Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Semalam di Papuma

Papuma adalah pantai yang terkenal di Jember. Papuma menjadi ikon wisata kebanggan bagi kota Jember. Keindahan Papuma sudah lama saya dengar, namun baru kali ini saya berkesempatan untuk bisa melihat sendiri keindahan Papuma. Saat mengikuti acara Sueger Famtrip Jember bersama blogger nusantara dan Dinas Pariwisata Jember.

Semalam di Papuma memang tidak cukup, tapi bukan berarti tidak berkesan. Penasaran apa yang bisa saya nikmati di Papuma? Baca terus ya.. :)

Tentang Papuma

Pantai Papuma

Papuma adalah akronim dari Pantai  Pasir Putih Malikan. Keindahan pasir putih yang terhampar luas di sepanjang pantai dipadu batu-batu karang besar yang menjulang, membuat Papuma terlihat sangat mengagumkan. Pantai Papuma menjorok ke laut sehingga penduduk setempat juga menamainya Pantai Tanjung Papuma.

Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Perjalanan ke Papuma dari pusat kota Jember memakan waktu sekitar satu jam dengan mobil pribadi, atau bila menggunakan motor cukup menempuh waktu selama 45 menit. Namun akan lebih nyaman bila naik mobil, sebab lokasinya cukup menanjak dan berkelok-kelok. Sedikit berbahaya bila naik motor.

Menginjakkan Kaki di Papuma

Rombongan blogger nusantara tiba di Pantai Papuma pukul 4 sore. Kami sengaja ingin berburu sunset. Saat pertama kali tiba di Papuma, kami langsung menuju Siti Hinggil. Siti Hinggil ini terletak di atas bukit karang. Anak-anak tangga melingkar-lingkar berwarna-warni bagai pelangi.

Menuju Siti Hinggil

Tak terhitung berapa anak tangga yang harus kami tempuh untuk mencapai lelah. Namun sudah cukup membuat nafas ngos-ngosan dan merasakan letih. Mungkin karena saya tak terbiasa mendaki ya. Beberapa teman terlihat tak seletih saya.

Tetapi segala rasa lelah itu terbayar, saat kami sudah berada di puncak. Dari Siti Hinggil kehindahan Papuma secara keseluruhan. Pasir putih yang terhampar luas. Juga terlihat tujuh batuan karang besar tegak berdiri seolah mengambang di atas laut.

Keindahan Papuma

Saat itu cuaca sedang mendung. Rencana menikmati sunset pun kandas. Tapi kekecewaan kami terobati. Dengan kesegaran air kelapa yang disuguhkan, senang bisa minum air kelapa langsung dari buahnya.

Nikmatnya Air Kelapa

Menginap di Resort

Resort Tanjung Papuma

Malam pertama di Jember, kami menginap di resort yang ada di sana. Kami menginap di Foresta Resort Tanjung Papuma. Penginapan ini dikelola oleh Perum Perhutani. Resort ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitasnya  terdiri dari AC, TV, lemari es dan kamar mandi dalam. Terdapat beberapa pilihan kamar mulai dari harga Rp 300.000 sampai Rp 800.000 tergantung jumlah kamar.

Kasur

Resort ini cukup luas, memiliki satu kamar mandi yang besar. Perabotan dalam kamar adalah perabotan dengan desain jaman dulu. Kamar mandinya sangat luas, ini membuat saya agak bergidik saat masuk kedalam. Tapi alhamdulillah, tidak terjadi hal-hal mistis kok. Sayangnya kondisi kamar mandi kurang bersih. Air di closet juga tidak keluar. Lumayan repot kalau buat BAB. Harusnya dikelola lebih baik lagi resortnya. Secara lokasinya sudah bagus. Dari kamar resort kita langsung menatap indahnya pantai Papuma.

Kamar Mandi

Oh ya, saat bermalam di Papuma kita tidak harus menginap di resort. Pengunjung juga bisa menginap di tenda. Bisa berkemah di Papuma. Kalau ingin berkemah di sini ada biaya sebesar Rp. 5.000. Jangan khawatir jika tak membawa tenda, ada persewaan tenda di sini.

Sebelum masuk ke resort kami makan malam dahulu. Menu makan malam kami sangat bergizi. Bagaimana tidak, semua hidangan makan malam ini adalah makanan laut alias seafood. Mulai dari udang, cumi, gurami sampai kepiting. Duh, lupakan sejenak tentang berat badan ya :)

Menu Makan Malam

Pagi di Papuma

Sunrise di Papuma

Setelah gagal bertemu sunset, kami ingin berburu sunrise. Selesai melaksanakan shalat subuh, semua rombongan keluar dari resort. Kami menghirup segarnya udara Papuma di pagi hari.

Kapal-kapal nelayan

Ternyata, pagi adalah saat yang sibuk di Papuma. Banyak kapal-kapal nelayan yang bersandar. Para nelayan telah usai menangkap ikan. Ikan-ikan diletakkan dalam ember.

Bakar ikan bersama nelayan

Nelayan di Papuma sangat ramah. Mereka mengajak kami menikmati ikan bakar yang fresh from the sea! Kami diajak menikmati ikan perka yang dibakar diatas kayu bakar dengan alas daun. Kendati di bakar tanpa bumbu, rasa ikannya tetap gurih dan enak lho. Ini adalah pengalaman pertama saya, menikmati ikan bakar yang fresh dari laut. Hasil tangkapan nelayan setempat. Dan kami pun bisa melihat sunrise!

Ikan Perka

Semalam di Papuma memang tidak cukup. Tetapi bukan berarti mengecewakan. Pemandangan Papuma yang sangat indah, memberikan kesan mendalam yang tak terlupakan. Lain kali, saya berjanji datang lagi. Tentunya dengan waktu yang lebih lama lagi :)

Ayo ke Papuma

Bagaimana denganmu? Apakah kamu sudah pernah mengunjungi Papuma? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya? ^_^

25 komentar

1. Kayaknya emang perlu dijadwalkan nih kalau mudik liburan ke pantai Papuma ini sekalian ke surabaya naik bis tingkat hihihi.

Balasan
    1. ayo,,,

naik suroboyo bus terus cus ke jember

Hapus
  2. Ishh, aku jg penakut sama kamar mandi luas mbaa, wkwkwk. Tapi harga kamar resortnya terhitung murah yaaaa. Aaaaaak jd pengen ke Papuma. Secara kan aku belum pernah ke Jember, hihihi

Balasan
    1. sama,, kamar mandi luas bikin halusinasi yang nggak-nggak, haha

Hapus
  3. Ngeliat foto pertama mirip gigi hiu di Lampung deh. Hehehe.
    Belum pernah ke Jember, dan baca ulasannya sepertinya tempat ini menarik sekali ya Mba. Kalau ada waktu mungkin Jember kudu masuk list untuk dikunjungi. Hihihi

4. Wah masih di jawa...
    Kirain di Papua.

Kudu dijadwalkan nih ke Papuma.
    Duh, seafoodnya menggoda selerah mbak ��

Btw, salam kenal mbak dari tanah Banyumas...

BalasHapus
  5. Moment bakar ikan bersama nelayan, seru bgt itu.

6. Wah indah banget pokonyan. Bakar ikan sama-sama pasti terasa keseruannya

7. Aku tuh penasaran banget sama Papuma, sayangeee adohhhhh bgt rek dr pusat kota hehee. Nice trip kmrn ya mbk hehhe

BalasHapus
  8. sekali ke papuma sama keluarga. seru! saya suka pantainya yg luas jd puas lari2an sama ponakan

9. yang bikin aku ga fokus pertama kali adalah foto aneka seafoodnya. pasti uenak ya mbak makan yang fresh from sea.

10. Duhh pas bakar ikan bareng nelayan kayaknya seruuu.. Pengen kayak gtu kalau di pantai

BalasHapus
  11. Pantai favorit dari kecil sampai sekarang. Suka banget sama suasananya. Pasirnya yg putih bikin putih makin indah dipandang. Ditambah masih banyak ikan2 kecil dan kerang di dekat pesisir. Kalau mau lihat sunset oke banget kalau dari bukit.

12. Belum pernah kesana tapi ada sahabat asli sana,
    Masih diagendakan ke papuma 💃

BalasHapus
  13. Pas aku ke sana kayanya tangganya belum warna-warni. Kamar mandi penginapannya gede juga ya

14. Puingiiin banget kemah di areal Papuma....!
    Duh, kapan ya bisa ke sana lagiii
    Kangen banget mantai inii
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

BalasHapus
  15. Ikan perka kayak ikan pindang mbak? Nggak sekalian beli ikan mbak, fresh dari nelayan, hihihi. Pengalaman tak terlupakan nih makan ikan bakar yang beneran fresh

16. Jemberrrr.....

Duh pingin banget kesana

Tungguin saya ya Jember ^^

BalasHapus
  17. Denger kata Papuma saya kira lokasinya ada di daerah Indonesia timur sana..ternyata Papuma adalah singkatan dan ada di Jember hehe. Saya jadi pengen juga nih jalan2 ke pantai n bakar ikan hasil tangkap nelayan. Mantap!

18. Jadi pengen liburaaaan. Hehe... Terakhir ke Jember tuh udah lama banget dan belum mampir ke Papuma.

19. Aku suka wisata pantai. Tapi jujur baru tahu ada pantai bernama Papuma. Mungkin karena aku mainnya belum jauh sampai Jember.

Tentang kamar mandinya, sepertinya aku bakal kurang nyaman. Karena pernik dari jaman dulunya itu.

BalasHapus
  20. Wah pantainya indah banget ya mbak. Dan itu tangganya bikin pingin selfie deh, warna warni gitu. Anak2 pasti pada suka diajak kesana. Hihi

21. Belum pernah ke papuma,ke jember hanya pernah lewat saja. Saya sendiri sangat suka ke pantai tp bukan buat berenang, cuma duduk-duduk di pinggirnya saja.

Menginap pakai tenda sepertinya lebih seru, tp harus siap2 pakai baju tebal biar gak masuk angin. 😻😂

BalasHapus
  22. Pantai nya indah sekali yaa Wah jd kangen. Sama pantai nih akutu ..huhu...kapan ya bs main lagi ke pantai

23. Kalo gak biasa memang pasti buat lelah yah,mbak. Aku pun kalo ikutan bisa ngos-ngosan juga tuh. Pantai nya menggoda buat dikunjungi,mbak. Aku pun ingin berlibur ke pantai Papuma ah suatu hari nanti.