Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tetap Seru! Ini Kegiatan Asyik untuk Mengisi Ngabuburit di Rumah Bersama Keluarga

 

Ngabuburit di rumah




Bulan puasa identik dengan ngabuburit. Menurut KBBI, ngabuburit atau mengabuburit artinya menunggu adzan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Jadi, ngabuburit biasanya diisi berbagai kegiatan untuk menunggu waktu berbuka. Walau sering dilakukan di luar rumah, ngabuburit di dalam rumah bisa tetap seru, lho! 


Tradisi Ngabuburit di Bulan Ramadan


Istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda. Apa arti dari ngabuburit? Menurut Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), kata ngabuburit berasal dari kalimat ngalantung ngadagoan burit atau bersantai sambil menunggu waktu sore.


Ngabuburit menjadi salah satu tradisi Ramadan. Tradisi ini sebenarnya baru muncul pada tahun 80 an. 


Merujuk pada situs PPID Kota Serang, asal usul ngabuburit sudah ada sejak era 80-an. Kala itu kata ngabuburit saat Ramadan sering digunakan oleh para pemuda di tanah pasundan khususnya kota Bandung. Pada saat itu di Bandung sering mengadakan acara musik berjudul ngabuburit.


Acara tersebut sarat akan unsur Islami, baik dari pengisi acaranya atau penonton yang sama-sama menanti waktu berbuka puasa. Karena seringnya para pemuda dan berbagai macam acara mengusung tema dengan nama ngabuburit maka kata tersebut menyebar dan menjadi tren tersendiri.


Seiring perkembangan zaman, ngabuburit kemudian menjadi tren dan tradisi tersendiri oleh banyak masyarakat Indonesia sampai sekarang. Kegiatan ngabuburit biasa dilakukan masyarakat saat sore hari, sambil menunggu adzan magrib untuk berbuka puasa. Tradisi ngabuburit diisi dengan berbagai kegiatan sebagai berikut.


  • Jalan-jalan di sore hari

  • Membuat makanan dan minuman untuk berbuka puasa di rumah

  • Membeli aneka makanan dan minuman (takjil)

  • Mengaji di masjid atau musala sekitar tempat tinggal

  • Bepergian ke tempat ramai di lingkungan tempat tinggal


Kegiatan Asyik untuk Mengisi Ngabuburit di Rumah Bersama Keluarga


Meski umumnya kegiatan ngabuburit dilakukan di luar rumah, sebenarnya bisa juga lho ngabuburit di rumah. Ada beberapa kegiatan asyik yang bisa dilakukan untuk mengisi ngabuburit di rumah, misalnya;


Berkebun


Punya lahan kosong di rumah? Yuk, berkebun saja. Berkebun bisa menjadi kegiatan yang seru untuk ngabuburit. Ajak anak-anak menanam. Pilih saja tanaman yang bisa dimasak. Misalnya cabe, tomat, seledri, atau daun bawang. Pasti seru, kalau bisa memasak dari tanaman hasil panen sendiri. 


Membaca buku


Membaca buku bersama juga bisa menjadi kegiatan ngabuburit yang seru. Apalagi di rumah ada sudut baca. Semua anggota keluarga bisa berkumpul bersama untuk membaca buku. 


Ide kegiatan ngabuburit di rumah



Akan lebih seru jika diisi juga dengan kegiatan mendongeng. Anak-anak pasti suka mendengarkan dongeng dari ayah dan ibunya. Pasti waktu cepat berlalu, hingga tak terasa adzan maghrib berkumandang. 


Mengaji 


Mengaji bersama juga bisa dijadikan kegiatan ngabuburit di rumah. Tak hanya menghabiskan waktu untuk menunggu adzan, tetapi juga bisa menjadi ladang pahala bagi semua anggota keluarga. 


Pasti menyenangkan jika saat puasa punya target khataman Al Quran sekeluarga. Rasanya pasti lebih damai. Suasana rumah jadi lebih tentram karena disinari bacaan Al Quran. 


Membuat takjil


Kalau ngabuburit di luar rumah biasanya berburu takjil, maka membuat takjil bersama bisa menjadi ide seru ngabuburit di rumah. Ajak anak-anak membuat takjil, biarkan mereka memilih takjil favoritnya. 


Ide kegiatan ngabuburit di rumah



Baca Juga : Takjil Sehat untuk Ibu Menyusui


Contohnya, di rumah kami pernah membuat takjil kesukaan anak-anak seperti es campur, bakwan sayur, pancake, dan air nabeez. Seru juga buat takjil bersama. Waktu serasa cepat berlalu, tiba-tiba terdengar adzan maghrib. 


Bermain board game


Bermain board game juga bisa menjadi aktivitas seru sambil menunggu waktu berbuka. Kebetulan di rumah kami punya beragam board game. Mulai dari monopoli hingga board game islami lainnya. 


Bermain board game saat ngabuburit tak hanya seru, tetapi juga bisa meningkatkan bonding antar anggota keluarga. 


Virtual tour


Virtual tour juga seru lho. Beberapa tempat wisata sudah banyak yang menawarkan paket virtual tour. Virtual tour bisa jadi hiburan tersendiri. Bisa seperti jalan-jalan menyaksikan berbagai tempat wisata. Meski sebenarnya masih di rumah. 


Kami pernah ikut virtual tour ke Sea World. Anak-anak senang. Sebab, mereka bisa melihat beraneka ragam ikan. 


Penutup


Ngabuburit tidak harus di luar rumah. Di rumah juga bisa menjadi tempat yang seru untuk ngabuburit bersama. Banyak kegiatan asyik yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka. 


Baca Juga : Foto Keluarga, Lebih dari Sebingkai Kenangan


Bagaimana dengan teman deestories? Apa kegiatan ngabuburit yang biasa dilakukan? Share di kolom komentar, ya! 


#BPNRamadan2024

#BPNRamadan2024Day6

Tidak ada komentar

Posting Komentar