Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Solitaire, Game Legendaris dengan Banyak Manfaat

Solitaire


Solitaire, game legendaris ini masih banyak dimainkan, lho. Meski sudah berusia lebih dari 3 dasawarsa, Solitaire masih punya banyak penggemar. Bahkan, hingga kini penggemar game Solitaire ini ada 35 juta orang, lho! 


Solitaire tak hanya bermanfaat untuk mengisi waktu luang semata. Game legendaris ini nyatanya punya banyak manfaat, lho. 


Apa saja? 

Sabar… 


Baca artikel ini sampai habis, ya :) 


Sejarah Solitaire


Bagi teman-teman yang punya waktu luang di tahun 90 dan 2000 an, pasti sesekali pernah mencoba bermain game bawaan dari sistem operasi Microsoft Windows ini. 


Tahu nggak sih, game ini sebenarnya diciptakan oleh anak magang lho, bukan master game! 


Wes Cherry adalah anak magang di balik lahirnya game legendaris ini. Cherry adalah anak magang yang bergabung di Microsoft pada tahun 1988. Dua tahun kemudian, Solitaire dirilis secara resmi di sistem operasi Windows 3.0.


Penciptaan Solitaire ini punya misi khusus, lho. Di era kemunculan Solitaire, masih banyak orang yang belum terbiasa menggunakan mouse. Inilah yang menjadi ide awal game Solitaire. 


Saat bermain Solitaire, secara otomatis kita belajar klik kanan dan klik kiri, juga belajar drag & drop. 


Manfaat Main Solitaire


Mengisi waktu luang seringkali jadi alasan kita untuk bermain game, termasuk main Solitaire. Namun, manfaat bermain Siltstone itu nggak cuma untuk mengisi waktu luang saja, lho. 


Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat bermain Solitaire ini, seperti : 


  1. Menikmati me time

Setiap orang butuh waktu sendiri. Me time sejenak dengan bermain Solitaire adalah pilihan terbaik. Me time ibarat mengisi ulang daya bagi tubuh kita. 


  1. Menenangkan pikiran

Bermain Solitaire bisa membuat pikiran kita tenang, lho. Saat bermain Solitaire, pikiran kita fokus pada mengklik kartu dan mengulanginya. Ini membuat pikiran bisa fokus sejenak. Pikiran tenang tanpa ada tekanan. 


  1. Meningkatkan daya ingat

Saat bermain Solitaire, terjadi peningkatan daya ingat. Saat bermain, tanpa sadar kura menghafal warna, jenis, angka, hingga urutan kartu yang ditumpuk. 



Baca Juga : Timezone, Tempat Bermain yang Super Fun dan Super Safe untuk Anak



  1. Melatih berpikir strategis

Saat bermain Solitaire, kita dituntut berpikir strategis dalam mengambil langkah. Selain itu, saat bermain game, kita juga melatih fokus, berpikir cepat, dan melatih daya ingat. Semua ini jadi modal penting dalam berpikir strategis. 


  1. Melatih kesabaran

Bermain Solitaire melatih kita untuk sabar dalam memilih strategi. Kapan harus bertahan, kapan harus maju untuk mendapatkan banyak keuntungan. Melatih kesabaran dalam menentukan langkah terbaik. 


  1. Mengikuti aturan main

Belajar mengikuti aturan main juga menjadi salah satu manfaat bermain Solitaire. Saat bermain game kita akan mengikuti instruksi dan peraturan yang ada, agar bisa menyelesaikan game tersebut. 


Kalau kita terbiasa mengikuti aturan main, dalam keseharian akan menumbuhkan kedisiplinan, lho. 


  1. Melatih berpikir analisis

Saat kita sudah bisa mengikuti aturan main, maka kita akan menganalisa langkah mana yang akan diambil. Melakukan analisa, langkah mana yang bisa memberikan kemenangan. Ini bisa melatih kita dalam berpikir analisis, yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. 


  1. Meningkatkan kinerja otak

Kinerja otak akan meningkat ketika sering digunakan. Saat bermain Solitaire, kita memvisualisasikan urutan dan penempatan kartu, kemudian memindahkan/menghubungkan sesuai urutannya. Ini menjadi latihan yang baik untuk meningkatkan kinerja otak kita. 


  1. Melatih sportivitas

Saat bermain game, ada kalah ada menang. Saat kalah kita bisa dengan bijak menerima kekalahan. Sebaliknya, saat menang kita todak akan sombong  

Semua ini pada akhirnya akan melatih sportivitas. Kita akan menjadi pribadi yang sportif. 


  1. Melatih kecepatan bertindak

Ketika bermain Solitaire, kita dituntut untuk cepat membuka kartu dan memindahkannya. Semakin cepat kita bertindak, semakin bagus juga peluangan kemenangannya. 

Hal ini melatih kita untuk cepat bertindak. Akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, saat harus segera bertindak.  


3 Game Solitaire Favorit


Banyaknya manfaat bermain Solitaire, membuat saya makin ketagihan dengan game legendaris ini. Solitaire memiliki banyak game yang bisa teman-teman pilih. 


Kalau saya, ada 3 game favorit yang sering saya mainkan di waktu me time saya. 


Solitaire Klasik


Solitaire Klasik


Siapa sih yang nggak tahu jenis permainan Solitaire yang satu ini. Game legendaris ini tetap asyik dimainkan hingga kini. 


Solitaire klasik mengharuskan kita menyusun 52 kartu yang terbagi menjadi 4 jenis kartu yang berbeda, yaitu Waru, Wajik, Keriting, dan Hati. 


Semua kartu tersebut diurutkan dari kartu AS, King, Queen, Jack, hingga kartu angka 2.


Zuma


Game Zuma

Duh, saya tuh senang banget main Zuma ini! Permainan ini mengharuskan kita menembakkan bola-bola dengan warna yang sesuai. 


Bola-bola tersebut harus dikumpulkan minimal 3 bola agar bisa mendapatkan poin dan level. Level paling tinggi adalah  level 10. Di setiap level akan ada rantai bola yang bergerak. Rantai inilah yang jadi tantangan seru dalam permainan Zuma ini. 


China Temple



China temple



Permainan China Temple ini mengharuskan kita menemukan benda-benda yang tersembunyi dalam game. 


Klik objek sesuai petunjuk. Game ini seru sekali! Membuat mata kita harus jeli untuk bisa menemukan benda-benda yang tersembunyi. 


Baca Juga : Dukung Anak Menjadi Atlet E-Sport 


China Temple ini memiliki 10 level permainan dan setiap level memiliki tantangan dan durasi waktu yang singkat. 



Penutup


Solitaire telah membuktikan bahwa bermain game tak lekang oleh waktu. Game legendaris ini tetap bertahan karena banyaknya manfaat yang dimilikinya. 


Selain itu, Solitaire terus berinovasi dan menghadirkan berbagai permainan yang beragam. Membuat pengguna tetap  asyik bermain di sini. 


Sekarang main Solitaire makin mudah. Kita bisa banget main Solitaire secara gratis di solitaire.org. Tidak perlu mengunduh aplikasi! 



Jadi, game Solitaire mana yang jadi favoritmu? 



52 komentar

  1. Salah satu game klasik yang sering banget aku maenin apalagi kalau tetiba sumpek. Lumayan lah bikin fresh. Zuma juga sering aku maenin cuman yang China temple belom pernah nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat sumpek memang kegiatan termudah yang bisa jadi pengalihan itu ya main game di ponsel ya. Hehehe
      Sekarang udah kek gitu jamannya

      Hapus
  2. Jujur sih saya suka main game tapi kalau main Solitaire ini sama sekali gak mudeng. Hehehe ... Game permainan yang ringan aja sih
    Cari mudahnya. Mudah menang maksudnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin otak saya gak nyampai atau karena gak ada yg ngajarin cara mainnya jadi gak ngeh ini mainnya gimana. Kalau nata2 puzzle, baru deh saya demen. Atau game2 petualangan yg ada ceritanya.

      Hapus
  3. Wah, lengkap banget artikelnya.
    Ada mengenai sejarah Solitaire juga yang pastinya membuat pembaca jadi kagum dengan tujuan dibuatnya games seru Solitaire. Setelah main Solitaire memang jadi lebih gercep memainkan mouse ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba aku tahunya Solitaire cuma games di windows aja dulu haha

      Hapus
    2. Jadi makin paham bahwa bermain games juga ada tujuan tertentu dari sang pembuatnya. Dan paling suka main Zuma siih.. Seneng denger bola berdentuman, tapi paling tegang kalo uda deket banget sama lubangnya.. Bola-bolanya berasa keserep ke dalam lubang.

      Hapus
  4. Oh yaaaa. Baru tahu dong kalau ternyata si game yang hits banget dimainin di PC jaman aku kecil dulu ini tuh bukan ciptaan seorang master game nelainkan anak magang. Keren banget idenya, sampai bisa disukai banyak kalangan, bahkan jadi ajang hiburan setelah terlalu lama berfokus menyelesaikan pekerjaan di PC. Tapi aku mah dulu mainin ini buat ngegangguin papaku sih. Hihihi ...

    BalasHapus
  5. Whah samaan, saya juga main Zuma Ball di Solitaire. permainannya bikin rileks aja sambil mengingat masa-masa waktu dulu pertama kenal game ini

    BalasHapus
  6. Nah aku juga seneng nih jenis game seperti Solitaire ini, terutama yg klasik dan beberapa hp pasti di instalin game ini untuk mengisi waktu saat menunggu misalnya

    BalasHapus
  7. Zuma, Solitaire permainan sejuta ummat kayaknya. Solitaire org banyak pilihan permainannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari sejuta umat itu, aku termasuk salah satunya, Mas Ugi... hehe. Apalagi Zuma emang santai maininya, jadi bikin rilek aja

      Hapus
  8. Memang mengasikkan main games, apalagi yang legendaris begini, karena banyak pilihan permainannya

    BalasHapus
  9. Aku main Solitaire dari SD hehehehe. Bahkan kalo away from keyboard mainnya manual pake kartu lembaran.

    Seru banget ya main game kayak solitaire. Selain buat relaksasi juga bisa buat belajar atur strategi.

    BalasHapus
  10. Daripada solitaire klasik, aku lbh pilih zuma. Kdg kesel sendiri kalo kalah. Pgn ulang sampe berhasil. Dulu malah bs main sampe 6 jam pas kesel banget ngerjain skripsi. Buat melepas lelah lah ya.

    BalasHapus
  11. Legend banget sih ini emangg, aku juga suka bangett mainnya, apalagi yang pacman sama zuma wkwkwk jadi mainan legend yang paling dicari. Seruuu soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak,
      Main zuma tuh bikin gemes banget sih memang.
      Apalagi kalau udah diujung² deg-degan dah

      Hapus
  12. Aku kalau buka web Solitaire, mainnya Zuma Ball, Zuma Legend dan yang Candy House, game kartunya jujur aku enggak bisa. Heheh

    BalasHapus
  13. Aku Solitaire selalu kalah lebih suka main game zuma lebih seru dan ringan gamenya menurutku

    BalasHapus
  14. solitaire ya,, hmm jadi nostalgia lagi. soalnya dulu kalo di lab sekolah kalo gabut ya main ini.. hehe

    BalasHapus
  15. nah kaann jd pengiiin main games enihh dah
    cihuy bgt solitaire ini
    Super loooveee

    BalasHapus
  16. Aku suka main Solitaire Klasik yang kartu dan zuma, bahkan pas SMP pernah disuruh main games zuma untuk melatih agar terbiasa menggunakan mouse

    BalasHapus
  17. Jika dilakukan dengan bijak, permainan atau game bisa memberikan ilmu dan disiplin yang bagus ya untuk kita sebagai pemainnya.

    BalasHapus
  18. Solitaire Klasik di seluruh komputer pasti ada ya Mba. Semacam games wajib di perangkat elektronik macam game Snake di ponsel2 jadul kita 😆

    BalasHapus
  19. Game kenangan banget ini .. ada di PC jadul.. tapi karena nggak mudeng sama game jadi jarang mainin.. baru tahu semanfaat ini ternyata ya

    BalasHapus
  20. mbaaak berasa balik ke era 90an nih hahahaha, inget banget pas awal booming komputer main solitere itu berasa mewah banget dan jadi anak paling keren sak dunia hahahaha

    BalasHapus
  21. Game solitaire kesukaanku banget dulu seru. Ternyata banyak manfaatnya ya, pantesan saya jadi pinter abis main Solitaire (becanda mba)

    BalasHapus
  22. Aku cuma main yang klasik aja mba. Dan bisanya cuma itu, itupun jarang bisa menang.. Wkwjwj...

    BalasHapus
  23. saya suka main solitaire ini dulu, seru lo, hampir tiap hari main ini, lumayan menghilangkan penat dan jenuh karena kerja

    BalasHapus
  24. Solitaire ini gampang banget mainnya. Dari zaman dulu seneng main game ini. Paling suka Candy House, Zuma ama Hotel Palace kalau saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba nih rekomendasinya mba saya juga suka main di Solitaire org

      Hapus
  25. Game favorit nih. Saya juga kalau di sela menulis, break sebentar, main Solitaire. Dan memang dimudahkan ya, Mbak, karena tidak perlu mengunduh aplikasinya.

    BalasHapus
  26. aku sukanya main scramble words sih, seru dan bisa ngasah bahasa inggris juga

    BalasHapus
  27. Dulu pertama kali main solitaire saat SMA, main di sekolah pas pelajaran muatan lokal komputer, mainnya kalau masih ada sisa waku sebelum pelajaran selanjutnya. Sekarang sih gampang ya mainnya

    BalasHapus
  28. Game solitaire sama zuma, dua jenis permainan legendaris tuh, saya dulu sering banget maen games itu. duh jadi kangen dehh hehe. btw tuk china temple jujur saya belum pernah maen, jadi kepo juga nih

    BalasHapus
  29. waahhh zuma nih yang pasti udah jadi favorit saya kalo lagi pengen main game di solitare. seru dan gak bikin bosen. padahal game sederhana ya, hahaha

    BalasHapus
  30. aku dulu suka banget main solitaire. tapi, bukannya main ini enggak harus cepat, ya?

    BalasHapus
  31. Solitaire tuh permainan zaman kapan gitu, jadul banget dah. Sering banget dimainin orang-orang kantoran kalau bosen sama kerjaan...haha...

    BalasHapus
  32. saya juga suka main permainan ini seru banget jadi mengingat dengan masa kecil apalagi kalau mainnya sama keponakna bisa rebutan tapi seru

    BalasHapus
  33. Jadi inget dulu pas SMA, kl pelajaran komputer pasti ngumpet2 buat main solitaire. Memang game legenda ini, trnyata manfaatnya banyak jg ga kepikiran

    BalasHapus
  34. Dulu kalau main ke warnet pasti sempetin main game di Solitaire
    Skrng tambah banyak aja koleksi gamenya yaa

    BalasHapus
  35. Saya juga generasi 2000an yang main solitaire wkwkwk belum kenal game lain solitaire udh paling seru dan penasaran apalagi komputer jaman itu masih langka..

    BalasHapus
  36. sepertinya game yang hampir semua pengguna internet pernah memainkan. Sepertinya sudah ada langsung di komputer windows dan ngga terlalu capek mikir buat dimainkan. bisa buat stress release

    BalasHapus
  37. Main Solitaire, benar-benar membuat kita berpikir strategi, bagaimana bisa menyelesaikan tantangan dengan benar dan pastinya dengan cepat juga

    BalasHapus
  38. Seru emang main Solitaire ini, meskipun game jadul. Game ini kan bawaan Windows, zaman dulu belum banyak game, ya gamenya pake Solitaire.

    BalasHapus
  39. Solitaire dan Zuma ini emang legendaris bgt sih. Tp dr 2 game ini, aku lbh seneng Zuma krn menuntut kejelian mata dan tangan. Meleng dikit aja, bola bakal masuk lubang dan game over. Nagih bgt nih gamenya.

    BalasHapus
  40. Akuuu... *ngacung* dulu suka main game solitaire di komputer kantor. Hehehe... Asik buat refreshing.

    BalasHapus
  41. Bermain games dan manfaatnya untuk otak ini memang terasa sekali. Dan dengan bermain di website Solitaire, selain gakkan lupa waktu juga akan merasakan manfaatnya untuk kesehatan jiwa, sebagai stress release.

    BalasHapus
  42. aku paling suka main tetris-tetris gitu mbak hahahaha gampil bangeet tapi deg-degan kalau udah mau habis waktunya. enak ya nggak perlu unduh aplikasinya dulu

    BalasHapus
  43. Eh bener lho solutaire ini game classic yang nggak lekang oleh awktu. Walu mainninnya simple, tapi aku suka banget dan tbh, sampe sekarang masih punya di hape aku! Hhehe

    BalasHapus
  44. Aku juga kalo main game ini berasa nostalgia kwkwk seru emangg mainnya asal jangan sampai lupa waktu aja yak hihi

    BalasHapus
  45. dulu pas sekolah, aku juga sering banget main Solitaire sampe jago cuma 10 menit udah menang :D

    BalasHapus