Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Review Film Exhuma (2024), Teror Kuburan Terkutuk

 

Film Korea Exhuma




Film Korea Exhuma menjadi trending topic beberapa hari ini. Film yang rilis pada 28 Februari 2024 ini sudah ditonton oleh 6 juta penonton! Saya beruntung, menjadi salah satunya. 


Malam Minggu kemarin berhasil mengajak suami nonton film Korea! Meski cukup menantang mencari bioskop ya. Maklum film ini cuma tayang di CGV dan Cinepolis. Di mana kedua jenis bioskop itu jauh dari rumah. It's okay, demi Lee Do Hyun, apa sih yang nggak. Hahaha. 


Film Exhuma (2024)


Jujurly, saya bukan termasuk penggemar film horor dan thriller, nonton ini awalnya ya FOMO saja. Tapi, setelah nonton, asli nggak nyesel! Filmnya emang sekece itu! 


Profil


Movie: Exhuma

Revised romanization: Pamyo

Hangul: 파묘

Director: Jang Jae-Hyun

Writer: Jang Jae-Hyun

Producer:

Cinematographer: Lee Mo-Gae

Release Date: February 22, 2024

Runtime:

Distributor: Showbox

Language: Korean

Country: South Korea



Pemain


Pemeran film Korea Exhuma



Film Exhuma ini dimainkan oleh aktor dan aktris ternama Korea Selatan. Ada empat tokoh utama dalam film ini. 


Choi Min Sik


Siapa yang tak kenal aktor senior ini. Choi Min Sik adalah aktor Korea berbakat yang terkenal lewat perannya dalam Oldboy (2003). 


Dalam film ini, Choi Min Sik berperan sebagai Kim Sang Deok. Kim Sang Deok ini ahli fengshui terkenal di Korea. Jasanya banyak digunakan oleh orang-orang kaya. 


Tidak hanya mengecek fengshui sebuah gedung saja, Kim Sang Deok banyak berurusan dengan kuburan. 


Sang Deok dipercaya untuk mencari lokasi kuburan terbaik. Kuburan dengan fengshui baik akan memudahkan jenazah menuju akhirat. Dia juga menyediakan jasa pemindahan kuburan. 


Kim Go Eun


Meski baru beberapa kali menonton drama Kim Go Eun, saya sudah yakin kalau “pacar” Lee Min Ho ini punya akting yang memukau. Dan saat menonton Exhuma, keyakinan saya terbukti benar. Daebak banget akting eonnie yang satu ini. 


Kim Go Eun berperan sebagai Hwarim, cenayang terkenal Korea Selatan. Kemampuannya membuat keluarga kaya di New York menggunakan jasanya. Hwarim terbang jauh-jauh ke Los Angeles untuk menyembuhkan cucu pertama keluarga Park. 


Bayi tak berdosa ini dirawat di ruang ICU rumah sakit sejak kelahirannya. Berbagai upaya medis tak membuahkan hasil. Akhirnya, keluarga Park menggunakan jasa cenayang. 


Ternyata benar, keberadaan bayi ini di rumah sakit berhubungan dengan makam leluhurnya. Hwarim pun bertugas memindahkan makam leluhur tersebut. Di sini dia bekerjasama dengan Kim Sang Deok. 


Yoo Hae Jin


Karir Yoo Hae Jin melejit setelah membintangi The King and The Clown pada tahun 2015 dan Rivals pada tahun 2017.


Ia juga pernah menjadi aktor tamu dalam acara televisi Running Man dan 2 Days & 1 Night.


Yoo Hae Jin berperan sebagai Young Geun. Young Geun adalah rekan Kim Sang Deok. Dia bertugas sebagai tukang gali kubur. 


Lee Do Hyun


Lee Do Hyun lumayan aktif tahun ini. Nampaknya sebelum wamil (wajib militer) dia tengah menyelesaikan beberapa drama dan film. Salah satunya ya Exhuma ini. 


Dalam film ini, Lee Do Hyun tampil berbeda. Rambut gondrong dan tato di sekujur badan, membuatnya sangat manly


Meski tak banyak dialog, peran Lee Do Hyun disini. Lee Do Hyun berperan sebagai Bong Gil. Bong Gil adalah rekan Hwarim dalam melakukan ritual perdukunan. Bong Gil menemani Hwarim ke Los Angeles. 


Sinopsis Film Exhuma 


Exhuma bukan sekadar film horor adan thriller semata. Film ini juga mengusung cerita rakyat Korea Selatan yang dirajut dengan nuansa spiritual, mistis, dan okultisme yang memikat.


Arti Exhuma


Exhuma berarti proses fisik memindahkan jenazah yang sudah dimakamkan. Sebenernya, istilah ini juga cerita soal bagaimana jenazah yang sudah dikubur dan dipindahkan, biasanya untuk investigasi kejahatan atau mungkin karena mau dipindahin ke tempat lain. 


Namun, dalam film ini proses pemindahan makam tak sesederhana itu. Pemindahan makam berhubungan dengan hal-hal mistis di masa lalu. Penuh rahasia yang mencekam. 


Misteri Keluarga Park


Cerita film ini bermula dari keberangkatan Hwarim dan Bong Gil ke Los Angeles. Mereka memenuhi panggilan dari konglomerat Korea yang sudah lama bermukim di Amerika. 


Keluarga Park yang kaya raya ini sedang kesulitan. Cucu pertama mereka telah dirawat di rumah sakit. 


Berdasarkan penglihatan para cenayang, apa yang menimpa bayi mungil ini berkaitan dengan kuburan leluhurnya di Korea. Hwarim pun mengusulkan untuk melakukan kremasi terhadap jenazah kakek keluarga Park. Disinilah dia bekerjasama dengan Kim Sang Deok dan Young Geun. 


Film Exhuma



Mereka berempat mengeluarkan jenazah kakek keluarga Park. Disinilah teror dimulai. 


Kuburan itu terkutuk. Dikubur dalam tanah yang terkutuk. Fengshui kuburan ini jelek sekali. 


Setelah kuburan dibongkar, teror demi teror bermunculan. Pembongkaran kuburan ini tak hanya mengancam Hwarim dan rekan-rekannya, tetapi juga keluarga Park. 


Ada misteri dalam keluarga ini. Misteri masa lalu yang akhirnya membawa ke teror berikutnya. 


Hantu Shogun yang kejam


Kuburan leluhur keluarga Park tak hanya terletak di tanah terkutuk, melainkan juga kuburan ganda. Hal yang sangat tidak wajar. Ditambah lagi peti mati diletakkan secara vertikal. 


Mau tak mau Kim Sang Deok harus mengangkat kembali peti mati yang ada di bawah jenazah leluhur keluarga Park. 


Film Exhuma



Tak disangka, peti ini adalah milik jenazah shogun. Arwah tentara Shogun ini gentayangan dan terkenal bengis. Arwah ini tak segan membunuh manusia yang ada dihadapannya. 


Baca Juga : Review Drama Korea Island, Pertempuran Melawan Iblis Nafsu



Bong Gil pun menjadi korban. Dia sekarat dan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit setelah berhadapan dengan arwah Shogun ini. 


Mau tak mau, Hwarim harus mencari cara untuk melenyapkan hantu Shogun ini. Semua demi keselamatan Bong Gil dan ketiganya. 


Review Film Exhuma


Film Exhuma ini dibagi menjadi enam babak cerita. Secara besar ada dua konflik yang harus dihadapi oleh Hwarim, dan kawan-kawan. Pertama, misteri keluarga Park. Kedua, melenyapkan hantu Shogun yang gentayangan. 


Di mana keduanya saling berkaitan. Keduanya berhubungan dengan sosok Gisune, biksu yang ternyata merupakan siluman rubah. 


Baca Juga : Gumiho, Rubah Ekor Sembilan Primadona Kdrama


Film ini banyak bercerita tentang budaya spiritual dan mistis Korea Selatan. Mulai dari kepercayaan terhadap cenayang, fengshui, hingga ritual pengusiran arwah. Khas Asia. 


Hal yang menarik, film ini juga mengangkat sejarah kelam penjajahan Jepang di Korea. Pembagian dua Korea pada masa penjajahan Jepang turut diangkat dalam film Exhuma. 


Kekejaman penjajahan Jepang dicitrakan hingga alam arwah. Hantu Shogun tak kalah bengis. Tak segan menghabisi manusia secara brutal. 


Film berdurasi 2 jam 14 menit ini memang memukau. Meski film horor, tak ada scene jumpscare. Bahkan, visualisasi para hantu yang ada di film disajikan secara samar. Namun, tetap membuat suasana mencekam. 


Walau ada juga yang bikin bingung. Misalnya, apa konflik utama dalam film ini. Konflik utama film ini adalah bagaimana kerja sama antara Hwarim, Bong Gil (Lee Do Hyun), Kim Sang Deok (Choi Min Sik), dan Young Geun (Yoo Hae Jin), dapat memusnahkan iblis yang terus menghantui keturunan-keturunan klien mereka.


Dalam perjalanannya, mereka pun kerap membuat spekulasi mengenai penyebab iblis tersebut terus menghantui keluarganya. Namun, spekulasi mereka kerap meleset, mulai dari sosok iblis yang ternyata bukanlah perwujuan manusia hingga bagaimana cara memusnahkannya. Fakta yang tersaji di dalam film dengan spekulasi-spekulasi itu terasa tumpang tindih. Ini yang membuat saya sempat merasakan kebingungan saat menonton. 


Meski begitu, film ini bagus. Mulai dari akting pemerannya, setting dan alurnya. Pantes aja masuk jajaran box office di Korea. 


Bagaimana? Apa teman deestories tertarik menonton? Yuk, nonton sekarang. Mumpung filmnya masih ada di bioskop. 

28 komentar

  1. Thank youuuuuu reviewnya mbaaa. Kemarin itu masih ragu, nonton atau ga. Tapi setelah baca kayaknya memang menarik yaaa. Apalagi yg nonton baru berapa hari udah jutaan aja. Aktor aktrisnya pun ga main2.

    Sukaaa bgg ama kim go eun. Cantiknya itu khas bangetttt 😍😍

    Aku bakal nonton deh ini.. Mumpung bioskop deket rumah juga cgv

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.
      Bagus banget
      Cerita dan akting pemainnya kece

      Hapus
    2. Aku udah bujukin suami untuk nonton ini Sabtu besok. Sekalian ngabuburit 😄. Tadinya mau setia nunggu sampe muncul di Netflix aja mba. Tp kata kakak iparku, mending bioskop, biar feel seremnya dapet 😄

      Hapus
  2. Menarik cerita filmnya, cari bioskopnya nih agak susah kayanya

    BalasHapus
  3. Aku suka Kim Go Eun sejak main di Goblin. Cuma yang bareng sama Lee Min Ho, aku belum nonton. Ini film horor gitu ya. Jadi pengen nonton.

    BalasHapus
  4. Paling suka dengan Kim Go Eun yang berperan jadi dukun di Exhuma ini. Merinding disko liat aktingnya. Ternyata banyak yang suka juga dengan akting doi di sini, tak hanya penonton, pas kemarin liat press conference Exhuma, lawan mainnya banyak yang mengacungi jempol juga

    BalasHapus
  5. Pastinya asik banget dan sesuatu banget nih bisa nobar bareng pasangan film Korea. Jadi pengen nonton juga bareng istri.haha

    BalasHapus
  6. Nonton sekali keknya ga cukup yaa, Di..
    Karena di bioskop gabisa di rewind. Jadi nonton lagiii.. ayookkk~

    Seneng iih..
    Movie dating ama cuamiikk... So sweet. Gapapa nonton horor, ada yang dikremes kalok serem. Eh, ada yang melindungi..

    Btw, not recomend untuk anak usia 13 tahun kah, Di?

    BalasHapus
  7. Filmnya lagi viral yaaa. Tapi Exhuma ini horor banget gak sih? Penasaran tapi takut juga wkwkwkw.

    BalasHapus
  8. pengen nonton ini dari awal tayaaang tapi blm kesampean. kmrn sempet sakit, sekarang udah enakan tapi kok temen-temen pada nggak bisa diajakin ntn. mau ntn sendiri agak takuuuttt hahahaha

    BalasHapus
  9. Baca review filmnyaa jadi makin penasaran meskipun udah ruameee banget pemberitaannya dimana-mana, tetep penasaran gimana mitos di sanaa. dan yang paling excited ini Korsel sama2 dijajah Jepang juga yaa sama kek Indo

    BalasHapus
  10. Wah, film Exhuma kisahnya seseru itu ya? Jadi penasaran ingin nonton juga. Film yang bagus dan pantes aja masuk jajaran box office di Korea.

    BalasHapus
  11. film Exhuma ini sempet rame banget yang bahas,, hmm jadi penasaran gimana alur cerita film horor korea ini, apakah ada jump scarenya? hehehe

    BalasHapus
  12. Boleh masuk list nih buat nonton weekend nanti, tapi kayaknya lebih asik nonton bareng teman deh biar gak seram kalau sendirian hehehe

    BalasHapus
  13. Waaaa Film Korea Exhuma adanya di Cinepolis dama CGV aja ya kak. Tapi keren bet sampe udah mencapai 6 juta penonton. Saya jadi pengen nonton karena filmnya masuk ke genre favorit saya. Jadi Exhuma itu proses pemindahan jenazah ya.

    BalasHapus
  14. Sudah nonton Exhuma di XXI. Bukan Korea kalau nggak ngasih teori atau petunjuk-petunjuk yang bikin penasaran penonton.

    BalasHapus
  15. hiks kalau nonton sendirian gak berani aku
    bisa kaget-kagetan nanti aku di bioskop. Banyak yang bilang film ini bagusss banget dan yang ngreview rata-rata positive point. Tapii kalau misteri memang akunya yang agak gimana, kudu ada temennya dan tergantung mood

    BalasHapus
  16. Di hari yang bersamaan aku nonton 2 film yakni Exhuma dan Dune Part 2. Aku enjooooooooy banget nonton Exhuma ini. Benar-benar terpukau dengan segala detail dan plotnya. Ikut sedih, degdegan dan banyak banget pembahasan film ini yang menjelaskan simbol-simbol yang ada pada adegan atau dialognya. Sesederhana kenapa si Shogunnya meminta melon dan ikan, dan yang cuma dikasih ikan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang ada Shogun series-nya di Disney.
      Huhu, sama atau engga sama Shogun yang dimaksud di Exhuma nih..??

      Hapus
  17. film nya menarik ini tapi keliatannya kalo nonton sendirian gak berani deh nyari temen dulu hehehe...gak seperti film2 korsel yang penuh romansa tapi ini lebih ke thriller horor gt kan ya ..aku bukan penggemar film atau drakor tapi kalo memang bagus biasanya aku nnton juga :)

    BalasHapus
  18. Filmnya lagi viral yaa dan banyak yg bicarain di sosmed. Tapi kalo horor jadi ngeri2 sedap, pengen nonton tapi takuut wkwkkw. Sebenernya kalo pake logika, gimana caranya arwah yg beda alam bisa nyerang manusia? Tapii ya namanya cerita film ya bisa aja.

    BalasHapus
  19. penasaraaannn buangetttt
    tapi aku tu jarang nonton horor.
    apalagi di bioskop
    takut kebawa mimpi

    BalasHapus
  20. kemarin diajakin temen nonton Exhuma, tapi aku ga mengiyakan hahaha, kayaknya masih mundur buat nonton, tapi banyak yg review, kan jadi pengen yak
    nah kalau ga ada musik yang bikin jantungan sepertinya aman buat kesehatan jiwahehehe, kadang aku suka kagetan sama sound bioskop yg menakutkan

    BalasHapus
  21. Jiwa ku udah meronta pengen nonton film nya, semoga saja weekend ini bisa kesampaian soalnya pas baca review film Exhuma dari artikel mba, aku jadi makin penasaran dan menguatkan niatan buat nonton, secara pemain nya juga kawakan semua, ceritanya bagus dan masuk box office Korea 🥰

    BalasHapus
  22. Ini film lagi banyak diperbincangkan orang. Cuma saya belum sempat menonton nya. Membaca reviewnya disini bikin makin penasaran pengen nonton film ExHuma ini.

    BalasHapus
  23. Wah Exhuma, kepengen banget bisa nonton. Udah ngajak suami untuk nonton. Tapinya belom ada waktu. Huhu. Baca-baca curhatan yang udah pada nonton ini bikin penasaran. Dari Joko Anwar juga. Katanya bagus filmnya. Kudu segera nih nonton. 😍

    BalasHapus
  24. Wah baru saya mau nonton ini mba, udah ada reviewnya jadi ke spill, tapi saya suka jadi ga menebak-nebak deh alur ceritanya, ini sampai kapan ya tayangnya, penasaran dan masuk waiting list minggu ini

    BalasHapus
  25. Wah ini banyak diomongin... tapi aku ngga berani nonton film horor, hahaha... ngga bisa menikmati... jadi paling dengerin cerita orang2 yang abis nonton aja, merhatiin keseruan mereka... (emang dasar penakuuut sih, hahahaha...)

    BalasHapus