi-Yeol dan Nam Haeng – Seon. Namun, juga mengangkat kisah tentang sistem pendidikan di Korea Selatan. Juga nilai-nilai parenting, khusunya bagaimana bentuk dukungan orang tua terhadap proses belajar anak.

Kerasnya sistem pendidikan di Korea Selatan

Crash Course in Romance

Drama Crash Course in Romance ini mengangkat kisah kerasnya sistem pendidikan di Korea Selatan. Vibesnya mirip drama Sky Castle dan Green Mother’s Club gitu, deh. Tapi tentu drama ini banyak membalutnya dengan unsur romcom.

Dalam drama ini diceritakan bahwa anak-anak di Korea Selatan harus belajar di akademi setelah jam belajarnya di sekolah. Semua ini tak lain agar bisa diterima di universitas bergengsi di Seol National University. Kedokteran dan Hukum menjadi jurusan paling favorit.

Baca Juga : 12 Drakor Hukum 2022, Mana yang Jadi Favoritmu?

Belajar di akademi adalah hal yang sangat penting. Masuk kelas intensif dan diajar oleh guru bintang adalah hal yang paling diinginkan. Keduanya dianggap bisa membantu untuk masuk universitas yang diimpikan.

Persaingan para tiger mom

Crash Course in Romance

   
                         

Seperti drama Sky Castle dan Green Mother’s Club, drama ini juga menunjukkan persaingan diantara para ibu. Para tiger mom ini akan berusaha mati-matian agar anaknya mendapatkan nilai sempurna.

Baca Juga : Drama Korea "Green Mother's Club", Persaingan Sengit Mendidik Anak

Mulai dari memaksa untuk rajin belajar, belajar di akademi hingga larut malam, bahkan melakukan kecurangan dengan mencari bocoran ujian.

Baca Juga : Hospital Playlist Season 2, Menanti Kisah Cinta 5 Dokter Yulje

Bagi ibu-ibu ini, prestasi anak adalah harga mati. Bahkan, kesuksesan seorang ibu dilihat dari apakah anaknya bisa diterima di universitas ternama. Tak heran, para tiger mom ini melakukan segala cara.

Kisah cinta pak guru matematika dan ibu penjual warteg

Crash Course in Romance

Tentu saja kisah cinta Choi Chi-Yeol dan Nam Haeng – Seon menjadi inti cerita dalam drama ini. Awalnya kisah cinta keduanya dianggap sebagai skandal yang memalukan.

Selama ini Nam haeng-Seon dikenal sebagai ibu dari Nam Hee-E dan memiliki suami yang bekerja di Filipina. Tentu hal ini tidak bagus. Bagaimana guru bintang bisa menjalin kisah cinta dengan seorang perempuan bersuami yang juga ibu dari muridnya. Namun, semua ini adalah kesalahpahaman.

Setelah tahu yang sebenarnya, Choi Chi-Yeol dan Nam Haeng – Seon semakin mesra. Kisah cinta pak guru matematika dan ibu penjual warteg ini sangat manis dan kocak. Khas drama romcom pada umumnya.

Kesan Nonton Drama Crash Course in Romance                   

Bagaimana kesan saya saat menonton drama Crash Course in Romance ini? Episode pertama saya langsung suka! Pesona Choi Chi-Yeol begitu memikat! Hehehe. Apalagi drama ini menampilkan banyak adegan komedi yang menghibur. Kisah cinta yang unik.

Namun, setelah terus menonton hingga episode 13 ini, saya jadi banyak belajar dari drama ini. Drama Crash Course in Romance membuat saya banyak melakukan refleksi.

Saya banyak belajar dari drama ini tentang bagaimana seharusnya orang tua mendukung anak dalam belajar. Setiap orang tua tentu ingin anaknya lebih baik dari dirinya. Namun, jangan sampai anak jadi ambisi impian kita yang tak tercapai.

Dukung anak untuk bisa belajar dengan baik sesuai minat dan bakatnya masing-masing. tak perlu memaksakan kehendak kita. Bebaskan anak dalam memilih cita-cita, sejauh itu adalah hal yang positif.

Jangan menganggap nilai sebagai hal yang penting. Fokus pada peningkatan kompetensi saja. Denagn begitu, kita tak akan melakukan segala cara agar anak mendapat nilai tinggi.

Tak perlu membandingkan anak dengan anak lain. Tanamkan pada anak bahwa persaingan itu adalah dengan dirinya sendiri, bukan dengan orang lain. Pastikan anak bersaing dengan dirinya sendiri. Buat agar anak selalu lebih baik dari dirinya sebelumnya.

Jadi, gimana? Apakah teman deestories sudah menonton drama Crash Course in Romance ini? Apa kesan teman-teman trehadap drama ini?

Yuk, ceritakan pengalamannya di kolom komentar.

Terima kasih…

 

 

 

19 komentar

  1. Istriku suka banget klo sama drama korea. klo aku sih cuma dengerin ceritanya aja. Nih bakal aku rekomedasiin ke instri mbak hehehe

    BalasHapus
  2. Kayaknya seru banget Drakor ini apalagi akutu suka cerita romcom hehehe. Sayang blm tamat ya? Kakak suka nonton yg on going y?
    Kalau crash course in romance bisa ditonton di aplikasi manakah?

    BalasHapus
  3. makasih rekomendasi drakornya kak, suka nih drakor dengan tema pendidikan atau parenting walau tetap ada unsur romancenya menambah keseruan drakor :D

    BalasHapus
  4. Kalau di Indonesia nih, pasti sudah viral, guru matematika bintang penuh pesona pacaran dengan ibu julan warteg sekaligus muridnya juga. Da justru inilah benang merahnya ya, Mbak. Dari sini hadir intrik-intrik seru dalam cerita. Menarik nih, buat ditonton.

    BalasHapus
  5. Hihihii... itu si para triger mom relate banget dengan kondisi bu-ibu di sekolah zaman now. Demi bisa masuk ke sekolah favorit, apalagi pas masa pandemi, hampir semua tugas murid yg rempong ngerjain malah para bundanya, kwkwkwk... Saya sampai geleng2 sendiri ngeliatin fenomena ini.
    Sungguh dunia pendidikan kita perlu belajar dari drakor ini. 👍

    BalasHapus
  6. Awalnya pas liat covernya, kok kayak biasa aja. Tapi karena reviewnya bagus. jadi ikutan nonton. Ternyata bagus banget drama Crash Course in Romance ini. Sekarang udah episode 14 ya mbak, duh bentar lagi bakalan habis. hisk..

    BalasHapus
  7. Eh bentar lagi tamat ya drakornya?
    Wah daku nunggu kelar aja deh episodenya.
    Biar nontonnya lebih asik, gak bikin penasaran hehe

    BalasHapus
  8. Hal yang aku belajar dari drakor ini adalah kita sebagai orangtua jangan sampai memaksakan keinginan kita ke anak-anak

    BalasHapus
  9. Mbak Dian... Pembahasan pean tentang drakor bikin aku selalu ingin nonton langsung

    BalasHapus
  10. Aku pas nonton bolak balik ngakak ga ketahan wkwkwkwkw asli kocakkkbanget filmnyaa. serem juga sih sama teror2 bola logam itu

    BalasHapus
  11. Abis nonton taxi driver 2 eh ketemu sama aktor baru yg familiar shin jae ha, btw drakor ini ada bumbu komedi nya juga gak ya? Tapi lihat geng bu ibunya sih para aktor kocak

    BalasHapus
  12. Seneng yah..menemukan drama yang memiliki insight positif terutama yang relate dengan profesi yang kita jalani di dunia nyata. Dan nonton drama manis Crash Course in Romance bikin orangtua banyak refleksi mengenai pengasuhan yang sedang dijalankan saat ini.

    BalasHapus
  13. Aku masih suka membandingkan anakku dengan orang lain. Tujuannya agar anakku jadi lebih baik. Ternyata itu gak boleh ya. Pesan film ini ngena banget. Ada komedinya juga lagi. Jadi pengen nonton

    BalasHapus
  14. saya belum nonton drakor yang ini padahal masih on going ya, soalnya lagi agak males nonton drakor romantis. eh tapi drakor ini lebih dari sekadar kisah romantis ya, ternyata ada tentang parenting dan edukasi juga. harus nonton dong apalagi ternyata ada abang Jung Kyung Ho, harus banget nonton, hehehe

    BalasHapus
  15. wah aku mengendus ada aroma-aroma komedi nih di drakor yang satu ini

    BalasHapus
  16. Banyak hikmah yang terkandung didalam.sebuah film atau drama. Memang betul banget sebagai orangbtua harus tau dan memahami.kebutuhan anak siap.untuk.mendengarkan mereka

    BalasHapus
  17. Bagus ulasannya, Mbak. Juga reminder di bagian akhir. Memang tidakm bijak membandingkan satu anak dengan anak lain, apalagi dengan anak orang lain yang beda gen, beda asupan, beda segalanya. Jujur, aku pun masih terus belajar.

    BalasHapus
  18. Menarik ini mba drakornya. Keknya aku pernah liat cuplikannya seliweran dibagikan di TikTok terus aku lupa deh mau nontonnya. Otw nonton sendiri Crash Course in Romance karena seru deh kayaknya. Mana itu pak guru bisa-bisanya justru bisa bobo nyenyak setelah makan nasi kotak dari warteg hehehe

    BalasHapus
  19. aku ngikutin drakor ini dan miris banget ya ngeliat ibu-ibu ambi yang justru bikin stres anaknya sendiri. ini bisa juga jadi refleksi kita yang belum punya anak ya, biar bisa lebih seimbang dalam mengatur keinginan anak dan orang tua

    BalasHapus