Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

10 Bus Unik yang Ada di Surabaya

 

10 Bus Unik yang Ada di Surabaya


Halo, teman deestories.. 

Hari ini saya mau mencoba bercerita tentang transportasi umum yang ada di Surabaya. Saya mau cerita tentang bus, salah satu transportasi umum yang cukup diandalkan di Surabaya. 


Ternyata, di Surabaya keberadaan bus tak hanya sebagai alat transportasi umum saja. Di Surabaya, bus juga menjadi sarana wisata. Unik, ya! 


Ya, ada 10 bus unik yang ada di Surabaya! Apa saja itu? Yuk, baca sampai habis. 



Sejarah Bus di Surabaya


Bus pertama kali hadir di Surabaya pada era tahun 70 an. Kehadiran bus langsung disambut dengan baik oleh warga kota Surabaya. Bus kota menjadi pilihan bagi warga kota. Bentuk bus kota pada saat itu mewah, besar, dan gagah. Tarifnya juga murah. Bus kota bisa diakses oleh semua kalangan.



Bus kota yang ada di Surabaya kala itu dioperasikan oleh DAMRI. DAMRI adalah singkatan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia yang dibentuk berdasarkan Maklumat Kementerian Perhubungan RI No.01/DAMRI/46 tanggal 25 November 1946 dengan tugas utama menyelenggarakan angkutan penumpang dan barang di atas jalan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Salah satunya adalah bus kota. Meski dalam perkembangannya, ada beberapa bus kota keluaran perusahaan swasta.



DAMRI terus berinovasi, pada tahun 1985 DAMRI mendatangkan armada 20 unit bus tingkat. Seri double-deck atau yang biasa disebut sebagai bus tingkat. Bus tingkat ini melayani rute Waru–Tugu Pahlawan. Terminalnya terletak di sebelah SPBU yang terletak di jalan Aloha Sidoarjo. Saya masih ingat, saat kecil selalu suka diajak almarhum papa naik bus tingkat keliling Surabaya.


Meski kendaraan pribadi semakin marak di Surabaya, keberadaan bus tetap ada. Bahkan, bus di Surabaya mengalami perkembangan. Bus di Surabaya itu unik. Sebab, tak hanya sebagai moda transportasi saja, tetapi juga sarana wisata. 


Bus Unik yang Ada di Surabaya


Suroboyo Bus


Suroboyo Bus

Suroboyo Bus adalah bus yang menjadi ikon Surabaya. Bus berwarna merah ini resmi diluncurkan pada 7 April 2018. Bus ini adalah inovasi keren dari Dinas Perhubungan Jawa Timur.


Hingga saat ini, Suroboyo Bus ini memiliki 58 armada yang melayani 3 rute utama, di antaranya yaitu Purabaya-Rajawali, Merr dan TIJ-Jono Sewojo. Bus beroperasi dari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB. 


Baca Juga : Suroboyo Bus, Transportasi Terintegrasi yang Nyaman dan Ramah Lingkungan



Keunikan bus ini terletak dari sistem pembayarannya. Di Awal kemunculannya,tiket bus ini adalah sampah plastik. Sampah plastik yang berupa botol plastik dan gelas air mineral bisa ditukarkan dengan tiket bus. Satu tiket bus bisa di dapat dengan menukarkan 5 botol plastik 600ml atau 10 gelas plastik air mineral.


Kini, bus ini juga menerima pembayaran berupa uang. Namun harus cashless, dengan cara : 


  • Penukaran poin member Gobis

  • Voucher botol

  • Qris (pembayaran dengan scan barcode melalui m-banking, shopee pay, gopay, ovo, dll)

  • Tap kartu elektronik/e-money



Harga tiket Suroboyo Bus yakni Rp 5 ribu untuk masyarakat umum dan Rp 2.500 untuk mahasiswa atau pelajar.

Khusus untuk tenaga pendidikan dan pegawai pemerintah tidak dikenakan biaya alias gratis. Cukup menunjukkan ID Card.


Bus Double Deck Mayapada


Bus Double Deck Mayapada

Bus double deck Mayapada atau yang lebih dikenal dengan sebutan bus tumpuk ini resmi diluncurkan pada bulan Agustus 2018. Pemerintah menerima dua unit bus ini dari program CSR Bank Mayapada.


Rute bus ini adalah Utara-Selatan, yakni dari Jembatan Merah hingga Terminal Purabaya. Metode pembayarannya sama dengan Suroboyo Bus.


Naik bus ini seperti mengenang masa lalu. Tahun 90 an, di Surabaya sudah ada bus kota yang seperti ini. 


Kami biasa menyebutnya dengan bus tingkat. Lama tak muncul, sekarang bus tingkat hadir dengan wajah baru. Tentunya dengan desain modern dan fasilitas modern yang membuat penumpang lebih nyaman.


Surabaya Shopping and Culinary Track (SSCT)


Surabaya Shopping and Culinary Track (SSCT)


Mau wisata keliling Surabaya? Kamu bisa mencoba naik bus SSCT. Bus ini adalah salah satu program wisata unggulan di Surabaya. Dengan naik bus ini kamu bisa diantar menuju tempat-tempat wisata di Surabaya.


Saat ini bus SSCT beroperasi pada hari Rabu, Sabtu dan Minggu dengan tema "Ragam Budaya dan Sejarah". Masing-masing hari keberangkatan terdiri dari 2 sesi, yaitu pukul 09.00 - 11.00 WIB dan 13.00 - 15.00 WIB. Selama berwisata bersama SSCT, kita akan ditemani guide berpengalaman. 


City tour yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini akan memberikan pengalaman baru yang tak terlupakan.


Rute:


Rabu > Alun-alun Surabaya - Gereja Katolik "Kelahiran Santa Perawan Maria" - Museum Bank Indonesia (De Javasche Bank) - Alun-alun Surabaya


Sabtu > Alun-alun Surabaya - Pura Agung Jagat Karana - Klenteng "Boen Bio" - Wisata Kampung Pecinan (WKP) Kapasan Dalam - Alun-alun Surabaya


Minggu > Alun-alun Surabaya - Balai Kota Surabaya - Museum Olahraga - Alun-alun Surabaya


Tiket hanya dapat dipesan melalui website tiketwisata.surabaya.go.id.

H-1 keberangkatan, mulai pukul 09.00 WIB. Harga tiket Rp 10.000/orang


Surabaya Herritage Track (SHT)




Surabaya Herritage Track (SHT)


Jika ingin menikmati wisata sejarah di Surabaya, kamu bisa ikut tur dengan bus SHT ini. Bus ini adalah program dari Museum House of Sampoerna. Dengan bus ini kamu bisa menjelajah tempat-tempat bersejarah di Surabaya.


Baca Juga : Menyusuri Jejak Kraton Surabaya Bersama Surabaya Herritage Track


Bus berkapasitas 20 penumpang ini juga dilengkapi oleh seorang tour guide. Tour guide ini yang akan menceritakan setiap kisah dari bangunan-bangunan bersejarah yang dikunjungi.



Pilihan rute bus ini antara lain :

Weekdays :


🌱 Surabaya - The Heroes City :

10.00-11.00 WIB.

Rutenya monumen tugu pahlawan dan gedung PTPN XI.


🌱 Surabaya -  The Trading City : 13.00-14.00 WIB.

Rutenya Kuil Hok Ang Kiong dan Bank Escompto


🌱 Surabaya - during The Dutch Occupation : 15.00-16.30 WIB.

Rutenya kantor pos Kebon Rojo, Gereja Kepanjen dan gedung Javasche Bank.


Weekend


🌱 Exploring Surabaya : 10.00-11.30 WIB.

Rutenya balai kota hingga gedung javasche bank.


🌱 Surabaya - The Heroes City :

13.30 - 14.30 WIB.

Rutenya monumen tugu pahlawan dan gedung PTPN XI.


🌱 Babad Surabaya : 15.00-16.30 WIB.

Rutenya kampung kraton - balai kota - gedung cak durasim.



Bus SHT ini gratis lho. Kamu bisa melakukan reservasi terlebih dahulu ataupun langsung datang.


Bus Sekolah


Bus Sekolah

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyediakan sembilan armada bus sekolah gratis untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor bagi pelajar di bawah umur dan menekan angka kecelakaan lalu lintas.


Para pelajar di Kota Surabaya mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) bisa memanfaatkan layanan bus sekolah tanpa dipungut biaya atau gratis.


Mereka bisa melakukan pendaftaran sebagai peserta Bus Sekolah di kantor Park and Ride Lantai 2 di Jalan Mayjend Sungkono Nomor 12 Kota Surabaya, dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK), pas foto 4x6, fotokopi Kartu Pelajar, untuk mendapatkan kartu bus sekolah.


Ada 9 bus sekolah yang siap melayani para pelajar Surabaya. Rute Bus Sekolah tersebut meliputi Surabaya Barat, Utara, Selatan dan Timur.


Keberangkatan bus sekolah pada pukul 05.30 WIB dan pulang pada pukul 15.00 dengan titik kumpul di kantor Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan di Kantor Kecamatan Rungkut. Sedangkan titik kumpul kepulangan di SMP 1 Surabaya (Kawasan JL. Wijaya Kusuma).


Bus Listrik


Bus Listrik

Keinginan Surabaya menjadi Eco City kini mulai terwujud. Bus listrik menjadi jawaban ditengah polemik krisis energi penggunaan BBM (Bahan Bakar Motor).


Bus listrik pertama di Indonesia ini adalah hasil karya Institut Teknologi Surabaya (ITS). Bus ini resmi diluncurkan pada 30 November 2014.


Bus ini berfungsi sebagai kendaraan kampus. Dengan bus ini, mahasiswa atau sivitas akademika ITS cukup memarkir kendaraan pribadinya di lahan parkir departemen masing-masing.


Jika ada keperluan, mereka bisa bepergian dengan bus ke pusat-pusat kegiatan kampus, seperti masjid, rektorat, kantin, ataupun perpustakaan.


Trans Semanggi Suroboyo


Trans Semanggi Suroboyo

Sekilas, Trans Semanggi Suroboyo ini mirip dengan Suroboyo Bus. Namun, keduanya berbeda. Ada corak daun semanggi pada bus ini, yang tak ada di Suroboyo Bus. 


Trans Semanggi Suroboyo melayani wilayah Surabaya dan terkoneksi dengan Terminal Purabaya, Tanjung Perak, Raya Lidah Wetan, Karang Menjangan dan UNAIR.


Angkutan Bus Rapid Transit (BRT) ini menjadi penunjang mobilisasi masyarakat Surabaya. Tarif Teman Bus Surabaya atau Trans Semanggi Suroboyo  adalah Rp 6.200.


Penumpang hanya dapat melakukan pembayaran melalui metode cashless payment menggunakan kartu non tunai antara lain E-money dari Bank Mandiri, Brizzi dari Bank BRI, Tap Cash dari Bank BNI, dan Flazz dari Bank BCA


Jam operasional Trans Semanggi Suroboyo setiap hari adalah dari pukul 05.00-21.00 WIB. 


Bus Archive Heritage Track


Bus Archive Heritage Track

Bus Archive Heritage Track ini akan memanjakan para penikmat sejarah. Bus ini  akan membawa warga untuk tour khusus arsip sejarah di Surabaya.


Bus ini biasa digunakan para pelajar Surabaya yang hendak mengunjungi tempat sejarah. Rute bus ini berawal di Dinas Pendidikan Surabaya Jagir. Untuk waktu operasionalnya sendiri masih tentative. 


Bus Trans Gerbangkertasusila


Bus Trans Gerbangkertasusila

Bus Trans Gerbangkertasusila atau Bus Trans Surabaya ini berwarna biru. Bus ini mirip dengan Busway. Dengan pintu samping dan high deck. 


Bus ini resmi beroperasi pada tahun 2015 dengan 30 armada. Bus Trans Gerbangkertasusila ini melayani rute Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Mojokerto. 


Tarifnya cukup murah. Hanya Rp. 5000,00 saja. Bus ini bertujuan mengurai kemacetan yang ada di Surabaya dengan beberapa kota penyangganya. 


Bus Trans Jatim


Bus Trans Jatim

Bus Trans Jatim ini mulai beroperasi setahun yang lalu. Ini bus yang paling baru di Surabaya. Jam operasional bus Trans Jatim 2023 adalah mulai pukul 05.00 - 21.00.


Tarif bus Trans Jatim sangat terjangkau, yaitu Rp2500 untuk santri dan pelajar dan Rp5000 untuk umum. Bus berwarna hijau ini menerima pembayaran tunai dan non tunai (e-money). 


Rencananya akan ada 3 koridor. Namun, saat ini baru tersedia satu. 


Bus ini akan singgah di 17 halte, di sepanjang jalur Sidoarjo-Gresik yakni Halte Terminal Porong, Halte Gedang, Halte Tanggulangin, Halte Keramean, Halte Terminal Larangan, Halte Lemah Putro, Halte Alun-Alun Sidoarjo, Halte Sun City I, Halte Pondok Mutiara, juga Halte Bungurasih.


Selanjutnya akan singgah di Halte Romokalisari I, Halte Gelora Joko Samudera I, Halte BNI I, Halte RS Semen Gresik I, Halte Universitas Muhammadiyah Gresik I, Halte Kantor Bupati Gresik I, dan berakhir di Halte Terminal Bunder Gresik.


Proyek Bus Trans Jatim ini masih akan berlangsung hingga 2024. Nantinya untuk koridor II akan dibangun rute Mojokerto-Surabaya, untuk koridor III rute Mojokerto-Pasuruan, dan koridor IV di wilayah Malang


Wah, semoga segera beroperasi ya rute selanjutnya. Dengan bus ini, nantinya bisa keliling kota-kota Jawa Timur dengan tarif terjangkau! 


Penutup


Bus adalah transportasi umum yang sangat dibutuhkan di kota besar seperti Surabaya ini. Keberadaan bus bisa mengurangi tingkat kemacetan di Surabaya. Selain itu, juga mendukung sektor pariwisata. 


Demikian cerita tentang 10 bus unik yang ada di Surabaya. Teman deestories tertarik naik bus yang mana nih? 


Share di kolom komentar, ya! 


46 komentar

  1. Bus yg unik ini bisa nambah daya tarik wisatawan sih secara tidak langsung. Apalagi banyak pecinta bus juga di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaya saya, kalau melancong ke daerah lain, pasti pengen naik bus lokalnya. Biar makin mantap kan perjalanannya

      Hapus
  2. Waaaahh, ternyata beragam bus di Surabaya nih, menarik sekali untuk dinaiki. AKu tuh ke Surabaya hanya lewat aja, belum yang benar2 menginap atau mampir ke sebuah destinasi heheh. Kapan2 pas ke sana mau ah nyobain naik bus-bus ini. Ongkosnya juga terjangkau, bisa membawa kita ke mana2 seruuuu ya mbak Dian :D

    BalasHapus
  3. Kemarin sempat ngikuti nih Bus Suroboyo dari status dosen yang sedang ke Surabaya untuk mengisi liburannya. Bosnya asik, bersih pula. Kalau ke Surabaya nampaknya harus mencoba nih bus.

    BalasHapus
  4. wah selama saya sering dinas ke Surabaya jarang sekali melihat bus-bus ini ternyata banyak juga ya jenis busnya, saya hanya mengenal yang bus trans saja, lainnya belum pernah lihat, wah kapan-kapan kalau ke Surabaya wajib nyobain kayaknya seru juga

    BalasHapus
  5. Transportasi umum di Surabaya cakep cakep dan tampak lebih bersih. Penumpang pasti merasa nyaman dan rutenya juga sudah banyak. Bahkan sudah ada bus pariwisata yang nyaman bagi pelancong. Semoga terawat dan makin baik pelayanannya

    BalasHapus
  6. Waaah saya sudah lama banget ga ke Surabaya. Perkembangannya sama pesatnya ya dengan Jakarta. Jadi mau cobain bus2nya deh. Terutama bus trans Jatim. Jadi keliling Jatim murah meriah.. Xixixi

    BalasHapus
  7. Terakhir ke Surabaya udah malam nih. Belum sempat keliling kota dengan bus yg ada.

    Keren ya kalau bayar busnya pakai botol plastik atau cashless jadi ga usah bingung cari uang kembalian.

    BalasHapus
  8. Huwaaa ternyata kalau main main ke Surabaya sekarang bakalan seru banget karena ada banyak bus yang bisa dicoba. Penasaran banget sih sama bus SSCT karena dalam 3 hari jalan aja rute yang ditawarkannya beda-beda. Kalau sedang berwisata ke Surabaya, boleh nih dijajal juga biar nambah cerita perjalanan serunya.

    BalasHapus
  9. Pensaran dengan cara pembayaran Voucher Botol di Suroboyo Bus. Apakah yang dimaksud dengan sampah bekas botol minuman yang ditukar dengan voucher untuk naik Suroboyo Bus atau gmana Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pas awal-awal beroperasi, Mas..
      Ada di beberapa review influencer youtube, termasuk orang Korea yang jadi mahasiswa Suroboyo, namanya Han Yoo Ra.
      Aku taunya juga dari konten bliau.

      Hapus
  10. Ih jadi penasaran sama bis tingkatnya, apalagi ada banyak pilihan rute yaa. Kalau ke Surabaya bisa baca baca ke sini lagi deh buat ngintip jadwalnya bis bis itu, ihihi. Thank you mbaak udah dishare gini, bermanfaat banget! :D

    BalasHapus
  11. Aku pernah mau naik Bus Suroboyo. Kayaknya karena nggak bawa bangsanya botol-botol bekas air mineral gitu. Terus malah nggak boleh naik karena memang pembayarannya harus pakai botol bekas air mineral. Hehehe,,,

    Sekarang malah bisa bayar cashless ya. Mantap

    BalasHapus
  12. Wah, uniknya, saya tadinya cuma tahu Suroboyo Bus, ternyata ada banyak pilihan bus lainnya. Jadi jika sedang di Surabaya bisa berkeliling kota dengan naik bus.

    BalasHapus
  13. Yang bus besar Mayapada itu dulu saya sering lihat lewat di Cianjur lho.entah mau ke Jakarta atau pulang dari Jakarta. Mungkin bisa Mayapada yg membawa penumpang antar kota antar propinsi kali ya

    BalasHapus
  14. Keren banget infonya Mbk, apalagi buat aku yang awam jadi kalau mencari bis jalur apa gitu ya di Surabaya jadi tahu deh

    BalasHapus
  15. Duuhh gemes amat sih bus nyaaa, asik yaa di Surabaya punya banyak transportasi umum yang bisa dipakai sesuai kebutuhan kayak gini. Jadi pengen explore Kota Surabaya pake bus-bus ini deh.

    BalasHapus
  16. Busnya bagus-bagus dan dilukis dengan gambar yang menarik...keren banget sih apalagi ada beragam jenis bus sesuai dengan fungsinya, kalau busnya mencolok begini masyarakat akan mudah membedakannya, mudah-mudahan bisa mampir ke Surabaya soalnya bolak-balik mudik ke Jember belum pernah mampir ke Surabaya.

    BalasHapus
  17. Keliling Jawa Timur jadi makin mudah karena bareng Bus Trans Jatim ini. Semoga banyak lagi ya koridornya.

    BalasHapus
  18. Surabaya itu termasuk salah satu destinasi wisata favorit saya. Sekarang malah nambah macam2 bus. Jadi kangen ke sana.

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah menginjakkan kaki di Surabaya hiks, ke Jatim baru eksplor Jombang dan Malang. Next mudah-mudahan ada rejeki buat main ke Surabaya. Bus heritagenya asli unik banget

    BalasHapus
  20. Banyak banget ya kak jenisnya. Kalo di Jakarta pake 1 nama aja. Meski dulu ada Kopaja. Tp pas ke Surabaya, aku sih penasaran pgn naik. Namun krn busnya lama dtg dan aku ga bnyk wkt di Sby, akhirnya ngojek aja. Haha.

    BalasHapus
  21. sudah lama sekali aku gak ke surabaya, skrg seru ya banyak pilihan bus unik sebagai salah satu moda transportasinya

    BalasHapus
  22. SHT udah ga beroperasi lagi bukan sih sampai waktu yang belum ditentukan? Padahal enak itu udah gratis ada pemandu wisatanya juga dari Sampoerna

    BalasHapus
  23. unik-unik bus nya, bus tumpuk ini atau tingkat selalu penasaran untuk menaikinya :)

    BalasHapus
  24. lucu banget.. gookil busnya, molly belom pernah lihat bus tumpuk secara langsung. baru di film mr bean kalo gak salah.

    BalasHapus
  25. woow macem2 ya mbak jenis bus nya. jaman aku di surabaya dulu baru ada yg heritage track apa ya. pokoknya dulu aku nyobain naik yg berangkatnya dari museum sampoerna itu. sekarang makin banyak pilihan ya. kapan2 kal ke surabaya pengen nyobain semuanya ah. thanks infonya

    BalasHapus
  26. Udah lama gak naik bus nih ma, pengen juga kalo ada yang lucu2 kayak gini. Anak paling bilang naik Tayo, serunya yah

    BalasHapus
  27. Bus-bus di Surabaya keren-keren yah, saya jadi iri nih wkwkw soalnya di Makassar belum sebanyak itu sih. Oh yah bus double deck Mayapada itu mengingatkan saya sama bus Damri dua tingkat di kotaku pada tahun 80 an hingga tahun 90 an.

    BalasHapus
  28. Banyak pilihan juga ya busnya. Di daerahku kalau ada gini, mau juga pakai transportasi umum. Kalau mau coba-coba, kudu cari waktu banget ya biar gak ketinggalan sama jadwalnya

    BalasHapus
  29. Sebagai warga Jakarta aku iri sama arek Suroboyo..ini Surabaya banyak dan lengkap banget punya bus unik. Kan aku pengin juga Jakarta punya beginian. Bookmarked, nanti kalau ke Surabaya wajib coba bus-bus uniknya

    BalasHapus
  30. Berlibur ke Surabaya kini selain menjajaki banyak taman, bisa naik berbagai macam bus dengan tujuan wisata Surabaya. Kangen banget wiskul Surabaya...

    BalasHapus
  31. Waahhh banyaknyaaa. Aku belum ada satupun yang pernah aku naikin haha. Aku taunya cuma bus yang bayar pakai sampah plastik itu sama busnya sampoerna. Coba ya kalau Surabaya makin banyak angkutan kyk bus ini yang nyaman pasti penggunaan kendaraan pribadi jg berkurang.
    Semoga nanti pas liburan bisa naik salah satu bus itu utk keliling Surabaya :D

    BalasHapus
  32. Beneran banyaaak dan unik - unik semua ya busnya mba. Terakhir aku ke Surabaya udah Lama dan sebentar ajaaa euy, muati balik lagi nih

    BalasHapus
  33. Bus listrik Surabaya gede banget yah..
    Sayangnya hanya beroperasi di sekitaran ITS aja ya..

    Kali ini bis legend Unair gak masuk.
    Kami menyebutkan bis oven. Karena sekalinya masuk, berasa kaya masuk oven. Pwannaasss puuooolll.

    BalasHapus
  34. suka banget dengan desinnya sangat colorful ga bikin bosen dan jadinya mudah diingat karena berbeda beda jadi punya ciri khas masing-masing

    BalasHapus
  35. Kalau bus nyaman dan ramah anak dan perempuan rasanya kemana saja pasti aman. Akun pernah naik bus saat ke Surabaya,memang banyak banget ya tipe tipe busnya. Asal pak sopir nya gak ugal ugalan aja deh

    BalasHapus
  36. Sejak pindah ke Tangerang, ternyata perkembangan transportasi Surabaya juga semakin bagus ya. Aku belum pernah naik bus wisata yang disebutkan di atas. Pernah sekali mau naik Surabaya Herritage Track, tapi sayangnya penuh dan aku kurang mencari informasi sebelumnya. Jadinya sampai sekarang belum pernah nyobain deh.

    BalasHapus
  37. Saya baru pernah naik Surabaya Heritage Track doang, itu pun sekitar 10 tahun yang lalu.
    Dulu tuh proyek hidup segan tapi mati tak mau, soalnya bisnya kadang beroperasi, kadang pun enggak.

    BalasHapus
  38. Wah udah lama banget nggak ke Surabaya, dulu juga naek gr*b karena di Surabaya cuma sebentar aja. Semoga lain kali berkesempatan ke Surabaya dan eksplor kotanya, termasuk naek bus wisata.

    BalasHapus
  39. Saya baru tahu ada banyak type Bus di Surabaya. Pernah ngantri Bus SHT di Museum Sampoerna tapi ndak kebagian. Sementara waktunya mepet jadinya ga kesampaian naik Bus merah ceria keliling Surabaya. Mesti dijadwalkan deh kayaknya. Menarik juva bikin vlog naik aneka Bus di Surabaya

    BalasHapus
  40. wah banyak juga ya ragam bisnya di surabaya. kalau di sini bus sekolah dan bus kampus belum benar benarberfungsi, karena biasanya disewakan, bukannya gratis untuk pelajar. moga berikutnya bisa menikmati bus bus yang cantik dan nyaman ini ketika ke surabaya

    BalasHapus
  41. Busnya eye catching banget ya. Apalagi yang bisa dibayar pake sampah. Kayaknya anak-anak juga seneng nih diajak naik bus ini.

    BalasHapus
  42. Wahh baru tahu ni, ternyata di Surabaya banyak Bus bus yang unik unik ya, yang paling unik yang bayarnya bisa pakai sampah, bener bener unik dan kreatif, Bravo Suroboyo Bus.

    BalasHapus
  43. Wah, lengkap jenis busnya. Bisa dicobain semuanya. Saya jadi menghitung jenis bus di kota kami dan ulala, cuma ada 2 jenis saja, bis luar kota dan bis dalam propinsi.

    BalasHapus
  44. Aku pernah sekali naik bis tingkat, seru bangeeeeeeet. Ternyata masih banyak bis tingkat lucu lainnya di surabaya ya maaak.. hihihi

    BalasHapus