Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Pengalaman Mudah dan Fleksibel Ajukan Klaim FWD Insurance

 

FWD MAX


"Males ikut asuransi! Klaimnya ribet."


Saya sering mendengar kalimat tersebut. Rata-rata, banyak orang enggan ikut asuransi karena klaim yang ribet. 


Hmm, padahal, tidak semua klaim asuransi itu ribet. Seperti yang akan saya ceritakan hari ini, pengalaman mudah dan fleksibel ajukan klaim FWD Insurance. 


FWD MAX


Teman-teman pasti tahy, saat ini masyarakat Indonesia mengalami era digitalisasi yang masif. Layanan yang semula diproses secara fisik, seperti menggunakan dokumen cetak dan harus bertatap muka, kini mulai berubah dengan berbagai layanan digital, termasuk urusan asuransi. 


FWD Insurance adalah perusahaan asuransi jiwa berbasis digital yang berfokus pada nasabah. FWD Insurance memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan klaim dengan memanfaatkan teknologi. 


Nasabah individu maupun kumpulan yang memiliki produk FWD Insurance dapat menikmati kemudahan dalam proses klaim lewat aplikasi FWD MAX, sebagaimana visi FWD Insurance untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi, 


Baca Juga : Self Love Tanpa Harus Boros, Begini Caranya!


FWD MAX adalah aplikasi bagi nasabah, baik individu maupun kumpulan, dan juga untuk masyarakat umum yang ingin mendapatkan produk asuransi, mengetahui informasi polis, pengajuan klaim, termasuk mendapatkan berbagai promo dan reward, yang bisa didapatkan lewat Google Play Store dan Apple App Store.


Melalui aplikasi FWD MAX, nasabah asuransi individu dapat mengakses fitur eServices untuk mendapatkan kemudahan seperti akses informasi polis, pembayaran premi, monitor hasil investasi, mengubah atau perbaharui data personal, dan mengajukan atau mengecek status klaim. FWD MAX dapat diunduh di Apple App Store dan Google Play Store.


Cara Klaim Melalui FWD MAX


Bagi nasabah individu, pengajuan manfaat klaim melalui FWD MAX dapat dilakukan dengan: 

 

  1. Pilih fitur “eService”, “My Claims”, kemudian “Submit New Claim”

  2. Tulis/Pilih Nama pemilik Polis

  3. Pilih Tipe klaim

  4. Pilih jenis manfaat yang ingin diklaim

  5. Pilih ada/tidak ada tindakan Pembedahan

  6. Isi detail klaim, yaitu No polis, rumah sakit rekanan, dokter jaga, informasi bank pembayaran

  7. Upload dokumen pendukung sesuai type dokumen 

  8. Cek ringkasan klaim! Jika sudah sesuai, klik “Proceed”


Baca Juga : Gen Z, Ya Party Ya Investasi


Apabila semua dokumen telah diterima lengkap, FWD Insurance akan memproses klaim nasabah dalam waktu maksimal 14 (empat belas) hari kerja. Selain melalui FWD MAX, nasabah juga dapat menghubungi customer service melalui Whatsapp (+62) 8551500525.


Bagi nasabah asuransi kumpulan, FWD Insurance tentunya juga memberikan kemudahan dan fleksibilitas untuk memproses klaim. Nasabah layanan ini dapat memproses melalui fitur e-Friend di aplikasi FWD MAX dengan langkah-langkah sebagai berikut: 


  1. Pilih menu “e-Friend”

  2. Pilih fitur “Reimburse Claim”

  3. Isi “Claim Date Visit & Claim Date Discharge”

  4. Lengkap Data berupa Nama, “Benefit Type”, “Hospital/Clinic Reimbursement”, Jumlah nominal klaim dan “Doctor Name”, lalu klik “Next”.

  5. Foto kwitansi asli menggunakan kamera langsung, sebelum difoto tulis: Sudah diklaim ke FWD pada tanggal dd/mm/yyyy dengan menggunakan pulpen di atas kwitansi, kemudian pilih “Saya setuju” dan klik “Next”. 

  6. Upload semua dokumen medis dan disesuaikan dengan dokumen mandatori benefit yang akan diklaim. 

  7. Klik “Next”

  8. Dokumen medis yang telah di upload akan muncul sebagai list, jika sudah lengkap dan  sesuai klik “OK”. 

  9.  Detail akun bank untuk pembayaran sudah otomatis terisi sesuai yang telah  didaftarkan.

  10. Jika sudah benar klik “Submit Reimbursement Claim”.

  11. E-claims berhasil di submit. Atau klik “Claim Tracking” untuk cari tahu sudah sampai mana status E-Claims.


Setelah selesai melakukan langkah-langkah di atas, nasabah dapat mengecek status terkini dari proses klaim yang diajukan dengan cara: 


  1. Klik “Notification” 

  2. Klik “My Claims” untuk mengetahui status terbaru dari pengajuan klaim.


Baca Juga : FWD Press Play, Ciptakan Hidup yang Kamu Mau!


Kemudahan proses klaim ini telah dirasakan oleh para nasabah FWD Insurance baik individu maupun peserta asuransi kumpulan. Berdasarkan Laporan Keuangan tahun 2022 (audited), FWD Insurance telah menjalankan komitmennya yaitu dengan membayarkan klaim sebesar Rp718.544.000.000,- (tujuh ratus delapan belas miliar lima ratus empat puluh empat juta Rupiah). Kini semua bisa bebaskan langkah bersama dengan FWD Insurance.


Penutup


Asuransi kesehatan adalah kebutuhan pokok. Sudah patut jika kita semua memilikinya. Dengan asuransi kesehatan, hidup kita menjadi lebih terlindungi. 


Baca Juga : 5 Tips Memilih Asuransi yang Tepat Agar Sesuai dengan Kebutuhanmu


Tak perlu khawatir akan proses klaim yang ribet, selama memilih FWD Insurance. FWD MAX memberikan pengalaman betapa mudah dan fleksibelnya ajukan klaim asuransi. 


Trust me! 



65 komentar

  1. punya asuransi kesehatan emang penting. biar hidup bisa tenang dan nyaman. apalagi kalau klaim nya mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Paling males kalo ribet di klaimnya. Alhamdulillah FWD Insurance ini gampang banget ya klaimnya

      Hapus
  2. Mudah cara claimnya ya mbak, apalagi ada nomor WA CS yang bisa dihubungi makin memudahkan

    BalasHapus
  3. Kalau sudah ada yang pengalaman pengajuan klaim asuransinya mudah dan ga ribet, pastinya bikin tenang siapapun yang ingin bergabung dengan FWD MAX Insurance

    BalasHapus
  4. punya asuransi nih harus bener-bener baca dokumennya, karena proses klaim beda-beda persyaratannya, FWD Mazx termasuk mudah ya klaimnya, lewat aplikasi

    BalasHapus
  5. Mudah banget ya membeli produk asuransi hingga proses klaimnya. Cukup lewat aplikasi aja udah bisa. Seperti asuransi FWD ini

    BalasHapus
  6. Ternyata gak pake ribet ya asal data2nya sudah dilengkapi. Akses dan responnya jg cepat. Kalau begini caranya gak ada lagi alasan klaim bikin sebel, malah sebaliknya...bikin senyum sumringah

    BalasHapus
  7. Setuju sih kalo asuransi kesehatan adalah kebutuhan pokok dan aku tuh tim yang sedia payung sebelum hujan. Jadi kayanya mending memilih FWD Insurance soalnya klaimnya juga sat set.

    BalasHapus
  8. Wah, Mbak Dee udah pernah klaim ya. Aku tuh kalo bikin asuransi kadang kepikiran klaimnya mudah apa enggak.

    BalasHapus
  9. Semudah itu ya klaim di FWD. Praktis dan ga ribet sebenarnya kalo udah tahu tata caranya

    BalasHapus
  10. Udah ada aplikasinya jadi mau urusa apa-apa seperti klaim bakal lebih mudah nih. Tinggal unduh aja ya

    BalasHapus
  11. Proses klaimnya mudah banget ya kak. Soalnya kita tuh kadang males bayar asuransi kl proses klaimnya ribet. Kalo mudah gini, smua org jd pgn ambil asuransi tuh. Kan prinsipnya memudahkan pemegang polis ya kak.

    BalasHapus
  12. Eh iya gampang banget ya cara klaimnya. Kirain bakalan ribet seperti pengalaman banyak orang

    BalasHapus
  13. harusnya klaim asuransi emang kudu segampang ini yaa mba, jadi ngga menyulitkan nasabah jugaa.. ujung2nya kan bakal ngasih feedback yang positif ke perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak,
      Kalau klaimnya mudah bisa rekomen juga buat ke yang lain

      Hapus
  14. Terasa lebih mudah proses klaim nasabah FWD Insurance karena ada informasi yang lengkap di artikel Dian. Nuhun, Di.. Jadi gak perlu ragu untuk memulai asuransi.

    BalasHapus
  15. Iyaa aku juga paling males kalau ribet sih hehhee, nah kalau dapat yang mudah kayak gini kan enak yaaa

    BalasHapus
  16. Jadi lebih mudah sekarang kalau pakai FWD Max. Sekarang serba sat set sat set dan malas ribet.. apalagi kalau klaim kesehatan kan dibutuhkan mendesak..

    BalasHapus
  17. Iya, memang ribet itu salah satu alasan malas menggunakan asuransi. Tapi kalau sekarang dimudahkan dengan teknologi ya. Apalagi dengan membaca postingan ini, jadi sudah tahu dokumen2 apa saja yang harus disiapkan biar tinggal upload nantinya. Thank you.

    BalasHapus
  18. Benar banget Mbak, saat ini asuransi kesehatan adalah kebutuhan pokok. Kita gak tahu apa yang akan terjadi dengan kesehatan keluarga nanti, jadi hilangkan lah perasaan bahwa klaim asuransi itu ribet. Yang diperlukan hanyalah cara memilih perusahaan asuransi. Nah kalau ada asuransi berbasis digital dan klaim gak pagai ribet seperti FWD Max, tentunya patut dicoba ya bagi teman-teman yang belum punya asuransi kesehatan

    BalasHapus
  19. Ribet itu kalau ga tahu caranya, atau tahu caranya tapi males ngikutin tahapannya. Padahal tinggal sediakan waktu luang, dan kerjakan sesuai langka-langkahnya, semua jadi mudah dan bisa selesai dengan cepat.

    BalasHapus
  20. FWD MAX jadi aplikasi wajib buat nasabah FWD supaya mudah cek polis, klaim asuransi, sampai dapatkan reward. Ga perlu ribet cari polis dalam bentuk kertas yaa, sekarang udah digitalisasi untuk urusan asuransi.

    BalasHapus
  21. Salah satu alasan yang bikin maju mundur ikut asuransi adalah di proses klaimnya. Emang bener beberapa kenalan bilang klaimnya rumit. Tapi kalau baca dari postingan ini terlihat simpel ya. Semuanya serba digital dan sat set. Nanti cek-cek dulu websitenya buat lihat-lihat lebih lanjut ah.

    BalasHapus
  22. Menggunakan asuransi merupakan sedia payung sebelum hujan. Apalagi soal kesehatan tentu menjadi yang utama. Dengan asuransi FWD, hati tenang. Buat yang senang traveling penting nih memiliki asuransinya. Langkah2 proses klaimnya juga terbilang mudah.

    BalasHapus
  23. Saya juga ketika memilih asuransi suka mikir klaimnya duluan. Makanya suka cari banyak rekomendasi dulu. Kemudian pilih mana asuransi yang ribet klaimnya.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Salah satu pertimbangan.bangan aku dalam milih asuransi adalah mudah claim nya. Karena kalau ribet duh males kan yaa.. karena kondisi urgensi biasanya ketika akan mencairkan jadi kalau pake ribet tidak efektif.

    BalasHapus
  26. Kalo cara atau aturan claim yang simple dan nggak bikin emosi kayak gini, suka deh dengan layanan asuransinya. Sebab udah jadi cerita klasik ya kalo urusan klaim asuransi itu kadang ribet.

    BalasHapus
  27. semudah itu ya klaim asuransi kesehatan menggunakan FWD Max ya, bisa langsung klaim di aplikasi ya

    BalasHapus
  28. Tapi memang tuh ya semenjak perkembangan digital mau beli dan klaim asuransi tuh mudah kalau kataku. Karena belum lama ini pun aku habis membeli asuransi untuk traveling secara online. Apalagi FWD ya ada appsnya jadi gampang banget.

    BalasHapus
  29. mudah sekali proses klaimnya yah mba, aku setuju mba punya asuransi kesehatan itu kebutuhan pokok yang tidak bisa ditunda terutama untuk yang bekerja harus sekali punya asuransi kesehatan

    BalasHapus
  30. Asuransi kesehatan ini memang penting banget ya. Krn kita gak tau apa yg bakal terjadi di masa depan. Bbrp cerita jg banyak yg komplain ttg klaim asuransi yg susah. Tp kalo baca cerita ini n proses klaim yg mudah sepertinya worth it

    BalasHapus
  31. Kebayankan orang tuh maunya yang simpel, gak pakai ribet ya. Tapi semua kan harus ada urutan dan prosedur tertentu. Tinggal lengkapi dan ikuti petunjuk aja. Mana sekarang bisa online lagi

    BalasHapus
  32. Seneng deh kalau sekarang makin banyak perusahaan asuransi yang mempermudah nasabah untuk proses klaim. Jadi makin sat-set-sat-set dan nggak perlu ribet harus cetak dokumen ini itu dan bertatap muka ~

    BalasHapus
  33. Memang sih punya asuransi katanya bakal ribet di masalah klaimnya..huhuhu. Ga bakalan pasti ya kalau pilih FWD Insurance, karena FWD MAX memberikan pengalaman betapa mudah dan fleksibelnya ajukan klaim asuransi.

    BalasHapus
  34. Daerah digital ini emang iya ya semua
    Layanan secara fisik berubah dengan digital dan membantu untuk lebih mudah

    BalasHapus
  35. Lebih praktis sekarang gak harus nyiapin banyak berkas kalau punya asuransi FWF dah gitu claimnya juga gak lama cairnya

    BalasHapus
  36. sekarang tambah enak banget ya mbak daftar asuransi semudah menekan jari di tuts hape hehe karena semua di ujung jari

    BalasHapus
  37. Di FWD asuransinya komplit kan ya Mak. Penasaran sama yang buat pendidikan anak saya tu.

    BalasHapus
  38. Gitu dooongg... kalau proses claimnya mudah, maka akan makin banyak orang yang tak ragu-ragu lagi untuk punya asuransi kesehatan. Mantap nih FWD MAX.

    BalasHapus
  39. nggak pake ribet lagi ya mbak mau claimnya. ini membantu banget buat nasabah, hemat waktu dan tenaga, tinggal lewat handphone udah bisa claimnya

    BalasHapus
  40. Bener banget, asuransi kesehatan itu kebutuhan, apalagi kalau darurat atau punya riwayat penyakit, kalau bisa satu keluarga dicover asuransi kesehatan ya, biar tenang dan nyaman

    BalasHapus
  41. Kalau asuransi jiwa masih manual dan prosesnya ribet pasti bakal ditinggalkan. Mending pilih FWD Insurance yang berbasis digital dan berfokus pada nasabah sehingga mudah bagi nasabah untuk melakukan klaim dengan memanfaatkan teknologi.

    BalasHapus
  42. Wah ini nih yang bikin banyak orang jadi pada males untuk pake asuransi. Katanya klaimnya susah. Kalo kayak FWD begini, kayaknya lebih mudah ya. Semoga deh, dengan semakin mudahnya kita klaim, jadi semakin banyak orang gunakan asuransi. Tanpa asuransi, susah sekarang mah untuk bisa aman dan nyaman, ya.

    BalasHapus
  43. Emang penting sii punya asuransi sebagai proteksi di masa depan juga. Apalagi kalo FWD ini klaimnya ternyata ngga ribet dan mudha jadi semua bisa nyobain.

    BalasHapus
  44. Asuransi memang penting banget, apalagi asuransi kesehatan. Cuma, kebanyakan asuransi ini ribet buat diklaim yak, giliran pas nawarin asuransinya aja manis banget kata2nya wkwkwkwk. Untung ada FWD :-D

    BalasHapus
  45. Proses klaim yang gampang ini memang penting banget ya, Kak. Biasanya orang yang ngeklaim kan memang lagi dalam situasi yang kurang baik. Kalau mau minta bantuan aja susah, jadi makin repot.

    BalasHapus
  46. Jadi dipermudah ya Mba dalam melakukan klaim asuransi jika terjadi sesuatu yang membutuhkan klaim dalam waktu singkat, sebab nggak perlu bolak-balik lagi ke kantornya tapi sudah tinggal buka aplikasi yang bisa diunduh di ponsel pintar saja.

    BalasHapus
  47. Terobosan baru gak sii.. FWD MAX ini bisa bantu klaim asuransi dengan mudah dan cepat. Rasanya sebagai nasabah, pasti sangat terbantu sekali dengan adanya FWD MAX dan langkah-langkahnya yang sudah dijelaskan Dian di artikel ini.

    BalasHapus
  48. Banyak sekali manfaat asuransi tapi tetap.harus selektif dalam memilih . Apalagi sebagai muslim. Harus dipertimbangkan sisi syariatnya

    BalasHapus
  49. Sangat memudahkan sekali jika klaimnya bisa diproses secara digital, artinya bisa dilakukan dari rumah atau dari mana saja ya.

    BalasHapus
  50. Dunia teknologi makin lama makin maju aja ya, klaim asuransi semudah itu dan gak pake ribet, top banget sih ini menurutku

    BalasHapus
  51. Salah satu yang jadi pertimbangan adalah pelayanan. Apalagi di bidang jasa y mbak. Dan lagi jika sistuasi nya kepepet pasti kemudahan dalam klaim ini sangat membantu

    BalasHapus
  52. iy ada kekhawatiran sebagai peserta asuransi tuh susah klaimnya tapi di FWD ini ternyata mudah banget ya lewat WA pun bisa klaim

    BalasHapus
  53. Menarik banget Mak asuransi dari FWD ini. Aku masih cari2 asuransi swasta yang cocok buat keluarga dan mau coba asuransi kesehatan dulu biar bisa cepet klaim kalo butuh

    BalasHapus
  54. Serius deh, baru denger ada asuransi yang proses klaim nya semudah ini dan bisa dilakukan lewat aplikasi. Zaman sekarang memang seharusnya seperti itu ya. FWD MAX keren banget memanfaatkan kecanggihan teknologi demi kenyamanan nasabah

    BalasHapus
  55. Jujur, ini claim asuransi yang mudah banget. Enggak pakai kirim email bolak balik. Scan sana sini. Minta rekomendasi sana sini dulu untuk pengajuan. Dan menurutku asuransi kesehatan itu emang penting banget. Karena bisa mempermudah saat dibutuhkan

    BalasHapus
  56. Ternyata dari FWD ada klaimnya ya buat asuransi kesehatan. Memang soal klaim ini kadang agak susah prosesnya. Ternyata kalau di FWD nggak terlalu susah kayanya.

    BalasHapus
  57. Barusan banget suamiku bilang gitu, pengen punya asuransi tp khawatir klaim nya ribet. Ya sudah lah abis ini aku info kalo FWD life bisa jd rekomendasi

    BalasHapus
  58. Baru tahu tentang asuransi dari FWD. Kalau klaimnya bisa segampang itu, banyak yg senang nih jd nasabahnya.

    BalasHapus
  59. dengan sistem yang memudahkan begini semoga orang tidak kapok atau menolak lagi ya untuk miliki asuransi kesehatan karena ini bisa jadi pegangan saat dibutuhkan.

    BalasHapus
  60. uda nyaman banget nasabah FWD Insurance karena segalanya serba mudah.
    Biasanya yang paling ditakutkan dari sebuah asuransi adalah klaim yang panjang dan ribet. Kalau nasabah FWD Insurance uda ada cara mudahnya nih..

    BalasHapus
  61. Teman-teman pasti tahy, saat ini masyarakat Indonesia mengalami era digitalisasi yang masif.
    visit link my websiteTel-U

    BalasHapus
  62. Emang kadang2 tuh ya asuransi suka susah diklaim. Padahal kan ya asuransi kesehatan gini keadaannya suka genting, bagus nih FWD

    BalasHapus
  63. 2024 FWD Ada update apa ni ?

    BalasHapus