Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Green Jobs: Mengais Rezeki Sembari Menjaga Bumi

 


Green Jobs

Ilustrasi Foto Green Jobs, Sumber Foto : Koaksi Indonesia


Dua hari ini tempat tinggal saya diguyur hujan lebat. Hujan turun selama beberapa jam dengan intensitas yang tinggi, mengakibatkan sungai di depan gerbang perumahan meluber. Tak hanya jalan di perumahan yang terendam air. Air bahkan masuk ke dalam rumah. Duh, selama tujuh tahun tinggal di sini, baru kali ini merasakan rumah kebanjiran. 


Bencana alam akibat perubahan iklim

Foto saat rumah saya dilanda banjir



Banjir ini mengingatkan saya bahwa perubahan iklim itu nyata adanya. Perubahan iklim tak sekadar retorika, melainkan langsung dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. 




Mengapa Sampah Menyebabkan Banjir dan Perubahan Iklim? 


Air sungai yang meluap tentu tidak terjadi begitu saja. Hujan tidak menjadi satu-satunya faktor. Ada faktorlain yang membuat sungai tidak lagi mampu menampung curahan hujan. Sampah! 


Seorang tetangga membagikan sebuah foto, foto sungai di dekat tempat tinggal saya yang penuh dengan sampah. Sampah seperti plastik, kertas, dan limbah organik dapat menumpuk di saluran air, termasuk parit, sungai, dan saluran drainase, menghambat aliran air dan menyebabkan genangan air yang pada akhirnya bisa menjadi banjir ketika hujan deras.



Foto tumpukan sampah di kelurahan saya


Sampah juga dapat mencemari air, baik air permukaan maupun air tanah. Limbah kimia dari sampah-sampah industri dan domestik dapat mencemari sumber air, mengganggu ekosistem air, dan merusak kualitas air. Penurunan kualitas air ini dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk meningkatnya risiko banjir karena tanah yang tersumbat tidak dapat menyerap air dengan baik.


Selain menjadi penyebab banjir, sampah berkontribusi terhadap perubahan iklim melalui emisi gas rumah kaca. Sampah organik yang membusuk di tempat pembuangan sampah menghasilkan gas metana, salah satu gas rumah kaca yang paling berpotensi untuk menyebabkan pemanasan global. 


See? Perubahan iklim nyata adanya. Banjir merupakan salah satu bencana yang terjadi saat perubahan iklim terjadi. Ironisnya, semua itu terjadi karena ulah manusia. Ulah manusia yang enggan membuang sampah pada tempatnya. 




Green Jobs, Karier Cemerlang yang Ramah Lingkungan


peluang karir green jobs

Infografis Peluang Green Jobs, Sumber Foto : Koaksi Indonesia


Tidak hanya membuang sampah sembarangan, berbagai aktivitas sehari-hari turut berkontribusi menyebabkan terjadinya perubahan iklim. Mulai dari mobilisasi menggunakan transportasi berbahan bakar fosil, terjebak tren fast fashion, hingga kegiatan industri. 


Syukurlah akhir-akhir ini sudah banyak kesadaran melakukan gaya hidup ramah lingkungan. Saya juga. Sudah beberapa tahun ini, saya menerapkan rumah minim sampah. Saya pun memilih lebih banyak menggunakan transportasi publik yang ramah lingkungan dan menjadi bagian dari Eco Blogger Squad yang terlibat aktif dalam mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan. 


Tidak hanya melakukan gaya hidup ramah lingkungan untuk bisa menjaga bumi. Kita bisa juga mengais rezeki sembari menjaga bumi. Caranya, dengan melakukan pekerjaan hijau atau Green Jobs.  


Green Jobs Merupakan jenis pekerjaan yang layak dan ramah lingkungan. Menurut International Labour Organization (ILO), Green Jobs menjadi lambang dari perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan mampu melestarikan lingkungan, baik untuk generasi sekarang maupun untuk generasi yang akan datang. 


Pekerjaan hijau ini berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. Green Jobs dilatarbelakangi oleh kualitas lingkungan yang semakin menurun, termasuk berkurangnya sumber daya alam dan tentunya ini menjadi permasalahan serius bagi perekonomian di masa mendatang.


Meraih Mimpi Tanpa Polusi


Impian kita ternyata berdampak pada kerusakan lingkungan. Semua aktivitas sehari-hari yang kita lakukan dalam rangka meraih impian nyatanya menyumbang emisi karbon penyebab perubahan iklim. 


Green Jobs Menjadi pilihan terbaik untuk melakukan transisi energi sekaligus menata masa depan bumi yang lebih lestari. 



Indonesia, sebagai negara kepulauan dengan sumber daya alam yang kaya dan populasi yang besar, memiliki potensi besar untuk mengembangkan Green Jobs sebagai bagian dari transisi energi sekaligus ekonomi berkelanjutan. 


Melalui komitmen yang semakin kuat terhadap perlindungan lingkungan dan penurunan emisi karbon, peluang untuk Green Jobs semakin terbuka lebar di berbagai sektor.  


Pekerjaan hijau mencakup berbagai bidang, mulai dari energi terbarukan dan efisiensi energi hingga transportasi ramah lingkungan dan pengelolaan limbah. 



Pada bidang energi terbarukan terdapat peluang untuk melakukan penelitian, pengembangan, dan pembuatan instalasi energi terbarukan seperti energi surya, angin, hidro, dan bioenergi.


Untuk efisiensi energi, dapat diciptakan desain dan produk serta penerapan energi dalam industri, transportasi, dan rumah tangga.




Pada bidang transportasi ramah lingkungan dapat dikembangkan kendaraan listrik, sistem transportasi umum yang lebih efisien, dan infrastruktur untuk bersepeda dan berjalan kaki.



Peluang pekerjaan pada bidang pengelolaan limbah berupa pengolahan limbah organik dan anorganik, daur ulang material, serta pembuatan produk ramah lingkungan.


Green Jobs tidak hanya memberikan manfaat lingkungan, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi baru, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.


Green Jobs dapat menjadi karier impian bagi anak muda Indonesia. 


Peran Wawasan Kebangsaan dalam Membangun Masa Depan Pekerjaan Hijau


Green Jobs makin populer karena para kandidat presiden dan wakil presiden menjadikan Green Jobs dan pelestarian lingkungan sebagai salah satu program mereka. . 


Langkah ini patut diapresiasi. Namun, wawasan kebangsaan perlu ditanamkan dalam penerapan pekerjaan hijau. 


Wawasan kebangsaan mencakup pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh negara dalam konteks ekonomi, lingkungan, dan sosial.



Beberapa poin penting wawasan kebangsaan dalam penerapan pekerjaan hijau. 


Mengidentifikasi peluang lokal


Setiap negara memiliki sumber daya alam, infrastruktur, dan kebutuhan unik. Wawasan kebangsaan memungkinkan kita melakukan identifikasi peluang-peluang lokal untuk pengembangan Green Jobs yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan negara kita.


Kebijakan pembangunan berkelanjutan


Wawasan kebangsaan membantu merumuskan kebijakan pembangunan berkelanjutan yang mempromosikan investasi dalam sektor-sektor hijau dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.


Pendidikan dan pelatihan


Wawasan kebangsaan memungkinkan penyusunan program pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja lokal dalam sektor-sektor hijau serta memastikan ketersediaan tenaga kerja yang terampil dan terlatih.


Kemitraan internasional


Di era globalisasi saat ini, wawasan kebangsaan memungkinkan negara untuk menjalin kemitraan internasional yang saling menguntungkan dalam pengembangan teknologi hijau, transfer pengetahuan, dan akses ke sumber daya finansial.



Mau Berkarier di Pekerjaan Hijau? Ini Caranya


Berkarir di pekerjaan hijau merupakan  peluang yang menjanjikan. Sudah banyak contoh sukses dari pelaku Green Jobs ini. 


Di tingkat dunia, ada Wangari Muta Maathai, seorang aktivis lingkungan dan hak asasi manusia asal Kenya, penerima Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2004. Maathai membangun “Gerakan Sabuk Hijau” sebagai upaya untuk mengembalikan hutan dan mengatasi kemiskinan melalui penanaman 30 juta pohon di Kenya, terutama dilakukan oleh wanita.


Gerakan inilah yang menginspirasi PBB untuk meluncurkan kampanye yang menghasilkan penanaman 11 miliar pohon di seluruh dunia. Dari gerakan penanaman pohon yang digagas Maathai, lebih dari 900.000 perempuan di Kenya dapat menjual bibit untuk reboisasi.


Ada juga kisah Elon Musk pendiri Tesla yang memimpin upaya pengembangan mobil listrik, baterai penyimpanan energi, dan eksplorasi luar angkasa dengan tujuan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Melalui SolarCity yang telah menjadi penyedia sistem tenaga surya terbesar kedua di Amerika Serikat, Elon yakin bahwa energi terbarukan merupakan masa depan. Sumbernya yang melimpah dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi bahan bakar fosil.

Di Indonesia, ada Prigi Arisandi, Pendiri ECOTON. Prigi Arisandi merupakan ahli biologi, aktivis lingkungan hidup, dan pendiri ECOTON asal Surabaya, Jawa Timur. 

Baca Juga : Cara Sederhana Mengenalkan Green Jobs Pada Anak

ECOTON (Ecological Observation and Wetlands Conservation) yang berdiri pada tahun 1996 berfokus pada kegiatan konservasi ekosistem lahan basah dan memperjuangkan hak-hak masyarakat terkait pengelolaan sumber daya alam. 

Melalui ECOTON, Prigi bersama tim menjalankan berbagai program dan aktivitas untuk mengetahui bentuk pencemar dan seberapa jauh polusi di sungai-sungai Indonesia. 

Ada juga Koaksi Indonesia, yang merupakan pusat jejaring pengetahuan lintas organisasi, Koaksi Indonesia terus berupaya mendukung implementasi Green Jobs di Indonesia. 

Berbagai upaya dilakukan mulai dari penelitian, kampanye, dan advokasi terkait. Upaya ini diperkuat dengan keseriusan Koaksi Indonesia membangun platform greenjobs.id. 


Sebagai  sebuah platform yang dibangun sebagai ekosistem pendukung pekerjaan hijau di Indonesia, greenjobs.id tidak sekadar pusat data dan informasi, namun juga sebagai pusat berjejaring para pelaku Green Jobs di Indonesia. Kehadiran greenjobs.id akan memberikan kemudahan mengakses informasi mengenai Green Jobs sekaligus kemanfaatan ekonomi dari pekerjaan ini. 

Melalui greenjobs.id, Koaksi Indonesia berupaya menjawab berbagai tantangan dalam mengimplementasikan Green Jobs di Indonesia dengan menyediakan informasi terpercaya, terbaru, dan andal. 


Selain itu, platform ini menyediakan informasi peningkatan kapasitas dan sertifikasi yang dibutuhkan untuk mengakses pekerjaan hijau, mempertemukan pencari dan penyedia kerja, mendukung perkembangan, serta membangun komunitas yang mendukung ekosistem.


Platform ini juga mengajak berbagai pihak untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan konten dan berdiskusi dengan topik Green Jobs.. 


Jadi, tunggu apalagi? Kini, saatnya berkarir di Green Jobs. 


#GoGREENJOBS





24 komentar

  1. Kerjaan hijau atau Green Jobs itu ide yang bagus banget. Salut buat yang nulis, berhasil bikin kita mikir untuk mulai kerja yang ramah lingkungan.

    BalasHapus
  2. Green Jobs kini marak di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia. Walaupun mungkin belum sebanyak pekerjaan pada umumnya ya, namun masyarakat sudah mulai mengenal jenis pelerjaan ini. Dengan profesi yang ramah lingkungan, tentu saja ini berita yang baik sekali. Wah, kini ada platform-nya kita jadi bisa kenal lebih dekat tentang green job. TFS mak Dian.

    BalasHapus
  3. Selain pengguna barang-barang yang ramah lingkungan, sekarang pun ada pekerjaan yang green jobs ya. Kita sebagai manusia juga hanya bisa berusaha, berikhtiar, dan bertawakal terhadap keberlangsungan alam kita kan ya.

    BalasHapus
  4. Menarik banget ya mak, sekarang semakin banyak ini green jobs. Setidaknya kita jadi semakin tau juga apa itu green jobs, bagaimana cara kerjanya, apa saja yang dilakukannya. Semoga semakin banyak yang melirik green jobs ini ya.

    BalasHapus
  5. Wah seru banget, bisa mendapat penghasilan sambil menjaga bumi! Green jobs emang lagi hype banget yah karena bisa melestarikan lingkungan juga, menjaga bumi untuk anak cucu nanti. saatnya berkarir di Green Jobs nih!

    BalasHapus
  6. Wahh saya pikir gerakan semacam Green Jobs ini belum ada digagas di Indonesia. Tapi berkaitan dengan seberapa masifnya gerakan ini tentu memerlukan upaya kolektif sih, apalagi ini berkaitan dengan prinsip dan mindset juga.

    BalasHapus
  7. Green job ini harus dikembangkan ya mba. Biar bumi kita selalu terjaga, jadi anak cucu kita nanti nggak cuma dapat masalahnya aja, tapi juga bisa menikmati keindahan alam, dan hasil bumi yang melimpah.

    BalasHapus
  8. Nggak kepikiran mungkin awalnya ya mba dengan adanya green jobs ini. Tapi dengan kondisi bumi seperti sekarang tentunya membutuhkan pihak pihak yang memberikan perhatian lebih di dunia lingkungan. Syukur syukur malah jadi pekerjaan yang menambah rejeki. Peluang karir baru nih

    BalasHapus
  9. Masyaallah tabarakallah, seneng banget makin banyak yg peduli lingkungan dan berani menyuarakan, berani meluaskan edukasi2 semacam ini. Semoga semakin byk yg tergugah

    BalasHapus
  10. Sebenernya masih banyaakkk pekerjaan yg bs kasih kontribusi positif utk Bumi ya mba.

    Green Jobs Menjadi pilihan terbaik untuk melakukan transisi energi sekaligus menata masa depan bumi yang lebih lestari.

    BalasHapus
  11. Menarik sekali, Mbak, bahasannya tentang greenjobs. Dimulai dari sharing rumah dan sekitar sebagai masalah kemudian memberi solusi. Ceritanya banyak yang merasa relate. Tawarannya juga. Saya harus segera ke sana nih untuk mencari peluang yang cocok bagi saya.

    BalasHapus
  12. Green Jobs membuka peluang dan kesempatan para anak muda genzi untuk terus bergerak namun tetap mencintai lingkungan. Dengan bidang keilmuan yang dimiliki, semoga bisa selaras sejalan dengan tujuan untuk melestarikan atau memulihkan kualitas lingkungan.

    BalasHapus
  13. Green Jobs ini bisa jadi pilihan untuk terus berkarya namun tetap menjaga lingkungan. Menurutku green Jobs ini perlu lebih disosialisasikan, karena belum terlalu populer juga di beberapa wilayah di Indonesia.
    Semoga kelestarian lingkungan dapat selalu terjaga ya

    BalasHapus
  14. Anakku yang saat ini duduk di kelas 3 SMA juga aku sarankan mengambil jurusan yang peluang kerjanya itu termasuk green jobs. Dan dia suka juga. Hehehe

    BalasHapus
  15. Beberapa tahun belakangan, Green Jobs punya tantangan sebagai bentuk pekerjaan atau lahan pengais rezeki baru nih. Aku harus selami juga sih, siapa tahu berpotensi dapat cuan dari sini. Hihihi

    BalasHapus
  16. pekerjaaan ramah lingkungan itu banyak banget tapi masih sedikit yang awre. padahal dengan memilih bidang kerja yang ramah lingkungan kita bisa ikut berperan menjaga kelestarian alam dan bumi yang berkelanjutan.

    BalasHapus
  17. Betul banget kalau terjadi banjir, kita enggak bisa menyalahkan hujan ataupun air sungai yang meluap. Pasti ada perilaku manusia yang bersifat merusak alam sehingga banjir bisa terjadi

    BalasHapus
  18. terima kasih banyak informasinya ya kak. auto mencet green job biar bisa makin all out menjaga bumi

    BalasHapus
  19. Green jobs ini memang peluang bagus buat bekerja yg lebih ramah lingkungan. Semangat lestarikan bumi

    BalasHapus
  20. Menarik banget mbak. Pernah cari cari tahu tentang green jobs ini, solutif sih. Selain bekerja juga bisa berkontribusi untuk bumi

    BalasHapus
  21. Kedepannya green jobs ini mungkin akan menjadi deretan pekerjaan yang diincar oleh generasi selanjutnya ya. Karena memang melalui green jobs ini keberlangsungan lingkungan dan bumi kita bergantung. Dengan membengkaknya jumlah manusia di bumi, pengelolaan linkungan yang lebih tepat guna akan semakin penting.

    BalasHapus
  22. semoga ke depannya semakin banyak ya mbak peluang dan pelaku dari green job ini agar bisa membantu dalam menjaga lingkungan kita

    BalasHapus
  23. Peluang di greenjobs.id membuka mata kita semua untuk bisa berbuat yang lebih baik.
    Sama-sama kerja namun memiliki value yang berbeda untuk menjaga lingkungan.

    BalasHapus
  24. Baru tahu sih Green Jobs ini pekerjaan yang ramah lingkungan, emang ya cari kerja di zaman sekarang harus yang menjaga lingkungan biar alam kita tetap lestari.

    BalasHapus